Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan website. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
Mengapa Framework Adalah Bahasa Pemrograman Baru?
Framework adalah sebuah kerangka kerja yang digunakan untuk mempermudah para programer untuk membuat sebuah aplikasi atau web, dimana didalamnya terdapat berbagai fungsi, plugin dan konsep sehingga mampu membentuk suatu sistem tertentu. Ini dia alasan mengapa framework dianggap sebagai pemrograman baru oleh para programer!
22652
post-template-default,single,single-post,postid-22652,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
framework

Mengapa Framework Adalah Bahasa Pemrograman Baru?

Framework adalah sebuah kerangka kerja yang digunakan untuk mempermudah para programer untuk membuat sebuah aplikasi atau web, dimana didalamnya terdapat berbagai fungsi, plugin dan konsep sehingga mampu membentuk suatu sistem tertentu. Ini dia alasan mengapa framework dianggap sebagai pemrograman baru oleh para programer!

Saat ini framework dapat dikategorikan menjadi 3 berdasarkan fungsinya, yaitu: aplikasi web, data science dan framework pengembangan mobile. Dalam artikel ini kita akan membahas 4 framework yaitu framework php, framework laravel, framework ionic dan framework google yang akan kita bahas setelah penjelasan mengapa framework menjadi bahasa baru.

Apa Itu Framework?

 

apa-itu-framework 

Secara umum framework adalah alat yang dapat membantu pengembangan software dan sistem yang di dalamnya ada berbagai fungsi, plugin dan konsep. Definisi dari alat itu sendiri adalah proses yang dimana framework disebut abstraksi oleh engineers. Abstraksi dalam bahasa pemrograman adalah proses menghilangkan spasial atau detail sementara yang berarti framework menyederhanakan susunan detail, dimana framework hanya meninggalkan hal-hal struktural yang paling penting untuk memungkinkan sistem bekerja.

Artikel Terkait  Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Sederhananya, framework adalah suatu alat yang mengabstrak pengerjaan tugas berulang dan menyediakan ruang untuk pengembangan dari aplikasi dengan semua operasi rutinitas atau pengulangan dengan secara otomatis diselesaikan.

Meskipun sekilas terlihat sama, kebanyakan orang masih belum bisa membedakan antara library dan framework sedangkan terdapat beberapa perbedaan besar antara kedua hal tersebut. Library adalah kumpulan dari class method yang memungkinkan developer untuk menggunakan kode yang telah digunakan oleh developer lainnya. Sedangkan dalam framework sudah memiliki alur kontrol dengan beberapa tempat yang siap untuk diisi dengan kode anda. Sebuah framework sudah menetapkan kerangka dimana aplikasi yang akan menentukan fitur dan mengisi kerangka tersebut. Mengingat kembali bahwa framework adalah alat yang dapat membantu pengembangan software dan sistem yang di dalam nya ada berbagai fungsi, plugin dan konsep.

Sejauh ini, kita sudah mengetahui apa itu framework dan jenis-jenisnya. Pengertian framework sendiri adalah alat yang dapat membantu pengembangan software dan sistem yang di dalam nya ada berbagai fungsi. Seiring berjalannya waktu, developer dituntut untuk mengembangkan website dinamis dengan berbagai fitur unik, hal ini dimungkinkan dengan adanya framework yang membantu efisiensi pengerjaan tugas pengembangan aplikasi website. Dari segi teknis, terdapat beberapa alasan mengapa framework menjadi bahasa baru, salah satunya adalah memungkinkan developer untuk lebih fokus ke arsitektur ketimbang syntax dimana mengetahui detail-detail framework jauh lebih bermanfaat ketimbang syntax dari bahasa yang tertanam di dalam framework.

Apa Saja Keuntungan Menggunakan Framework?

 
Berikut beberapa keuntungan menggunakan framework yang patut menjadi pertimbangan untuk pengembangan aplikasi website :

Aplikasi yang Terorganisir dengan Baik

 
Pengembang tidak harus cemas untuk mengelola direktori website dan file karena framework sudah memiliki kerangka yang bagus untuk digunakan. Tidak perlu untuk mencampuradukkan satu file ke file lainnya. Framework juga menganjurkan pemisahan antara logika bisnis dan file antarmuka.

Fleksibel dan Dapat Dikustomisasi

 
Jika anda menggunakan server dan diberikan akses server yang berbeda untuk aplikasi anda, anda tidak perlu khawatir karena harus membuatnya dari awal. Sedikit modifikasi dapat membuat aplikasi anda dari satu platform ke platform lainnya dengan tambahan, tema dan widget yang mana telah di kembangkan dalam framework.

Penggunaan Kembali Kode

 
Dengan framework yang baik, developer hanya perlu mendesain suatu fungsi sekali, dimana pada fase berikutnya anda dapat menggunakan kode fungsi tersebut ke semua proyek anda.

Artikel Terkait  Java Script Adalah? Pahami artinya sebelum mulai mempelajarinya

Sistem Template

 
Hampir semua framework menyediakan template atau memudahkan penambahan sistem template sendiri dimana potongan HTML biasa yang fungsinya jarang berubah.

Jenis-Jenis Framework

 

jenis-framework 

Sekarang kita akan membahas jenis-jenis framework dan fungsinya dalam pengembangan aplikasi website yang akan dibahas dibawah.

Framework Ionic

 
Framework ionic merupakan framework pengembangan aplikasi mobile hybrid  berbasis web yang menggunakan HTML5, CSS dan Angularjs yang berfokus pada interaksi UI dan UX dari suatu aplikasi. Karena sudah hybrid, maka aplikasi yang sudah dibuat dapat dirilis di berbagai platform.

Framework PHP

 
Adalah framework yang mempersingkat pengerjaan pengembangan aplikasi website dengan cara menyediakan struktur dasar untuk membuat aplikasi website tersebut. Ide umum dari cara kerja framework PHP dikenal dengan MVC atau Model View Control, dimana MVC ini memisahkan antara logika bisnis dari UI dan memungkinkan salah satu pengerjaan dapat dimodifikasi secara terpisah.

Google Framework

 
Dart atau AngularDart merupakan Google framework yang berfokus pada pengembangan web aplikasi terstruktur. Tidak seperti beberapa framework lainnya, Dart berfokus pada beberapa fitur seperti: komponen yang dapat digunakan ulang, fitur pengikatan data (Data Binding Feature), validasi form dan injeksi ketergantungan (dependency injection).

Framework Laravel

 
Sama seperti framework PHP, framework laravel adalah framework yang digunakan untuk membangun aplikasi website yang berkisar dari proyek skala kecil ke besar. Laravel juga memiliki MVC yang membuat framework ini mudah dipelajari dan dengan cepat membuat prototype aplikasi website Beberapa keuntungan dari penggunaan Laravel adalah Object-oriented libraries, perpustakaan pra-instal yang sudah mencakup perpustakaan authentikasi yang memiliki fitur terdepan dan Artisan; alat yang memungkinkan developer untuk melakukan sebagian besar tugas membosankan dan berulang-ulang yang biasanya kebanyakan developer hindari untuk dilakukan secara manual.

Artikel Terkait  Apa Itu NPM? Bagaimana Cara Installnya?

Kesimpulan

 
Setelah Anda mengetahui apa itu framework dan pengertian framework, tiba saatnya untuk kita menyimpulkan apa itu framework serta keunggulan framework sendiri dari segi bisnis dan segi teknis. Framework adalah alat yang dapat membantu pengembangan software dan sistem yang didalamnya ada berbagai fungsi, plugin dan konsep. Framework berbeda dengan library dimana dengan letak pembeda pada inversion of control atau inversi kontrol. Ketika anda menggunakan library, anda yang bertanggung jawab atas flow aplikasi anda sedangkan pada framework, framework itu sendiri yang bertanggung jawab atas flow aplikasi anda. Dari fungsinya, framework dapat dibedakan menjadi 4 kategori: aplikasi web, data science, dan framework pengembangan mobile.

Dimulai dari segi bisnis; dengan berkembangnya informasi teknologi serta kesadaran orang-orang atas pentingnya website untuk bisnis mereka, developer dituntut untuk membuat website dengan fungsi-fungsi yang unik. Hal ini dapat dicapai dengan framework dimana umumnya framework membantu developer dalam pengerjaan kode-kode yang berulang atau monoton sehingga bisa bisa berfokus dalam menjawab tantangan fungsi-fungsi website yang unik dan berbeda tersebut. Dari segi teknis, developer sangat dibantu karena tidak harus mengembangkan suatu aplikasi website dari nol mengingat dasar dari framework sendiri adalah kerangka kerja – dimana hal ini memungkinkan developer untuk mengembangkan aplikasinya dengan kerangka kerja yang sudah disesuaikan dengan proyek yang dimiliki serta dengan beberapa fitur framework seperti aplikasi yang telah terorganisir dengan baik, fleksibel dan dapat dikostumisasi, penggunaan kembali kode dan sistem template.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Tags: