Codeigniter Adalah? Mana yang Lebih Baik Dibandingkan dengan Laravel
Codeigniter adalah sebuah framework PHP dengan model MCV untuk membangun website dinamis dengan menggunakan PHP yang dapat mempercepat pengembangan aplikasi web, tidak hanya ringan dan cepat Codeigniter juga memiliki dokumentasi yang super lengkap disertai dengan contoh implementasi kodenya.
23019
post-template-default,single,single-post,postid-23019,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
Codeigniter-Adalah

Codeigniter Adalah? Mana yang Lebih Baik Dibandingkan dengan Laravel

Dalam proses pengembangan sistem web atau backend sebuah aplikasi, semua prosesnya tidak terlepas dari bahasa pemrograman sistem yang disebut dengan PHP. Namun, bagi seorang programmer, penguasaan bahasa program PHP saja tidak cukup, pemrograman sisi server masa kini dituntut agar menggunakan kerangka kerja yang disebut frame work.

Frame work dalam hal pengembangan web memiliki berbagai kelebihan seperti banyaknya library yang disediakan, penggunaan lebih mudah dan security yang lebih terjamin.

Frame work yang banyak digunakan dalam proses pengembangan website paling banyak dikenal yaitu codeigniter dan laravel. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas lebih dalam tentang kerangka kerja codeigniter adalah? Berikut penjelasannya.

Codeigniter Adalah?

 

codeingiter
 

Codeigniter adalah framework dari PHP dengan model MVC yang berfungsi untuk mengembangkan system web dengan lebih cepat dan terstruktur. Codeigniter menyediakan out of box library untuk menghubungkan kedatabase dan melakukan berbagai operasi seperti mengirim email, mengunggah file, mengelola sesi, dan lain sebagainya.

Kelebihan Codeigniter

 

Kelebihan codeigniter adalah memiliki fitur-fitur yang unggul sehingga dapat mempercepat Anda dalam pembuatan website, berikut kelebihan codeigniter.

Ukuran File yang Kecil

 

Seluruh kode sumber untuk kerangka kerja codeigniter mendekati 2MB. Ini membuatnya mudah untuk menguasai codeigniter dan cara kerjanya. Ini juga menyederhanakan penyebaran dan pembaruan.

Sangat Cepat

 

Artikel Terkait  Jasa Pembuatan Website Terpercaya

Pengguna cenderung menyukai aplikasi yang sangat cepat. Jika Anda telah bekerja dengan beberapa kerangka kerja masa kini, maka Anda akan menyadari bahwa mereka membutuhkan waktu kurang dari satu detik untuk memuat setelah instalasi. Codeigniter adalah dapat memuat rata-rata sekitar kurang dari 50 ms. Waktu ekstra yang dihabiskan untuk mengoptimalkan seperti halnya dalam kerangka kerja lain dibebaskan ketika Anda menggunakan codeigniter.

Tidak Terhubung

 

Fitur bawaan dirancang untuk bekerja secara independen tanpa terlalu bergantung pada komponen lain. Ini membuatnya mudah untuk mempertahankan dan melakukan peningkatan.

Arsitektur MVC

 

kerangka-MVC
 

Kerangka kerja ini menggunakan desain arsitektur model view controller. Ini adalah praktik standar industri ketika bekerja dengan aplikasi web. MVC memisahkan data, logika bisnis, dan penampilan dari sistem itu sendiri.

Dokumentasi Sistem yang Mudah Dibaca

 

Kerangka kerja ini didokumentasikan dengan baik, Anda bahkan selalu bisa mendapatkan tutorial yang Anda inginkan atau mendapatkan jawaban melalui forum-forum yang membahas tentang codeigniter. Ini berarti kesulitan apapun yang Anda miliki, kemungkinan seseorang telah menghadapi masalah yang sama, sehingga Anda dapat menyelesaikan masalah tersebut dengan cepat.

Komponen Bawaan Khusus Aplikasi

 

Codeigniter memiliki komponen bawaan untuk mengirim email, manajemen basis data, manajemen sesi, dan banyak lagi yang dapat memudahkan Anda dalam mengelola atau mengembangkan sistem web.

Dapat Dikembangkan

 

Codeigniter dilengkapi dengan beberapa library, dan layanan out of the box. Jika apa yang Anda butuhkan tidak ada di sana atau sementara Anda perlu menerapkan fitur yang ada dengan cara sendiri. Anda dapat melakukannya dengan mudah dengan membuat library untuk bagian yang tidak didukung oleh fungsi bawaanya.

Mudah untuk Dipelajari

 

Mempelajari codeigniter adalah sesuatu yang mudah bagi siapa saja yang sudah terbiasa dengan PHP. Dalam waktu yang sangat singkat, Anda dapat mulai mengembangkan aplikasi profesional menggunakan codeigniter.

Bagaimana Codeigniter Bekerja

 

Artikel Terkait  11 Manfaat Internet Bagi Pendidikan

Codeigniter adalah kerangka kerja MVC. MVC adalah singkatan dari model view controller. Ketika pengguna meminta sumber daya, pengontrol merespons terlebih dahulu. Pengontrol menerima permintaan pengguna kemudian meminta data yang diperlukan.
Misalnya, jika Anda ingin mengambil pelanggan dengan id 3, pengontrol akan menerima permintaan Anda, lalu meminta model untuk mengambil catatan dengan id 3. Model mengembalikan catatan ke kontroler. Kontroler kemudian meneruskan hasil ke tampilan dan memformatnya menjadi format yang dapat dibaca manusia. Kemudian hasilnya dikembalikan ke pengguna dibrowser.

Riwayat Perilisanan Codeigniter

 

Versi pertama dari Codigniter dirilis pada tahun 2006, kemudian versi berikutnya dirilis pada tahun 2009 dengan nama expression engine 2.0 lima tahun kemudian pada tahun 2014 institut teknologi british kolumbia mengambil alih kepemilikan atas project ini dan merencanakan untuk perilisan versi stabilnya pada tahun 2019 lalu.

Laravel vs Codeigniter

 

Beberapa tahun belakangan ini banyak terjadi perdebatan dalam hal penggunaan Codeigniter atau Laravel dalam proses pemrograman website. Mengapa penggunaan kerangka kerja menjadi sesuatu yang penting khususnya penggunaan kerangka kerja PHP MVC sebagai solusi dalam pengembangan situs web yang mengandung sistem.

Ada berbagai jenis kerangka kerja PHP MVC yang tersedia, dan dua kerangka kerja PHP yang paling terkenal adalah laravel dan juga codeigniter. Apa saja perbedaan keduanya?

Codeigniter

 

Artikel Terkait  Panduan Tentang Framework Yii Beserta Kelebihan dan Kekurangannya
  • Struktur dan Pembaharuan: struktur yang diadaptasi oleh codeigniter adalah MVC dan menyediakan on boarding yang lebih mudah. Struktur ini didasarkan pada pemrograman berorientasi objek. Ini memberikan fleksibilitas bagi pengembang untuk menggunakannya sesuai kebutuhan mereka.
  • Popularitas dan Tren Masa Kini: Codeigniter juga sangat populer dikalangan pengembang dan dengan kemudahan menggunakan 2x, sebagian besar pengembang web lebih kekerangka ini.
  • Layanan untuk RESTful API: Codeigniter tidak memfasilitasi pengembangan efisien dari API REST.
  • Template Engine dan API Building: Codeigniter tidak memiliki mesin templat bawaan. Pengembang harus mengintegrasikan kerangka kerja dengan mesin templat lainnya seperti smarty. Ini akan membantu dalam melakukan tugas umum dan meningkatkan kinerja situs web.
  • In Built Modules: Codeigniter tidak memiliki fitur modularitas built-in. Pengembang perlu membuat modul ini dan memeliharanya dengan bantuan ekstensi modular.
  • Bahasa Template: PHP proprietary.
  • Support of Other DBMS: MySQL, MongoDB, PostgreSQL dan Microsoft BI tetapi codeigniter juga mendukung beberapa database populer lainnya seperti Oracle, Microsoft SQL Server, DB2, dan lainnya.
  • Data Base Model: Berorientasi objek.
  • Paradigma Pemrograman: Berorientasi obyek berfungsi fungsional.
  • Bantuan online dan library: Codeigniter memiliki berbagai fungsi bawaan. Mereka juga menyediakan panduan yang bermanfaat disitus web untuk pengembang pemula.
  • Autentikasi: Codeigniter tidak memiliki fitur otentikasi bawaan. Pengembang perlu mengesahkan dan mengautentikasi pengguna dengan ekstensi codeigniter khusus.

 

Laravel

 

laravel
 

Laravel merupakan kerangka kerja open source PHP. Platform ini dirancang dengan maksud pengembangan aplikasi web dengan menggunakan pola arsitektur MVC.

Laravel dirilis dibawah lisensi MIT dan karenanya kode sumbernya dihost dan GitHub. Sebagian besar pengembang menganggap laravel sebagai kerangka kerja yang handal karena aturan bahasa yang akurat dan ekspresif.

  • Structure dan Update: Laravel mengikuti struktur MVC untuk pengarsipan, yang dilengkapi dengan alat baris perintah bernama artisan.
  • Current Trends dan Popularity: Laravel adalah salah satu kerangka kerja paling populer yang ada saat ini. Gaya pengkodean ekspresif disukai oleh pengembang berpengalaman.
  • Support for The RESTful API: Kontroler RESTful dapat memberdayakan pengembang untuk membuat bermacam API REST tanpa perlu menghabiskan waktu ekstra.
  • Template Engine dan API Building: Mesin templat Laravel sederhana namun kuat seperti blade. Mesin templat blade memberi pemrogramnya opsi untuk mengoptimalkan kinerja aplikasi web dengan memanipulasi dan meningkatkan tampilan.
  • In Built Modules: Mesin templat laravel sederhana namun kuat seperti blade. Mesin templat blade memberi pemrogramnya opsi untuk mengoptimalkan kinerja aplikasi web dengan memanipulasi dan meningkatkan tampilan.
  • Template Language: Mesin templat blade.
  • Support Terhadap DBMS Lainnya: ORACLE, IBM DB2, PostgreSQL orientdb, Microsoft SQL Server, JDBC dan MYSQL, kompatibel.
  • Data Base Model: Relational object oriented.
  • Paradigma Pemrograman: Berorientasi komponen.
  • Library dan Bantuan Online: Fitur dokumentasi resmi laravel sangat membantu. Prosesnya rumit, dan mudah untuk memahaminya juga.
  • Autentikasi: Laravel memiliki fitur kelas otentikasi yang membantu dalam penerapan aturan otentikasi dan otorisasi.

Kedua kerangka kerja PHP MVC ini mendapat pujian luar biasa ditahun 2019 dan diharapkan menjadi lebih baik lagi pada tahun 2020. Masing-masing dari codeigniter dan juga laravel keduanya memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Memilih salah satu dari mereka sepenuhnya tergantung pada jenis proyek yang akan atau sedang Anda kembangkan. Cara yang jelas dan rumit sehingga pelanggan, serta pemangku kepentingan teknologi, dapat bergerak maju membuat pilihan mereka dengan bijak.

Kesimpulan

 

• CodeIgniter adalah kerangka kerja PHP untuk mengembangkan aplikasi dengan cepat.
• Seluruh kode sumber untuk codeigniter berukuran kecil, sehingga akan mudah dan cepat untuk dipelajari.
• Fitur bawaan codeigniter dirancang untuk bekerja secara independen tanpa terlalu bergantung pada komponen lain.
• Kerangka kerja ini menggunakan desain arsitektur model view controller.
• Kerangka kerja ini didokumentasikan dengan baik, dan tersedia banyak tutorial yang bisa kita akses secara online
• Codeigniter dilengkapi dengan beberapa library yang dapat membantu pengembang web untuk mengembangkan situs web.
• Codeigniter mudah dikuasai bagi siapa saja yang sudah terbiasa dengan PHP.
• Salah satu pesaing Codeigniter yang juga banyak digunakan dalam pengembangan sistem web adalah kerangka kerja Laravel.
 

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami