502 Bad Gateway : Arti dan Cara Mengatasinya
502 Bad Gateway adalah salah satu kode status HTTP yang akan ditemukan dari waktu ke waktu, terjadi error dikarenakan adanya kesalahan komunikasi antara beberapa server. Salah satu cara mengatasi 502 bad gateway yaitu merefresh halaman. Berikut kami sajikan !
23012
post-template-default,single,single-post,postid-23012,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
502-bad-gateway

502 Bad Gateway : Arti dan Cara Mengatasinya

Terlepas dari berbagai macam fitur serta fungsi yang dimiliki oleh sebuah website, suatu website tidak akan dapat beroperasi tanpa adanya web server. Website dan internet pada umumnya merupakan sebuah jaringan yang saling terhubung antara satu komputer dengan komputer lainnya.

Mengetahui fakta bahwa website yang kita kunjungi dan rasakan manfaatnya merupakan sebuah jaringan antar komputer yang saling terhubung, mengingat bahwa jaringan atau koneksi antar komputer yang menjadi kerangka dari keseluruhan sistem tersebut dapat mengalami error yang dapat dikategorikan error sisi klien dan error sisi server. Terdapat tipe-tipe error 500 yang berbeda dimana tiap error memiliki arti yang sedikit berbeda. Hal ini mengindikasi request telah diterima, tetapi dicegah oleh server untuk dipenuhi.

Kebanyakan orang telah mengetahui fakta ketika seorang user me request informasi dari sebuah website, informasi tersebut disalurkan dari sebuah web server menuju komputer user. Tidak banyak orang ketahui bahwa faktanya dimana sebuah web server memiliki apa yang dikenal dengan edge server. Definisi, edge server merupakan komputer yang berada pada ‘sisi’ dari sebuah network.

Sebuah edge server bertujuan untuk menyimpan konten sedekat mungkin dengan komputer client yang merequest, sehingga dapat mengurangi latensi dan meningkatkan waktu muat. Edge server juga merupakan salah satu point yang dapat menyebabkan error 502 bad gateway yang akan kita bahas lebih detail dalam paragraf dibawah.

Apa itu 502 Bad Gateway

 

bad-gateway
Error 502 bad gateway artinya mengindikasikan bahwa edge server tidak mendapatkan respon valid dari server utama. 502 bad gateway disebabkan oleh 3 hal utama:

Nama Domain yang Tidak dapat Diurai

 

Nama domain tidak diselesaikan kedalam alamat IP yang benar atau request tidak diselesaikan kedalam alamat IP sama sekali. Penting untuk diketahui bahwa perubahan DNS dapat memakan waktu hingga secara global disebarkan dan aktif.

Server Utama Down

 

Server tidak dapat dijangkau antara server mengalami down atau tidak ada konektivitas atas server yang dituju.

Firewall Memblok Request

 

firewell
Sebuah firewall memblok komunikasi antara edge server dan server utama. Hal ini juga dapat disebabkan oleh plugin keamanan dari CMS Anda. Beberapa perlindungan DDOS dan sistem mitigasi mungkin terlalu berlebihan dan mulai memblokir konten.

Sebagai pemilik atau developer dari sebuah website, terdapat beberapa alasan mengapa Anda mengalami 502 bad gateway artinya pada server utama. Sehingga Anda mungkin perlu mencoba bermacam metode untuk menyelesaikan masalahnya. Berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan sebagai referensi:

Memuat Ulang Halaman

 

Terkadang masalah konektivitas dapat diselesaikan dengan relatif cepat. Sebelum Anda menyelam mencari inti permasalahan, ambil langkah untuk memastikan bahwa error tersebut merupakan sesuatu yang bersifat besar dan bukan sesuatu yang permasalahan teknis kecil.

Tunggu satu hingga dua menit, kemudian muat ulang halaman tersebut. Jika halaman tersebut termuat tanpa adanya error, maka error tersebut kemungkinan besar hanya merupakan masalah koneksi sementara.

Mencari Permasalah Konektivitas

 

Kebanyakan website aktif pada beberapa server atau penyedia hosting pihak ketiga dan jika website Anda sedang dalam masa pemeliharaan, maka website Anda dapat menunjukkan halaman 502 bad gateway error.

Artikel Terkait  Local Host Adalah? Pengertian, Jenis, dan Fungsinya

Satu-satunya cara untuk menyelesaikan masalah ini adalah dengan menunggu hingga server selesai melakukan pemeliharaan. Tetapi jika Anda tidak ingin menunggu, Anda dapat melakukan ping test dan memeriksa apakah pesan terkirim ke IP website Anda.

Periksa Adanya Perubahan DNS

 

Jika Anda baru saja mengganti server host atau memindahkan website Anda kealamat IP yang berbeda, hal tersebut akan merubah server DNS website Anda. Hal ini dapat membuat website Anda menunjukkan error 502 bad gateway kepengunjung website.

Website Anda tidak akan berfungsi hingga perubahan DNS ini mengambil efek penuh yang dapat memakan waktu beberapa jam.

Periksa Server Log Anda

 

Log server akan memberikan Anda detail mengenai kondisi serta status server Anda. Telusuri log Anda untuk menemukan dan memberikan respon untuk informasi yang mengkhawatirkan.

Benahi Konfigurasi Firewall yang Bermasalah

 

Firewall Anda merupakan penjaga gerbang website Anda, yang menjaga website Anda dari pengunjung-pengunjung jahat atau serangan distributed denial of service (DDoS)

Terkadang, konfigurasi firewall yang bermasalah dapat menyebabkan firewall menganggap request dari pengiriman konten sebagai serangan atas server dan menolak request tersebut, yang secara langsung menghasilkan 502 bad gateway error. Periksa konfigurasi firewall Anda untuk menentukan dan menyelesaikan masalahnya.

Telusuri Kode Website Anda untuk Menemukan Bug

 

Website tidak akan dapat menjawab request secara benar jika terdapat kesalah dalam pengkodean suatu website. Telusuri kode-kode yang ada untuk menemukan bug nya atau salin kodenya kedalam text editor dan compile dimana proses ini akan menunjukkan error yang ada sehingga Anda dapat melakukan debugging dengan mudah.

Hubungi Host Anda

 

Artikel Terkait  Jasa Web Toko Online dan Website Perusahaan

Jika Anda tidak dapat menetapkan dimana sumber masalahnya, Anda dapat menghubungi penyedia jasa hosting Anda dimana mereka dapat membantu Anda mencari sumber permasalahan yang ada dan memberikan titik terang dari error 502 bad gateway. Terlebih lagi jika sumber masalahnya berasal dari sisi penyedia jasa hosting, maka mereka dapat dengan mudah menyelesaikannya.

Sedangkan, sebagai pengunjung website terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menyelesaikan 502 bad gateway artinya, terlepas dari tanggung jawab utama yang terletak pada pengembang web. Pengunjung dapat mencoba cara-cara berikut:

    1. Melakukan hard refresh dalam browser Anda.
    2. Bersihkan cache browser serta cookies Anda dikarenakan browser Anda mungkin memiliki file yang tersimpan saat mengunjungi website ketika mengalami error jenis ini.
    3. Restart komputer atau perangkat networking Anda.
    4. Ubah server DNS, jika anda tidak pernah mengganti server DNS Anda sebelumnya, kemungkinan besar Anda masih memiliki server standar yang telah diberikan oleh ISP Anda. Coba gunakan server DNS open seperti google’s public DNS.

 

Pengaruh Error 502 Terhadap SEO

 

wordpress
Tidak seperti error 503 yang digunakan oleh pemeliharaan sistem website wordpress dan memberitahu google untuk memeriksa kembali lagi nanti, error 502 dapat memiliki pengaruh buruk bagi SEO jika tidak diperbaiki langsung. Sebagai contoh, jika sebuah website mengalami down selama lebih dari 7 jam, maka google kemungkinan akan melihat error 502 sebagai permasalahan tingkat website yang perlu ditangani. Hal ini dapat mempengaruhi peringkat Anda.

Kesimpulan Tentang 502 Bad Gateway

 

Artikel Terkait  Apa Itu VPN Private? Kegunaan dan Fungsinya

Website yang Anda akses saat ini merupakan bagian dari Internet yang saling terhubung dimana tiap request yang dikirimkan oleh dijawab oleh web server yang mengembalikan request user seperti file html, file css, gambar atau video. Demi mengurangi latensi dan mempersingkat proses pemuatan sebuah website, sebuah website biasanya memiliki server utama dan edge server dimana dalam hubungan antara kedua server tersebut dan komputer klien sering terjadi error, yaitu error 502 bad gateway.

Error ini sendiri terjadi karena adanya indikasi dimana edge server tidak dapat respon valid dari server utama. Beberapa penyebabnya adalah: nama domain yang tidak dapat diselesaikan, server utama down hingga firewall yang memblok request. Error 502 dapat ditangani dengan beberapa cara yang relatif mudah baik dari sisi website owner atau developer dan dari sisi pengunjung website.

Bad gateway sendiri dapat mempengaruhi kinerja SEO dimana jika terjadi dalam waktu yang lama, bad gateway dapat di deteksi oleh google dan dikaitkan sebagai permasalahan tingkat website yang secara langsung dapat memberikan pengaruh buruk bagi suatu website.

 

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Tags: