Perbedaan Hosting dan Domain (Lengkap)
Perbedaan hosting dan domain - Hosting adalah tempat penyimpanan data, sedangkan domain adalah alamat dari sebuah website. Simak informasi lengkapnya berikut ini.
21844
post-template-default,single,single-post,postid-21844,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive

Perbedaan Hosting dan Domain (Lengkap)

Membangun sebuah website, jika kita umpamakan adalah seperti membangun sebuah rumah tinggal. Untuk membangun sebuah rumah, pertama-tama kita memerlukan lahan tempat rumah akan dibangun. Kemudian setelah rumah dibangun, selanjutnya perlu menentukan alamat rumah kita itu agar ketika kerabat atau teman ingin berkunjung, mereka tahu harus mencari rumah kita kemana.

Begitu juga dengan situs web, jika kita samakan dengan rumah tinggal maka lahan itu sama dengan hosting dan alamat itu sama dengan nama domain.

Ketika anda ingin mempunyai sebuah website yang bagus, anda memerlukan paket dari web hosting dan nama domain khusus milik Anda sendiri. Apa sih hosting dan nama domain itu? Lantas, apa perbedaan antara keduanya? Pembaca semua pasti sudah tahu bahwa hosting dan nama domain adalah dua hal yang berbeda layaknya perumpamaaan rumah yang saya sebutkan di atas. Oke, dalam artikel ini, kita akan menjelaskan perbedaan antara hosting dan nama domain. Ayo, simak penjelasan informasi lengkapnya berikut ini.

Apa sih Nama Domain itu?

 

domain-4

Artikel Terkait  CSS Adalah? Memahami Pengertian, Cara Kerja, dan Penggunaannya dalam Website

Pada saat anda ingin mengunjungi sebuah website, nama domain adalah nama yang biasanya anda search atau ketik di kolom situs pencarian atau web browser.

Nama domain adalah nama website atau bisa juga disebut alamat website, dengan adanya nama domain membuat para pengguna Internet dapat dengan mudah mengakses website.

Nama domain ini sebenarnya terdiri dari dua unsur utama. Misalnya, nama domain Starbucks.com yang memiliki nama website Starbucks, dengan ekstensi domainnya .com. Nah, ketika anda ingin membeli sebuah nama domain, anda bisa menggunakan nama anda atau nama perusahaan anda sendiri sebagai nama domainnya.

Nama domain itu, layaknya sebuah navigasi yang mengarahkan pengguna internet menuju website anda. Jika, tidak ada nama domain, tentunya orang akan kesulitan mengakses website anda, karena harus memasukkan IP Address untuk membuka dan mengakses website anda. Menggunakan IP Address pastinya akan menyulitkan, karena IP Address itu sangat panjang jika diketik dan susah untuk dihafal.

Dewasa ini, registrasi nama domain diiatur oleh sebuah organisasi internasional yang bernama ICANN. Kepanjangan ICANN adalah Internet Corporation for Assigned Names dan Numbers. ICANN inilah yang menyimpan dan menjaga seluruh database nama domain yang sudah terdaftar. Selain iru, ICANN juga yang menentukan ekstensi nama domain yang tersebar sekarang.

Semenjak tadi, kita membahas tentang nama domain, tetapi belum menjelaskan secara detail mengenai nama domain itu sendiri. Oke, penjelasan nama domain itu lebih lengkapnya seperti ini:

Internet pada dasarnya adalah jaringan komputer raksasa yang tersebar di seluruh dunia dan masing-maaing terkoneksi satu sama lain melalui satelit dan disebarkan melalui kabel. Nah, karena begitu banyaknya jaringan komputer itu, maka perlu adanya identitas pada seriap kompter tersebut, supaya mudah untuk diidentifikasi,. Sehingga, setiap komputer yang sudah ada akses internet itu, masing-masing diberikan serangkaian nomor (serial number) yang disebut dengan IP Address. IP Address terdiri dari kombinasi sejumlah angka-angka yang berderet dan di antara kombinasi angka-angka itu terdapat titik untuk memisahkan deretan angka-angka tersebut. Contoh sebuah alamat IP, dapat anda lihat seperti ini:

66.245.66.1

Komputer tidak akan kesulitan dalam tugas mengidentifikasi dan mengingat deretan angka yang sangat panjang dan rumit. Namun, lain halnya bagi seorang manusia mustahil dapat langsung mengingat deretan angka-angka yang panjang dalam hitungan beberapa detik atau menit untuk bisa cepat mengakses ke sebuah website. Sehingga, untuk bisa mengatasi masalah tersebut, maka nama domain diciptakan. Maka, dapat dikatakan bahwa nama domain merupakan bentuk penyederhanaan dari IP address yang rumit.

Sekarang, apabila anda ingin mengunjungi sebuah website di internet. Anda tidak perlu lagi mengetik kode IP Address yang terdiri dari deretan angka-angka yang panjang. Anda hanya cukup mengetik nama domain yang terdiri dari dua atau tiga karakter kata saja ditambah ekstensi di web browser. Pilihlah nama domain yang mudah untuk diingat, diketik, dan diucapkan sebagai nama domain. Misalnya, Bola.com.

Artikel Terkait  Proxy Server Adalah Komputer Server | Bagaimana Cara Kerjanya?

Nama domain bukan sesuatu yang secara fisik dapat anda sentuh atau lihat. Tetapi, harus berupa karakter yang menjadikan website anda memiliki identitas yang mudah untuk diingat dan dikenali pengguna internet. Untuk pemilihan nama domain. Anda bisa menggunakan nama anda atau nama perusahaan seperti contoh berikut ini: Google. Com., Gojek.com., alibaba.com.

Setiap nama domain yang sudah terdaftar, masing,-masing memiliki keunikan tersendiri. Artinya, hanya ada satu nama Gojek.com di seluruh dunia ini yang terdaftar. Jadi, anda tidak bisa lagi mendaftarkan nama domain itu untuk website anda. Hal ini karena dalam prosedur pembelian nama domain, berlaku prinsip first in/first out pendaftaran pertama. Maksud dari prinsip itu adalah siapa yang pertama kali mendaftar terlebih dahulu, maka dia lah yang berhak memiliki nama domain tersebut.

Selain untuk kepentingan membangun website anda sendiri, sebenarnya nama domain juga mempunyai nilai komersil bagi orang yang jeli dalam melihat peluang bisnis. Contoh nyata mengenai nama domain adalah berita mengenai nama domain prabowosandi.com

akan memiliki nilai jual yang sangat tinggi, bila dijual. Nama domain prabowosandi.com ini pertama kali didaftarkan oleh seorang praktisi internet yang bernama Sigit Saputra. Karena dia pendaftar pertama nama domain prabowosandi.com, maka Sigit Saputra yang menjadi pemilik sah nama domain tersebut. Tindakan yang dilakukan oleh Sigit adalah hal yang biasa dalam dunia Internet. Bukan tindakan pencatutan nama yang melanggar hukum.

Membuat nama domain tertentu, mendaftarkan, kemudian menjualnya dengan harga sesukanya kepada orang lain yang menginginkan merupakan hal yang wajar. Hal itu adalah hak pribadi dari pemilik sah nama domain.

Setelah membahas tentang nama domain. Selanjutnya, adalah penjelasan mengenai hosting, atau disebut web hosting lebih tepatnya.

Apa sih Hosting itu?

 

Hosting05

Ayo, simak informasi lengkapnya berikut ini.

Pengertian hosting secara umum adalah tempat penyimpanan data-data website seperti file dokumen, gambar, video, script, HTML, dll.

Jika, web hosting adalah sebuah mall, maka website adalah toko yang ada di dalam mall tersebut. Sementara, web hosting manager (WHM) adalah manajemen mall-nya.

Manajemen mall, lantas menyewakan toko atau tempat yang ada dalam mall, termasuk fasilitas-fasilitas pendukungnya, seperti listrik, telepon, toilet, parking area, security dan segala fasilitas lainnya, supaya para penyewa toko betah dan dapat menjalankan usahanya di dalam mall.

Penyewa toko atau penyewa lapak tersebut mengelola sendiri-sendiri tokonya. Mereka pun mendekorasi tokonya secara berbeda-beda, sesuai dengan selera dan kebutuhan mereka. Lalu, operasionalnya juga disajikan dengan cara mereka sendiri-sendiri. Dalam menyewa sebuah toko, pasti penyewa toko ada batas waktu dan ruangnya dalam berjualan di mall. Saat batas waktu sewa toko berakhir dan penyewa toko itu tidak memperpanjang masa sewanya, maka penyewa toko tidak bisa membuka usahanya lagi di mall. Sementara, jika penyewa toko memperpanjang lagi masa sewa toko dengan membayar sejumlah uang sewa kepada manajemen mall, maka penyewa toko bisa melanjutkan membuka tokonya di mall

Artikel Terkait  Apa Itu Composer? Bagaimana Menggunakannya untuk Manajemen Proyek PHP?

Sementara kalau web hosting memiliki fasilitas/ fitur yang berkualitas mulai dari hardware, koneksi internet, email, aplikasi dan lain-lain dalam batasan tertentu yang sudah ditentukan oleh web hosting manager. Adanya fitur/fasilitas itu dapat membantu pemilik-pemilik nama domain sebuah website dapat membuka atau membuat sebuah websitenya sendiri-sendiri.

Istilah web hosting bisa disebut juga dengan perusahaan yang menyediakan layanan sewa tempat untuk menampung data-data yang ada di sebuah website. Selain itu, web hosting juga sebagai provider layanan koneksi internet, supaya konten website dapat diakses lewat search browser oleh pengunjung lain.

Setiap penyedia layanan hosting masing-masing mengeluarkan produknya yang menjamin kualitas dan keamanan. Selain itu, penyedia layanan hosting juga menangani layanan pemeliharaan seperti memback-up data, maintainance, dan recovery data, apabila ada data dari pemilik website yang hilang atau tidak disengaja terhapus.

Untuk menawarkan kualitas produk yang baik, penyedia layanan hosting memberikan koneksi loading page yang cepat kepada pemilik website.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Tags: