Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan website. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
8 Algoritma Google Terbaru dan Terupdate 2020
Berikut ini beberapa daftar algoritma google terbaru dan terupdate di tahun 2020. Google selalu merilis pembaruan algoritma terbaru, Anda jangan sampai ketinggalan update informasi.
22592
post-template-default,single,single-post,postid-22592,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
algoritma google

8 Algoritma Google Terbaru dan Terupdate 2020

Setiap tahun, Google selalu memperbarui ribuan perubahan pada algoritmanya. Menurut webmaster dari Google yang bernama John Mueller dan Gary Illyes; diperkirakan dalam setahun itu, Google bisa melakukan update hampir setiap hari. Berarti dalam seharinya itu, Google bisa melakukan rata-rata 3 kali mengupdate algoritmanya. Namun, seringkali update algoritma utama yang dirilis Google secara harian tersebut kurang begitu diperhatikan oleh para blogger, praktisi bisnis online, dan webmaster. Mungkin, dianggap update harian algoritma utama Google itu, masih dalam skala yang kecil dan belum memiliki dampak yang begitu besar terhadap website mereka dalam SERPs (halaman hasil pencarian).

Sementara, berbeda dengan pembaruan algoritma utama Google yang hanya melakukan beberapa kali update dalam waktu satu tahun (mungkin, melakukan update hanya satu tahun sekali), selalu mendapatkan perhatian yang serius dari para webmaster. Update ini cukup membuat jantung para webmaster berdegup kencang. Karena, update utama Google bisa memberikan dampak yang besar pada eksistensi website mereka di halaman hasil pencarian Google.

Update algoritma utama Google adalah update algoritma dalam skala besar yang bisa memberikan efek yang sangat signifikan pada fluktuasi rangking website di hasil pencarian. Jika, rangking atau traffic website anda, tiba-tiba mengalami kenaikan atau anjlok secara drastis. Hal itu mungkin, adanya efek dari pembaruan Algoritma utama Google. Maka dari itu, para blogger dan webmaster banyak yang mencari taktik yang terbaik dan strategi yang tepat untuk menghadapi atau mungkin mengakali setiap update algoritma utama Google terbaru.

Google selalu merilis pembaruan algoritma utama di setiap awal tahun. Yuk, kita intip bersama. Seperti apa algoritma Google terbaru dan terupdate di 2020? Bagaimana cara yang terbaik untuk menghadapi update algoritma utama Google itu?

Pada awal tahun 2020, tepatnya pada tanggal 13 Januari 2020, Google secara resmi telah merilis update algoritma utama dalam skala yang luas. Pengumuman pelirisannya itu dilakukan melalui akun twitter Google.

Kutipan tweets akun twitter Google searchLiaison di atas itu, terjemahannya seperti berikut ini:

Kemudian hari ini, kita akan mengupdate algoritma Inti dalam skala yang luas, seperti yang pernah kita lakukan beberapa kali setiap tahun. Update ini disebut update inti Januari 2020. Panduan kami tentang update itu seperti yang telah kita pernah bahas sebelumnya. Silahkan perhatikan posting blog ini untuk lebih jelasnya lagi:

Update algoritma utama Google kali ini, bisa memberikan dampak secara luas terhadap posisi rangking semua website di hasil pencarian (SERPs) di seluruh dunia (world wide), termasuk ranking website dengan bahasa Indonesia.

Selain membuat para webmaster menjadi ketar-ketir dengan update algoritma utamanya. Tetapi, Google juga memberikan panduan atau cara kepada webmaster dan pemilik website untuk menyesuaikan update algoritma utama ini.

Panduan yang diberikan Google untuk update algoritma ini, cukup singkat, tidak rumit, dan mudah dipahami. Panduannya tidak membahas hal-hal teknis yang membingungkan.

Oke, pembahasan utama pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang algoritma utama terbaru dari Google. Selain itu, kami juga akan membahas algoritma utama pendahulunya seperti (Panda, Penguin, Pigeon, Hummingbird, dan RankBrain).

Berikut ini adalah beberapa daftar algoritma utama Google yang terbaru dan terupdate pada tahun 2020.

Artikel Terkait  Promo Domain Murah 2020 di Indonesia

Algoritma Utama Google Terbaru

 

alpro-google-baru 

BERT

 
BERT adalah akronim dari Bidirectional Encoder Representations from Transformers. Google Bert juga merupakan algoritma terbaru Google, termasuk jenis algoritma utama. Bert dapat memahami konteks kalimat tidak sebagian-bagian, atau tidak kata per kata. BERT dapat memahami rangkaian kata dalam sebuah kalimat. Kemudian, BERT dapat mengerti arti kata yang sebenarnya dari permintaan si pencari. Dengan demikian, BERT bisa membantu Google dalam menyajikan hasil/data yang diminta secara relevan kepada penggunanya di hasil pencarian.

BERT merupakan teknologi yang memiliki kecerdasan buatan hasil dari inovasi Google. BERT pertama kali diluncurkan di Amerika Seritkat, dengan fungsi utamanya, yaitu untuk memahami konten website yang menggunakan bahasa Inggris. Namun, seiring waktu berjalan BERT mulai bisa mengembangkan pencarian website dengan bahasa lain.

BERT ini diirilis untuk memahami bahasa alami (NLP) si pencari informasi dengan cara yang sangat relevan dan akurat.

EAT

 
EAT adalah salah satu algoritma utama Google terbaru. EAT merupakan kepanjangannya dari Expertise, Authoritatives, Trustworthiness. Penjelasan mengenai update algoritma ini bisa tercermin dari kepanjangan katanya itu.

Expertise

 
Algoritma Google ini menilai konten sebuah website berdasarkan keahlian penulis. Apakah penulis konten itu seorang yang sudah expert pada bidangnya. Misalnya, konten tentang kesehatan. Idealnya ditulis oleh seorang yang sudah ahli di bidang kesehatan.

Authoritatives

 
Selain itu, update algoritma ini juga ingin melakukan verifikasi mengenai informasi pemilik website. Sehingga, disarankan agar setiap pemilik website untuk membuat halaman “About Us” di dalam website-nya.

Trustworthiness

 
Umur website yang terdaftar juga bisa mempengaruhi terhadap kredibilitas website. Biasanya, website yang sudah berumur lebih dari 3 tahun, lebih dapat dipercaya oleh Google dan pengunjung website. Selain itu, kualifikasi website yang bisa dipercaya adalah website yang dilengkapi dengan tanda secure di URL website-nya atau HTTPS. Jadi, untuk memenuhi persyaratan dari update algoritma Google ini anda harus segera membuat website anda memiliki certificate SSL. Hal itu agar website anda dapat dinilai aman, dipercaya, dan pantas untuk dikunjungi.

YMYL

 
YMYL merupakan singkatan dari Your Money Your Life. Update algoritma ini untuk memeriksa konten website yang membahas tentang keuangan, kesehatan, investasi bisnis, atau asuransi. Berikut ini adalah standar-standar yang harus dipenuhi agar website anda bisa lolos update algoritma YMYL ini:

  1. Membuat website yang serius, dengan memaparkan informasi atau data secara jelas dan detail agar bisa dipercaya serta website bisa lolos dari verifikasi dan mendapatkan rangking tertinggi di halaman pencarian Google.
  2. Website harus secara jelas mencantumkan nama penulis atau kontributor kontennya.
  3. Konten artikel yang dibuat harus karya tulis asli, autentik, bukan konten duplikasi atau asal copy dari artikel lain. Karena, website seperti ini menyangkut kehidupan dan keuangan orang banyak (publik).

 

Algoritma Utama Google Terupdate

 

alpro google update 

Tahun 2020, algoritma utama Google tetap melakukan update secara rutin untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam pencarian. Update algoritma utama tahun ini, pastinya memberikan efek yang lebih besar daripada tahun-tahun yang sebelumnya.

Berikut ini adalah ulasan daftar algoritma utama Google terupdate yang masih memiliki dampak yang berarti di hasil pencarian.

Mungkin, anda sudah tidak asing lagi dengan algoritma-algoritma utama pendahulu seperti Panda, Penguin, Pigeon, Hummingbird, dan lain-lain. Tetapi, kami akan tetap akan memberikan review tentang algoritma-algoritma utama pendahulu Google tersebut. Silahkan, anda simak informasinya berikut ini.

Panda

 
Google Panda, dirilis pada 23 Februari 2011. Fokus utama dari algoritma Google Panda adalah substansi dari konten.

Google Panda dirilis untuk menghilangkan website yang memiliki konten yang berkualitas buruk dan tidak relevan. Tetapi, rangkingnya berada di posisi atas atau berada di halaman pertama hasil pencarian.

Google Panda lebih menyukai dan menghargai website dengan konten yang unik dan menarik. Bukan konten website hasil duplikasi atau plagiat.

Jika, ada konten sebuah website yang serupa atau sama persis. Maka, website tersebut rentan terkena panda dan penalti. Penalti dari Google Panda dapat menghilangkan website anda dari SEO.

Artikel Terkait  Jasa Pembuatan Website Affiliasi Murah Dengan CMS Wordpress

Cara Menghadapi Pembaruan Algoritma dari Google Panda

 

  • Membuat konten yang berkualitas tinggi.
  • Hapus iklan yang berlebihan yang tidak bermanfaat dan iklan yang tidak relevan dengan website anda.
  • Optimalkan halaman yang memiliki konten yang berkualitas jelek atau out of date.

 

Penguin

 
Sama seperti Google Panda, Google Penguin adalah salah satu algoritma utama Google.

Google Penguin mulai dirilis pada 24 April 2012. Terakhir diupdate pada 23 September 2016.

Google Penguin ini merupakan sebuah nama atau kode update algoritma Google yang fokus utamanya, yaitu:

  1. Membersihkan back link website yang tidak relevan, tidak wajar, dan bersifat spam.
  2. Penempatan key words yang tidak tepat, yang ditulis secara berulang-ulang dengan jumlah yang banyak di dalam website (keyword stuffing).
  3. Penggunaan link/anchor text yang terlalu berlebihan.

Tujuan dibuatnya Google Penguin adalah untuk menghilangkan website-website yang berada di halaman pertama dan peringkat teratas pada hasil pencarian Google, tetapi memiliki link yang buruk, manipulatif atau mengelabui.

Google adalah filter untuk seluruh jenis website. Jika, website anda terkena atau tertangkap oleh update Google Penguin, resikonya pun cukup berat. Peringkat website anda akan melorot sangat drastis. Kemudian, untuk melakukan pembaruannya, anda juga harus menunggu proses update berikutnya yang sangat lama, bisa berbulan-bulan, atau mungkin menunggu hingga satu tahun ke depan. Karena, Google Penguin ini melakukan update secara berkala.

Untuk menghindari penalti dari update Google Penguin ini:

  • Anda harus menghindari key word stuffing.
  • Pantau link atau tautan secara rutin dan hapus link yang buruk.
  • Jangan membeli link yang berbayar.
  • Hindari penggunaan optimasi link yang berlebihan.

 

Pigeon

 
Google Pigeon (Merpati) adalah nama kode update algoritma lokal Google. Update ini dirilis pada 24 Juli 2014.

Google Pigeon dirilis untuk menyediakan hasil pencarian lokal yang lebih relevan dan akurat. Selain itu, untuk menyeleksi konten-konten lokal supaya menjadi konten-konten lokal yang berkualitas yang akan ditampilkan di halaman hasil pencarian Google berdasarkan lokasi si penelusur berada.

Misalnya, anda sedang berada di Bandung. Kemudian, anda searching di Google, dengan key word “kuliner maknyus”. Maka, Google Pigeon akan menampilkan beberapa website lokal yang membahas tentang sentra kuliner yang ada di Bandung.

Hasil pencarian anda, dengan hasil pencarian teman anda bisa jauh berbeda. Walaupun, key word yang dimasukkan di mesin pencariannya sama. Hasil pencarian yang ditampilkan tergantung pada lokasi dimana anda sedang berada. Jadi, anda jangan kaget. Hal ini karena kecanggihan si Pigeon tersebut.

Sementara itu, dampak dari update algoritma ini akan mempengaruhi rangking website lokal di dalam hasil pencarian. Bukan hanya mempengaruhi rangking website di hasil pencarian biasa, update algoritma Google Pigeon juga dapat memberikan efek pada rangking website di hasil pencarian yang akan ditampilkan pada Google Maps.

Manfaat Google Pigeon dan Cara Menghindari Banned-nya

 

  • Membuat konten/artikel website tradisional yang dilengkapi dengan foto-foto dan video yang terkait dengan bisnis lokal yang ada di lingkungan sekitar atau wilayah dimana anda berada.
  • Berikan atau tunjukkan lokasi yang detail, akurat, dan relevan.
  • Jangan menduplikasi konten dari website lain yang sudah ada.
  • Berikan ulasan yang informatif, bermanfaat, unik, menarik, dan enak dibaca.

 

Hummingbird

 
Google Hummingbird (Burung Kolibri) adalah salah satu nama algoritma utama pencarian Google. Algoritma ini dirilis pada 26 September 2013.

Tidak seperti Google Panda atau Penguin yang awalnya dirilis hanya untuk add-on algoritma Google yang sudah ada, Google Hummingbird bisa dikatakan sebagai perombakan yang sempurna dari algoritma utama. Tetapi, perombakan itu tidak secara keseluruhan. Karena, banyak komponen lama dari algoritma utama yang sebagian masih tetap dipakai.

Hummingbird dirilis untuk lebih memahami tentang maksud permintaan pencarian dan supaya memberikan hasil pencarian yang lebih relevan dengan permintaan atau maksud dari si pencari.

Hasil pencarian yang bisa ditampilkan bukan hanya dari penafsiran key word, tetapi Hummingbird sudah dapat menafsirkan permintaan dalam bentuk frasa utuh, seluruh arti kalimat dan pertanyaan bisa secara cepat ditafsirkan. Tidak hanya berdasarkan satu kata atau per kata tertentu saja.

Google telah merilis beberapa kali pembaruan dari Hummingbird, tetapi tidak diketahui secara pastinya. Karena, Google melakukan pembaruan ini dengan sangat cepat dan tidak ada yang menyadari perubahannya itu.

Bagaimana Cara Menghadapi Update Google Hummingbird?

  • Fokus pada long-tail key words. Maksudnya, buat konten website dengan key words yang panjang bukan key words kata per kata. Tetapi, key words dalam bentuk frasa yang komprehensif dan fokus pada konsep.
  • Buat konten yang bisa menjawab pertanyaan paling umum dari audiens Anda.
  • Buat website yang responsif dan interaktif.
  • Fokus membangun reputasi online Anda.
  • Buat konten website yang lengkap, unik, berkualitas, relevan, dan menarik. Misalnya: saat pencari website mencari informasi tentang cara membuat Rendang ala RM Padang. Konten website yang anda buat tentang cara membuat rendang harus memberikan informasi yang benar, jelas, dan lengkap. Jadi, ibarat si pencari informasi sedang mencari informasi atau bertanya secara langsung kepada seorang juru masak-nya dari RM Padang. Lebih baik lagi, jika penulis konten website itu memang seorang Juru Masak dari RM Padang. Jadi, konten website anda bisa atau pantas dipercaya.

 

Rank Brain

 
RankBrain adalah bagian dari algoritma Google Hummingbird. Rank Brain dirilis pada 26 Oktober 2015.

Sistem Kerja Rank Brain :

 
RankBrain menggunakan pembelajaran mesin untuk menentukan hasil pencarian yang paling tepat atau relevan untuk ditampilkan sesuai dengan permintaan si pencari di mesin pencarian. Rank Brain ini membantu Google untuk memahami keinginan pengunjung website. Hal ini karena, RankBrain yang dilengkapi pembelajaran mesin yang menggunakan bahasa query yang dapat menginterpretasi permintaan informasi dari pencari berdasarkan faktor lokasi dan personalnya.

Cara Menyesuaikan Website dengan Standar RankBrain dan Cara Menghindari Penaltinya

 

  • Buat konten website yang informatif, berkualitas, dan menarik.
  • Buat konten/artikel website yang banyak. Setiap artikel lebih dari 1.000 kata.
  • Buat key word yang menengah dan panjang. Dalam bentuk frasa atau konsep.
  • Artikel atau konten website yang dimuat harus ditulis oleh penulis yang sudah berpengalaman.
  • Lengkapi website dengan bio data pemilik, alamat website, dan link Google Maps.

 

Artikel Terkait  Arti Hosting | Apa yang Dimaksud Hosting?

Kesimpulan

 
Google selalu merilis pembaruan algoritma terbaru setiap hari atau setiap tahunnya secara rutin. Tujuannya agar anda dapat menyesuaikan website anda dengan algoritma Google yang sedang update saat ini. Selain itu, agar website anda bisa lebih qualified. Maksudnya, website anda bisa menawarkan informasi yang relevan, akurat, dan bermanfaat bagi pengunjung website.

Jika, website anda bisa menyediakan konten yang lebih baik dan bermanfaat dari waktu ke waktu. Maka, website anda dengan sendirinya akan mendapatkan rangking yang lebih tinggi di halaman pertama pencarian Google.

Demikianlah pembahasan artikel kali ini, jangan sampai anda ketinggalan update informasi algoritma Google terbaru anda di tahun 2020 ini.

Semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat.

Tags: