Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan website. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
Ingin Meningkatkan Penjualan Produk? Cobalah Promosi Bundling
Bundling adalah metode penjualan secara paket. Namun, paket yang dibuat dengan metode bundling tidak sembarangan. Dalam praktek bundling, penjual biasanya memasangkan produk terlaris mereka dengan produk lama lalu menjualnya dengan harga terjangkau. Yuk simak informasi selengkapnya.
23556
post-template-default,single,single-post,postid-23556,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
paket-bundling

Ingin Meningkatkan Penjualan Produk? Cobalah Promosi Bundling

Anda yang sering berbelanja online mungkin sudah akrab dengan promosi beragam toko seperti buy 1 get 1, flash sale, cashback, hingga kode-kode promo. Sistem promosi besar-besaran seperti ini memang sudah terbukti sukses menggaet minat banyak pembeli untuk berbelanja.

Namun tahukah Anda, bahwa ada bentuk promosi lain yang tak kalah manjur menarik pembeli? Promosi ini bernama bundling. Untuk Anda pemilik toko online dan ingin mengadakan promosi yang berbeda, yuk cari tahu lebih banyak seputar promosi bundling guna meningkatkan penjualan di artikel kali ini!

Artikel Terkait  10 Payment Gateway Indonesia Terbaik di Tahun 2020

Mengenal Bundling, Bentuk Promo Kekinian Incaran Masyarakat

 

paket-bundling-2

Inovasi menjadi cara terbaik untuk bisa bersaing di pasar online shop. Inovasi bisa hadir dalam bentuk apa saja, termasuk promosi produk. Selama ini, online shop terkenal memiliki promosi yang selalu besar-besaran dan gila-gilaan, mulai dari diskon besar plus cashback, penjualan produk harga miring di flash sale, hingga pemberian gratis item untuk pembelian dengan nominal tertentu. Sistem promosi seperti inilah yang menjadikan online shop menjadi tempat pilihan berbelanja ideal bagi masyarakat modern.

Agar toko online Anda mampu bersaing, maka Anda perlu memikirkan inovasi promosi terbaru yang belum pernah dilakukan oleh toko lain. Tujuannya tentu agar konsumen datang mengunjungi toko Anda karena penasaran dengan penawaran yang Anda berikan. Promosi bundling adalah pilihan yang tepat untuk mempromosikan produk dengan gaya baru ke konsumen.

Apa itu bundling? Bundling adalah metode penjualan secara paket. Namun, paket yang dibuat dengan metode bundling tidak sembarangan. Dalam praktek bundling, penjual biasanya memasangkan produk terlaris mereka dengan produk lama lalu menjualnya dengan harga terjangkau. Jadi dalam satu kali pembayaran, konsumen bisa mendapatkan dua barang sekaligus.

Promosi bundling memiliki banyak keuntungan bagi penjual maupun pembeli. Jika di toko Anda terdapat banyak stok barang lama yang belum laku, maka taktik bundling adalah cara yang paling pas untuk menghabiskan barang tersebut.

Memasangkan produk unggulan atau best-seller dengan barang lainnya menjadi langkah terbaik agar konsumen turut membeli barang lain dari toko Anda. Alhasil, Anda akan terhindar dari kerugian akibat produk yang tidak laku.

Ada banyak contoh penerapan bundling sederhana. Semisal Anda memasangkan produk susu dengan sereal, lalu menjualnya dengan harga lebih murah dibandingkan membeli produk secara terpisah. Atau menggabungkan produk case smartphone dengan tempered glass dan menjualnya dengan harga baru ke konsumen.

Artikel Terkait  Template Iklan Instagram Gratis Download

2 Jenis Paket Promo Bundling

 

paket-bundling-3

Ingin mencoba promosi dengan paket bundling? Sebelumnya, Anda wajib mencari tahu dulu 2 jenis paket promo bundling yang umum dijual di pasaran. Kedua jenis bundling adalah bundling murni dan bundling alternatif. Penggolongan ini didasarkan pada kemampuan konsumen untuk memilih isi paket bundling yang ditawarkan. Apa saja perbedaan di antaranya? Berikut jawabannya.

Bundling Murni

 
Jenis bundling pertama adalah bundling murni. Bundling murni merupakan sistem paket yang tidak memberikan konsumen kesempatan untuk memilih isinya. Dengan kata lain, sistem bundling murni menjual sejumlah produk tetap yang isinya tidak dapat diganti.

Alhasil, konsumen harus membeli satu paket produk secara utuh. Contoh bundling murni adalah membeli villa beserta isi interiornya secara lengkap, atau membeli seperangkat laptop lengkap dengan charger, tas dan aksesoris lainnya.

Bundling Alternatif

 
Tipe kedua yakni bundling alternatif. Berbeda dengan bundling murni, dalam paket ini konsumen bisa memilih untuk membeli satu paket utuh bersamaan atau hanya membeli salah satu produk saja.

Jadi, konsumen tidak harus membeli satu paket utuh. Contoh bundling alternatif adalah pembelian smartphone yang disediakan tempered glass dan casenya. Konsumen bisa memilih untuk membeli smartphone saja atau lengkap dengan case beserta tempered glassnya.

4 Keuntungan Bundling

 
Selain meningkatkan penjualan untuk produk stok lama, ternyata masih ada 4 keuntungan promosi bundling untuk usaha Anda dan konsumen, lho! 4 keuntungan bundling adalah:

Menghemat Waktu Belanja

 
Keuntungan pertama bundling adalah menghemat waktu belanja konsumen. Pembelian produk secara paket otomatis memberikan konsumen 2 item berbeda, sehingga waktu belanja akan menjadi lebih efisien.

Semisal konsumen yang kehabisan kecap membeli paket bundling kecap manis dan minyak goreng. Alhasil, ia tidak perlu lagi membeli minyak goreng di waktu yang akan datang sebab sudah mendapatkannya dalam paket bundling.

Memudahkan Pembelian

 
Selain menghemat waktu belanja, konsumen juga akan dimudahkan dalam proses pembelian. Konsumen tidak perlu mengunjungi toko berbeda untuk mencari produk. Dengan sistem bundling, konsumen akan langsung mendapat beberapa item dalam sekali belanja. Praktis!

Menekan Biaya Promosi Produk

 
Keuntungan selanjutnya datang untuk penjual. Dengan metode bundling, Anda akan terhindar dari pemborosan biaya untuk mengiklankan setiap produk di toko Anda secara terpisah. Sebab sudah ada lebih dari satu produk tercantum dalam satu kali promosi.

Menambah Nilai Jual

 
Bundling juga akan menambah nilai jual produk, khususnya untuk produk yang tidak terlalu laku terjual. Produk yang lama atau susah terjual otomatis nilainya akan turun di mata konsumen.

Hal ini dikarenakan konsumen cenderung menilai produk memiliki kualitas buruk sebagai penyebab tidak laku dijual. Namun bundling akan menghilangkan kesan bahwa produk tersebut tidak laku, terlebih lagi ia dijual dengan harga miring di bawah standar.

Strategi ini akan sukses menarik minat konsumen dan menaikkan nilai jual produk. Untuk lebih memaksimalkan pencapaian penjualan, Anda juga bisa memberikan harga promo khusus atau bonus-bonus lainnya dalam paket bundling yang di jual. Alih-alih hanya sekadar memberikan diskon biasa, metode bundling mampu memberikan keuntungan yang lebih!

Bagaimana, sudah siap untuk menjalankan promosi bundling? Yuk simak bagian selanjutnya untuk mengetahui strategi perencanaan bundling terbaik untuk meraih penjualan yang maksimal.

Artikel Terkait  Google AMP Adalah : Solusi untuk Meningkatkan SEO Situs

Strategi Bundling untuk Penjualan Maksimal

 
Bingung bagaimana cara membuat paket bundling? Jangan asal membuat, karena salah pembuatan paket bisa mengakibatkan Anda merugi. Agar bisa memaksimalkan penjualan toko online Anda, mari simak 4 strategi bundling berikut ini. Dijamin sukses mendongkrak penjualan!

1. Memasangkan Produk dengan Best-Seller

 
Langkah pertama bundling adalah memasangkan produk yang tepat. Komposisi paket yang sering dilakukan penjual adalah produk yang jarang dibeli dengan produk unggulan atau best-seller. Anda juga bisa mempaketkan produk lama dengan produk baru. Tujuannya, agar produk yang jarang dibeli dapat ikut terjual saat konsumen membeli produk baru atau best-seller.

2. Memberikan Harga Murah

 
Goals dari konsumen membeli paket bundling adalah mendapat 2 item dengan harga murah dibandingkan saat membeli barang secara satuan. Di sini Anda harus teliti dan pintar menentukan harga. Ciptakan kesan membeli 2 produk akan jauh lebih murah agar pembeli berminat untuk berbelanja.

3. Mengemas dengan Menarik

 
Paket yang menarik adalah paket dengan kemasan baik. Pastikan saat mempromosikan bundling, Anda membuat tampilan desain promo yang menarik serta mengemasnya dengan baik. Dengan begini, konsumen akan semakin tertarik untuk membeli paket bundling Anda.

4. Rajin Berpromosi

 
Setelah persiapan bundling selesai, kini tibalah waktunya untuk Anda rajin mempromosikan produk di website toko. Semakin sering berpromosi, maka kesempatan toko Anda didatangi pengunjung akan semakin besar.

Belum punya website sendiri? Yuk buat website bisnis di situs appkey.co.id! Dapatkan penawaran menarik dan harga terjangkau untuk pembuatan website di Appkey sekarang juga!

Demikianlah pembahasan kali ini terkait sistem bundling. Terima kasih sudah membaca, semoga artikel ini membantu Anda untuk mempromosikan bisnis dengan cara baru. Good luck!

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Tags: