Cara Mudah dan Cepat Membuat Akun Youtube
Youtube saat ini sedang menjadi trend disetiap kalangan, sehingga membuat kebanyakan orang ingin membuat akun youtube agar dapat mengekspresikan diri dengan mendapatkan hasil yang tidak sedikit. Membuat akun youtube tidaklah sesulit yang Anda bayangkan, dengan menggunakan smartphone yang ada saat ini sangat memungkinkan untuk membuat akun youtube. Berikut kami sajikan!
23107
post-template-default,single,single-post,postid-23107,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
cara membuat akun youtube

Cara Mudah dan Cepat Membuat Akun Youtube

Para millennial pasti sudah tidak asing dengan istilah youtube, tidak hanya para millennial tetapi para orangtua juga tidak ketinggalan untuk menggunakan aplikasi terkini dalam mendapatkan informasi. Adanya internet berkecepatan 4G dan smartphone saat ini sangat mempengaruhi keeksistensian dari aplikasi yang ada. Salah satu aplikasi yang wajib ada dismartphone adalah youtube. Mungkin masih banyak yang tidak tahu bahwa youtube adalah bagian dari google.

Google mempunyai banyak aplikasi, beberapa aplikasi populernya yaitu, google maps, gmail, youtube, google drive, google photo, playstore, google translate, google chrome dan masih banyak lagi aplikasi lainnya dari google.

Artikel Terkait  Digital Marketing Sederhana dan Panduan Langkah Demi Langkahnya

Saat ini dengan bantuan internet, informasi tidak lagi hanya berasal dari buku dan koran tetapi semua itu sudah bisa diakses secara digital melalui mesin pencari diinternet. Salah satunya yaitu melalui youtube, dengan youtube kita bisa melihat berbagai cara dalam mengerjakan sesuatu hal.

Tidak lagi mengira-ngira bagaimana cara melakukan dengan melihat panduannya dari website, buku resep maupun blog. Youtube merupakan layanan berbagi video, dimana penggunanya bisa menonton video, memberikan like & dislike, berbagi video, berkomentar pada video, live, membuat playlist, ada fitur watch later, bahkan bisa mengupload video Anda sendiri ke youtube.

Video diyoutube dapat dilihat dimana saja, mulai dari komputer, smartphone bahkan tablet asalkan aplikasi tersebut sudah di install pada perangkat. Youtube berdiri pada tahun 2005, aplikasi ini berasal dari Amerika dan berkantor pusat di California, Amerika Serikat. Youtube juga mengeluarkan beberapa aplikasi streaming video lain seperti youtube kids, youtube go, youtube music dan masih ada lagi. Cara membuat akun youtube pertama Anda harus memastikan tema apa yang akan Anda bahas dalam channel youtube Anda.

Tema Akun Youtube

 

riview
 

Edukasi

 

Berbagai metode pembelajaran dapat ditemukan di youtube, seperti video cara belajar bahasa asing, penyelesaian matematika, pengeditan dengan menggunakan photoshop ataupun pengeditan tone dengan lightroom, kemudian juga adanya alasan suatu hal bisa terjadi baik secara ilmiah maupun sejarah dan masih banyak lagi video edukasi lainnya.

Hobby

 

Kemudian ada video yang terkait dengan hobby seperti, cara menggunakan make up yang sekarang banyak diwakili oleh para beauty vlogger, kemudian juga ada cara menanam sukulen, cara memasak, pembahasan mengenai level dalam suatu game dan masih banyak lainnya.

Review

 

Bahkan sebelum membeli barang, banyak dari kita mencari informasi terlebih dahulu melalui youtube untuk mendapatkan informasi baik buruknya dari suatu barang. Barang tersebut ada yang berupa baju, smartphone, buku, tempat wisata, hotel, make up, laptop bahkan ada review dari sebuah aplikasi dan masih banyak lagi review menarik lainnya.

Entertainment

 

Selain hal-hal yang sudah disebutkan tadi, kita juga bisa melihat entertainment di youtube, seperti cover lagu atau dance, video humor, daily vlog, music video official dari idola kita bahkan stasiun televisi juga memiliki akun youtube untuk berbagi cuplikan acara mereka.

Saat ini banyak artis Indonesia maupun luar negri yang ingin tetap menaikan pamornya dengan cara membuat akun youtube agar terlihat selalu eksis didunia entertainment. Korean hallyu (gelombang Korea) juga sangat mudah diakses dengan adanya youtube ini.

Para penggemar bisa mencari hal yang mereka sukai mengenai Korea melalui aplikasi ini. Mulai dari drama, makanan, lagu, belajar bahasa bahkan untuk mendukung idolanya menang dalam chart lagu.

Penggemar internasional bisa melakukan voting online dengan menekan tombol like pada MV idol mereka yang menunjukan seberapa populer lagu tersebut dikalangan internasional dan membantu memenangkan chart dengan kategori kepopuleran internasional.

Life Hacks

 

Ada juga video life hacks atau cara mudah melakukan sesuatu dalam kehidupan sehari-hari sekarang juga sudah tidak jarang ditemukan. Bahkan ada juga istilah yang berkembang yaitu DIY (do it yourself), yaitu melakukan sesuatu dengan cara kreatif membuat sendiri dengan barang yang ada sehingga tidak perlu membeli dan menghemat uang serta merubah limbah yang ada menjadi barang yang lebih berguna dan bernilai lebih.

Banyaknya hal yang tersedia diyoutube membuat banyak orang tertarik menonton youtube daripada televisi konvensional, apalagi aplikasi ini dapat diunduh secara gratis dan mudah diakses dimana saja dan kapan saja. Tidak seperti acara televisi yang ada jam tayangnya.

Youtube juga masih menjadi platform sharing video terbanyak yang digunakan publik. Orang yang tidak mempunyai akun youtube hanya bisa menikmati videonya saja, tetapi tidak bisa mengupload video, dan hanya bisa menggunakan fitur diyoutube seperti like & dislike, comment, subscribe kesuatu channel ataupun melihat histori apa saja video yang telah Anda lihat.

Bagaimana Cara Membuat Akun Youtube?

 

Cara membuat akun youtube sangatlah mudah, Anda hanya perlu punya akun google dengan menggunakan gmail, usia juga diperhatikan. Cara membuat akun youtube, user harus berusia 18 tahun agar bisa bertanggung jawab pada akunnya ataupun pada usia 13 tahun keatas dengan pengawasan orang tua.

Berikut adalah Cara Membuat Akun Youtube untuk Channel Pribadi Anda

 

  • Buka aplikasi youtube.com dari smartphone atau komputer Anda.
  • Klik ikon akun dipojok kanan atas.
  • Klik login.
  • Klik ikon tanda tambah untuk menambahkan akun.
  • Kemudian masukan nama akun google dari gmail Anda.

 

Jika Anda sudah login dengan akun google yang Anda buat tadi, namun ingin membuat ataupun menggunakan akun baru untuk channel Anda. Bagaimana cara membuat akun youtube baru adalah sebagai berikut:

  • Klik ikon akun dipojok kanan atas.
  • Klik ganti akun.
  • Klik tambahkan akun.
  • Terakhir masukan akun gmail yang Anda ingin gunakan untuk akun baru.

 

Untuk upload video, hanya tinggal menekan ikon berbentuk kamera.

youtube
 

Sesudah itu Anda tinggal memilih video yang akan diupload, jangan lupa isikan judul yang menarik beserta deskripsinya. Pastikan juga Anda mengatur videonya ke public bukan private yang hanya bisa dilihat oleh Anda seorang.

Mempunyai akun youtube tidak hanya untuk menikmati video yang ada, tetapi kita juga bisa berpartisipasi untuk menghasilkan video yang akan di upload pada youtube. Selain menyalurkan hobby, pengunggahan video melalui youtube juga bisa membuat sebuah akun youtube menghasilkan uang untuk Anda.

Bahkan tidak sedikit orang menjadikan youtube sebagai tempat pekerjaan utamanya. Orang tersebut dapat kita sebut sebagai content creator, mereka yang membuat video seperti cover lagu, vlog, tutorial dan hal yang bersifat entertain.

Bahkan tidak sedikit creator yang mendapatkan uang lebih banyak daripada orang yang bekerja kantoran. Bagaimana bisa hal itu terjadi? Jawabannya karena beberapa hal, yaitu dengan menariknya konten yang ditampilkan maka tidak menutup kemungkinan selain dilirik oleh viewers, konten kita juga dilihat oleh para pemilik usaha yang tertarik untuk memasarkan produk mereka melalui kita.

Seperti contohnya memberikan produknya secara gratis untuk dicoba dan di review pada video youtube kita. Ada juga creator yang menetapkan tarif untuk menampilkan suatu produk pada videonya. Ataupun pemilik produk bisa bekerja sama dengan menggunakan afiliasi link.

Creator akan menjelaskan mengenai produknya dan memberikan semacam kode referral untuk mendapatkan diskon atau kemudahan lainnya melalui video yang mereka buat. Komisi untuk creator akan dihitung dari banyaknya orang yang menggunakan kode referral tersebut untuk berbelanja produk.

Namun diluar itu, cara utama untuk mendapatkan penghasilan lewat youtube adalah melalui adsense.
Iklan pada channel youtube, disebut dengan adsense. Iklan yang dipasang pada channel youtube tersebut kemudian dikenakan tarif dan menjadi penghasilan bagi pemilik video atau akun tersebut.

Contoh adsense yang sering digunakan oleh creator video adalah skippable video ads. Iklan ini bisa muncul diawal video atau diakhir video tapi ada juga yang menaruh iklan pada pertengahan video.

Artikel Terkait  Cara Login WordPress dengan Mudah

Iklan ini ada yang berdurasi 5 detik bahkan ada yang beberapa menit tentunya iklan ini bisa diskip setelah beberapa detik. Jika Anda ingin langsung menerapkan pengaturan tersebut pada semua video yang Anda punya maka, jangan lupa untuk enable opsi “monetize all existing and future videos”.

Langkah untuk Mendaftar Adsense Youtube

 

berlangganan
 

  • Mengatur pilihan monetisasi.
  • Menghubungkan akun youtube dengan adsense.
  • Review setelah mendapatkan 4000 jam tayang dan 1000 subscriber.
  • Persetujuan youtube partner program(YPP).

 

Pertama Monetisasi akun Youtube

 

Lakukan sign in ke akun youtube Anda, kemudian pilih menu “account information” yang terletak disebelah kanan atas dan klik pada “creator studio”. Kemudian, pada menu disebelah kiri, pilih “channel” dan pilih “status and features”. Lalu pilih “enable monetisation”. Kemudian setujui agreement yang ada.

Kedua Hubungkan Akun Youtube dengan Adsense

 

Setelah mengaktifkan fitur monetisasi pada youtube channel anda, selanjutnya yaitu perlu melakukan associate dan approved adsense account anda ke youtube account Anda.

Ketiga dan Keempat Berhubungan dengan YPP

 

Dikutip dari kompas.com, peraturan youtube partner program (YPP) untuk channel berisi video yang menyelipkan iklan diubah. Agar bisa mendapatkan pemasukan dari iklan, satu video kini harus mendapatkan sedikitnya 4.000 jam waktu dilihat (watch time) dalam 12 bulan terakhir dan harus memiliki setidaknya 1.000 subscriber.

Artikel Terkait  DNS Adalah ? | Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja DNS

Sebelumnya, YPP hanya mensyaratkan sebuah peraturan untuk mengumpulkan 10.000 view sebelum bisa menayangkan iklan. Namun, pihak youtube mengubah aturan lama tersebut karena tidak efektif untuk menyaring para “aktor buruk” seperti spammer dan peniru konten.

Demikianlah bagaimana cara membuat akun youtube dan langkah untuk mengaktifkan adsense pada channel akun youtube Anda agar bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Jangan lupa untuk selalu menciptakan konten yang kreatif dan berkualitas sehingga dengan mudah menarik viewer untuk melihat video Anda agar segera memenuhi persyaratan sebagai youtube partner program (YPP).

 

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami