Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan website. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
Perbedaan IMAP dan POP3 yang Harus Anda Ketahui
Ada beberapa perbedaan IMAP dan POP3 pada Email hosting, selain itu cara setting konfigurasinya juga berbeda. Simak informasi berikut.
22490
post-template-default,single,single-post,postid-22490,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive

Perbedaan IMAP dan POP3 yang Harus Anda Ketahui

Bekerja di era digital tidak bisa terlepas dari penggunaan internet. Kini untuk pengiriman berita kepada orang lain atau kepada mitra kerja sudah tidak perlu lagi menggunakan surat fisik. Bisa dibilang, menetapkan kontrak untuk sebuah pekerjaan tidak harus bertatap muka secara langsung. Itulah mengapa, kini kita bisa bekerja sama dengan banyak orang dari berbagai belahan dunia tanpa harus bertemu.

Hal yang memungkinkan semua itu terjadi adalah berkat adanya teknologi surat elektronik atau email. Email bisa kita buat dan atur sesuai dengan kebutuhan kita dalam menggunakannya.

Saat Anda mengatur alamat email di klien email, Anda harus memutuskan apakah Anda ingin mengaturnya sebagai POP3 atau IMAP. Keduanya merupakan cara untuk terhubung ke server surat sehingga Anda dapat membaca email Anda melalui klien email.

Perbedaan IMAP dan POP3

 

Untuk lebih mudah mengetahui perbedaan IMAP dan POP3, mari terlebih dahulu kita bahas tentang pengertiannta masing-masing.

Artikel Terkait  Jasa Pembuatan Website Murah dan Berkualitas

IMAP

 
IMAP adalah singkatan dari Internet Mail Access Protocol, yang lebih modern dari POP3. Ini adalah protokol dua arah yang menyalin email Anda dari server jarak jauh ke device dan program email yang Anda gunakan, sambil mempertahankan salinan asli email di server jauh. Perubahan pada pesan email ini, seperti menandainya sebagai sudah dibaca, menambahkan atau menghapus label atau tag, atau memindahkannya ke folder lain, akan direplikasi di server jarak jauh tersebut.

Email yang telah diunduh ke mesin atau device dari server jarak jauh tersedia untuk digunakan di sana ketika tidak ada koneksi internet. Perubahan yang dilakukan di device sementara tidak ada koneksi internet akan disinkronkan dengan server jarak jauh ketika device terhubung kembali ke internet.

Perubahan yang dibuat dalam Device direplikasi ke semua perangkat yang terhubung imap.

Untuk melindungi dari dataloss, dan mungkin juga karena alasan hukum, Anda harus sering mencadangkan profil di dalam program yang Anda gunakan, meskipun email Anda disimpan di server jarak jauh.

IMAP adalah singkatan dari Internet Message Access Protocol. Tidak seperti POP3, IMAP memungkinkan Anda masuk ke berbagai klien email atau antarmuka webmail dan melihat email yang sama karena dalam pengaturan IMAP, email disimpan di server email, bukan di komputer Anda.

Ketika Anda mengakses email Anda menggunakan protokol IMAP, Anda pada dasarnya menggunakan klien email untuk terhubung ke server email Anda dan mengelola email Anda secara langsung di server email Anda. Dalam pengaturan ini, server email Anda dan bukan komputer lokal Anda adalah sumber penyimpanan utama email Anda. Karena itu, IMAP memungkinkan untuk mengakses email Anda dari perangkat yang berbeda dan semua perubahan disinkronkan dengan server surat dan klien email apa pun yang Anda gunakan. Dengan kata lain, jika Anda menghapus email dari satu klien email, itu dihapus dari server email dan tindakan tercermin di semua perangkat dan klien email.

Tetapi karena email disimpan di server email Anda, ada kemungkinan kotak masuk email Anda akan cepat penuh, terutama jika Anda memiliki banyak email.

POP3

 
Post Office Protocol (versi 3) atau yang sering disingkat dengan POP3 adalah protokol satu arah yang mengunduh email Anda dari server jarak jauh ke Thunderbird atau aplikasi email lainnya dan menghapus email dari server jarak jauh (setelah 7 hari secara default di device, misalkan kita menggunakan Thunderbird dari Mozilla). Perubahan pada pesan email ini di aplikasi email, seperti menandainya sebagai sudah dibaca atau memindahkannya ke folder lain, tidak direplikasi di server jarak jauh, dan hanya diterapkan pada komputer lokal Anda yang menjalankan aplikasi email.

Untuk melindungi dari dataloss, atau alasan lainnya, Anda harus sering mencadangkan profil Thunderbird Anda, terutama karena email Anda tidak disimpan di server jarak jauh atau cloud.

POP3 adalah singkatan dari Post Office Protocol. Seperti namanya, ini memungkinkan Anda untuk menggunakan kotak masuk email Anda seperti Post Office – email diunduh ke komputer Anda dan dihapus dari server surat.

Saat mengakses email Anda menggunakan protokol POP3, salinan email dibuat dan disimpan secara lokal di komputer Anda. Dokumen asli biasanya, tetapi tidak selalu, dihapus dari server surat. Dengan kata lain, email terikat dengan perangkat tertentu. Setelah email diunduh ke satu perangkat (dan dihapus dari server mail), itu tidak dapat diakses oleh klien atau perangkat email lain.

Artikel Terkait  Membandingkan Tipe Database: Bagaimana Tipe Database Berevolusi Untuk Memenuhi Kebutuhan Yang Berbeda

Tentu saja, sebagian besar klien email memberi Anda opsi untuk menyimpan salinan email asli di server email (alih-alih menghapusnya). Dengan cara ini, Anda dapat mengunduh email yang sama ke perangkat lain atau klien email. Tetapi, perhatikan bahwa semua salinan dari email yang sama ini tidak disinkronkan. Setiap salinan yang diunduh diperlakukan sebagai email terpisah dan terputus dari salinan lain, meskipun itu adalah email yang sama. Demikian pula, folder email apa pun yang Anda buat dan atur di satu perangkat atau klien email tidak akan direplikasi di perangkat lain atau klien email.

Dengan demikian, POP3 sangat bagus untuk pengguna yang hanya menggunakan satu klien email untuk mengakses email mereka. Keuntungan lain dari POP3 adalah karena email asli dihapus dari server surat setelah diunduh, ini membebaskan ruang penyimpanan email.

Perbedaan IMAP dan Pop3 | Mana yang Lebih Baik Digunakan?

 
POP3 dan IMAP adalah dua protokol (metode) yang berbeda yang digunakan untuk mengakses email.

Dari keduanya, IMAP adalah opsi yang lebih baik – dan opsi yang disarankan – ketika Anda perlu memeriksa email Anda dari beberapa perangkat, seperti laptop kantor, komputer di rumah, atau tablet, ponsel cerdas, atau perangkat seluler lainnya. Ketuk akun Anda yang disinkronkan (diperbarui) dari perangkat apa pun dengan IMAP.

POP3 mengunduh email dari server ke satu komputer, lalu menghapusnya dari server. Karena pesan Anda dapat diunduh ke satu komputer atau perangkat dan kemudian dihapus dari server, maka dapat muncul bahwa surat hilang atau hilang dari Kotak Masuk Anda jika Anda mencoba memeriksa surat Anda dari komputer lain.

Apa yang Perlu Dipertimbangkan?

 
Untuk membantu Anda memutuskan sendiri apakah akan menggunakan IMAP atau POP3, berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:

  • Jika Anda ingin mengakses akun dari lebih dari satu perangkat, pilih IMAP.
  • Jika Anda ingin mengakses akun dari browser web, pilih IMAP.
  • Jika penyedia email Anda mendukung IMAP atau POP3? Sebagian besar dari mereka mendukung keduanya, tetapi Anda harus memverifikasi dulu.
  • Jika batas ukuran kotak surat Anda? Sebagian besar penyedia e-mail menyediakan lebih dari cukup ruang untuk menyimpan semuanya di server, tetapi jika Anda berencana menyimpan lebih dari 15GB, pilih POP3.
  • Jika Anda terbiasa dengan menggunakan latensi tinggi atau koneksi biaya sangat tinggi (seperti satelit), atau jarang memiliki koneksi internet? Pilih POP3.

 

Bagaimana Mengganti Akun

 
Pada contoh aplikasi email Thunderbird, mereka saat ini tidak menawarkan cara untuk mengonversi akun IMAP yang ada ke POP3 atau sebaliknya. Untuk mengubah akun Anda ke protokol lain, Anda harus menambahkan akun Anda ke Thunderbird lagi.

Anda bisa mencari referensi Konfigurasi Akun Otomatis untuk menambahkan akun email baru secara otomatis atau Konfigurasi Akun Manual untuk secara manual mengkonfigurasi akun email baru ke dalam aplikasi email tersebut.

Bagaimana Perbedaan IMAP dan POP3 dalam Mengelola Email?

 
Katakanlah, sepanjang malam saat Anda tidur, setumpuk email dikirim ke alamat email Anda dan mulai menumpuk di server email Anda. Ketika Anda bangun dan mengakses email Anda dari telepon Anda,

  • POP3 akan mengunduh semua email ke telepon Anda untuk Anda lihat, dan dengan melakukan itu, semua email dihapus dari server surat
  • Sementara IMAP akan mengirim salinan email ke telepon Anda, tetapi meninggalkan aslinya di server email Anda. Kemudian ketika Anda kembali ke kantor Anda dan memeriksa email Anda di komputer, Anda juga akan bisa melihatnya di sana.
Artikel Terkait  Operating System Android Terbaru
  • POP3 akan terhubung ke server email Anda dan mengunduh semua email baru, email yang diterima sejak Anda terakhir memeriksa akun email Anda (misalnya melalui ponsel Anda). Tetapi karena semua email sebelumnya yang telah Anda periksa di pagi hari sudah diunduh ke ponsel Anda dan dihapus dari server surat, email-email itu tidak akan muncul di komputer Anda.
  • IMAP akan terhubung ke server email Anda dan mencari email yang tersedia dan belum ada di komputer Anda. Ini termasuk semua email baru yang diterima sejak terakhir kali Anda memeriksa akun Anda, serta semua email yang sudah Anda akses tetapi dari perangkat yang berbeda (misalnya untuk Email yang telah Anda akses melalui telepon Anda pada hari sebelumnya).

 

Kesimpulan

 
Perbedaan IMAP dan POP3 dan mana yang lebih baik untuk digunakan adalah kembali pada kebutuhan Anda sendiri. Keduanya merupakan Email Protocol. Sekarang tergantung Anda. Daftar bahan pertimbangan yang telah kami kemukakan di atas bisa Anda digunakan sebagai acuan untuk memilih yang terbaik. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk Anda. Terima kasih.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Tags: