Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan website. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
Daftar Domain: Harga dan Syarat Pendaftarannya
Daftar domain lengkap dengan syarat dan harganya. Cek sekarang, jenis domain apa yang cocok untuk bisnis Anda.
22488
post-template-default,single,single-post,postid-22488,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
102 daftar domain

Daftar Domain: Harga dan Syarat Pendaftarannya

Apakah Anda membuat website hanya untuk pribadi atau menjalankan bisnis?

Jika, tujuan utama membuat website untuk menjalankan bisnis. Maka, disarankan Anda jangan lagi membuat website “yang main-main”, Anda harus segera meningkatkan reputasi dan personal branding website Anda, dengan menggunakan nama domain sendiri. Karena, dengan menggunakan nama domain sendiri, membuat website Anda akan tampak lebih serius, meyakinkan, dan lebih professional.

Nama domain itu merupakan “kesan pertama” tentang diri Anda/website Anda. Nama domain yang tercantum pada URL website adalah profil yang pertama kali akan terlihat oleh setiap pengunjung website.

Jadi, buatlah nama domain yang baik. Karena, bisa memberikan citra, image, dan reputasi yang positif. Sementara, nama domain yang kurang baik, dapat membuat pengunjung kurang tertarik berkunjung ke website Anda dan akan beralih mencari website yang lain.

Nama domain dapat mempengaruhi juga peringkat website anda di SEO. Jadi, usahakan membuat nama domain yang bisa berfungsi juga sebagai keyword yang tepat untuk merepresentasikan seluruh konten website anda. Maka, saat pengunjung web melakukan search di mesin pencarian Google, website Anda akan mudah ditemukan dan pengunjung juga akan tertarik untuk berkunjung ke website Anda.

Selain itu, jika Anda memiliki sebuah produk sendiri, nama domain dapat menjadi personal branding yang ampuh untuk meningkatkan pengenalan merek kepada pengunjung website.

Artikel Terkait  Perbedaan Hosting dan Domain (Lengkap)

Setelah kami menjelaskan ulasan singkat mengenai nama domain.

Nah, saat ini apakah Anda sudah mempunyai nama domain sendiri, hasil dari pilihan Anda sendiri?

Jika, Anda sudah mempunyai nama domain. Segeralah, untuk mendaftarkan nama domain Anda kepada penyedia layanan domain terbaik yang menawarkan domain .id.

Daftar Domain di Indonesia & Mengapa Kita Harus Memilihnya

 

domain-1 

Alasan-alasannya itu adalah sebagai berikut:

  • Domain dengan ekstensi .id merupakan domain lokal Indonesia dan sudah menjadi identitas resmi Indonesia. Bisa menjadi kebanggaan tersendiri, jika Anda membawa identitas negara di mata internasional nantinya.
  • Apabila Anda membangun website bisnis dengan menggunakan domain Indonesia. Maka, secara tidak langsung Anda telah memperkenalkan bahwa website Anda berasal dari Indonesia, sehingga calon customer yang menginginkan produk made in Indonesia menjadi lebih yakin dengan bisnis Anda.
  • Selain itu, penyedia layanan domain Indonesia saat ini semakin banyak seperti berlomba-lomba menawarkan domain lokal Indonesia dengan harga yang murah.

Untuk mengetahui kisaran harga domain .id tahun 2020 dari beberapa penyedia layanan domain Indonesia. Silahkan, Anda cek informasi lengkapnya berikut ini:

Daftar Domain di Niaga Hoster

 

.id dan Harganya

 

Nama DomainHarga
.idRp. 200.000,-
.co.idRp. 275.000,-
.sch.idRp. 55.000,-
.or.idRp. 55.000,-
.web.idRp. 55.000,-
.ac.idRp. 55.000,-
.biz.idRp. 55.000,-
.my.idRp. 25.000,-

Domain Umum dan Harganya

 

Nama DomainHarga
.comRp. 125.000,-
.xyzRp. 18.000,-
.netRp. 155.000,-
.orgRp. 175.000,-
.infoRp. 175.000,-
.onlineRp. 15.000,-
.asiaRp. 175.000,-
.inRp. 150.000,-

Daftar Domain di Jagoan Hosting

 

EkstensiRegisterRenewalTransferPersyaratan
.sch.idRp. 99.000,-Rp. 99.000,-Rp. 99.000,-1) Untuk sekolah resmi :
• Scan Surat Keterangan Kepala Sekolah atau Kepala Lembaga

• Scan KTP

2) Pendidikan non-formal:

• Scan SK Pendirian Lembaga dari Kementerian yang Terkait

.co.idRp. 300.000,-Rp. 300.000,-Rp. 300.000,-• Scan KT0
•Scan SIUP/TDP/
AKTA
•Scan Sertifikat Merek
.idRp. 250.000,-Rp. 250.000,-Rp. 250.000,-Tidak ada
.web.idRp. 99.000,-Rp. 99.000,-Rp. 99.000,-• Scan KTP
.or.idRp. 99.000,-Rp. 99.000,-Rp. 99.000,-• Scan KTP
•Scan Akta Notaris/Surat Keterangan dari Organisasi yang bersangkutan
.ac.idRp. 99.000,-Rp. 99.000,-Rp. 99.000,-•Scan KTP
•Scan SK Pendirian Lembaga dari Kementerian yang Berwenang sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan
• Scan Surat Keterangan Rektor atau Pimpinan Lembaga
.my.idRp. 20.000,-Rp. 20.000,-Rp. 20.000,-Scan KTP

Daftar Domain dan Harganya di Hostinger

 

Harga Domain .id

 

EkstensiHarga
.idRp. 200.000,-
.co.idRp. 275.000,-

Harga Domain Umum

 

EkstensiHarga
.xyz
Rp. 13.904,-
.com
Rp. 112.331,-
.net
Rp. 182.109,-
.site
Rp. 13.904,-
.org
Rp. 149.194,-
.online
Rp. 13.904,-
.website
Rp. 13.904,-
.store

Rp. 13.508,-

.space
Rp. 10.819,-
.techRp. 13.904,-

Syarat Untuk Daftar Domain dengan Ekstensi .id

 

domain-2 

Umumnya, pendaftaran dan pembelian nama domain tidaklah sulit dilakukan. Karena, tidak ada persyaratan khusus saat pendaftarannya. Anda hanya daftarkan dan membayar domain. Setelah itu, domain Anda bisa digunakan. Tetapi, bagi pemula yang belum mengetahui cara mendaftar dan membeli domain. Hal itu bisa menjadi hal yang rumit.

Oke, untuk pemula yang belum mengetahui cara daftar dan membeli domain, Anda bisa simak ulasan singkatnya sebagai berikut.

  • Cek domain dengan Tool.
  • Pilih dan daftarkan domain.
  • Pembayaran domain.
  • Verifikasi kepemilikan domain di email Anda.
  • Selesai dan domain Anda bisa digunakan.

Namun, ada pengecualian, jika Anda mendaftar dan membeli nama domain lokal Indonesia dengan ekstensi ID seperti .ac.id, .or.id, .co.id, .sch.id. Setelah order dan pembayaran domain, Anda harus melengkapi dulu persyaratan tertentu, yaitu dengan melakukan upload sejumlah dokumen sebagai persyaratan untuk aktivasi domain .id tersebut. Persyaratan ini dikeluarkan,karena ekstensi-ekstensi domain tersebut untuk institusi atau organisasi resmi. Tetapi, domain .my.id yang bukan untuk domain institusi, tetap harus memenuhi persyaratan. Walaupun, hanya satu persyaratan yang harus dilengkapi, yaitu KTP.

Sementara, domain Indonesia yang tidak terkena persyaratan upload dokumen, yaitu hanya domain Indonesia dengan ekstensi .id.

Dalam peraturan dan ketentuannya, pendaftaran domain untuk institusi atau organisasi resmi harus diverifikasi terlebih dahulu. Jadi, setelah Anda membeli/order ekstensi domain .id untuk institusi, Anda tidak bisa langsung menggunakan nama domain tersebut. Karena, nama domain belum diaktivasi. Anda wajib upload dokumen persyaratan dan menunggu proses verifikasi dari PANDI selama 3-4 hari kerja.

Cara Upload Dokumen Persyaratan Daftar Domain .id

 

domain-2 

Setelah Anda menyelesaikan proses order dan pembayaran domain .id, maka tahap selanjutnya adalah melakukan upload dokumen persyaratan domain .id tersebut. Saat ini untuk unggah dokumen persyaratan bisa dilakukan di laman Member/Client Area di setiap website penyedia layanan domain masing-masing.

Berikut ini adalah tutorial mengupload dokumen persyaratan domain .id dari tiga penyedia layanan domain yang ada di Indonesia :

Artikel Terkait  Database Adalah ? | Cara Meningkatkan Keamanan Database

Rumahweb

 
Rumahweb menyediakan layanan untuk upload dokumen persyaratan domain .id di ClientZone. Anda dapat mengunggah dokumen persyaratan, tetapi harus login terlebih dahulu di ClientZone.

  1. Setelah login, anda diarahkan masuk ke laman utama. Kemudian, harus memilih menu domain ->klik List Domain Saya.
  2. Kemudian, anda klik tombol Pending atau Logo Manage Domain yang berbentuk kunci pas yang ada di sebelah kanan ekstensi domain.
  3. Setelah masuk ke laman baru, pilih Detail Status Domain .id.
  4. Pada tab Status Domain .ID, di bagian Upload Document terdapat link Klik di sini. Link itu adalah link yang akan membawa anda langsung ke laman Upload Document.

Pada tab Status Domain .ID, terdapat juga Document Status yang berisikan tentang  kelengkapan dokumen-dokumen persyaratan domain .id yang harus dipenuhi.

Selain itu, ada juga Notification yang berfungsi untuk notifikasi atau informasi mengenai upload dokumen yang dilakukan diapprove atau tidak.

Hostinger

 
Jika Anda order domain di Hostinger, maka untuk melakukan upload dokumen persyaratan aktivasi domain Indonesia, Anda harus masuk ke halaman Member Area. Setelah di halaman Member Area, pilih menu Domain. Kemudian, klik domain .id yang Anda pilih untuk melengkapi persyaratan dokumennya.

Selanjutnya, Anda akan melihat tampilan menu yang mengharuskan Anda untuk segera mengunggah kelengkapan dokumen persyaratan agar domain Anda bisa diaktivasi. Seperti inilah contoh tampilannya:

Citrahost

 

  1. Setelah complete order, melakukan pembayaran, dan konfirmasi. Masuk ke menu domain yang ada di halaman member area citrahost. Pilih menu My Domains. Ketik domain yang sudah dipesan. Lalu, klik Manage Domain yang berbentuk kunci.
  2. Setelah itu, anda klik Detail Status Domain yang ada di menu Domain .ID Document, menunya ada di sebelah kiri
  3. Anda masuk di laman Status Domain ID. Pada laman itu, ada menu untuk upload dokumen persyaratan registrasi domain .id yang berupa dokumen identitas diri anda. Untuk persyaratan domain .id berbeda-beda, hal itu tergantung domain .id pilihan anda sendiri. Kemudian, pada menu Upload Document, anda klik link Klik Disini.
  4. Setelah anda menyiapkan dokumen persyaratannya, klik Daftar Dokumen.
  5. Kemudian, tekan tombol Tambah Dokumen untuk mengupload dokumen anda.
  6. Selanjutnya, anda harus isi nama dokumen, jenis dokumen, dan pilih dokumen yang akan diupload. Lalu, anda klik tombol Add File.
  7. Berikutnya, klik Finish. Dokumen Anda yang diupload akan masuk ke dalam sistem Citrahost dengan status New. Tetapi, masih Pending, Tunggu hingga statusnya berubah menjadi Approve. Jika, diapprove berarti dokumen persyaratan domain ID anda diterima. Biasanya, menunggu diapprove paling lama 2-3 hari kerja.

 

Artikel Terkait  Setting Email Outlook dengan Mudah Pake Cara Ini

Kesimpulan

 
Setelah Anda mengetahui betapa pentingnya mempunyai nama domain sendiri untuk sebuah website. Maka, segeralah daftarkan nama domain Anda  ke registrar domain resmi yang terakreditasi. Usahakan memilih nama domain dengan ekstensi .id. Karena, akan meningkatkan kepercayan customer kepada Anda, jika pengembangan pangsa pasar utama bisnis Anda adalah di Indonesia.

Selain itu, opsi untuk nama domain Indonesia masih banyak tersedia. Tetapi, jika Anda memilih nama domain Indonesia. Setelah membeli, Anda tidak bisa langsung menggunakannya. Anda harus memenuhi persyaratan tertentu terlebih dahulu, berupa dokumen atau identitas diri. Dokumen persyaratan tersebut harus diupload, kemudian diverifikasi dengan waktu yang telah ditentukan oleh PANDI. Usahakan Anda mengunggah dokumen persyaratan dengan benar agar nama domain .id Anda bisa cepat diaktivasi dan digunakan.

Nama domain adalah identitas di dunia maya. Semoga nama domain .id Anda, bisa menjadi pilihan yang tepat untuk usaha anda.

Demikian artikel ini, semoga bermanfaat.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Tags: