Kami siap menjawab pertanyaan Anda. Mohon sebutkan nama dan pertanyaan Anda! Jam Kerja Senin – Sabtu dari pukul 9:00 – 17:00 WITA
Captcha Artinya? Pengertian dan Fungsinya untuk Website
Captcha artinya sebuah tantangan atau challenge-response test, captcha sering digunakan pada website untuk memastikan bahwa yang mengakses website tersebut bukanlah robot.
20958
post-template-default,single,single-post,postid-20958,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive

Captcha Artinya? Pengertian dan Fungsinya untuk Website

Untuk Anda yang sudah sering menjelajah internet, pastinya sudah tidak asing lagi dengan perintah untuk memasukkan huruf dan angka random atau mengklik gambar-gambar untuk melakukan konfirmasi atau sekedar membenarkan pernyataan “Anda bukan robot” dengan mengklik cek box.

Semua kegiatan di atas disebut dengan CAPTCHA. Captcha biasanya digunakan oleh situs web yang berisi halaman form seperti formulir pendaftaran. Penggunaan captcha ini memang sudah tidak asing lagi bagi kita di dunia digital dengan perkembangan internet yang sangat cepat seperti sekarang ini. Namun sudahkah kita tahu apa itu captcha?

Nah, pada artikel kami hari ini, kita akan membahas tentang captcha artinya apa, Mengapa itu penting dan apa fungsinya untuk sebuah website.

Artikel Terkait  Contoh Web Perusahaan, Bisnis dan Toko Online Dengan Desain Terbaik Tahun ini

Captcha Artinya Apa Dan Bagaimana Sejarahnya?


captcha-1

Captcha adalah singkatan dari Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart. Seperti yang disiratkan oleh penjelasan akronim tersebut captcha artinya grafis yang digunakan untuk menentukan apakah permintaan atau pengajuan online dilakukan oleh manusia atau komputer.

Ini menghasilkan dan menilai tes yang manusia dapat dengan mudah lulus tetapi tidak mungkin untuk dipecahkan oleh program komputer,  seperti harus mengetik kata dan huruf yang diacak atau terdistorsi di dalam gambar (atau rekaman suara untuk tunanetra).

Gagasan untuk CAPTCHA grafis yang digunakan hari ini dijelaskan secara rinci dalam aplikasi paten tanggal prioritas 1997 oleh segelintir pria pada tahun 1998. Namun, istilah CAPTCHA sebenarnya dikaitkan dengan tim empat orang yang merupakan pencipta reCAPTCHA, yang merupakan sistem seperti Captcha yang dibeli oleh Google pada tahun 2009.

“T” dalam CAPTCHA adalah untuk Alan Turing yang terkenal, yang dianggap sebagai “bapak komputasi modern.” Turing, yang meninggal pada tahun 1954, mengembangkan tes sebagai cara untuk memeriksa apakah mesin dapat berpikir seperti manusia, dan jika orang dapat katakan perbedaannya.

Perangkat lunak re-CAPTCHA Google – evolusi selanjutnya dari teknologi CAPTCHA – mencoba menerka apakah suatu sesi dimulai oleh manusia atau bot (program komputer) dengan memeriksa perilaku ketika halaman dimuat.

Jika tidak dapat menentukan secara pasti bahwa manusia ada di belakang keyboard, ia menawarkan dua opsi tes: baik kotak “klik di sini untuk membuktikan bahwa Anda manusia”, atau teka-teki visual berdasarkan foto Gambar Google. Dalam tes foto, Anda harus mengklik semua bagian gambar yang berisi semacam objek, seperti (bagian) nomor mobil atau rumah.

Artikel Terkait  Cara Membuat Link WA (WhatsApp) Menuju Chat Langsung

Menggunakan Captcha Artinya Meningkatkan Level Keamanan Situs


captcha-2

CAPTCHA digunakan oleh pemilik situs web untuk mencegah hacker dan spammer menyalahgunakan layanan online atau melakukan aktivitas online yang tidak etis, seperti.

  1. Komentar online dengan mengirimkan ratusan tanggapan palsu secara robotik.
  2. Mendaftar ratusan akun email gratis untuk tujuan spam
  3. Spamming blog dan berita dengan komentar palsu dan tautan mesin pencari
  4. Memotong alamat email orang dari situs web untuk digunakan nanti dalam spam

Tes CAPTCHA dapat menghentikan banyak dari serangan umum dan otomatis ini dengan memblokir komputer robot dan program perangkat lunak pengisian otomatis agar tidak mengirimkan permintaan online.

Artikel Terkait  MySQL Adalah ? | Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya

Apakah Dengan Adanya Captcha Artinya Kita Berhasil Mengamankan Situs?


Sementara CAPTCHA pada umumnya hanya membutuhkan waktu rata-rata orang sekitar 10 detik untuk menyelesaikannya, walaupun pada sedikit sisi negatifnya, CAPTCHA telah berhasil membuat frustrasi banyak orang yang tidak bisa membedakan huruf kecil L dari angka 1 atau huruf O besar dari angka 0.

Tapi serius, tes CAPTCHA bukan tanpa kekurangan, sampai-sampai mendapat nama baru: Alternatif Mengganggu Orang dengan Tantangan yang Membuang Waktu Pada Komputer. Namun, jika situs web tidak menggunakan beberapa jenis perlindungan seperti CAPTCHA untuk memblokir konten spam, mereka akan terjebak membersihkan puluhan pendaftar atau komentar spam setiap hari, membuang-buang waktu dan sumber daya yang berharga dalam proses.

Ini mungkin bukan teknologi terbaik di luar sana saat ini, tetapi pencegahan selalu lebih baik daripada mengobati. Kadang-kadang ketika Anda menggunakan Jaringan Pribadi Virtual, Anda mungkin menemukan beberapa tantangan CAPTCHA lebih dari biasanya. Itu karena situs web yang biasanya Anda kunjungi dari rumah (alamat IP Anda yang biasa), tidak mengenali alamat IP yang diberikan VPN kepada Anda (mungkin berasal dari negara lain).

Jadi alih-alih memberi Anda akses segera, mereka meminta Anda untuk membuktikan bahwa Anda bukan robot. Anda bisa melakukannya, bukan? Ini untuk perlindungan situs web dan pengguna termasuk Anda.

Fungsi Captcha


captcha-4

Setelah berselancar untuk mengetahui captcha artinya apa? Dari sana dapat disimpulkan bahwa captcha memiliki dua fungsi umum berikut ini.

Artikel Terkait  Lupa Pass Gmail (Google Mail)? Ini Solusinya!

Captcha Berfungsi Sebagai Security


CAPTCHA diciptakan untuk memblokir perangkat lunak spam dari memposting komentar pada halaman atau membeli item berlebih sekaligus. Bentuk CAPTCHA yang paling umum adalah gambar dengan beberapa huruf terdistorsi. Juga umum untuk memilih dari berbagai gambar dimana Anda perlu memilih tema umum.

Internet dan komputer sebenarnya terdiri dari bahasa pengkodean yang unik. Komputer merasa sulit untuk memahami bahasa karena aturan bahasa manusia yang aneh dan rumit, serta bahasa gaul yang digunakan manusia.

Captcha Digunakan Untuk Verifikasi


Melihat melampaui CAPTCHA, ada cara-cara tambahan untuk mencegah bot yang memberikan banyak manfaat lebih pada saat yang sama. Sebelum pengguna dapat berinteraksi atau bertransaksi dengan web atau aplikasi seluler Anda, mereka harus diminta untuk memverifikasi nomor telepon mereka.

Dengan verifikasi telepon, pengguna akhir yang valid memverifikasi bahwa mereka adalah manusia dengan memasukkan nomor telepon mereka, menerima SMS atau kode verifikasi suara ke perangkat seluler mereka dan kemudian memasukkan kembali kode itu ke tempat yang diminta di situs web atau aplikasi seluler. Karena ada biaya finansial dalam memperoleh nomor telepon, jumlah akun palsu yang dapat dibuat pengguna terbatas.

Proses ini tidak hanya berfungsi sebagai verifikasi bahwa pengguna adalah manusia asli, tetapi juga menghubungkan nomor telepon yang valid ke akun mereka – sesuatu yang tidak ingin dilakukan oleh penipu. Nomor telepon ini kemudian dapat digunakan untuk otentikasi dua faktor pada titik mencurigakan dalam akun mereka. Selain itu, ketika verifikasi ponsel dilapisi dengan evaluasi data ponsel dan intelijen, pelaku yang buruk tidak dapat menggunakan telepon burner untuk membuat akun penipuan.

Itulah ulasan singkat kami tentang captcha artinya dan mengapa itu penting bagi sebuah situs web. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Kami yakin ulasan ini sangat jauh dari sempurna, jadi apabila Anda memiliki pengetahuan lebih lanjut kami akan sangat senang jika Anda membaginya dengan kami. Terima kasih.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami