Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan website. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
Digital Marketing Sederhana dan Panduan Langkah Demi Langkahnya
Pemasaran produk ataupun jasa yang dilakukan dengan media digital yang bertujuan untuk menjangkau sebanyak-banyaknya target customer secara efisien, personal dan relevan disebut dengan digital marketing. Berikut kami sajikan panduan langkah-langkah digital marketing!
23365
post-template-default,single,single-post,postid-23365,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
online marketing

Digital Marketing Sederhana dan Panduan Langkah Demi Langkahnya

Kemudahan teknologi yang terus berkembang, termasuk pada bidang telekomunikasi pun terus mengalami perkembangan pesat dari waktu ke waktu. Buktinya, Indonesia yang awalnya sinyalnya hanya menggunakan 3G, sekarang sudah ter-upgrade menjadi 4G.

Adanya peningkatan kualitas sinyal telekomunikasi juga berdampak pada pelayanan digital yang diberikan. Akses internet jadi lebih cepat dan juga paket-paket internet yang ditawarkan oleh provider menjadi jauh lebih murah. Bahkan dikutip dari CNN Indonesia, beberapa negara maju di dunia sedang mempersiapkan 6G untuk segera release. Bisa dibayangkan seberapa cepat dan mudahnya akses yang nantinya bisa dinikmati.

Karena banyak faktor yang mendukung mudahnya penggunaan internet, hal ini tentunya berdampak pada peningkatan jumlah orang yang online setiap harinya. Bahkan kini, hampir seluruh fasilitas umum sudah menyediakan Wi-Fi gratis di sekitaran area mereka yang bisa menjadi daya tarik pengunjung. Mulai dari rumah sakit, mall, coffee shop, restoran, sekolah dan masih banyak contoh lainnya sudah menggunakan Wi-Fi untuk mendukung fasilitas pelayanan mereka.

Semua aspek sedang menyesuaikan diri mengikuti perkembangan zaman. Termasuk dengan kegiatan pemasaran (marketing). Belakangan ini, offline marketing sudah mulai dirasa kurang efektif. Pemasaran seperti membagikan selebaran, menelepon orang-orang untuk mendapatkan konsumen dan menjajakan produknya di jalanan sering dirasa kurang efektif dan sering terabaikan. Maka dari itu semuanya sedang beralih kepada digital marketing.

Digital Marketing adalah pemasaran dengan menggunakan teknologi digital

 
Apa itu digital marketing? Digital marketing adalah suatu aktivitas pemasaran sebuah brand yang menggunakan media digital (online) untuk dapat menjangkau konsumennya.

Media digital yang digunakan untuk melakukan suatu pemasaran pun beragam. Mulai dari media sosial, email, search engines, blog ataupun memasang iklan pada situs website lain dan juga pada aplikasi terkenal yang didalamnya terdapat calon-calon pembeli yang potensial.

Tiap perusahaan juga pastinya menerapkan konsep digital marketing untuk dapat menjangkau konsumen yang lebih jauh lagi bahkan di beda benua. Bahkan beberapa perusahaan sudah memiliki posisi Social Media Specialist. Posisi ini dibuat untuk memfokuskan pemasaran brand di bidang media sosial. Mulai dari memperkenalkan brand, menciptakan positive impression dari masyarakat terhadap brand, selalu engage dengan konsumen untuk menciptakan dan menjaga keloyalitasan konsumen lama, selalu mengupdate informasi terbaru seputar brand ke pelanggan setia dan juga calon pelanggan yang potensial dan tentunya tidak lupa dengan tugas utamanya yaitu, mempromosikan brand untuk mendapatkan konsumen via media sosial.

Jika anda tidak paham apa yang harus dilakukan untuk melakukan pemasaran secara digital maka tenang saja. Anda tidak perlu panik, karena saat ini sudah sangat banyak dan mudah sekali ditemukan jasa digital marketing. Mulai dari agensi digital marketing yang ternama sampai dengan agensi digital marketing yang baru saja launching perusahaan mereka. Anda hanya tinggal mencocokkan budget anda saja saat memilih agensi, atau jika biaya tidak lagi menjadi kendala, memilih jasa dari agensi ternama dan professional tentu saja akan lebih baik.

Artikel Terkait  Memilih Domain adalah Langkah Awal Membuat Website | Tips Memilih Domain yang Bagus untuk Web

Digital Marketing Sederhana Adalah Jawaban Untuk Pengusaha Kecil

 
digital-marketing

Namun, jika menyewa jasa agensi digital marketing adalah sesuatu yang memberatkan bagi brand anda yang masih kecil, tenang saja. Anda bisa menemukan langkah-langkah untuk melakukan digital marketing sederhana disini. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

Memanfaatkan Media Sosial yang Bersifat Gratis

 
Hampir semua orang pastinya mempunyai media sosial, bahkan ada yang lebih dari satu. Kini beberapa media sosial sudah ada yang meluncurkan fitur untuk akun bisnis, tentu saja untuk membuat akunnya masih bersifat gratis.

Fitur bisnis biasanya dilengkapi dengan data statistik yang memberikan informasi mengenai berapa orang yang telah melihat postingan anda bahkan berapa yang telah menyimpannya ke dalam favorite mereka.

Penggunaan akun bisnis tentunya akan mendukung bisnis anda menjadi lebih mudah dibandingkan dengan akun personal. Untuk website, masih ada beberapa yang bersifat gratis walaupun kurang mendukung dari segi bisnis. Namun anda masih bisa memanfaatkannya dengan menyisipkan akun media sosial brand anda ke dalam website.

Anda tetap dapat menjelaskan produk brand anda secara terperinci dan menghubungkan orang-orang dari web ke akun media sosial untuk dapat melihat koleksi produk maupun melakukan pembelian. Begitu juga sebaliknya.

Artikel Terkait  Domain Gratis 2020 | Daftar Domain Gratis

Menggunakan Keyword dan Hashtag

 
Agar postingan anda banyak dilihat orang, tentunya anda harus menentukan strategi awal. Misalkan anda mengiklankan brand anda dengan cara mempostingnya di media sosial, maka gunakanlah hashtag untuk memaksimalkan postingan anda. Penggunaan hashtag merupakan salah satu cara memaksimalkan SEO (Search Engine Optimization).

SEO sendiri merupakan proses untuk menumbuhkan kuantitas dan kualitas lalu lintas web dengan cara meningkatkan visibilitas web lewat search engine. Penggunaan SEO ini bisa juga disebut meningkatkan traffic dengan cara organik (gratis) tanpa campur tangan penggunaan advertising di sosial media tersebut agar calon pelanggan mengunjungi profil perusahaan. Jika anda menggunakan pemasaran dengan website atau blog, anda bisa menyelipkan beberapa keyword pada tulisan anda. Hal ini juga membantu untuk mengoptimalisasikan kinerja SEO.

Pilihan keyword yang tepat akan membantu tulisan anda untuk muncul di barisan depan saat orang-orang mengetikkan keyword pada search engine mereka saat akan mencari sebuah informasi. Hal tersebut akan memperbesar kesempatan untuk orang-orang mengunjungi website anda dan akhirnya menghasilkan calon-calon konsumen yang potensial.

Gunakan Iklan Gratis

 
Jika belum memiliki budget untuk mengiklankan brand anda atau brand anda merupakan brand yang baru saja launching, maka jangan khawatir. Selainkan memanfaatkan media sosial dari brand anda, anda juga bisa melakukan promosi dengan akun pribadi anda. Jika dibandingkan jumlah follower anda dan jumlah follower akun brand baru anda, pastinya akun anda lebih banyak memiliki pengikut. Gunakan akun anda untuk memposting konten dari brand anda, anda juga bisa me-repost postingan brand anda.

Orang-orang yang merasa tertarik akan langsung mengunjungi profil akun brand anda melalui postingan anda. Hal ini tentunya tidak mengeluarkan biaya. Anda juga bisa memanfaatkan konsumen yang puas terhadap brand anda dengan cara meminta mereka untuk memberikan testimoni ataupun mereview produk anda.

Tentunya ini akan me-reach calon konsumen-konsumen yang potensial. Selain menjangkau calon konsumen yang lebih jauh, hal ini juga menciptakan kesan bahwa brand anda trusted karena adanya review-review yang nyata dari konsumen. Tentunya ini juga gratis tanpa perlu mengeluarkan modal.

Artikel Terkait  Social Media Marketing di Tahun 2020 dan Panduan Lengkapnya

Rentang Waktu Posting

 

manfaat

Saat akan memposting konten anda untuk mempromosikan brand anda, jangan lupa untuk melakukan riset kecil terlebih dahulu. Kira-kira pada jam-jam berapa orang-orang sibuk dengan sosial media mereka.

Sebagai contoh, jika anda memposting konten saat pagi hari maka hasilnya tidak akan maksimal jika dibandingkan anda memposting pada jam makan siang ataupun jam-jam saat kebanyakan orang sudah selesai beraktifitas diluar.

Pada pagi hari, tentunya kebanyakan orang akan sibuk untuk mempersiapkan hari mereka. Ada yang pergi bekerja, pergi sekolah sampai dengan menyelesaikan kegiatan rumah tangga. Jika anda mempostingnya saat jam makan siang, maka banyak orang sedang beristirahat dan bisa kembali mengakses sosial media mereka. Begitupun dengan malam hari, orang-orang sudah selesai beraktifitas diluar rumah dan sedang bersantai sebelum akhirnya akan tidur. Ini merupakan waktu yang sangat tepat, postingan anda pastinya akan dilihat oleh lebih banyak orang dan hasilnya tentu akan lebih efektif.

Itulah beberapa langkah langkah untuk melakukan digital marketing sederhana. Jadi jika nanti anda mendengar istilah digital marketing, jangan kaget lagi dan langsung berpikir bahwa digital marketing itu mahal dan harus memasang iklan online sampai dengan harus menyewa agensi digital marketing. Karena digital marketing adalah cara pemasaran yang paling mudah dan menjanjikan saat ini. Anda pun bisa melakukan digital marketing sendiri dan semuanya masih bersifat gratis. Jadi tunggu apa lagi?

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami