Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan website. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
Belajar Coding Adalah Investasi untuk Masa Depan | Mengapa?
Belajar coding adalah bentuk investasi untuk masa depan! Buktinya saat ini peluang kerja di bidang programer bisa dengan mudah kita temukan.
22626
post-template-default,single,single-post,postid-22626,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
coding

Belajar Coding Adalah Investasi untuk Masa Depan | Mengapa?

Ekonomi saat ini sangat membutuhkan orang-orang dengan keterampilan pengkodean untuk memenuhi tuntutan industri teknologi yang sedang berkembang.

Itulah sebabnya memperkenalkan generasi muda pada pengkodean adalah investasi penting di masa depan mereka, keterampilan ini di abad ke-21 yang dengan cepat menjadi penting untuk berbagai profesi. Ada beragam bahasa pemrograman yang dipelajari dalam coding, tentunya memiliki kegunaan yang berbeda pula. Misalnya coding C++, coding PHP, coding Java, coding Phyton dan sebagainya.

Dan di sini kita akan membahas mengapa skill coding adalah investasi yang menjanjikan di masa depan. Tapi sebelum itu, mari kita pahami terlebih dahulu, apa itu coding atau pengertian coding?

Apa Itu Coding?

 

apa itu coding 

Sederhananya, pengertian coding atau pengkodean adalah cara untuk mengajarkan komputer bagaimana melakukan sesuatu melalui bahasa tertentu. Dalam bentuknya yang paling awal, kode tampak sangat berbeda dengan tampilannya hari ini. Awalnya itu semua tentang membuat lubang kecil di tempat yang sangat spesifik pada kartu kecil, yang kemudian bisa dibaca oleh komputer. Kemudian pindah menjadi nol dan satu, yang dikenal sebagai biner …

Seperti apa bentuk kode sekarang?

Artikel Terkait  Panduan Pemula untuk 7 Jenis Pemasaran Online

Hari ini lebih mirip bahasa Inggris standar, meskipun tidak sepenuhnya. Sebagai pemrograman komputer berkembang menjadi lebih seperti bahasa Inggris, menjadi lebih mudah untuk belajar dan lebih populer tetapi juga jauh lebih tidak terspesialisasi. Ada korelasi langsung antara jumlah sistem komputer yang merasuki kehidupan kita dan kemudahan yang bisa kita perintahkan oleh lebih dari kita.

Saat ini ada sejumlah bahasa pemrograman di luar sana; JavaScript dan HTML memungkinkan orang untuk membuat situs web yang biasanya menggunakan coding PHP, R dan SAS berguna untuk menangani statistik, para insinyur memanfaatkan program AutoCAD, sementara coding Java, Python dan C ++ lebih banyak menangkap semua program yang digunakan untuk banyak tugas yang berbeda.

Apakah pengkodean kualifikasi yang bermanfaat?

Sederhananya, ya. Ketika komputer menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, masuk akal jika perusahaan mulai mengandalkan programer komputer in-house mereka sendiri. Sebuah studi tahun 2015 menemukan ada sebanyak tujuh juta lowongan pekerjaan di AS yang membutuhkan keterampilan pengkodean dan bahwa pekerjaan pengkodean tumbuh dalam jumlah sekitar 12% lebih cepat dari rata-rata pasar.

Mengapa Coding Adalah Investasi yang Layak untuk Masa Depan?

 

Coding Adalah Skill dengan Permintaan yang Tinggi

 
Industri teknologi selalu membutuhkan pekerja baru, dan bukan hanya pembuat kode atau jurusan ilmu komputer. Mereka membutuhkan desainer grafis, pengembang perangkat lunak, insinyur komputer, ahli bahasa, ahli matematika, dan banyak lagi. Pekerjaan teknologi tidak hanya berlimpah, tetapi juga menguntungkan.

Desainer grafis, misalnya, yang keahliannya dapat berkisar dari seni hingga desain web, menghasilkan rata-rata $ 51.640 setahun. Sementara ahli bahasa dapat berasal dari berbagai konsentrasi, ahli bahasa komputasi dapat menghasilkan sekitar $ 91.307 per tahun. Dan insinyur perangkat keras komputer dapat dengan mudah menghasilkan gaji tahunan rata-rata $ 111.730.

Bekerja di salah satu bidang ini dan mampu membuat kode menggunakan JavaScript, Python, atau bahasa pemrograman komputer apa pun adalah langkah besar menuju karier yang aman dan stabil.

Coding Mempersiapkan Anak-Anak untuk Sekolah Menengah dan Banyak Lagi

 
Seperti bahasa asing, keterampilan coding paling baik dipelajari sejak dini. Begitu anak-anak lancar dalam jenis pemikiran yang diperlukan untuk memecah dan memecahkan masalah pengkodean, transisi ke bahasa pengkodean yang lebih maju lainnya relatif mudah. Tynker bahkan mentransisikan anak-anak dari pengkodean berbasis blok ke JavaScript dan Python dengan kursus yang menyenangkan dan gamified. Keterampilan pengkodean yang diajarkan Tynker meletakkan fondasi yang dibutuhkan siswa untuk berhasil di sekolah menengah dan lebih banyak lagi.

Salah satu hambatan terbesar untuk berhasil di kelas ilmu komputer tingkat perguruan tinggi atau perguruan tinggi adalah kurangnya kepercayaan diri dalam menangani materi yang sulit dan asing. Paparan dini adalah solusi terbaik – diperkenalkan pada pengkodean pada usia dini membuatnya lebih mudah untuk mempelajari aspek-aspek yang lebih teknis dari ilmu komputer di sekolah menengah dan perguruan tinggi. Faktanya, sebuah studi oleh Google dan Gallup menunjukkan bahwa paparan awal adalah salah satu cara paling penting kita dapat mengecilkan kesenjangan gender dalam STEM, karena meningkatkan kepercayaan pada anak-anak, terutama anak perempuan, sementara mereka masih tertarik pada teknologi.

Artikel Terkait  Jasa Pembuatan Website Indonesia

Coding Adalah Skill Seumur Hidup

 

coding skill 

Bahkan jika anak Anda ingin melakukan sesuatu di luar ilmu komputer ketika mereka tumbuh dewasa, keterampilan pengkodean mereka akan terbukti bermanfaat di berbagai bidang. Coding mengajarkan pemecahan masalah, organisasi, matematika, mendongeng, merancang, dan banyak lagi! Keindahan pengkodean adalah bahwa ia berguna dalam aspek kehidupan lainnya, sambil memungkinkan anak-anak mengekspresikan diri secara kreatif.

Setelah Anda menunjukkan kepada anak-anak Anda apa yang dapat mereka buat dengan kode, mereka akan bersemangat untuk memulai sendiri. Pengodean memungkinkan anak-anak melakukan apa saja mulai dari menulis cerita dan membuat video game hingga membuat mod Minecraft dan merancang animasi.

Dan, tentu saja, itu menyenangkan! Tynker menyediakan jalur pengkodean yang termudah dan paling menyenangkan – anak-anak bersenang-senang sehingga mereka hampir tidak menyadari bahwa mereka belajar sama sekali.

Yang paling penting, kemampuan untuk mengubah kode anak-anak dari konsumen pasif menjadi inovator, dengan mata yang melihat setiap bagian dari teka-teki teknologi, tidak hanya sebagai mainan tetapi sebagai cara untuk memecahkan masalah dan peluang untuk menciptakan.

Bahasa modern ini sangat sentral dalam kehidupan bisnis sehingga mantra umum di sekitar para pakar teknologi adalah bahwa anak-anak zaman sekarang perlu belajar kode “atau mendapatkan kode”. Bukan hanya hiperbola. Robot dan program yang diberdayakan AI sedang dalam proses untuk menjadi sangat canggih sehingga sebanyak 400m hingga 800m pekerjaan diperkirakan akan hilang akibat teknologi pada tahun 2030.

Dengan peringatan mengerikan tentang prospek pekerjaan di masa depan, bukan kejutan besar untuk mendengar bahwa lebih banyak pekerja memutuskan untuk melakukan pengkodean, daripada mendapatkan kode. Saat ini, ada 23 juta coders di dunia dan jumlah itu akan mencapai hampir 28 juta dalam waktu lima tahun.

Coding Adalah Kualifikasi yang Bermanfaat

 
Sederhananya, ya. Ketika komputer menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, masuk akal jika perusahaan mulai mengandalkan programer komputer in-house mereka sendiri. Sebuah studi tahun 2015 menemukan ada sebanyak tujuh juta lowongan pekerjaan di AS yang membutuhkan keterampilan pengkodean dan bahwa pekerjaan pengkodean tumbuh dalam jumlah sekitar 12% lebih cepat dari rata-rata pasar. Ini bukan tren yang hilang.

Keterampilan Coding Tidak Hanya untuk Sektor Teknologi

 
Tidak lagi. Diperkirakan bahwa sekitar setengah dari semua lowongan kerja untuk pembuat kode ada di industri non-teknologi, termasuk keuangan, manufaktur, dan perawatan kesehatan. Jika Anda memikirkannya, setiap perusahaan yang menggunakan komputer, membutuhkan seseorang untuk mengajar komputer tersebut.

Masa Depan Coding

 
Akankah pengkodean selalu menjadi keahlian khusus?

Belum tentu. Saat teknologi terus berkembang dengan kecepatan yang luar biasa, kami telah melihat lompatan besar dalam cara perusahaan perangkat lunak bekerja. Sederhananya, mereka membuat pengkodean lebih mudah, untuk semua orang.

Bubble memungkinkan Anda merancang dan meng-host aplikasi web tanpa harus menulis kode atau menyewa tim insinyur. Zeroqode telah membuat toko serba ada untuk pembuatan tanpa kode dan Sparkster telah membangun platform pengkodean yang memungkinkan siapa saja untuk membangun perangkat lunak. Menggunakan pendekatan seret dan lepas yang dapat diakses oleh kita semua dan dengan mendefinisikan logika dalam bahasa Inggris yang sederhana, Sparkster memberikan kemampuan untuk kode tanpa perlu studi yang ketat atau pelatihan yang mahal.

Artikel Terkait  Firebase Adalah? Memahami Penggunaan Firebase dalam Pengembangan Aplikasi

Jenis perangkat lunak ini cukup revolusioner dalam industri ini. Memberi semua orang kesempatan untuk membuat kode – bukan hanya 1% yang dibayar tinggi yang terbiasa dengan bahasa kode yang samar – pasti akan mengganggu banyak hal. Bagi beberapa orang, menjaga pengkodean tetap eksklusif sangat menguntungkan, tetapi bagi kita semua yang membuka teknologi itu memberi kita peluang besar.

Meskipun dulunya merupakan keterampilan khusus untuk matematikawan dan lulusan TI, pengkodean kini telah menjadi keterampilan inti dan gaji mencerminkan seberapa besar keterampilan itu dihargai oleh para pengusaha. Burning Glass, sebuah perusahaan analitik pasar kerja yang berbasis di AS, baru-baru ini menemukan bahwa ketika pekerjaan membutuhkan keterampilan pengkodean, gaji akan mencerminkan hal itu, menawarkan hingga $ 22.000 lebih banyak rata-rata per tahun.

Coding bootcamps sekarang bermunculan di semua tempat, dengan calon pencari kerja mendaftar berbondong-bondong. Dan siswa yang lebih muda akan segera bergabung. Massachusetts Institute of Technology (MIT) sekarang meluncurkan skema percontohan yang disebut Coding Across the Curriculum di New Hampshire. Rencana mereka adalah untuk melatih guru local untuk belajar coding dalam upaya mengintegrasikan komputer.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Tags: