Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan website. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
Ingin Meningkatkan Kualitas Produk? Ketahui dulu Dimensi dan Indikatornya!
Kualitas produk adalah kondisi dimana suatu produk dapat baik barang maupun jasa dapat berfungsi seseuai dengan tingkat mutu yang diharapkan seperti ketepatan kemudahan dalam pengoperasian, reparasi, durabilitas, reliabilitas, guna memenuhi kepuasan kebutuhan konsumen maupun pelanggan.
23468
post-template-default,single,single-post,postid-23468,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
thumbnail-kualitas-kontrol

Ingin Meningkatkan Kualitas Produk? Ketahui dulu Dimensi dan Indikatornya!

Menjadi seorang pengusaha tentunya banyak yang harus dipertimbangkan selain pentingnya peranan modal usaha. Mulai dari menentukan apa jenis yang ingin Anda jual baik berupa barang ataupun jasa, kemudian memikirkan akan seperti apa skema produksi barang, pemasaran produk, pendistribusian dan juga beberapa faktor-faktor penting lainnya.

Diantara semua itu kualitas produk lah yang memegang peranan penting bagi kelangsungan hidup dari sebuah bisnis. Produk yang berkualitas akan memuaskan ekspektasi si pembeli serta menciptakan potensi akan adanya pembelian produk secara berulang.

Maka dari itu, kualitas produk adalah kunci dari kesuksesan serta keberlangsungan dari suatu perusahaan. Semua modal dan usaha yang telah dikeluarkan bisa jadi sia-sia jika tidak didukung oleh kualitas yang baik dari produk tersebut.

Menurut KBBI, kualitas produk adalah kumpulan fitur dan karakteristik suatu produk yang menentukan apakah produk itu telah memenuhi persyaratan. Kualitas tersebut mencerminkan tingkat baik atau buruknya suatu produk berdasarkan persyaratan-persyaratan yang sudah ditentukan sebelumnya serta dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.

Kualitas produk selalu terkait dengan kehandalan, penampilan, nilai estetika dan juga kemampuan produk dalam memberikan layanan. Menjaga serta meningkatkan kualitas produk tentunya akan membawa keuntungan bagi perusahaan Anda, seperti :

Meningkatkan Reputasi Perusahaan

 
Seperti yang sudah dijabarkan sebelumnya, memiliki kualitas barang yang baik akan membangun tingkat kepercayaan dari konsumen. Terpenuhinya kualitas-kualitas standar yang ditentukan oleh pemerintah lokal terhadap jenis produk yang Anda pasarkan, tentunya akan berdampak baik bagi perusahaan.

Selain bisa disebut sebagai perusahaan yang kredibel, Anda juga memiliki potensi untuk melakukan ekspansi pasar dengan memenuhi standar kualitas luar negeri. Jika perusahaan Anda berhasil masuk ke pasar luar negeri, tentu saja produk Anda akan semakin dikenal di dalam negeri dan juga di luar negeri.

Artikel Terkait  UKM Sukses | Sukseskan Bisnis Dengan Website UKM

Mengurangi Biaya Produksi

 
Terpenuhinya segala standar-standar wajib dari perusahaan dan juga pemerintah saat melakukan quality control, tentunya akan menghemat biaya produksi. Mengapa begitu? karena Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk menutupi produk yang cacat atau reject, semuanya sudah diproduksi dan memenuhi standarnya. Sehingga, produk siap untuk dijual dan menghasilkan profit. Menjaga kualitas produk juga berarti meningkatkan efisiensi operasional dengan tidak perlunya melakukan pekerjaan ulang terhadap barang reject.

Loyalitas Pelanggan

 
Mempunyai kualitas produk yang memenuhi ekspektasi konsumen terhadap keinginan dan kebutuhan mereka, tentunya akan menguntungkan bagi perusahaan.

Konsumen cenderung akan membeli barang yang mereka sudah tahu dan percaya kualitasnya dibandingkan mencoba produk-produk baru. Apalagi jika kualitasnya tersebut jauh dibandingkan kualitas produk Anda. Konsumen akan menjadi semakin loyal.

Adanya keloyalan ini juga bisa membuka jalan keuntungan lain bagi penjualan Anda. Kepuasan yang mereka rasakan terhadap produk Anda, terkadang secara tidak sadar akan mendorong mereka mempromosikan produk Anda terhadap orang-orang terdekatnya.

Kesempatan ini bisa juga disebut sebagai marketing organik alias pemasaran gratis yang dilakukan tanpa perlunya perusahaan mengeluarkan biaya tambahan.

Dari manfaat-manfaat tersebut, Anda bisa mengetahui betapa pentingnya peranan kualitas produk pada kelangsungan bisnis Anda. Kualitas produk dapat dijaga serta ditingkatkan lagi, jika Anda memahami apa saja indikator kualitas produk tersebut.

Menurut beberapa ahli, ada beberapa indikator yang diperhatikan untuk menilai kualitas dari sebuah produk. Ada yang memiliki 6,7 bahkan 10 indikator sebagai acuan. Baik untuk produk yang bersifat tangible (mempunyai wujud nyata, bisa disentuh) maupun intangible (tidak berwujud, seperti layanan dan jasa). Indikator merupakan sesuatu yang bisa menjadi petunjuk atau pedoman dalam melakukan sesuatu. Berikut ini merupakan indikator-indikator dari kualitas produk :

Artikel Terkait  Firebase Adalah? Memahami Penggunaan Firebase dalam Pengembangan Aplikasi

1. Bentuk (Form)

 
Bentuk dari sebuah produk yang dapat berupa ukuran, struktur fisik maupun bentuk dari produk tersebut.

2. Fitur (Feature)

 

kualitas-kontrol-1

Merupakan fitur atau karakteristik khusus yang melengkapi fungsi dasar dari produk tersebut. Misalkan saja untuk sebuah headphone, selain bisa mendengarkan musik secara wireless, headphone ini juga dilengkapi dengan fitur noise cancelling yang meredam suara kebisingan di sekitar.

Fitur ini mendukung fungsi utama headphone yaitu untuk mendengarkan musik yang dilengkapi dengan fitur mengurangi kebisingan di sekitar, sehingga Anda akan tetap fokus dengan musik yang Anda dengarkan.

3.Penyesuaian (Customization)

 
Pemasar dapat membuat sedikit perbedaan produk antara satu dengan yang lain sesuai dengan keinginan perorangan. Hal ini tentunya akan memberikan nilai tambah untuk produk Anda terhadap konsumen karena mempengaruhi emosional seseorang. Membuat sedikit customization pada produk dapat memberikan kesan spesial antara konsumen satu dengan yang lainnya.

4.Kualitas Kinerja (Performance Quality)

 
Merupakan kualitas yang diukur saat produk beroperasi atau melakukan fungsinya.

5. Kualitas Kesesuaian (Conformance Quality)

 

kualitas-kontrol-2

Semua unit produk diproduksi secara identik dan memenuhi detail-detail yang telah ditetapkan sebelumnya.

6. Ketahanan (Durability)

 
Ukuran harapan dari umur sebuah produk bisa beroperasi dengan baik. Baik dalam kondisi biasa ataupun dalam tekanan. Semakin bagus daya tahan maka akan meningkatkan nilai jual produk.

7. Kehandalan (Reliability)

 
Ukuran kemungkinan sebuah produk tidak akan mengalami malfungsi (kegagalan fungsi) maupun disfungsi (tidak berfungsi semestinya) dalam periode waktu tertentu.

8. Kemudahan Perbaikan (Repairability)

 
Kemudahan untuk melakukan perbaikan produk jika terjadi masalah pada fungsinya. Jika produknya bagus namun hanya bisa sekali pakai karena jika diperbaiki hasilnya tidak bisa sama seperti semula, pastinya akan menurunkan tingkat kualitas sebuah produk.

9. Gaya (Style)

 
Mewakili rasa dan penampilan produk kepada konsumen.

10. Desain (Design)

 
Fitur atau karakteristik yang mempengaruhi tampilan serta fungsi dari sebuah produk berdasarkan dari kebutuhan konsumen

Pada beberapa perusahaan, indikator-indikator ini ada yang digabungkan menjadi beberapa garis besar sebagai acuan kualitas, seperti performance, feature, reliability dan durability.

Jika membahas mengenai kualitas produk, selain ada indikator ada juga yang disebut dengan dimensi. Sebuah kualitas dapat diukur melalui dimensinya, bagian-bagiannya hampir serupa dengan indikator-indikator untuk kualitas produk.

Artikel Terkait  MySQL Adalah ? | Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya

1. Performance

 
Terkait dengan kinerja dari sebuah produk dan aspek fungsional yang bisa dipertimbangkan konsumen sebelum memutuskan untuk membeli sebuah produk.

2. Feature

 
Fitur merupakan suatu pelengkap atau bisa disebut sebagai tambahan bagi fungsi dasar utama sebuah produk.

3. Reliability

 
Terkait dengan kemampuan sebuah produk untuk menjalankan fungsinya dengan baik tiap kali produk tersebut digunakan oleh konsumen.

4. Conformance

 
Terkait dengan kesesuaian produk terhadap spesifikasi yang telah ditetapkan sebelumnya.

5.Durability

 
Berkaitan dengan ketahanan atau umur ekonomis yang dimiliki oleh suatu produk.

6. Serviceability

 
Kemudahan dalam memberikan dan mendapatkan pelayanan perbaikan jika terjadi kerusakan pada produk.

7. Aesthetic

 
Terkait dengan tampilan, bunyi, bau ataupun rasa dari suatu produk yang terkait dengan nilai-nilai estetika.

8. Perceived Quality

 
Merupakan kesan dari kualitas yang dirasakan konsumen saat menggunakan produk Anda. Bisa disebut juga sebagai hasil dari pemakaian.

Setelah mengetahui apa saja indikator-indikator serta dimensi-dimensi dari sebuah kualitas produk, Anda bisa memberi perhatian lebih pada bagian-bagian ini. Untuk dapat menjaga serta menghasilkan kualitas yang sesuai dengan standar perusahaan Anda. Dalam rangka merepresentasikan kualitas perusahaan Anda kepada masyarakat.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Tags: