Instagram Insight : Memahami Penggunaannya Untuk Meningkatkan Bisnis Online Shop
Instagram insight adalah salah satu fitur di Instagram yang adapat Anda gunakan untuk kepentingan bisnis. Mengubah akun Instagram menjadi bisnis, Anda bisa mengawasi promosi bisnis Anda di Instagram dengan mudah. Baik itu postingan feed ataupun story.
23521
post-template-default,single,single-post,postid-23521,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
instagram-insight-1

Instagram Insight : Memahami Penggunaannya Untuk Meningkatkan Bisnis Online Shop

Siapa sih yang tidak kenal aplikasi Instagram? Instagram merupakan salah satu aplikasi media sosial yang sedang hits. Instagram adalah platform tempat berbagi foto dan momen Anda kepada para followers Anda. Itu bisa juga disebut sebagai lingkaran pertemanan Anda (follower & following).

Pada Instagram, Anda juga dapat melihat kegiatan yang dilakukan orang-orang terkenal pada keseharian mereka. Entah itu momen saat mereka bekerja, bepergian, makan ataupun liburan.

Anda juga dapat meninggalkan komentar ataupun like pada feed yang idola Anda bagikan. Semenjak perilisan aplikasi perdananya pada 6 Oktober 2010 lalu, Instagram mulai dikenal banyak orang.

Mulai Dikenalnya Instagram

Awalnya mayoritas hanya digunakan oleh anak muda saja, tetapi saat ini lingkupnya sudah mencapai segala kalangan usia. Meskipun cukup booming di Indonesia, tapi aplikasi ini juga booming di beberapa negara lainnya. Berdasarkan data pada tahun 2019, Indonesia berada pada peringkat 5 besar sebagai negara pengguna Instagram terbanyak. Sedangkan, Amerika Serikat sebagai pengguna nomor satu di dunia.

Instagram Sebagai Sumber Informasi

Banyaknya masyarakat pengguna Instagram di dunia, membuat adanya perubahan terhadap konten yang di upload di media tersebut. Bukan lagi hanya berbagi foto dan momen keseharian pribadi, tetapi juga berbagi informasi yang bersifat informatif.

Akan banyak sekali jenis akun yang ada di Instagram selain akun pribadi. Contohnya, seperti akun fanbase, motivator, review drama atau film, tutorial masak, style fashion terbaru, tutorial masak, akun liburan, akun info masing-masing daerah, sampai dengan akun gosip bisa Anda temukan semuanya di Instagram.

Berdasarkan data dari Play Store, Instagram sudah didownload lebih dari 1 milyar kali oleh pengguna Android. Maka dari itu, Instagram sekarang ini bisa dikatakan sebagai media untuk mendapatkan seluruh informasi terbaru dari berbagai kategori.

Artikel Terkait  UKM Sukses | Sukseskan Bisnis Dengan Website UKM

Instagram untuk Bisnis

instagram-insight-2

Banyaknya jenis pengguna Instagram selain untuk kepentingan personal, mendorong Instagram untuk menciptakan beberapa fitur mengikuti tren yang ada. Instagram menawarkan beberapa fitur yaitu, akun pribadi, publik dan juga bisnis.

Untuk Anda yang ingin memanfaatkan Instagram dalam menjalankan bisnis dan juga memperluas market Anda. Sangat amat disarankan untuk mengubah akun Instagram Anda, dari akun pribadi ke akun bisnis.

Tentu saja banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari men-switch akun tersebut. Salah satu fitur menarik yang bisa Anda dapatkan dari menggunakan akun bisnis Instagram adalah Anda mendapatkan fitur Instagram Insight. Anda bisa memonitor hasil engagement dari foto maupun story yang Anda bagikan untuk menentukan strategi pemasaran selanjutnya.

Instagram Insight

Instagram Insight adalah fitur dari Instagram for business yang dapat memberikan laporan berupa grafik dan informasi mengenai performa marketing yang Anda lakukan. Dengan cara membagikan foto dan story sesuai dengan strategi marketing Anda serta, melihat bagaimana efeknya terhadap followers Anda.

Berapa banyak orang yang akhirnya tertarik mengunjungi akun Instagram Anda, berapa banyak orang yang melihat foto ataupun story yang Anda bagikan. Serta bagaimana respon followers Anda terhadap konten-konten Anda, apakah ada banyak like ataupun komentar yang Anda terima setiap Anda membagikan postingan terbaru? Lalu bagaimana cara melihat Instagram Insight itu sendiri? Berikut ini langkah-langkahnya.

Buka Aplikasi

Buka aplikasi Instagram terlebih dahulu melalui smartphone Anda. Fitur Instagram Insight hanya bisa dilihat melalui aplikasi smartphone dan belum tersedia untuk Instagram web.

 Masuk ke Profil

Setelah itu, masuk ke bagian profil Anda. Pilih ikon paling kanan yang menampilkan foto profil Anda saat anda masih berada pada home atau beranda Instagram.

Klik Insight

Anda bisa menemukan Instagram Insights tepat di bawah deskripsi profil Anda. Fitur Instagram Insight biasanya akan berada diantara promotion dan call. Fitur tersebut akan bertuliskan “Insights”

Explore Fitur

Selanjutnya, Anda bisa mengexplore fitur-fitur yang terdapat pada Insights sesuai dengan kebutuhan Anda. Mulai dari menu activity, content sampai dengan audience yang ada pada menu Instagram lama. Namun jika aplikasi Anda sudah diperbaharui, Anda hanya dapat melihat accounts reached, content interactions dan total followers.

Berikut ini merupakan penjelasan singkat dari masing-masing fitur yang terdapat pada Insight.

Accounts Reached

Anda bisa melihat seberapa jangkauan dan impresi dari akun Anda. Dalam fitur ini, Anda juga bisa melihat tentang aktivitas akun Anda. Contohnya seperti, kunjungan website dan kunjungan terhadap profil akun Anda.

Serta bisa juga melihat mana postingan, story ataupun video IGTV yang disortir berdasarkan kepopuleran. Anda bisa juga melihat hari apa akun Anda dikunjungi paling ramai.

Dalam perhitungannya, jangkauan (reach) dihitung 1 untuk satu akun. Sedangkan untuk impresi dihitung dari berapa kali konten tersebut dilihat, satu akun bisa memberikan impresi yang banyak.

Content Interactions

Pada fitur ini, Anda bisa melihat perincian detail tentang interaksi konten Anda pada postingan, story ataupun video IGTV Anda. Kegiatan yang terhitung sebagai interaksi contohnya like, komentar, orang yang menyimpan postingan Anda, berbagi postingan kepada orang lain, saling berbalas komentar dan tindakan lainnya pada konten Anda. Anda juga bisa melihat konten berdasarkan tingkat interaksinya.

Total Followers

Untuk dapat mengakses fitur ini lebih jauh, Anda harus memiliki follower minimal 100 orang. Insight ini mencakup pertumbuhan akun Anda, seperti jumlah pengikut yang bertambah atau berkurang, lokasi terbanyak dari pengikut Anda, rentang usia dan waktu mereka paling aktif di Instagram.

Saat Anda pertama kali masuk ke fitur Insights, Anda akan melihat tampilan informasi kinerja akun selama 7 hari terakhir. Overview akan langsung menampilkan 3 fitur yang sudah dijelaskan sebelumnya yaitu, Accounts Reached, Content Interactions dan Total Followers.

Atau, Anda juga bisa memeriksa langsung Insight di masing-masing postingan secara manual. Anda tinggal pilih salah satu postingan yang ingin Anda cek Insightnya. Kemudian klik view Insight di bagian sebelah kiri bawah dari foto Anda. Nantinya akan ada informasi seputar berapa banyak like, komentar, dibagikan, disimpan, jumlah reach dan profile visits pada postingan tersebut.

Artikel Terkait  8 Algoritma Google Terbaru dan Terupdate 2020

Pengaruh Instagram Insights Terhadap Bisnis

instagram-insight-3

Saat Anda melakukan suatu strategi pemasaran, tentu saja akan ada evaluasi yang dilakukan untuk mengukur seberapa jauh keberhasilan yang diraih dari menerapkan strategi pemasaran tersebut. Begitu juga berbisnis menggunakan Instagram.

Anda juga harus tau seberapa efektifnya penggunaan Instagram untuk melakukan brand awareness pada bisnis jasa ataupun bisnis online shop Anda. Ada beberapa analytics tool yang bisa digunakan untuk Instagram. Tetapi Instagram juga memiliki analytic bawaaan yaitu, Instagram Insights.

Seperti yang sebelumnya sudah dijelaskan, Instagram Insight analytics ini akan membantu Anda menganalisa perilaku dari followers Anda. Mulai dari konten seperti apa yang banyak mendapatkan respon dari follower, hari dan jam paling ramai follower mengunjungi akun Anda, umur dominan para follower Anda dan banyak lagi informasi yang bisa Anda dapatkan dengan memantau Instagram Insight.

Dari informasi tersebut, Anda dapat memikirkan strategi untuk membuat konten bisnis online Anda lebih menarik lagi. Style konten seperti apa yang paling banyak diminati, kemudian Anda juga bisa menyesuaikan informasi yang ingin Anda bagikan sesuai dengan range umur terbanyak dari follower Anda.

Tidak ketinggalan, Anda bisa membagikan konten terbaru Anda pada hari dan jam-jam ramai saat akun Anda dikunjungi oleh followers. Dengan demikian, Anda bisa meraih audience yang lebih banyak karena waktu posting yang tepat dan juga isi konten yang tepat sasaran. Sehingga akan membantu menaikkan brand awareness akun bisnis online shop serta produk Anda.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami