Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan website. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
Cara Flush DNS Cache Pada Windows, Linux dan Mac
Kali ini, kami akan membahas tentang cara flush DNS pada berbagai sistem operasi seperti windows, linux dan Mac. Coba cara ini sekarang!
20864
post-template-default,single,single-post,postid-20864,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive

Cara Flush DNS Cache Pada Windows, Linux dan Mac

Jika Anda mengalami masalah koneksi, Anda mungkin ingin menghapus cache DNS Anda. Di artikel ini, Anda akan mempelajari manfaatnya dan cara membersihkan cache DNS pada sistem operasi populer.

Apa itu Flush DNS


server

Setiap kali Anda mengetik URL pada bilah alamat, ia mengambil alamat IP yang sesuai untuk berkomunikasi dengan server web (mungkin jenis server apa pun). Ketika Anda berulang kali menggunakan URL yang sama itu hanya akan membuang-buang sumber daya jaringan untuk mengambil alamat IP yang sesuai setiap kali karena IP tidak terlalu sering berubah.

Jadi komputer Anda menyimpan kombinasi nama domain dan IP-nya di cache lokal untuk menghindari pengambilan dari Domain Name Server (DNS) setiap kali Anda menggunakan nama domain (URL) yang sama. DNS juga menyimpan info penting lainnya yang disebut “Timeout” yang mengatur tentang waktu yang valid untuk kombinasi IP dan nama domain, ketika waktu ini habis komputer Anda mengambil kembali kombinasi dari DNS dan menyimpan dalam cache lokal lagi.

Flush DNS adalah mekanisme di mana pengguna dapat secara manual membuat semua entri dalam cache tidak valid, sehingga komputer Anda mengambil kembali kombinasi baru saat dibutuhkan dan disimpan dalam cache lokal.

Artikel Terkait  15 Rekomendasi Anti Virus Terbaik (Gratis) 2020

Mengapa Kita Perlu Melakukan Flush DNS Cache Secara Berkala


server-3

Mirip dengan browser web, sistem operasi juga menyimpan file cache yang disebut cache Domain Name Sistem (DNS). File cache berisi informasi tentang semua situs web yang dikunjungi – nama host, alamat IP, dan catatan sumber daya.

Sebagian besar sistem operasi melakukan caching DNS untuk mengurangi beban server DNS selama lalu lintas tinggi. Periode validitas cache ditentukan oleh Time To Live (TTL). Selama file cache masih valid, mereka akan menjawab permintaan konten tanpa harus melalui server DNS.

Meskipun demikian, menggunakan file cache DNS yang rusak atau ketinggalan zaman dapat menyebabkan kesalahan dan kerentanan keamanan. Karena itu, kami menyarankan Anda untuk membersihkan cache DNS secara berkala.

Berikut adalah alasan mengapa Anda harus menghapus cache DNS secara teratur dengan cara flush DNS yang benar.

  • Mencegah pelacakan perilaku pencarian – menyimpan catatan DNS memudahkan peretas untuk memprediksi riwayat browser Anda.
  • Keamanan – File cache DNS adalah target utama untuk spoofing DNS, yang membahayakan informasi sensitif pengguna seperti kredensial login dan data pribadi.
  • Mengatasi masalah teknis – memaksa sistem operasi untuk mencari data DNS yang diperbarui dapat menyelesaikan masalah koneksi dan konten web yang ditampilkan secara tidak benar.
Artikel Terkait  MySQL Adalah ? | Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya

Cara Flush DNS Cache Pada Windows 10


cache-3

Dengan menerapkan cara flush DNS dapat membantu menyelesaikan masalah terkait DNS di Microsoft Windows 10. Masalah yang mungkin timbul biasanya mencakup situs web yang tidak ditemukan, kesalahan atau tidak dapat melihat halaman web tertentu yang telah berubah.

Opsi 1 – Perintah Windows


Untuk mengatur ulang atau melakukan flush cache resolver DNS, lakukan langkah-langkah berikut.

  1. Pilih tombol “Start”, lalu ketik “cmd”.
  2. Klik kanan pada menu “Command Prompt”, lalu pilih menu “Run as Administrator”.
  3. Ketik ipconfig / flushdns kemudian tekan “Enter”. (pastikan ada spasi sebelum garis miring atau slash)

Kotak perintah akan berkedip pada layar selama sepersekian detik dan cache penyelesai DNS dihapus.

Opsi 2 – Windows PowerShell


Dengan menggunakan windows powershell, kita bisa menerapkan langkah-langkah berikut sebagai cara flush DNS yaitu.

  1. Pilih tombol “Start”, lalu ketik “PowerShell”.
  2. Pilih “Windows PowerShell”, ketikkan perintah berikut, Hapus-DnsClientCache
  1. lalu tekan “Enter”
Artikel Terkait  Bootstrap Adalah? Pengertian dan Cara Menggunakannya

Cara Flush DNS Cache Pada Linux


cache-5

Jika pada MS-Windows Anda dapat menggunakan perintah ipconfig untuk membersihkan cache dns. Namun, Linux dan UNIX menyediakan berbagai cara untuk membersihkan cache. Linux dapat menjalankan nscd atau BIND atau dnsmasq sebagai daemon caching layanan nama. Server besar dan kelompok kerja dapat menggunakan BIND atau dnsmasq sebagai server caching khusus untuk mempercepat kueri.

Flush Nscd Dns Cache


Nscd men-cache permintaan yang dikeluarkan libc ke Layanan Nama. Jika mengambil data NSS cukup mahal, nscd mampu mempercepat akses berturut-turut ke data yang sama secara dramatis dan meningkatkan kinerja sistem secara keseluruhan. Mulai ulang nscd.

$ sudo /etc/init.d/nscd restart

ATAU

# service restart nscd

ATAU

# service nscd reload

Daemon ini menyediakan cache untuk permintaan layanan nama paling umum. File konfigurasi default, /etc/nscd.conf, menentukan perilaku daemon cache.

Artikel Terkait  Halaman Website Adalah? Pengertian, Jenis dan Manfaatnya

Siram Dnsmasq Dns Cache


Dnsmasq adalah DNS, TFTP, dan server DHCP yang ringan. Hal tersebut dimaksudkan untuk menyediakan layanan DNS dan DHCP yang digabungkan ke LAN. Dnsmasq menerima permintaan DNS dan menjawabnya dari cache kecil, lokal, atau meneruskannya ke server DNS nyata, dan rekursif. Perangkat lunak ini juga menginstal banyak router murah untuk men-cache permintaan dns. Cukup restart layanan dnsmasq untuk menghapus cache dns seperti ini: $ sudo /etc/init.d/dnsmasq restart

Atau

# service dnsmasq restart

Flush Caching BIND Server Dns Cache


Server BIND caching mendapatkan informasi dari server lain (Master Zona) sebagai respons terhadap kueri host dan kemudian menyimpan (cache) data secara lokal. Yang harus Anda lakukan adalah restart bind untuk menghapus cache: # /etc/init.d/named restart

Anda juga dapat menggunakan perintah rndc sebagai berikut:

flush out all cache: # rndc restart

Atau

# rndc exec

BIND v9.3.0 dan yang lebih tinggi akan mendukung pembilasan semua catatan yang dilampirkan ke nama domain tertentu dengan perintah flndname rndc. Dalam contoh ini siram semua catatan yang dirilis ke domain cyberciti.biz: # rndc flushname cyberciti.biz

Dimungkinkan juga untuk menghapus tampilan BIND. Misalnya, tampilan LAN dan WAN dapat memerah menggunakan perintah berikut.

# rndc flush LAN

# rndc flush WAN

Artikel Terkait  Cara Beli Domain dan Registrasi Domain dengan Mudah

Cara Flush DNS Cache Pada Mac OS


Tekan tombol F4, lalu masukkan terminal di bidang pencarian Launchpad untuk membuka jendela terminal.

Jika Anda menggunakan Mac OS Sierra, X El Capitan, X Mavericks, X Mountain Lion, atau X Lion, masukkan perintah berikut: sudo killall -HUP mDNSResponder

Untuk membersihkan cache DNS di Mac OS X Yosemite, masukkan pernyataan: sudo discoveryutil udnsflushcaches

Jika Anda menjalankan di Mac OS X Snow Leopard, gunakan perintah: sudo dscacheutil -flushcache

Untuk Mac OS X Leopard dan di bawah ini, masukkan perintah berikut untuk membersihkan cache DNS: sudo lookupd -flushcache

Kesimpulan

Saat mengalami masalah koneksi atau melihat halaman web yang ditampilkan tidak benar, sistem Anda mungkin menyimpan catatan cache DNS yang rusak atau ketinggalan zaman. Anda dapat dengan cepat menyelesaikannya dengan cara flush DNS cache. Jika masalahnya tidak teratasi, Anda dapat memeriksa tutorial ini tentang cara menghapus cache browser Anda.

Itulah tadi tutorial bagaimana cara flush DNS cache yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi permasalahan koneksi ketika melakukan perambahan internet. Kami mohon maaf apabila tutorial yang kami berikan ini masih penuh dengan kekurangan. Namun demikian yang bisa kami sampaikan semoga tulisan singkat ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami