Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan website. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
Bagaimana Caranya Membuat Email Baru (Gmail) Lewat HP?
Bagaimana caranya membuat email baru (Gmail) lewat HP? - Jika Anda mengalami kesulitan dalam membuat email baru melalui HP, Anda bisa mengikuti tutorial berikut ini.
22465
post-template-default,single,single-post,postid-22465,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
gmail-thumbnail

Bagaimana Caranya Membuat Email Baru (Gmail) Lewat HP?

Bingung bagaimana caranya membuat email? Sedangkan memiliki akun email kini sangat penting, karena memudahkan surat menyurat online maupun kegiatan lainnya seperti pengiriman file, maupun dokumen.

Namun jika Anda bertanya bagaimana caranya membuat email (Gmail) yang mudah atau jika Anda mengalami kesulitan dalam membuat email baru melalui HP, Anda bisa mengikuti tutorial berikut ini. Berikut cara buat email atau akun Gmail melalui platform mobile seperti HP dan tablet.

Untuk Anda yang hendak membuat email (Gmail) melalui HP, Anda bisa mengikuti tahapan cara berikut:

Artikel Terkait  Lupa Pass Gmail (Google Mail)? Ini Solusinya!

Membuat Email Tanpa Masuk Chrome Melalui Pengaturan HP

 
Jika Anda hendak membuat email atau membuat email baru melalui HP namun mesin pencari Anda sedang sulit diakses tidak perlu khawatir, karena Anda tetap dapat membuat email dengan cara masuk ke pengaturan telpon atau smartphone Anda, berikut ini caranya membuat email (Gmail) melalui pengaturan telepon atau smartphone.

  1. Pertama, Anda dapat masuk ke menu pengaturan atau setting pada HP Anda.
  2. Cari dan klik menu accounts kemudian klik add accounts.
  3. Lalu pilih google klik, kemudian pilih create a new account.
  4. Ikuti perintah pada tiap tahapannya, pada tahapan pertama, Anda dapat menulis nama depan Anda serta nama belakang Anda sesuai dengan perintah google. Lalu next dan ikuti semua tahapannya seperti mengisi jenis kelamin maupun tanggal lahir Anda.
  5. Kemudian pilih nama yang akan Anda gunakan sebagai username Gmail Anda. Jika Anda tidak dapat menggunakan username yang Anda ketikan karena telah dipakai, jika Anda ingin tetap menggunakan username tersebut Anda dapat menambahkan variasi angka diantara nama username Gmail yang akan Anda gunakan. Jika sudah berhasil lalu klik next.
  6. Langkah selanjutnya adalah membuat password dari akun Gmail yang akan Anda gunakan, Anda dapat menggunakan password dengan 8 karakter. Pastikan bahwa password yang Anda buat merupakan password yang aman dan kuat, jika bisa jangan gunakan informasi pribadi seperti tanggal lahir, karena mudah untuk dibobol atau tidak aman. Pastikan kombinasinya sulit ditebak, gunakan huruf kapital maupun huruf kecil serta angka untuk di kombinasi kan. Jika sudah selesai Anda bisa konfirmasi password di kolom bawah untuk memastikan tidak ada perbedaan pasword jika sudah Anda bisa klik next.
  7. Setelah itu Akan melihat kotak Privacy and Terms yang muncul, baca terlebih dahulu, jika Anda setuju klik ‘I agree’.
  8. Setelah Anda setuju, akan muncul konfirmasi username dan password yang telah Anda buat jika benar klik next.
  9. Jika muncul pilihan pembayaran Anda memilih opsi no thanks selanjutnya klik next.
  10. Jika semua tahapan tersebut telah Anda ikuti, maka akun Gmail yang Anda buat akan aktif.

 

Caranya Membuat Email Gmail Dari HP Melalui Google Chrome

 

gmail-google-chrome 

Jika anda hendak membuat email maupun email baru lewat HP dan memiliki aplikasi mesin pencari Chrome Anda dapat membuat akun Gmail baru Anda melalui Chrome, berikut cara membuat akun email baru Anda:

  1. Buka aplikasi Google Chrome.
  2. Langkah pertama yang Anda lakukan adalah buka Chrome Anda kemudian masukkan atau ketikan https://gmail.com.
  3. Kemudian Anda dapat Klik Masuk atau sign in.
  4. Ada dua pilihan yakni masuk melalui email yang telah terdaftar  untuk masuk ke akun dan dan pilihan create account. Anda dapat memilih creat account atau buat akun kemudian klik.
  5. Ikuti perintah yang muncul, Anda diharuskan mengisi data diri, seperti nama depan dan nama belakan lalu klik, da nisi data diri lain seperti tanggal lahir lalu klik next. Setelah data diri selesai, Anda diharuskan membuat password atau kata sandi dengan minimal 8 karakter, gunakan kata sandi yang tidak diketahui orang lain, pastikan hanya Anda yang tahu. Jika sudah klik berikutnya.
  6. Kemudian Anda dapat mengisi nomor telepon Anda, ini tidak wajib, namun tetap disarankan supaya jika Anda memiliki masalah pada akun Gmail Anda, Anda dapat memulihkannya lewat nomor telepon yang Anda berikan.
  7. Jika sudah mengisi nomor telepon Anda, selanjutnya Anda akan diarahkan untuk mengisi kelengkapan informasi lain seperti tanggal lahir Anda serta jenis kelamin. Jika sudah klik next atau berikutnya.
  8. Selanjutnya Anda diminta untuk melakukan verifikasi nomor telepon, klik kirim untuk memperoleh kode unik yang akan digunakan sebagai kode verifikasi.
  9. Jika sudah Anda akan memperoleh Privacy and Terms, baca dengan seksama jika setuju klik I agree. Lalu Gmail Anda bisa digunakan.

 

Artikel Terkait  7 Cara Menghilangkan Malware di Laptop dengan Mudah

Membuat email baru melalui pengaturan HP tidaklah sulit bukan? Yang perlu Anda perhatikan adalah username yang Anda gunakan. Jika username yang Anda pilih telah digunakan akun lain, Anda bisa mencoba berbagai kombinasi angka, seperti peletakannya, atau jumlah angka yang Anda cantumkan pada username Anda.

Mengapa Anda Perlu Membuat Akun Email (Gmail) Anda

 

gmail benefit 

Selain mengetahui bagaimana caranya membuat email, Anda juga perlu mengetahui alasan mengapa Anda perlu membuat email (Gmail)

  1. Anda dapat mengirimkan file file Anda, surel-surel Anda maupun dokumen Anda dengan menggunakan email gratis, yakni Gmail.
  2. Mendapatkan Tempat Penyimpanan Data Online Gratis.
  3. Komunikasi Jarak Jauh Semakin Mudah dan Hemat Biaya.
  4. Data Bisa Diakses Dimana dan Kapan Saja Menggunakan Koneksi Internet.
  5. Dengan adanya berbagai aplikasi yang disediakan oleh google, memudahkan untuk melakukan pengelolaan data, kontak maupun event.

 

Tidak Perlu Ragu Membuat Email Karena Berbagai Fitur Gmail Ini Akan Memudahkan Anda

 

gmail-1 

Setelah Anda tahu caranya membuat email dan telah membuat email Anda, maka tidak ada salahnya jika Anda mengetahui berbagai fitur yang ada pada Gmail, agar Anda dapat memanfaatkan fasilitas atau fitur-fitur yang telah disediakan oleh Gmail karena dapat membantu Anda untuk memaksimalkan penggunaan email Anda. Beberapa fitur dibawah ini perlu Anda ketahui:

Penyaringan Spam

 
Jika Anda hendak menggunakan Gmail dan membuat akun Gmail yang baru, Anda tidak perlu khawatir tentang adanya virus, phising iklan maupun spam, karena pada Gmail disediakan penyaringan spam, dimana masuknya spam pada Gmail bisa ditolak, atau tidak masuk pada Gmail Anda, namun penyaringan spam belum bisa dilakukan 100 persen, Anda tetap akan menjumpai beberapa spam yang masuk pada Gmail Anda.

Merger dengan Menggunakan Google Hangouts

 
Siapa bilang Anda tidak dapat melakukan panggilan video call melalui email?. Jika Anda membuat akun email Gmail Anda bisa menggunakan google hangout, karena Desktop Gmail Anda bisa menampilkan kontak hangouts yang terletak di sisi kiri layar, dimana Anda dapat mengetahui siapa yang menggunakan hangout di dalam daftar kontak Anda, sehingga Anda dapat melakukan panggilan video call dengan teman-teman Anda yang juga menggunakan google hangout.

Akun Gmail Dapat Diakses Offline

 
Jika Anda memasang ekstensi Gmail offline Chrome yang dilakukan melalui web browser, Anda bisa melakukan aktivitas Gmail Anda secara ofline atau tidak terhubung dengan internet. Sehingga anda tetap dapat mengakses akun gmail anda, menarik bukan?

Smart Reply dan Smart Compose pada Gmail.

 
Jika Anda membutuhkan saran pilihan kata yang tepat untuk membalas email yang masuk maka Anda dapat menggunakan fitur smart replay yang telah dibekali dengan kecerdasan buatan.

Atau ada juga yang disebut dengan smart compose yang dapat merangkai kata-kata yang akan Anda tulis pada surel Anda, fitur ini sendiri mulai dirilis sejak tahun 2018 tahun lalu, Anda bisa menggunakan fitur ini untuk kepentingan surel Anda, fitur ini bekerja dengan cara mempelajari kata yang biasanya Anda gunakan untuk menulis surel-surel Anda.

Nudge

 
Fitur ini membuat Anda lebih mudah menyortir pesan yang belum Anda baca, sehingga memudahkan Anda untuk melihat mana yang telah Anda baca dan mana yang belum, selain itu meminimalisir bahwa Anda tidak bisa membaca seluruh surel yang masuk pada email Anda, karena surel yang belum dibaca akan dibentuk dengan penggunaan bold, supaya memperjelas bahwa ada pesan yang belum sempat dibaca.

Gmail Search

 
Fitur yang satu ini memang bukan fitur baru alias sudah lama ada, namun jangan salah karena fungsinya benar-benar dapat membantu Anda untuk menemukan pesan atau surel yang sedang Anda cari, seringkali banyak pesan yang masuk mengakibatkan surat sebelumnya terletak di bawah, sehingga sulit untuk mencarinya ketika kita membutuhkan.

Namun dengan adanya google search, Anda dapat mengetikan subjek email tersebut, atau tanggal email, atau nama pengirim, maka secara otomatis pesan yang muncul berubah ,menyesuaikan dengan apa yang Anda cari.

Archive

 

Artikel Terkait  Cara Mengecek Backlink Pesaing & Cara Kreatif untuk Mendapatkan Backlink di Web

Jika Anda memiliki kekhawatiran mengenai ketidak sengajaan menghapus file atau surel yang ada pada Gmail Anda, Anda tidak perlu khawatir karena adanya fitur achieve yang ada pada Gmail. Fitur ini memungkinnkan untuk mengelompokan berbagai surel yang dianggap penting di tab lainnya, jadi Anda tidak perlu khawatir jika tidak sengaja menghapus hal yang penting yang terdapat pada surel Anda.

Undo Sent Email

 
Jika Anda salah mengirim, atau terjadi pengiriman salah alamat, maupun lampiran file, atau surel yang keliru, namun semua itu telah terkirim, maka yang perlu Anda lakukan pertama, janganlah panic, kedua Anda bisa menggunakan fitur undo sent email, Anda dapat membatalkan pesan atau email yang telah Anda kirim fitur ini sendiri mulai ada sejak tahun 2015 dan pesan Anda dapat ditarik kembali selama tidak lebih dari 30 detik.

Kesimpulan

 
Jadi untuk membuat email, khususnya gmail dapat dilakukan melalui pengaturan HP maupun melalui google chrome. Mudah untuk dilakukan, selain itu sudah dijelaskan juga bahwa gmail sangat bermanfaat untuk Anda karena dapat digunakan secara gratis dengan hanya bermodalkan kuota saja. Gmail juga menyediakan fitur-fitur menarik yang tentunya akan memaksimalkan Anda dalam penggunaan email. Demikian artikel ini, semoga bermanfaat bagi pembaca.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Tags: