Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan website. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
Aplikasi Google Meet Vs Zoom Manakah Yang Terbaik? Khususnya untuk Bisnis
Aplikasi Google Hangouts Meet dan Zoom pada umumnya kedua aplikasi ini merupakan alat kofrensi video. Namun jika dibandingkan manakah yang terbaik untuk digunakan? Berikut ini kami akan membahas kedua aplikasi ini dan mengungkap kelebihan dan kekurangan dari keduanya.
23484
post-template-default,single,single-post,postid-23484,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
google-meet-vs-zoom

Aplikasi Google Meet Vs Zoom Manakah Yang Terbaik? Khususnya untuk Bisnis

Pandemi Covid-19 masih mewabah dan juga pembatasan sosial masih dilakukan hingga fase new normal ini. Tidak bisa dipungkiri, seluruh masyarakat sangat merasakan dampak dari wabah dan pembatasan ini. Kendati demikian, mereka tetap berusaha keras untuk beradaptasi dengan cepat dan tidak kehabisan akal.

Sebagian besar dari mereka mencari cara agar bisa melaksanakan berbagai kegiatan dan sekaligus dapat berkomunikasi dengan kolega, partner, atau customernya di tengah wabah pandemi yang belum selesai ini.

Untungnya, di era digital seperti saat ini, berbagai kegiatan mulai dari bekerja, belajar, meeting, dan bersosialisasi bisa dilakukan secara online dari rumah dengan menggunakan video conference atau media komunikasi tatap muka jarak jauh.

Aplikasi komunikasi tatap muka jarak jauh ini tengah meningkat begitu pesat dan banyak sekali orang di dunia yang mengunduhnya. Aplikasi itu bernama Zoom. Tetapi, di sisi lain ada kompetitornya yang juga sangat mirip, yaitu Google Meet.

Maka, secara “alamiah” terjadilah kompetisi di antara dua video conference tersebut. Google Meet vs Zoom. Nah, manakah yang lebih bagus di antara Google Meet vs Zoom? Bagaimana perbandingan fitur-fitur di antara kedua media komunikasi daring ini?

Bagaimana kelebihan dan kekurangan masing-masing? Namun, sebelum membandingkan Google meet vs zoom, terlebih dahulu kita akan bahas satu per satu mengenai zoom dan Google Meet. Yuk, simak ulasannya.

Zoom

 
zoom

Zoom adalah aplikasi video conference yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan teknologi komunikasi yang berbasis di California, AS. Zoom telah didirikan sejak tahun 2013 oleh seorang insinyur yang bernama Eric Yuan.

Ada beberapa layanan yang dikeluarkan oleh Zoom, antara lain sebagai berikut:

  • Zoom Meeting
  • Zoom Room
  • Zoom Webinar
  • Zoom Phone dan Chats
  • Aplikasi Marketplace

Zoom meeting telah menjadi platform konferensi video yang paling populer pada tahun 2020. Hal ini karena, paling banyak diunduh semenjak merebaknya corona virus di seluruh penjuru dunia. Aplikasi Zoom digunakan oleh berbagai instansi sebagai alat untuk berkomunikasi tatap muka jarak jauh yang melibatkan banyak orang. Platform obrolan video ini sangat mudah digunakan secara formal/non formal dan memiliki kualitas video HD dan audio yang sangat bagus.

Cara mengundang orang untuk bergabung meeting di Zoom sangatlah mudah. Caranya, yaitu dengan share link ruang meeting virtual atau mengundangnya melalui email atau nomor HP.

Zoom mempunyai fitur yang membuat penggunanya dapat share screens secara real time. Akan tetapi, fitur ini hanya dapat digunakan, apabila Anda menggunakan layanan premium.

Artikel Terkait  Internet of Things (IoT) Adalah? Semua yang Wajib Kamu Ketahui Sekarang Juga!

Sebelumnya, Zoom sempat dikritik, karena dinilai tidak aman. Namun, baru-baru ini Zoom meluncurkan layanan zoom security atau zoom 5.0 untuk menjawab kritik-kritik tersebut. Zoom security ini menawarkan fitur yang dapat mengenkripsi rapat, sehingga terhindar dari serangan hacker.

Zoom dapat beroperasi dalam setiap platform, seperti OS Windows, Linux, dan Mac. Pengguna smartphone juga dapat mengakses zoom dalam bentuk aplikasi. Baik sebagai partisipan atau host rapat.

Google Meet

 
google-meet

Google Meet merupakan sebuah aplikasi obrolan tatap muka online produk dari Google. Awalnya, Google Meet hanyalah program yang dirancang untuk menghubungkan antar sesama pemilik akun G suite dalam bentuk video atau audio.

Tetapi, sekarang penggunaannya lebih diperluas. Siapapun asalkan mempunyai akun Google dapat menggunakan layanan aplikasi Meet.

Google Meet digunakan sebagai fasilitas alternatif untuk bersosialisasi atau bahkan untuk mengadakan meeting bersama dengan rekan atau tim kerja.

Apabila, Anda sebagai host meeting. Anda bisa mengundang rekan atau tim kerja Anda itu lewat email. Caranya, yaitu dengan melihat contact list yang tersedia di Gmail, lalu invite kolega agar ikut bergabung di Meet.

Jika, rekan Anda sudah memiliki sebuah akun Google. Maka, hal itu akan menjadi lebih mudah. Karena, secara otomatis rekan Anda itu akan di-add dari kalender dan reminder rapat yang dikirim via email.

Setelah mendaftar di Google Meet, Anda akan diberikan ID rapat yang bisa digunakan secara berulang kali. Selain itu, dengan menggunakan Google Meet, Anda dapat melakukan rapat secara serentak di ruang yang berbeda-beda.

Tidak ingin ketinggalan dari Zoom, Google Meet menawarkan fitur-fiturnya. Seperti fitur berbagi tampilan layar, merekam pertemuan, jadwal, dan penulisan teks secara real time.

Sampai 20 September 2020, masih tersedia layanan gratis untuk rapat online. Pengguna hanya dapat memakai aplikasi ini dengan dibatasi durasi rapat videonya selama 60 menit saja.

Untuk mendapatkan layanan yang maksimal dari Google Meet, terlebih dahulu Anda harus membeli paket premium dengan harga $6 per bulan dan mendapatkan akun G Suite. Dengan memakai layanan berbayar ini, Anda dan tim kerja Anda dapat menginvite maksimal 250 orang untuk melakukan percakapan, diskusi, meeting online. Selain itu, Anda akan mendapatkan aplikasi dari G Suite lain.

Aplikasi Meet dapat diakses melalui web dan aplikasi smartphone (Android dan Ios). Keuntungan menggunakan meet, kita tidak hanya memperoleh aplikasi meet saja. Karena, meet dapat terintegrasi dengan berbagai aplikasi lain yang ada di G Suite seperti Google Calendar, Drive, Gmail, dan Google Chat.

Artikel Terkait  8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Perbandingan Google Meet vs Zoom: Persamaan dan Perbedaannya

 

Persamaan

 
Seperti yang kita ketahui Google Meet dan Zoom memiliki fungsi yang hampir sama, yaitu sama-sama sebagai media komunikasi tatap muka jarak jauh daring. Lebih spesifik lagi kedua platform ini, mempunyai alat kolaborasi seperti share screens, Break out rooms, dan juga support call-ins.

Perbedaan

 
Perbedaan yang cukup mencolok di antara Meet dengan Zoom adalah dari sisi biaya pemakaian dan jumlah maksimum peserta yang dapat bergabung saat rapat.

Perbedaan dalam sisi biaya. Misalnya dalam fitur call ins, Zoom akan mengenakan tarif tambahan. Apabila, seseorang ikut bergabung dalam rapat lewat telepon. Sedangkan, lain halnya dengan Meet.

Aplikasi Google Meet memberikan layanan gratis untuk fitur Call in. Jadi, bisa dikatakan, meskipun berbayar atau tidak sepenuhnya gratis, Google Meet dari sisi biaya lebih ringan daripada Zoom.

Zoom lebih unggul dalam kapasitas maksimum peserta ketimbang Meet, dimana Z oom dapat memuat peserta sampai 500 orang. Sedangkan, Meet maksimal dapat memuat peserta 250 orang dalam setiap kali terjadi meeting.

Selain itu, perbedaan lainnya adalah dari fitur pengaturan rapatnya. Fitur pengaturan rapat Zoom lebih rapi daripada Meet.

Google Meet vs Zoom

 
Berikut detail fitur-fitur penting Google Meet vs Zoom.

 Google MeetZoom
BiayaMulai dari $6 per bulanMulai dari $15 per bulan
Maksimal Peserta

250 Orang


500 Orang
Share Screens

Breakout Rooms
Terhubung ke Peralatan Konferensi
Panggilan saat Rapat/Call ins

 Gratis
Mulai dari $ 100 per bulan
Integrasi EmailGmail dan Outlook Outlook

Kesimpulan

 
Sebenarnya, Google Meet vs Zoom adalah perbandingan yang cukup seimbang. Meski sudah melalui berbagai pertimbangan, rasanya sulit untuk memilih aplikasi mana yang lebih bagus. Sebab, kedua aplikasi ini memang sangat kompetitif, memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Google Meet dan Zoom hampir sama, yaitu sama-sama bagus.

Dari segi kualitas fitur yang ditawarkan untuk keperluan meeting online, Zoom sedikit lebih unggul daripada Google Meet. Karena, fitur-fitur Zoom meeting lebih lengkap dan mumpuni. Karena, sedari awal memang difokuskan untuk media konferensi video online dan sebagai cara agar bisa berkomunikasi tatap muka secara jarak jauh. Baik untuk acara formal maupun non formal.

Artikel Terkait  Pengertian Web Service : Bagaimanakah Penerapan, Contoh dan Cara Kerjanya?

Pada aplikasi zoom meeting ada fitur yang bisa mengubah tampilan background yang dapat mengubah tampilan ruang yang tadinya terkesan kurang teratur akan menjadi terlihat rapi. Ada juga fitur lain di zoom yang dapat mengubah tampilan wajah menjadi lebih mulus dan putih di kamera.

Sehingga, saat pandemi covid-19 ini, Zoom menjadi aplikasi video konferensi / komunikasi tatap muka jarak jauh yang paling banyak diunduh untuk work from home. Selain itu, aplikasi Zoom ini kebanyakan digunakan oleh perusahaan televisi yang sering melakukan diskusi, obrolan, percakapan online dengan pihak luar dari jarak jauh.

Sementara itu, untuk melakukan meeting yang lebih sederhana, lebih cocok memakai Meet. Google Meet cocok digunakan untuk meeting online di lingkup internal perusahaan atau instansi. Selain itu, dari segi budget, Google Meet juga lebih murah dan hemat.

Nilai lebih yang lain, bila menggunakan meet, kita tidak hanya memperoleh aplikasi meet saja. Karena, meet dapat dipadukan dengan aplikasi Google yang lain yang ada di G Suite seperti Google Calendar, Drive, Gmail, dan Google Chat.

Jadi, dalam memilih antara Google Meet atau Zoom. Hal ini tentu harus dipertimbangkan terlebih dahulu. Aplikasi mana yang lebih tepat yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan tim Anda.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Tags: