Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan website. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
Apa itu marketplace?  Apakah itu adalah tempat yang layak untuk berjualan?
Marketplace adalah portal untuk menampung usaha e-commerce ke dalam satu sistem sehingga memudahkan penjual untuk membuka toko online nya sendiri. Tapi, apakah berjualan di platform ini layak untuk dilakukan?
23191
post-template-default,single,single-post,postid-23191,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive

Apa itu marketplace?  Apakah itu adalah tempat yang layak untuk berjualan?

Di era digital, perdagangan sudah berubah dari ranah gerai menjadi virtual alias online. Dan Di dunia online ini, kita mengenal adanya marketplace, yang tentunya sudah tidak asing lagi di telinga kita semua. Marketplace merupakan pilihan yang bijak jika kita ingin membuka usaha e-commerce dengan modal kecil atau bahkan tanpa modal sekalipun.

Meningkatkan penjualan dan mencapai jumlah klien potensial setinggi mungkin dengan cara tercepat merupakan hal yang menjadi tujuan dari sebagian besar atau bahkan semua pelaku bisnis online.

Menjual lebih banyak selalu merupakan hal yang baik, tetapi apakah menjual di marketplace adalah sesuatu yang layak untuk dilakukan? Amankah? Banyak sekali pertanyaan yang muncul di kepala kita. Khususnya saya dan mungkin juga Anda.

Oleh karena itu, saya beberapa hari ini berselancar di dunia maya dan berhasil mendapat sedikit pengetahuan yang akan saya bagi dengan Anda

Marketplace adalah pasar online?

 

Artikel Terkait  Cara Mengelola Website Yang Baik Tapi Tidak Membosankan

Mari kita mulai dengan definisinya.Marketplace adalah pusat perbelanjaan virtual layaknya pasar yang berfungsi sebagai perantara antara pembeli dan penjual yang ingin bertransaksi secara online.

Untuk lebih memahami, coba simak contoh berikut:

Pikirkan tentang apa sebenarnya pusat perbelanjaan fisik itu. Marketplace adalah tempat di mana ribuan pengguna atau pembeli berkunjung karena mereka merasa nyaman untuk berbelanja di satu tempat dengan berbagai toko. Ini juga merupakan tempat di mana, sebagai pemilik toko, kita akan tertarik karena ada banyak pelanggan yang pergi ke sana setiap hari.

Marketplace adalah hal yang sama di dalam dunia e-commerce. Kedengarannya menarik, bukan? Bersiaplah karena kita akan berjalan-jalan di sekitar pusat perbelanjaan terbesar dan paling terkenal di sekitar kita.

Marketplace yang paling terkenal dan banyak digunakan di Indonesia

 
Berbicara tentang pasar berarti berbicara tentang berbagai situs belanja online terkenal di Indonesia seperti Tokopedia dan lain-lain.

Tokopedia

 
Tokopedia merupakan mall online yang merupakan marketplace terdepan yang ada di Indonesia. Pada marketplace ini pengguna bisa memilih dan membeli produk yang mereka inginkan. Kemudian sebagai pemasok barang (pemilik toko) juga bisa membuka gerai online kita melalui situs portal ini. Bahkan jika kita tidak punya modal sekalipun tetap bisa menggunakan Tokopedia untuk memulai membuka usaha dagang secara online, yaitu dengan fitur yang disebut dengan dropship.

Shopee

 
Sebenarnya Shopee bukanlah marketplace Indonesia, ini adalah perusahaan kelas internasional yang mulai beroperasi di Indonesia pada tahun 2015 lalu. Dengan konsep CtoC, Shopee marketplace adalah platform yang menawarkan berbagai kebutuhan pengguna. Dengan dilengkapi system pembayaran yang lumayan lengkap menjadikannya lebih nyaman digunakan dan juga praktis.

Bukalapak

 
Kelebihan yang dimiliki oleh marketplace ini adalah memberikan jaminan 100% uang Anda dikembalikan apabila gagal bertransaksi menggunakan situs ini. Satu lagi, ini adalah aplikasi made in Indonesia yang dibuat oleh seorang mahasiswa kreatif dari ITB pada tahun 2010 lalu.

Lazada

 
Lazada dibuat oleh perusahaan internet dari Berlin dengan target pasar Asia Tenggara. Mereka juga meniru model bisnis retail Amazon. Seperti yang lainnya, marketplace ini menggunakan model ctoc yang menyediakan berbagai kebutuhan penggunanya setiap hari.

Dan masih banyak lagi contoh marketplace lainnya yang bisa digunakan untuk berjualan online dan membeli berbagai kebutuhan hingga barang langka sekalipun.

Kekurangan dan Kelebihan berjualan di Marketplace

 
Menjual melalui marketplace adalah pilihan yang sangat menarik untuk mendapatkan akses ke audiens yang lebih luas, tetapi hati-hati multiplatform ini tidak selalu aman dan layak untuk Anda gunakan. Anda perlu memperhatikan beberapa hal untuk bisa meminimalisir kesalahan yang mungkin terjadi.

Artikel Terkait  Bagaimana Caranya Membuat Email Baru (Gmail) Lewat HP?

Kelebihan Mengapa Marketplace adalah Pasar Online yang Layak

 
Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, keunggulan utaman menggunakan marketplace adalah adanya jumlah pelanggan yang memiliki akses ke produk Anda melalui marketplace. Namun semua itu belum bisa menjadi alasan Anda untuk menggunakan platform ini menjadi awal mula bisnis online Anda.

Adanya traffic besar yang bahkan sudah skala internasional

 
Dengan membuka toko online Anda di marketplace, jumlah orang yang dapat mengunjungi Anda jauh lebih tinggi daripada jumlah orang yang akan belajar tentang Anda hanya dari e-commerce official yang Anda miliki. Selain itu, Anda dapat meningkatkan permintaan internasional tanpa perlu upaya tambahan.

Tidak perlu memusingkan masalah teknis

 
Anda tidak perlu memiliki situs web sendiri untuk menjual pada portal online ini. Platform ini sendiri biasanya menawarkan ruang di mana Anda dapat menambahkan katalog dan Anda tidak perlu khawatir tentang langkah selanjutnya, sehingga dengan demikian memudahkan Anda untuk mengelola semua produk Anda.

Metode pembayaran yang mudah

 
Dengan kemudahan pembayaran yang ditawarkannya, baik pembeli maupun penjual tidak perlu khawatir dengan keamanan pembayaran yang sering kita khawatirkan saat berjualan secara konvensional, karena semua pembayaran akan ditampung terlebih dahulu di rekening bersama yang baru bisa dicairkan dalam beberapa waktu.

Modal rendah

 
Karena Anda tidak perlu memiliki situs web sendiri, Anda dapat menghemat banyak pengeluaran (dan jam kerja) yang terkait dengan pemasaran digital karena marketplace menyediakan sistem dimana Anda bisa segera berjualan setelah Anda mendaftar.

Misalnya, Anda tidak perlu berinvestasi pada hal-hal berikut ini:

  • Nama domain
  • Hosting
  • Desain web
  • Implementasi SEO
  • Atau beberapa aspek lainnya

Artinya, Anda tidak akan memegang kendali penuh atas gambar bisnis Anda online karena akan dibatasi oleh opsi yang ditawarkan oleh sistem. Tapi, sebagai gantinya, Anda tidak perlu menghabiskan waktu berurusan dengan aspek bisnis itu.

Meningkatkan kredibilatas Anda dan kepercayaan klien

 
Salah satu keberatan penjualan yang paling umum untuk bisnis toko online adalah kurangnya kepercayaan yang mungkin dimiliki klien ketika menyelesaikan pembelian mereka dan melakukan pembayaran.

Ketika Anda menjual melalui platform portal online, prestise membantu Anda karena keengganan klien Anda berkurang karena jaminan yang ditawarkan oleh platform.

Selain itu, jika klien memutuskan untuk mengembalikan produk atau mengajukan keluhan, pihak manajemennya akan bertanggung jawab atasnya, yang juga berarti menghemat waktu dan uang Anda.

Ini adalah keuntungan yang sangat membantu jika Anda memiliki toko kecil, jika Anda baru saja membukanya, atau jika masih memiliki citra merek yang relatif lemah.

Kekurangan Dalam Berjualan Menggunakan Marketplace

 
Jelas, semua keuntungan itu datang dan kita diwajibkan untuk memberikan timbal balik karena marketplace juga merupakan bisnis yang ingin mendapatkan keuntungan.

Jadi sekarang mari kita lihat sisi lainnya yang ternyata tidak begitu bersahabat jika kita akan beralih ke bisnis online kita sendiri.

Anda akan dipungut komisi untuk semua penjualan Anda

 
Bergantung pada pasar, komisi untuk setiap produk yang dijual dapat berkisar dari 5 hingga 20%. Anda harus mengingatnya saat menghitung seberapa menguntungkan produk Anda dan sebelum memutuskan apakah marketplace itu layak atau tidak.

Anda berbisnis dengan berdampingan langsung dengan pesaing

 
Meskipun pesaing tidak selalu merupakan faktor negatif, kenyataannya adalah bahwa antara penjual yang berbeda di pasar mungkin ada perang harga dan produk yang disalin yang akhirnya menjadi mimpi buruk nyata.

Karena banyaknya pesaing di satu tempat, Anda harus terus-menerus merevisi harga Anda, yang dapat menyebabkan margin Anda berkurang.

Tidak bisa mengontrol data pelanggan

 
Ketika menjual melalui platform, Anda harus menyerahkan semua informasi tentang klien Anda. Ini menghambat Anda untuk meluncurkan strategi penargetan ulang atau berlangganan yang sebaliknya akan membantu Anda meningkatkan penjualan di e-commerce normal.

Anda akan kehilangan segalanya ketika berhenti menggunakan platform marketplace

 
Jika Anda pernah memutuskan untuk meninggalkan platform dan fokus pada (atau mempromosikan) penjualan Anda melalui e-commerce Anda sendiri, semua yang telah Anda lakukan dan dapatkan di marketplace tidak akan bisa dibawa, termasuk:

  • Deskripsi produk
  • Sejarah penjualan
  • Statistik tentang pesanan, penjualan, dan pengembalian
  • Data klien
  • Ulasan dan rekomendasi

Seperti yang sudah Anda ketahui, informasi tentang klien dan pesanan Anda adalah kunci untuk menciptakan strategi penjualan yang efektif dan lebih menguntungkan, sehingga kehilangan semua data dapat berubah menjadi hambatan nyata jika Anda memutuskan untuk membebaskan diri.

Marketplace dapat dapat menyimpan ceruk Anda

 
Jika pasar besar melihat produk atau ceruk yang menguntungkan, ia memiliki sumber daya yang lebih besar untuk memonopoli bisnis tersebut.

Pasar dapat memberikan banyak tekanan pada pemasok Anda jika mereka tertarik pada produk tersebut, jadi cobalah untuk menemukan keseimbangan antara melakukan dengan baik dan tidak terlalu menonjol.

Dapat terjadi konflik dengan toko online yang telah Anda miliki

 
Jika Anda memiliki dua saluran penjualan (e-commerce Anda sendiri dan marketplace), mungkin saja kebijakan harga yang diberlakukan oleh pasar menyebabkan harga situs web Anda lebih tinggi daripada yang ditawarkan melalui pasar.

Artikel Terkait  Jasa SEO Google | SEO Google Adalah?

Ini dapat merusak:

  • Citra merek Anda
  • Kepuasan klien langsung Anda
  • Profitabilitas Anda (penjualan melalui pasar menawarkan keuntungan yang lebih rendah karena komisi dan biaya penyimpanan dan logistik).

Jadi, Anda harus berhati-hati sebelum mulai bekerja dengannya. Periksa kembali ketentuannya dan hitung dengan cermat margin keuntungan Anda.

Selanjutnya, ya terserah Anda!

 
Memang benar bahwa terlihat relatif mudah dan menguntungkan untuk menjual produk melalui marketplace.  Jika Anda memiliki anggaran terbatas, marketplace adalah pilihan bagus untuk meningkatkan penjualan online Anda.

Namun, Anda harus selalu ingat bahwa memiliki kendali atas produk dan klien Anda selalu merupakan cara terbaik untuk berbisnis.  Ketika Anda mendasarkan semuanya pada platform pihak ketiga, Anda berisiko kehilangan kendali atas bisnis Anda.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami