Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan website. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
Local Host Adalah? Pengertian, Jenis, dan Fungsinya
Local host adalah server lokal yang di install pada komputer. Simak informasi tentang beberapa jenis server lokal dan fungsinya berikut ini.
21796
post-template-default,single,single-post,postid-21796,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive

Local Host Adalah? Pengertian, Jenis, dan Fungsinya

Pernahkah Anda mendengar tentang host? Ya, host atau hosting adalah media penyimpanan data di computer. Dengan kata lain ini bisa dibilang sebagai memori atau bisa juga server.

Dalam memproduksi sebuah situs web, semua data, baik itu data program maupun kontennya biasanya harus disimpan di dalam hosting atau server, kemudian dipanggil melalui mesin pencari dengan mengetikkan alamatnya yang disebut dengan domain.

Namun sebelum sebuah situs web dipublikasikan, developer biasanya akan melakukan pengujian terhadap program yang sudah dibuatnya dengan menggunakan server local atau yang disebut dengan localhost. Apa itu localhost?

Localhost adalah?

 

local-host

Artikel Terkait  SSL Certificate Adalah? Apa Fungsi Utamanya?

Ketika Anda memanggil alamat IP di komputer Anda, itu artinya Anda mencoba menghubungi komputer lain di internet. Tetapi, ketika Anda memanggil alamat IP 127.0.0.1 maka Anda berkomunikasi dengan host lokal. Localhost yang dimaksud adalah penyimpanan yang ada pada komputer Anda sendiri. Komputer Anda berbicara sendiri ketika Anda memanggil localhost. Komputer Anda tidak selalu secara langsung mengidentifikasi host lokal. Dalam jaringan pribadi Anda, localhost memiliki alamat IP yang berbeda dengan 192.168.0.1 yang Anda gunakan di internet. IP internet ini biasanya ditetapkan secara dinamis oleh penyedia layanan internet (ISP). Sedangkan localhost dapat dilihat sebagai server yang digunakan di komputer Anda sendiri.

Istilah ini umumnya digunakan dalam konteks jaringan. Localhost bukan hanya nama untuk server virtual tetapi juga nama domainnya. Sama seperti .example, .test, atau .invalid,., .Localhost adalah domain tingkat atas yang disediakan untuk dokumentasi dan tujuan pengujian. Saat mengakses domain, maka jaringan di computer akan melakukan loopback. Jika Anda mengakses “http: // localhost” di browser, permintaan tersebut tidak akan diteruskan ke internet melalui router. Namun tetap berproses pada jaringan local computer yang bersangkutan. Localhost memiliki alamat IP 127.0.0.1 yang merujuk kembali ke server yang ada di perangkat kita sendiri.

127.0.0.1 – Bagaimana cara kerja loopback?

 
Untuk berkomunikasi satu sama lain dalam jaringan, sesuatu yang bernama alamat IP digunakan. Semua yang tergabung di jaringan yang bersangkutan memiliki alamat unik mereka sendiri. Menggunakan paket data TCP / IP dapat mencapai tujuan yang benar. Pasangan protokol Transmission Control Protocol (TCP) dan Internet Protocol (IP) adalah beberapa fitur utama dari internet. TCP / IP juga digunakan di luar internet di jaringan lokal. Protokol Internet bertanggung jawab untuk memungkinkan alamat IP dan subnet masuk untuk melayani pelanggan di jaringan selama proses transmisi.

Alokasi alamat IP publik diatur oleh organisasi internasional yang bernama Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN). ICANN juga bertanggung jawab untuk alokasi nama domain yang disebut Domain Name System (DNS). Tetapi rentang alamat tertentu dicadangkan untuk tujuan khusus, seperti rentang dari 127.0.0.0 hingga 127.255.255.255. Tidak ada informasi yang dapat dipercaya tentang mengapa rentang itu dipilih. Alamat IP di internet dibagi menjadi beberapa kelas. Kelas pertama adalah Kelas A dimulai dengan 0.0.0.0 (alamat cadangan) dan berakhir dengan 127.255.255.255. 127 yang merupakan blok terakhir dari jaringan Kelas A. Posisinya yang penting adalah menjadi alasan mengapa ia banyak dipilih.

Alasan mengapa perangkat loopback dibuat adalah agar tautan kembali ke komputer Anda berfungsi. Melalui sistem operasi inilah antarmuka virtual dibuat. Antarmuka disebut lo atau lo0 dan juga dapat ditampilkan menggunakan perintah ifconfig di sistem Unix. Perintah serupa untuk Windows adalah ipconfig.

Dalam rentang alamat ini kita dapat mengatur sebuah Localnet. Hal khusus lainnya adalah bahwa alamat IP tidak ditetapkan secara unik di dalamnya, seperti yang biasanya terjadi. Melainkan juga dilakukan oleh ICANN.

Jika Anda memasukkan alamat IP atau nama domain yang sesuai di browser Anda, router meneruskan permintaan Anda ke internet yang menghubungkan Anda ke server. Misalnya, jika Anda memasukkan alamat IP 172.217.0.0, maka Anda tiba di beranda Google tetapi situasinya berbeda jika kita mengakses 127.0.0.1. Permintaan ke alamat ini tidak akan diteruskan ke internet. TCP / IP mengenali permintaan Anda dari blok pertama alamat tersebut (127) bahwa Anda tidak ingin mengakses internet, dalam hal ini Anda terdeteksi sedang memanggil diri sendiri. Inilah yang kemudian memicu loopback.

Artikel Terkait  Bagaimana Caranya Membuat Website Gratis di Internet?

Kegunaan Localhost Adalah?

 

Hosting02

Pengembang menggunakan host lokal untuk menguji aplikasi dan program web. Administrator jaringan menggunakan loopback untuk menguji koneksi jaringan. Penggunaan lain untuk localhost adalah file host, tempat Anda dapat menggunakan loopback untuk memblokir situs web berbahaya. Beberapa kegunaan localhost bisa dijabarkan ke dalam beberapa hal berikut ini.

Berguna Untuk Tujuan Pengujian

 
Server web utama menggunakan host lokal untuk aplikasi pemrograman yang perlu berkomunikasi melalui internet. Selama developer melakukan pengembangan, penting bagi mereka untuk mengetahui apakah aplikasi tersebut benar-benar berfungsi dengan benar sebagaimana dikembangkan ketika telah dipublikasikan online. Fungsi lain dari Localhost adalah hanya dimungkinkan jika file yang diperlukan dapat ditemukan di internet. Seperti yang dapat kita lihat bahwa ada perbedaan antara membuka dokumen HTML di PC Anda atau memuatnya ke server dan mengaksesnya. Melepaskan produk tanpa mengujinya adalah hal yang tabu dalam dunia pengembangan website. Jadi loopback digunakan oleh pengembang untuk mengujinya. Mereka dapat melakukan koneksi sementara juga menghindari kesalahan jaringan. Koneksi tetap sepenuhnya di dalam sistem mereka sendiri.

Keuntungan lain menggunakan localhost untuk tujuan pengujian adalah kecepatannya. Biasanya lebih dari 100 milidetik lebih cepat saat Anda mengirim permintaan melalui internet. Waktu transmisi maksimum hanya satu milidetik untuk mengirim ping ke localhost. Kebenaran protokol internet juga dapat diimplementasikan menggunakan teknologi ini.

Jika Anda ingin mengatur test server Anda sendiri pada PC melalui localhost, Anda harus menggunakan perangkat lunak yang tepat untuk itu. Anda dapat menggunakan perangkat lunak seperti XAMPP yang dirancang khusus untuk digunakan sebagai hosting lokal.

Untuk Memblokir Situs Web

 
Localhost juga dapat memblokir file host. File ini adalah pendahulu dari Domain Name System (DNS). Dalam hal ini alamat IP ini dapat ditugaskan untuk memblokir domain yang sesuai. Nama domain diterjemahkan ke dalam alamat IP ketika Anda memasukkan alamat situs web di browser. Jaman dulu dengan menggunakan file host, tetapi hari ini kita bisa menggunakan DNS global walau file host masih ada di sebagian besar sistem operasi. Di Windows, file tersebut ditemukan di host \ system32 \ drivers \ etc \ hosts sedangkan macOS dan sistem Unix lainnya, ditemukan di / etc / hosts.

Mungkin ada dua entri ini yang tersisa jika tidak ada perubahan file yang dilakukan:

  • 127.0.0.1 localhost
  • :: 1 localhost

Resolusi nama untuk localhost tidak perlu dilakukan melalui internet. Localhost juga dapat menggunakan file host untuk memblokir situs web tertentu. Untuk ini, situs web yang akan diblokir harus dimasukkan ke dalam daftar dan alamat IP 127.0.0.1 harus ditetapkan ke domain. Jika Anda atau skrip jahat mencoba memanggil domain yang dikunci, browser akan memeriksa file host terlebih dahulu dan akan menemukan entri Anda di sana. Dalam hal ini, nama domain 0.0.0.0 juga dapat digunakan.

Browser kemudian akan mencoba mengakses situs web yang sesuai di server dengan 127.0.0.1. Namun, browser tidak akan dapat menemukannya, karena file yang diminta tidak akan ada. Namun, jika server pengujian Anda sudah diatur, maka browser dapat menemukan home.html, yang hanya berupa file Anda sendiri. Pesan error akan muncul sebagai ganti situs web yang diminta jika Anda belum menyiapkan server pengujian Anda sendiri. Sisipan iklan di seluruh sistem juga dapat dimatikan menggunakan teknologi ini. Untuk menghindari setiap entri secara manual, Anda dapat menemukan file host yang sudah berakhir dan diperpanjang secara teratur di Internet.

Jenis-jenis localhost adalah sebagai berikut

 
Localhost adalah hosting atau server yang memungkinkan pengembang web untuk menampilkan situs web yang telah dibuat di komputer mereka tanpa harus terhubung ke internet. Kebutuhan untuk menggunakannya terus meningkat dalam proses pengembangan terutama ketika mengembangkan situs dinamis dengan menggunakan bahasa program PHP.

Host local yang populer dan paling banyak digunakan hingga saat ini adalah Open server, Denwer, Winginx, XAMPP.

Open server

 
Adalah platform dengan berbagai perangkat lunak server dengan kemampuan yang mumpuni untuk membantu kita dalam pengembangan website.

Denwer

 
Merupakan localhost yang terdiri dari sekumpulan program – Apache, My SQL, PHP. Anda dapat menggunakannya untuk berbagai website builder seperti Drupal, Joomla, WordPress, dan lainnya.

Artikel Terkait  Pengertian Control Panel Hosting dan Fungsinya

Winginx

 
Adalah localhost yang menggabungkan kesederhanaan, kecepatan, dan keserbagunaan serta kemampuan untuk membuat tugas dan pelacakan waktu, situs pengujian, peluncuran lokal mereka dan peningkatan komponen yang mudah.

XAMPP

 
Adalah turunan dari Apache, yang meliputi PHP, Perl dan database MySQL, MariaDB. Bisa dibilang ini yang paling umum digunakan oleh programmer di dunia khususnya di Indonesia dalam proses pengembangan, khususnya website.

Pada intinya localhost adalah adalah server local yang ada di PC yang kita gunakan sehari-hari. Bagi seorang perancang dan pengembang situs web localhost adalah server yang berguna untuk melakukan ujicoba terhadap situs web yang sudah dibuat walaupun tidak ada koneksi internet.

Demikian ulasan saya kali ini tentang localhost. Semoga bermanfaat.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Tags: