Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan website. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
Cara Jualan Online | Dapatkan Pemasukan Dengan Online Sekarang (Juli 2020)
Untuk Anda yang baru ingin terjun kedalam bisnis jualan online dan belum pernah mengalami bisnis sendiri, ada beberapa tips jualan online untuk pemula yang perlu Anda perhatikan. Tips jualan online untuk pemula akan kami sajikan dimana akan berguna dan membantu Anda dalam mengelola pola pikir suatu usaha!
23359
post-template-default,single,single-post,postid-23359,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
jualan-online-thumbnail

Cara Jualan Online | Dapatkan Pemasukan Dengan Online Sekarang (Juli 2020)

Belakangan ini, Indonesia dihadapkan pada masa-masa yang sulit. Mulai dari awal Maret lalu, virus pandemi COVID-19 (Corona Virus) yang sebelumnya menghebohkan dunia akhirnya masuk ke Indonesia. Awalnya masyarakat hanya mengira ini bukan pandemi (penyakit yang menyebar secara global) tetapi hanya penyakit yang terjadi di Negeri China, Khususnya Wuhan.

Sampai akhirnya penyakit ini menjadi menyebar keseluruh dunia, yang awal penyebarannya terjadi dengan cara perpindahan virus melalui orang-orang yang terjangkit di negara asal kemudian kembali lagi ke negara mereka. Tanpa sadar bahwa mereka sudah terjangkit virus COVID-19. Penyebaran ini terjadi saat orang-orang tersebut sedang travelling, business trip ataupun pulang dari menempuh pendidikan atau bekerja di China.

Semenjak COVID-19 resmi masuk ke Indonesia, banyak sektor ekonomi yang mengalami kemunduran terutama sektor pariwisata. Awal COVID-19 masuk ke Indonesia, tentunya menciptakan ketakutan bagi masyarakat. Hal ini terjadi karena penularan virus COVID-19 yang melalui droplet dan sangat mudah terjangkit bila berada ditempat yang ramai, karena kita tidak tahu orang mana yang sudah terjangkit virus tersebut.

Indonesia sendiri pun sudah mengeluarkan himbauan untuk masyarakatnya tinggal di rumah saja, jika tidak ada keperluan yang sangat mendesak. Sekolah dan kampus diliburkan, beberapa saat kemudian digantikan dengan metode pembelajaran online. Bahkan kantor pun mengurangi orang-orang bekerja di gedungnya. Sampai saat ini masih sangat banyak kantor yang menerapkan WFH (Work From Home). Dikutip dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, sudah ada total 89.869 kasus dengan 48.466 sembuh 4.320 meninggal per tanggal 21 Juli 2020 ini.

WFH Dengan Cara Jualan Online

 

jualan-online

 Akibat situasi pandemic ini, banyak bisnis yang mengalami kemunduran karena minimnya permintaan. Bahkan banyak toko dan mall yang tutup. Toko-toko yang menjual keperluan sehari-hari jam operasionalnya dikurangi dan hanya buka maksimal sampai jam 9 malam. Hal ini berimbas banyak pegawai dan pekerja yang dirumahkan bahkan sampai dilakukannya PHK massal. Dikarenakan perusahaan tidak sanggup lagi membayar karyawannya karena sangat minimnya pemasukan yang perusahaan terima. Lapangan pekerjaan yang tersedia pun sangat-sangat tidak cukup untuk menampung banyaknya pengangguran dadakan saat ini. Orang-orang juga masih enggan untuk berlama-lama diluar rumah karena takut ikut terjangkit virus ini.

Tapi jangan khawatir, walau kita tidak bisa langsung berbelanja secara fisik di tokonya. Kita tetap bisa mendapat barang yang kita mau hanya tinggal klik pada device masing-masing dan mengurangi interaksi langsung antar manusia. Hal ini juga tentunya menjadi ide baru bagi masyarakat untuk mengais rejeki di tengah kesusahan finansial akibat pandemi ini. Berjualan online menjadi salah satu cara untuk tetap menghasilkan walau diam dirumah saja. Bisnis model ini cukup mudah dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja karena hanya bermodalkan handphone beserta kuota internet dan tentunya tidak lupa yaitu produk yang ingin Anda jual. Bisnis seperti ini masih sangat diminati walaupun istilah “New Normal” sudah diterbitkan. Tetap saja situasi masih belum kondusif karena vaksin COVID-19 belum ditemukan.

Artikel Terkait  Webinar Adalah: Ketahui Definisi, Jenis dan Cara Melakukannya

Cara Jualan Online Bagi Yang Baru Mulai

 
Media yang bisa digunakan untuk berjualan online sangatlah banyak dan pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita, walaupun Anda baru pertama kali mencobanya. Media-media ini akan memudahkan Anda dalam berbisnis karena pastinya Anda sudah tau cara media tersebut bekerja. Mulai dari menggunakan aplikasi sosial media seperti Instagram, Facebook, Twitter bahkan Whatsapp.

Untuk Facebook dan Whatsapp mungkin Anda hanya bisa menjual ke teman-teman Anda saja alias jangkauannya terbatas, namun tidak untuk Twitter dan Instagram. Karena postingan Anda masih ada kemungkinan untuk terlihat di fitur explore yang memungkin orang-orang yang bukan merupakan teman Anda ataupun ada di lingkaran Anda bisa melihat postingan Anda. Hal tersebut tentunya akan membantu menjangkau calon konsumen lebih banyak.

Banyaknya orang yang sekarang terjun ke bisnis online, maka kita harus mengetahui cara jualan online yang tepat agar lebih efektif menjaring pelanggan. Berikut ini tips-tips jualan online yang bisa Anda terapkan di bisnis Anda agar online shop Anda laris manis.

1. Aktifkan Sosial Media

 

jualan-online-1

Hampir semua orang di zaman ini telah memiliki minimal satu media sosial  yang aktif, tak jarang juga satu orang memang aktif di berbagai media sosial. Untuk memulai usaha Anda, cobalah cara jualan online dengan memasang iklan di suatu platform, akan tetapi jika hal ini dirasa cukup memberatkan maka cobalah untuk memaksimalkan sosial media yang Anda punya sebagai media penyebaran promosi barang dagangan Anda. Selain tidak ada biaya tambahan untuk membagikan postingan Anda, orang-orang yang mengetahui produk Anda akan lebih banyak ketimbang Anda tidak mengiklankannya sama sekali atau pemasarannya hanya dari rumah ke rumah.

2. Buat Konten yang Menarik

 
Salah satu cara jualan online yang meningkatkan image produk Anda adalah dengan membuat konten pendukung yang juga menarik dan dicari pengguna. Untuk menarik minat pembeli, Anda juga harus memikirkan konten apa yang akan Anda buat. Akan lebih bagus jika cara penyampaian Anda beda dari yang lainnya padahal tetap menjual produk yang sama. Hal tersebut akan memberi nilai plus bagi Anda dan akan memberikan keunikan bagi brand Anda. Selain itu usahakan juga memposting hal-hal lain selain daripada produk Anda.

Misalnya pengetahuan-pengetahuan yang menarik terkait dengan produk yang Anda jual. Misalnya saja, Anda menjual tas. Anda bisa berbagi pengetahuan tas jenis apa saja yang jika terkena sinar matahari secara terus menerus warnanya akan pudar kemudian kaitkan dengan produk Anda yang memberikan solusi terhadap masalah tersebut. Maka konten-konten Anda akan terlihat lebih berbobot dibandingkan hanya posting spam produk saja.

Artikel Terkait  Contoh Hosting yang ditawarkan Oleh Penyedia jasa Web Host

3. Perhatikan Waktu Posting

 
Waktu posting juga menjadi hal yang sangat penting, pada jam berapa biasanya orang-orang membuka sosial media. Timing yang tepat akan menjaring calon pembeli lebih banyak lagi, karena akan ada lebih banyak orang yang melihat. Selanjutnya perhatikan juga jarak postingan Anda dari satu ke yang lainnya. Posting setiap saat tentunya akan mengganggu bagi calon konsumen Anda, tetapi jangan pula memberikan jarak yang terlalu lama. Misalnya Anda posting tiap 3 bulan sekali. Bisa-bisa calon konsumen Anda itu lupa, Anda berdagang apa dan produk-produknya sebenarnya apa saja.

4. Word of Mouth Marketing

 
Jika ketiga cara tadi sudah Anda terapkan, sekarang saatnya menggunakan metode lain untuk mendorong penjualan Anda. Pemasaran melalui mulut ke mulut memang lebih efektif dibanding hanya dengan memposting produk semata. Karena ini menimbulkan kepercayaan bagi orang yang mendapatkan informasi. Dikarenakan di lingkungan mereka sendiri sudah ada orang yang mempunyai pengalaman nyata, bukan lagi kata-kata settingan yang mencoba membujuk si calon pembeli untuk melakukan transaksi. Karena saat ini kita sedang membahas mengenai cara jualan online, maka pemasaran word of mouth bisa menggunakan testimoni via online.

Anda dapat meminta pelanggan Anda yang puas dengan produk Anda untuk memposting di akun media sosialnya jika ia merasa puas. Dari sana, orang-orang di lingkaran pertemanan pelanggan Anda itu akan menaruh sedikit kepercayaan terhadap brand Anda karena temannya sudah membuktikan sendiri. Dibandingkan dengan produk yang sama tanpa testimoni, brand Anda tentu dianggap lebih kredibilitas. Apakah brand itu dapat dipercaya atau tidak? apakah brand itu bodong atau tidak. Oleh karena semuanya berbasis online dan tidak ada toko fisiknya, maka akan menimbulkan sikap kehati-hatian yang lebih bagi para calon pembeli.

Bagaimana? Kini Anda sudah mengetahui beberapa tips jualan online. Sudah siap untuk berjualan online sekarang juga? Buka handphone Anda dan ambil langkah sekarang juga dan dapatkan penghasilan tambahan dari rumah.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami