Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan website. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
Operating System Android Terbaru
Operating system Android terbaru dengan segala fitur dan kelebihannya. Termasuk ulasan device Android yang menggunakan OS terbaru.
20470
post-template-default,single,single-post,postid-20470,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive

Operating System Android Terbaru

Perkembangan OS Android sudah dimulai sejak awal tahun 2000’an. Sebelum diakuisisi oleh Google, OS Android ini dulunya masih dikembangkan oleh perusahaan bernama Android Inc. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, pengguna OS Android semakin meningkat, sehingga di tahun 2008, OS Android telah resmi diakuisisi atau dibeli oleh Google.

Bagi yang pernah merasakan memiliki Handphone dengan OS Android versi jadul, pasti sudah merasakan seperti apa perbedaannya, di saat menggunakan operating system Android lama dengan menggunakan operating system Android terbaru.

Yang tentu saja, pengoperasian OS Android versi terbaru jauh lebih cepat dan juga memiliki fitur-fitur bawaan yang cukup lengkap, dibandingkan dengan versi-versi terdahulunya. Uniknya, nama setiap versi OS Android menggunakan nama ‘makanan’, sehingga para pengguna pun lebih mudah mengenalinya lewat gambar icon operating system Android terbaru beserta nomor versinya.

Lantas, apakah Anda sudah mengetahui urutan OS Android dari versi yang paling awal hingga yang paling terbaru? Jika belum, maka di sini kami akan menjabarkan informasi seputar urutan versi OS Android terlengkap hingga saat ini.

Operating System Android Terbaru | Jenis Android


os android

Artikel Terkait  Apache Adalah? Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya

Seperti yang sudah diketahui bersama, nama jenis-jenis OS Android memang sangatlah unik, karena memang menggunakan nama makanan manis dalam penamaannya. Yang paling berbeda adalah jenis Android versi pertama, karena menggunakan nama Astro (Alpha) & Bender (Beta). Selebihnya, untuk urutan jenis OS Android lainnya menggunakan makanan manis, yang memang merupakan jenis makanan manis yang paling disukai oleh banyak orang.

Pada awalnya, apakah Anda pernah berpikir alasan dibalik pemberian nama OS Android yang sebagian besar adalah nama-nama makanan manis? Kemungkinan besar, berikut adalah beberapa alasan dari pihak pengembang OS Android.

  • Agar lebih unik dan berkarakter, sehingga lebih mudah dikenali oleh penggunannya.
  • Agar lebih mudah dibedakan antara perbedaan versi yang satu dengan versi lainnya.
  • Agar lebih menarik, karena setiap pengguna bisa mengupdate versi OS Android terbaru dengan icon makanan manis kesukaan mereka.


Versi Operating System Awal Hingga Operating System Android Terbaru

os android 1

Apabila ingin mengetahui, urutan versi-versi Android mulai dari yang pertama hingga yang paling baru. Maka, berikut adalah daftar lengkapnya :

Android 1.0 & 1.1: Astro (Alpha) & Bender (Beta)


Bagi para generasi milenial, pasti masih merasa asing dengan versi Android 1.0 Astro (Alpha) dan Android 1.1 Bender (Beta) ini. Pasalnya, memang kedua versi Android tersebut belum diresmikan ke public untuk kebutuhan komersil, karena kehadirannya hanya dijadikan sebagai pionir sebelum terciptanya versi Android nama makanan manis.

Android 1.5: Cupcake


Mulai dari versi Android 1.5 Cupcake, awal dimana OS Android menggunakan nama makanan manis. Yang mana, Android 1.5 Cupcake ini resmi dirilis pada tanggal 30 April 2009 dengan membawa berbagai fitur yang lebih canggih sebagai pengganti featured phone kala itu.

Android 1.6: Donut


Berikutnya, pada tanggal 15 September 2009, OS Android Donut versi 1.6 resmi dirilis. Pada awal perilisannya, sistem Android versi ini masih memiliki banyak bug, sehingga masih diperlukan banyak perbaikan yang dilakukan pada versi-versi OS Android selanjutnya.

Android 2.0 & 2.1: Éclair


Tak jauh berbeda dengan OS Android Donut versi 1.6, kehadiran Android 2.0 dan 2.1 Eclair juga masih difungsikan untuk menutupi bug yang masih ditemukan pada sistem operasi mobile ini. Walaupun demikian, sebagai operating system Android terbaru di kala itu, Android 2.0 & 2.1 Éclair telah dilengkapi dengan dukungan Bluetooth hingga fitur kamera.

Android 2.2: Froyo (Frozen Yoghurt)


Android 2.2 Frozen Yoghurt atau Android Froyo ini dirilis pertama kali pada tanggal 20 Mei 2010. Dalam versi ini, tampaknya Android sudah mulai dikenal dan mulai digunakan oleh berbagai brand smartphone. Namun di kala itu, popularitas OS Android masih kalah dengan OS Symbian.

Android 2.3: Gingerbread


Android versi 2.3 Gingerbread resmi diluncurkan pada tanggal Desember 2010 dengan mengusung berbagai peningkatan yang cukup signifikan. Peningkatan tersebut terlihat jelas dari tampilan user interface yang digunakannya.

Android 3.0 & 3.2: Honeycomb


Android 3.0 & 3.2 Honeycomb yang  dirilis pada tanggal 10 Mei 2011 ini, menggunakan ikon lebah. Yang mana, kehadirannya memang diperuntukkan dalam penggunaannya khusus, yakni untuk perangkat tablet.

Artikel Terkait  Cara Membuat Judul Blog Yang Bagus dan Mudah diingat

Android 4.0: Ice Cream Sandwich


Selanjutnya, telah dirilis versi Android 4.0 Ice Cream Sandwich  pada tanggal 19 Oktober 2011 lalu. Dengan membawa versi nama yang paling panjang, Android 4.0 Ice Cream Sandwich ini telah memberikan banyak pembaruan, seperti tampilan animasi yang semakin halus dan semakin mudah untuk dioperasikan.

Android 4.1 & 4.3: Jelly Bean


Peningkatan mulai terasa sejak kehadiran Android 4.1 & 4.3 Jelly Bean yang dirilis pada Juni 2012. Sebab, versi OS Android yang satu ini membawa sejumlah peningkatan yang signifikan, terutama pada sektor pengolahan grafis, seperti memberikan peningkatan fungsi pada user interface dan teknologi Vsync yang digunakannya.

Android 4.4: KitKat


OS Android versi ini menggunakan nama brand cemilan manis yang terkenal, yakni Android 4.4 KitKat. Versi OS ini pertama kali dirilis pada tanggal Oktober 2013. Kehadirannya menjadi favorit banyak orang, karena Android 4.4 KitKat dapat memberikan optimalisasi yang baik, termasuk pada perangkat smartphone yang memiliki kualitas spesifikasi cukup rendah saat itu.

Android 5.0 & 5.1: Lollipop


Mulai dari kehadiran Android 5.0 & 5.1 Lollipop yang diresmikan pada tanggal Juni 2014, Android dan Google mulai bekerja sama dalam memperbarui sistem operasi mereka dalam selang waktu setahun.

Bisa dikatakan bahwa Android 5.0 & 5.1 Lollipop ini sebagai pionir dari dibuatnya flagship dengan spesifikasi cukup mumpuni, karena saat itu versi Android mendukung arsitektur 64-bit yang sudah memungkinan penggunaan RAM diatas 3GB.

Android 6.0: Marshmallow


Android 6.0 Marshmallow dijadikan sebagai suksesor dari versi Android sebelumnya. Sistem dan mulai dirilis pada Oktober 2015 ini, secara jelas memberikan peningkatan dalam sistem keamanan dengan dihadirkannya fingerprint sensor.

Android 7.0 & 7.1: Nougat


Untuk saat ini, Android 7.0 dan 7.1 Nougat hanya digunakan oleh smartphone-smartphone keluaran terbaru saja. Android 7.0 & 7.1 Nougat dirilis pada tanggal Juni 2016 ini, mengalami perubahan dari segi tampilan interface dan dilengkapi dengan fitur split screen untuk membagi tampilan layar untuk dua aplikasi sekaligus

Android 8.0 & 8.1: Oreo


Saat ini Android 8.0 & 8.1 Oreo menjadi sistem operasi Android paling terbaru dan populer saat ini. Versi OS Android ini pun merupakan generasi kedua yang menggunakan brand makanan manis terkenal, setelah Android 4.4 KitKat. Versi Android 8.0 & 8.1 Oreo ini juga menawarkan pengalaman multitasking yang makin mumpuni dibanding versi sebelumnya dan dilengkapi pula dengan adanya Project Treble yang memungkinkan pengguna untuk mendapat pembaruan dengan lebih cepat.

Android 9.0: Pie


Berikutnya telah hadir Android 9.0 Pie yang secara resmi diperkenalkan pada Agustus 2018. Versi OS Android paling terbaru ini memberikan navigasi berupa gesture yang menggantikan tombol fisik Home, Back, dan Recent Apps. Selain itu, di dalamnya juga terdapat penambahan fitur yang lebih mumpuni dari versi OS Android sebelumnya.

Artikel Terkait  Apa Itu Cache Memory? Pengertian dan Fungsinya

Macam Macam Android Termasuk Operating System Android Terbaru

Jika dihitung kira-kira terdapat sekitar 14 macam versi OS Android, dari versi awal hingga yang paling terbaru. Mengingat bahwa Google dan Android akan melakukan upgrade versi Android setiap tahunnya, maka sebentar lagi akan segera dirilis OS Android paling terbaru yang akan hadir di tahun 2019 – 2020 ini.

Sedikit bocoran, bahwa pada tanggal 13 Maret 2019 lalu mulai diperkenalkan Android versi 10.0 Q Beta. Namun versi OS Android ini belum resmi dirilis, karena memang penggunanya masih terbatas, yakni pada perangkat HP tertentu Android saja.

Dari informasi yang berkaitan dengan operating system Android terbaru ini, telah menambah satu lagi pengetahuan Anda. Dan, ketika Anda memiliki smartphone Android keluaran terbaru, maka Anda bisa mengupdate versi Android dengan yang terbaru.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami