Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan website. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
Cara Beli Domain dan Registrasi Domain dengan Mudah
Pelajari cara beli domain dan registrasi domain melalui beberapa layanan berikut ini. Lengkap dengan tips memilih domain yang tepat untuk bisnis Anda.
21769
post-template-default,single,single-post,postid-21769,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive

Cara Beli Domain dan Registrasi Domain dengan Mudah

Sebelum menjelaskan tentang cara beli domain, terlebih dahulu kita akan singgung sedikit arti dari kata domain itu sendiri. Apa sih yang dimaksud dengan domain itu?

Domain adalah nama unik Anda di dunia maya atau di internet. Dengan menggunakan nama domain, identitas perusahaan, organisasi, atau produk Anda peluangnya lebih besar untuk dikenali oleh para pengguna internet atau orang banyak. Anda dapat memasang nama domain di alamat email atau alamat website kamu sendiri. Secara umum, nama domain terdiri dari dua bagian, pertama yaitu nama, perusahaan, lembaga, organisasi kamu. Kemudian, bagian kedua adalah akhiran com, org, atau net.

Sementara itu, menurut pakar bisnis digital. Nama domain dianalogikan sebagai nama sebuah toko Anda di dunia nyata. Nama domain Anda tentu sangat penting, karena diperlukan agar toko mudah diingat dan dikenali orang. Pada saat memilih nama domain, anda tidak bisa memakai nama yang sudah tersedia sebelumnya, nama domain milik  orang lain. Contohnya, anda tidak bisa lagi menggunakan nama domain Tokopedia.com., karena sudah ada perusahaan lain yang lebih dahulu memakai nama domain tersebut. Jika nama domain sudah dimiliki orang lain, maka mau tidak mau Anda mesti mencari nama yang lain yang menurut Anda unik, mudah diingat dan diketik, atau mudah untuk diucapkan. Biasanya, nama domain yang menarik adalah pendek dan simpel. Misalnya, potret.com.

Bagaimana cara beli domain?

 
domain-2

Menyambung ke pembahasan awal tadi mengenai tata cara beli domain. Sebenarnya, tujuan dari beli domain itu agar website anda menjadi semakin sering dikunjungi, karena memiliki alamat yang catchy yang dapat dengan mudah diakses oleh siapa pun oleh warga net. Maka dari itu, anda perlu tahu cara membeli nama domain.

Registrasi nama domain di dunia dan Indonesia pada khususnya sudah menjadi hal yang cukup mudah untuk saat ini. Registrasi atau pendaftaran nama domain merupakan tahap pertama yang perlu anda lakukan untuk memulai dalam membuat suatu blog atau website yang menarik pengunjung.

Artikel Terkait  Daftar Domain: Harga dan Syarat Pendaftarannya

Langkah-langkah membeli domain

 

  • Pilihlah oleh anda pendaftar atau penyedia layanan jasa registrasi nama domain yang sudah andal yang terdaftar secara resmi di ICANN.
  • Gunakan alat pengecekan ketersediaan domain.
  • Jalankan alat pencarian ketersediaan nama domain.
  • Pilih opsi nama-nama domain yang sudah tersedia.
  • Lengkapi registrasi dan pembayaran nama domain.
  • Verifikasi kepemilikan nama domain baru anda.
  •  

    Tips Sebelum Membeli Nama Domain

     
    domain-4

    Membeli domain tidak semudah yang anda bayangkan. Sehingga, sebelum anda memutuskan untuk membeli nama domain, pertimbangkan dan pikirkan terlebih dahulu beberapa hal secara matang seperti panjang-pendeknya kata, catchy, mudah diingat, dan legalitasnya. Hal itu karena nama domain yang terpilih yang akan pertama kali dishare, dilihat atau dibaca seluruh pengunjung di daftar mesin pencarian internet.

    Berikut ini ada beberapa tips yang penting yang perlu anda ketahui:

    Artikel Terkait  Sebuah Pengantar Tentang Flowchart (pengertian, contoh dan cara pembuatan)

    Lakukan Riset Terlebih Dahulu.

     
    Maksudnya, pelajari target pasar anda agar anda mengetahui apa saja sih yang biasanya audience butuhkan. Pilih keyword dan kata-kata yang sedang tren kali ini yang dapat mewakili bisnis kamu.

    Tentukan Nama Domain Kamu.

     
    Buatlah nama domain semenarik mungkin yang mudah untuk diingat, singkat tapi jelas. Jangan memilih nama domain yang terlalu panjang dan rumit untuk diketik dan juga jangan pilih nama domain yang sulit diucapkan. Nama domain yang unik,menarik, dan pendek akan memiliki potensi pengunjung akan datang mengunjungi website anda.

    Periksa Trademark

     
    Untuk menghindari masalah yang terkait dengan hukum ke depannya. Sebaiknya, jangan daftarkan nama domain yang sama dengan nama domain yang sudah dimiliki oleh orang lain. Anda dapat memeriksa brand itu terlebih dahulu dengan menggunakan alat checker domain yang tersedia secara online.

    Hindari Penggunaan Angka dan Tanda Penghubung.

     
    Penggunaan angka dan tanda hubung, memang bisa membuat lebih banyak variasi atau opsi untuk nama domain. Tetapi, terkadang pemakaian angka dan tanda hubung lebih banyak merugikan daripada menguntungkan. Contohnya, orang dapat mudah keliru dalam membedakan antara angka nol (0) dengan huruf (o). Oleh karena itu, menurut kita tidak memakai angka dan tanda hubung pada nama domain merupakan ide yang tepat.

    Cari Nama Domain Alternatif

     
    Jika anda sudah menentukan nama domain anda, pikirkan juga nama domain alternatifnya. Nama domain alternatif adalah sebuah variasi dari domain utama agar semua pengunjung dapat dengan mudah mengakses website anda. Walaupun, terjadi salah pengetikan (typo). Contoh yang bagus mengenai nama domain alternatif adalah amzon.com. nama domain alternatif dari Amazon.com. atau fb.comyang bisa langsung mengakses ke Facebook.

    Jika, anda sudah memiliki nama domain utama, tetapi belum mempunyai nama alternatif domain. Menurut kita lebih baik anda segera mungkin daftarkan saja dulu nama domain anda. Hal itu supaya orang lain tidak memakai nama domain seperti nama domain anda.

    Proses memilih atau mencari nama domain yang tepat untuk website, mungkin menjadi hal yang tidak mudah bagi anda atau sebagian orang kebanyakan. Hal ini karena dalam pemilihan nama domain, pikiran kita memang perlu sedikit kreatif. Mungkin anda juga bisa meminta bantuan dan saran dari orang lain untuk menentukan nama domain anda itu. Sampaikan niat anda itu, ingin beli domain atau membuat website sendiri kepada keluarga, teman, atau kolega anda. Siapa tahu mereka memiliki ide yang cemerlang untuk sebuah nama domain anda itu nantinya.

    Nah, setelah anda tahu tata cara memilih nama domain yang bagus. Sekarang, anda mungkin mulai bertanya-tanya bagaimana cara membeli domain tersebut?

    Untuk mendapatkan nama domain website. Anda perlu menghubungi penyedia jasa pendaftaran domain yang sudah terakreditasi ICANN. Biaya registrasi, tergantung pada ekstensi domain yang anda pilih. Rincian biaya registrasi antara $0,99 sampai dengan $92,99.
    Namun, sebelum memutuskan untuk membeli nama domain, pastikan terlebih dahulu ketersediaan nama domain. Ada beberapa tahapan yang perlu diketahui, sebelum membeli nama domain. Tahapan-tahapan itu adalah sebagai berikut:

    Tahap 1 – Gunakan Alat Pengecekan Ketersediaan Domain.

     
    Proses membeli nama domain, tentunya diawali dengan mencari ketersediaan domain.

    Tahap 2 – Jalankan Sistem Pencarian Nama domain.

     
    Sekarang, masukkan nama domain yang anda inginkan tersebut di alat pengecekan dan akan langsung diproses oleh pengecek tersebut. Kemudian, alat pengecekan domain akan memberikan beberapa opsi yang tersedia yang bisa untuk didaftarkan.

    Nah, sekarang timbul pertanyaan bagaimana jika nama domain yang ingin anda beli ternyata sudah dimiliki atau didaftarkan oleh orang lain?
    Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan. Pertama, pilih opsi nama domain yang lain. Seandainya, .com tidak tersedia, anda bisa memilih domain yang lain seperti xyz ; org; net; dll.
    Atau cara lainnya, coba membuat nama domain sedikit lebih panjang dengan menambahkan kata yang simpel. Biasanya, menggunakan kata awalan dalam bahasa Inggris seperti “The”;My; “a” dan sejenisnya yang dapat membantu membuat nama domain.

    Artikel Terkait  Membuat Hosting Sendiri dan Domain Sendiri

    Tahap 3 – Pilih Domain

     
    Setelah anda menemukan nama domain yang bisa didaftarkan dan anda pun menyukai nama domain tersebut. Lanjutkan, ke proses registrasi dengan klik “add to cart“. Jika sudah sesuai dengan kebutuhan, langsung proses dengan mengklik “Checkout“. Setelah itu, sistem akan memberikan pilihan metode pembayaran yang bisa anda gunakan.

    Tahap 4 – Melengkapi Registrasi Domain

     
    Setelah  menuntaskan pembayaran domain. Lalu, anda akan diarahkan ke panel kontrol yang didalamnya terdapat kotak untuk melengkapi registrasi nama domain. Pastikan untuk semua data sudah terisi dengan baik dan benar. Karena data yang sudah masuk akan disimpan ke dalam database kepemilikan domain resmi yang disebut WHOIS . Setelah anda mengisi data secara detail. Kemudian, registrasi akan segera diproses oleh sistem.

    Tahap 5 – Verifikasi Lewat Email

     
    Tahap terakhir adalah memverifikasi kepemilikan domain lewat alamat email yang anda cantumkan saat mendaftar. Biasanya, pemberitahuan verifikasi di email tiba dalam beberapa menit, setelah sistem selesai menyelesaikan pengaturan domain. Apabila, ternyata di email belum ada pesan verifikasi yang datang. Anda dapat melakukan resend permintaan dari panel kontrol. Kita menyarankan agar anda segera melakukan resend. Jangan menunggu terlalu lama, apalagi lebih dari 15 hari. Hal itu karena registrasi akan ditangguhkan sementara.

    Oke, selamat anda sekarang sudah tahu tata cara membeli nama domain dan proses registrasinya juga.

    Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
    Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

    Tentang Kami
    Pengnalan Layanan
    Pengenalan Perusahaan
    Kontak Kami
    Tags: