Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan website. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
Digital Image: Bisakah Kualitas Gambar Digital Produk Mempengaruhi Kesan Perusahaan dan Hasil Penjualan?
Digital image sering kali digunakan untuk sebuah brand produk,semakin bagus dan menarik kualitas image digital yang ditonjolkan maka akan mempengaruhi tingkat ketertarikan konsumen untuk mencoba produk Anda. Berikut penjelasan selengkapnya untuk Anda.
23513
post-template-default,single,single-post,postid-23513,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
digital-image-thumbnail

Digital Image: Bisakah Kualitas Gambar Digital Produk Mempengaruhi Kesan Perusahaan dan Hasil Penjualan?

Saat ini semuanya serba mudah, termasuk juga untuk akses informasi. Informasi apapun bisa dengan mudah Anda dapatkan melalui internet. Hanya tinggal menuliskan keyword pada search box dari search engine Anda, semua hasilnya akan muncul seketika.

Anda tinggal memilih informasi sesuai dengan apa yang Anda butuhkan. Berlaku pula saat Anda ingin berbelanja. Saat ini Anda tidak perlu lagi datang ke toko untuk melihat koleksi baju apa saja yang sedang ada di toko tersebut. Anda bisa berdiam diri dirumah saja dan hanya perlu mengunjungi toko tersebut secara online.

Semua koleksi yang ada di toko tersebut dapat Anda lihat melalui kumpulan foto yang ada pada sosial media ataupun website yang dimiliki oleh toko tersebut. Informasi mengenai, harga, ukuran, warna dan lainnya pastinya tersedia bersamaan dengan gambaran dari produk tersebut.

Anda bisa langsung memilihnya dan langsung membayarnya baik secara Cash on Delivery (COD) ataupun membayarnya terlebih dahulu dengan cara ditransfer. Tidak perlu jauh-jauh lagi untuk mengambil baju yang telah Anda bayar, karena nantinya akan diantarkan langsung ke rumah.

Gambar yang Mewakili

 

digital-image4

Saat Anda sedang melihat-lihat katalog baju secara online sebelum menentukan pilihan, hal pertama yang Anda perhatikan pasti adalah bagaimana tampilan baju yang ditampilkan dalam sebuah gambar digital.

Misalnya, seperti pada sebuah foto. Semakin bagus kualitas foto yang ditampilkan, maka akan terasa lebih menyakinkan bagi calon pembelinya. Anda dapat melihat detail yang ada pada baju tersebut lebih jelas lagi dan hampir seperti melihat baju tersebut secara langsung.

Jika resolusi dan kualitas gambar yang di upload pada media online tersebut masuk ke kategori tinggi atau high quality. Tapi apakah Anda yakin? gambar yang Anda lihat tersebut adalah foto bukannya gambar digital atau digital image?

Artikel Terkait  502 Bad Gateway : Arti dan Cara Mengatasinya

Apa Itu Digital Image

 
Bagi kebanyakan orang, kemungkinan besar masih tidak bisa membedakan mana yang disebut foto dan mana yang merupakan hasil dari digital imaging. Digital image ini bisa ditemukan di berbagai tempat dengan memanfaatkan jaringan internet. Seperti pada website, media sosial, blog dan lainnya.

Foto juga demikian, bisa diupload dimanapun dengan adanya jaringan internet. Anda benar-benar butuh ketelitian untuk membedakan mana yang hasil karya jepretan fotografer langsung dan mana yang merupakan hasil karya pengolahan gambar digital imaging menggunakan Photoshop ataupun aplikasi pengolahan gambar lainnya. Jadi bagaimana cara membedakannya? Kita mulai saja dengan pengertian dari masing-masing istilah tersebut.

Digital image adalah pencitraan gambar dengan cara menciptakan gambar secara digital. Kegiatan penciptaannya meliputi pengolahan, kompresi, penyimpanan dan juga pencetakkan. Anda dapat memperbaiki kekurangan yang terdapat pada gambar ataupun memperbaiki warna gambar sesuai dengan selera Anda.

Hanya dengan memanfaatkan digital imaging ini. Sebuah gambar digital atau digital image tidaklah mewakili apa yang dilihat oleh si pembuatnya. Tetapi merupakan hasil dari terjemahan ide si pembuatnya dan bukan merupakan kejadian yang sebenarnya. Meskipun begitu, untuk proses pengolahannya bisa juga memanfaatkan kamera.

Sedangkan untuk foto itu sendiri, merupakan hasil jepretan dari kamera analog ataupun digital. Salah satu prosesnya, yaitu sebelum mengambil foto orang akan membidikkan kameranya ke suatu objek dan melihat objek tersebut melalui  LCD monitor ataupun melalui pentamirror (lubang kecil untuk melihat objek pada kamera).

Jadi foto merupakan hasil yang mewakili apa yang dilihat oleh si fotografer. Foto bisa menangkap segala kejadian yang terjadi, umumnya foto digunakan untuk menyimpan memori kenangan kejadian yang pernah terjadi dalam hidup.

Contoh Digital Image

 
Kembali lagi, pada topik digital image. Setelah mengetahui pengertian dari masing-masing istilah. Jadi Anda sudah memiliki sedikit gambaran mengenai cara membedakan antara foto dan digital image. Mungkin akan lebih mudah lagi, untuk Anda mengerti apa itu digital image dari contoh hasil karyanya.

Pernahkah Anda melihat hasil-hasil foto prewedding? ataupun hasil foto studio dan majalah. Apakah Anda berpikir hasil jepretan dari fotografer langsung menghasilkan gambar yang sebagus itu? Jawabannya belum tentu. Kebanyakan hasil yang Anda lihat bukanlah hasil raw atau asli dari jepretan sang fotografer.

Biasanya hasil foto akan melalui pengolahan terlebih dahulu menggunakan aplikasi yang mendukung untuk menghasilkan foto yang indah. Hasil akhirnya tidak bisa lagi disebut sebagai foto, namun itu adalah hasil digital imaging. Langit yang awalnya menampakkan sedikit semburat oranye, warnanya bisa diubah lagi dengan menonjolkan warna orange yang lebih pekat lagi.

Sehingga menghasilkan warna langit sunset yang benar-benar indah dan menonjol, tidak lagi terlihat secara samar. Foto di studio juga demikian. Awalnya model akan berpose dengan menggunakan background green screen. Nantinya editor bisa mengubah background tersebut sesuai dengan tema majalah.

Entah dalam ruangan ataupun menampilkan gambar outdoor yang indah. Bisa pula menggabungkan beberapa foto dan menghasilkan hasil karya baru sesuai dengan ide yang dipikirkan oleh si editor menggunakan aplikasi edit foto.

Artikel Terkait  Apa Itu Mailing List? Fungsi dari Mailing List dan Penggunaannya

Pengaruh Digital Image Terhadap Hasil Penjualan

 

digital-image

Apa yang membuat Anda tertarik pada suatu benda? pastinya karena tampilannya. Penampilan atau cara menampilkan sesuatu adalah hal pertama yang bisa dinilai oleh mata kita. Maka dari itu, hasil foto akan diedit sedemikian rupa untuk menarik minat pembeli.

Hasil foto tidak selalu bisa menghasilkan gambar 100% sama dengan aslinya. Akan ada perubahan hasil, mungkin terpengaruh dari lighting ataupun faktor lainnya. Maka dari itu, adanya digital image bisa melakukan manipulasi terhadap hasil foto. Agar hasilnya terlihat sempurna. Proses yang bisa dilakukan digital imaging untuk menghasilkan hasil akhir yang sempurna seperti,

Image-Restoration

 
Sebuah proses yang memperbaiki kecacatan image,contohnya seperti noise. Terjadi saat pengambilan gambar yang kurang pencahayaan.

Image-Enchantment

 
Sebuah proses untuk memperbaiki kualitas gambar. Seperti mempertajam ataupun perbaikan kontras.

Image-Reconstruction

 
Sebuah proses yang berfungsi untuk membentuk ulang objek dari hasil proyeksi objek.

Image-Segmentation

 
Proses untuk memecah gambar menjadi beberapa bagian

Image-Analysis

 
Sebuah proses untuk besaran kuantitatif image, contohnya mendeteksi tepi objek dan representasi area.

Seperti yang sudah dibicarakan di awal, saat ini sedang berlangsung trend berbelanja secara online. Saat Anda mengetikkan keyword barang yang akan Anda beli, akan ada banyak sekali hasil yang keluar pada marketplace.

Poin yang pertama yang mempengaruhi calon konsumen adalah tampilan produk yang ditampilkan. Jika gambarnya tidak menarik dan resolusi gambarnya rendah sehingga gambarnya agak buram. Maka jangan salahkan pembeli jika Ia melewati produk Anda karena tak menarik perhatian.

Meski tidak semua manusia adalah makhluk visual. Namun informasi akan lebih cepat diserap jika ditampilkan melalui gambar. Jika ingin produk atau jasa Anda laku, maka Anda harus bisa memanfaat digital image.

Anda bisa melakukan manipulasi dan menggabungkan beberapa foto sehingga terlihat lebih artistik. Hal yang tidak mungkin terjadi di dunia nyata bisa saja terjadi dengan bantuan digital image. Tentunya hal ini berlaku untuk orang-orang yang menawarkan jasa potret dan editing foto.

Lain lagi halnya jika produk Anda adalah sebuah benda. Anda bisa saja membuat background yang menarik untuk produk Anda ataupun membuatnya sesuai tema dengan bantuan digital image. Bisa juga mempertegas warna dan mengatur saturasi untuk memperbaiki hasil foto yang kurang maksimal.

Kualitas gambar digital yang Anda sampaikan kepada masyarakat melalui platform online akan berbanding searah dengan kesan dan hasil penjualan yang bisa Anda dapatkan.

Semakin menarik dan kreatif Anda dalam menyampaikan gambaran produk Anda kepada calon pembeli maka akan semakin banyak orang yang tertarik untuk melihat produk Anda. Tentu saja tujuan akhirnya adalah agar mereka membeli produk Anda. Segera belajar dan manfaatkan digital image atau gambar digital untuk meraih pasar yang lebih banyak lagi.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami