Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan website. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
Cara Bikin Barcode Produk Dengan Barcode Generator
Bagaimana cara bikin barcode? Saat ini sudah ada layanan barcode generator yang dapat Anda gunakan untuk membuat barcode dengan mudah.
20940
post-template-default,single,single-post,postid-20940,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive

Cara Bikin Barcode Produk Dengan Barcode Generator

Dalam proses penjualan, penggunaan barcode memungkinkan Anda untuk mengecek harga atau data suatu produk dengan lebih cepat dan lebih akurat daripada mengetik kode item secara manual. Jika produk Anda sudah memiliki barcode, maka yang Anda butuhkan hanyalah pemindai kode batang dan beberapa perangkat lunak.

Jika barcode hanya untuk penggunaan bisnis Anda sendiri, cukup mudah untuk mencetaknya sendiri. Barcode hanyalah cara khusus untuk menulis huruf dan angka sehingga pemindai dapat membacanya. Anda dapat membuat kode huruf/angka Anda sendiri (mis. ABC1234) untuk masing-masing produk Anda.

Pengetahuan Cara Bikin Barcode Memiliki Manfaat


barcode-generator

Pada zaman sekarang ini, pengetahuan cara bikin barcode dapat bermanfaat. Membarcode produk dan inventaris bisa menjadi kebutuhan saat ini, terutama untuk industri besar. Ada sejumlah manfaat yang datang dengan membarcode produk dan inventaris Anda, yaitu sebagai berikut.

Artikel Terkait  Cara membuat artikel yang menarik untuk blog (dijamin menarik)!

Mengurangi Risiko Kesalahan


Mengetik serangkaian huruf dan angka secara manual ke komputer membuat bisnis Anda rentan terhadap ketidakakuratan. Setiap kali Anda perlu menelepon pelanggan, melacak paket, atau mencatat inventaris, Anda berisiko menekan tombol yang salah pada keyboard. Dengan entri data manual, rata-rata orang membuat 1 kesalahan setiap 300 karakter. Bandingkan dengan tingkat akurasi pemindai barcode, 1 kesalahan setiap 36 triliun karakter. Apakah bisnis Anda mampu mengambil risiko itu?

Penghematan Waktu


Entri data adalah proses yang lambat. Pikirkan waktu yang dibutuhkan otak Anda untuk melakukan sesuatu versus kecepatan komputer Anda. Dengan menghemat waktu maka waktu dapat dimanfaatkan dengan lebih baik.

Biaya Operasional yang Lebih Rendah


Popularitas barcode umumnya menurunkan biaya peralatan yang dibutuhkan. Dengan demikian, biaya dimuka satu kali menjadi lebih murah daripada membayar staf untuk melakukan tugas yang sama minggu demi minggu.

Artikel Terkait  Java Script Adalah? Pahami artinya sebelum mulai mempelajarinya

Kemudahan Memperbarui Harga


Memperbarui harga produk bisa menjadi proses yang memakan waktu dan tenaga jika item Anda memiliki label harga yang melekat padanya. Sebagai gantinya, tampilkan harga di rak produk atau sebagai tanda dan gunakan barcode pada produk yang sebenarnya. Metode ini membutuhkan lebih sedikit kerja ketika harga berubah.

Pengetahuan Tentang Cara Bikin Barcode dan Kebutuhan Akan Barcode Bisa Menjadi Pertimbangan


Sebelum Anda memutuskan memakai barcode untuk produk-produk Anda, pengetahuan tentang proses cara bikin barcode merupakan hal penting. Dengan memahaminya, Anda sepenuhnya bisa memutuskan untuk memakainya atau tidak. Barcode sepenuhnya opsional kecuali Anda menjual di pasar ritel. Bagi mereka yang menjual di website mereka sendiri atau ke pengecer kecil, Anda dapat mempertimbangkan menerapkan sistem barcode jika.

  • Anda menjalankan bisnis berbasis produk
  • Anda mengelola banyak inventaris
  • Anda membutuhkan penghitungan inventaris yang lebih akurat
  • Anda memiliki beberapa lokasi ritel atau penyimpanan
  • Anda perlu melacak bagian yang bergerak
  • Anda bekerja dengan vendor lain
  • Anda ingin mempersiapkan pertumbuhan
  • Anda bukan satu-satunya karyawan
  • Anda ingin mempercepat waktu checkout pelanggan
  • Anda ingin tampil lebih profesional
Artikel Terkait  SEO Teknis adalah? Panduan Utama untuk Anda Memulai

Cara Bikin Barcode dalam Tiga Langkah


barcode-generator-1

Bagaimana cara bikin barcode? Saat ini sudah ada layanan barcode generator yang dapat Anda gunakan untuk membuat barcode dengan mudah. Dalam bisnis, label barcode dapat membantu Anda melacak stok dan mengakses data produk utama dengan mudah.

Mempelajari cara membuat barcode akan membantu Anda melihat detail produk, stok yang ada, harga, dan bahkan menyelesaikan penjualan dengan pemindaian barcode tunggal. Cara membuat barcode produk bukanlah hal yang sangat sulit. Anda dapat membuat dan mencetak barcode dengan harga terjangkau menggunakan generator barcode ataupun sistem point-of-sale (POS).

Langkah Awal Cara Bikin Barcode Adalah Membuat Kode Produk Anda


Untuk membuat barcode, sebaiknya Anda memiliki kode produk unik yang mengidentifikasi dan melacak produk Anda. Sebagian besar bisnis menggunakan nomor Kode Produk Universal (UPC) atau nomor unit penyimpanan (SKU) untuk melacak item inventaris dan, pada gilirannya, membuat barcode untuk label barcode mereka.

Artikel Terkait  Jasa Coding Untuk Pembuatan Website Berkualitas

Nomor Kode Batang UPC


Label barcode UPC adalah apa yang mungkin Anda temukan pada sebagian besar produk. Untuk mendapatkan UPC, pabrikan mendaftar dengan Global Standard 1 (GS1) untuk menerima kode unik 8 hingga 12 digit yang mengidentifikasi dan melacak produk mereka di seluruh dunia.

Jika Anda membuat produk sendiri atau menjual produk label pribadi di bawah merek Anda sendiri, Anda harus mempertimbangkan mendaftar dengan GS1 dan mendapatkan UPC. UPC tidak diwajibkan oleh hukum, Anda tentu dapat membuat dan menjual produk tanpa mereka, tetapi ada banyak manfaat menggunakan UPC, termasuk:

  • Membantu melindungi merek bisnis Anda dari pencurian merek dan pemalsuan produk
  • Memungkinkan Anda untuk menjual di Amazon karena diperlukan UPC yang valid untuk barang yang dijual di Amazon
  • Memudahkan pembeli untuk mengakses informasi tentang produk Anda secara online, seperti jenis produk, batasan, atau alergen potensial, dalam hal barang makanan
  • Dapat digunakan dalam sistem POS ritel seperti Lightspeed untuk melacak inventaris dan mempercepat checkout
Artikel Terkait  Mengapa Framework Adalah Bahasa Pemrograman Baru?

Nomor SKU Internal


Anda juga dapat membuat barcode untuk setiap produk Anda berdasarkan pelacakan inventaris internal atau sistem penomoran yang Anda siapkan. Ini disebut nomor SKU internal khusus. SKU sering digunakan oleh pengecer dan penjual e-commerce yang menyimpan barang dari banyak pemasok dan ingin melacak produk di bawah sistem penomoran konvensional.

Menyiapkan nomor SKU khusus Anda sendiri menawarkan banyak keuntungan daripada mencoba melacak produk hanya menggunakan UPC pabrikan. Nomor SKU memungkinkan pengecer untuk membuat sistem pelabelan mereka sendiri yang masuk akal bagi mereka untuk mengelola inventaris, memantau penjualan berdasarkan departemen, dan mencari produk dengan cepat.

Setelah Anda mengatur kode produk unik, langkah Anda selanjutnya adalah memasukkan kode ke dalam sistem yang menerjemahkannya menjadi barcode yang dapat Anda gunakan untuk mencetak label.

Artikel Terkait  Jasa Pembuatan Website Berita Murah dengan Fitur Lengkap

Langkah Kedua Cara Bikin Barcode bisa dengan Menggunakan Website Barcode Generator untuk Setiap Kode Produk


Beberapa website menerjemahkan kode produk yang Anda masukkan ke berbagai gambar barcode. Label Online bahkan melakukannya secara gratis. Cukup pilih jenis barcode, ukuran, dan masukkan data kode. Melalui gambar di bawah ini, Anda dapat menyimpulkan jika cara menggunakan barcode generator itu mudah.

Seperti yang Anda lihat di atas, Anda dapat memilih dari beberapa format barcode. Perhatikan bahwa variasi barcode ini umumnya bekerja di semua perangkat, inventaris, dan sistem POS selama Anda memilih jenis barcode yang sama dalam pemindai dan pengaturan sistem Anda. Website pembuat kode batang gratis adalah cara mudah untuk membuat gambar kode batang, tetapi Anda masih harus membuatnya dicetak ke label.

Label Online dan situs serupa menjual lembaran atau gulungan label barcode yang Anda buat di situs mereka, tetapi harganya pasti mahal. Namun, jika Anda hanya perlu beberapa label barcode dan tidak ingin menghabiskan uang, Anda dapat menggunakan opsi ini.

Pertama, gunakan Label Online atau situs serupa untuk membuat barcode Anda seperti yang kami lakukan di atas. Dari sana, Anda dapat mengunduh kode batang sebagai gambar .jpg dan cukup memasukkannya ke Microsoft Word, Google Documents, atau program pembuatan dokumen lainnya. Kemudian, cetak kode Anda ke lembar label inkjet atau laser.

Artikel Terkait  Cara Bikin Blog Pribadi - Panduan Lengkap Membuat Blog

Langkah Alternatif Cara Bikin Barcode bisa dengan Menggunakan Aplikasi Barcode Generator untuk Setiap Kode Produk


Selain melalui website, Anda pun dapat membuat barcode melaui aplikasi android. Apabila tidak ingin ribet, Anda juga dapat memakai aplikasi untuk membuat barcode yang dapat didownload dari Android. Nama salah satu aplikasi untuk membuat barcode tersebut, yaitu Barcode Generator. Di dalam aplikasi ini, ada 11 jenis kode barcode yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Mulai QR Code hingga barcode yang biasanya ada di kemasan produk. Barcode Generator memperoleh review yang cukup baik dari para pemakainya.

Langkah Terakhir Cara Bikin Barcode Adalah dengan Mencetak Label Barcode Anda


Anda dapat menggunakan printer inkjet atau laser desktop standar untuk membuat label barcode pada lembar label atau menggunakan printer thermal yang mencetak label barcode ke gulungan label. Ada sejumlah pandangan tentang jenis printer ini untuk mencetak label barcode, di antaranya sebagai berikut.

Artikel Terkait  Cara Mengelola Website Yang Baik Tapi Tidak Membosankan

Gunakan Printer Laser & Inkjet dengan Lembar Label


Printer Epson Expression ET-2650 Color Inkjet dapat mencetak label barcode yang tajam dan merupakan printer supertank yang menggunakan isi ulang tinta massal, bukan kartrid mahal.

Apa pun preferensi Anda, baik printer inkjet dan laser dapat mencetak berbagai macam label barcode dalam berbagai ukuran, seperti label tempat penyimpanan barcode yang dibuat menggunakan label printer Avery. Dengan menggunakannya, Anda dapat mencetak label barcode dengan ukuran dan jumlah tepat yang Anda butuhkan.

Gunakan Thermal Label Printers


Printer label termal tidak mahal dan bernilai baik jika Anda harus sering mencetak label barcode atau volume. Printer label termal dapat mencetak label termal murah dalam jumlah besar. Keuntungan lain dari printer termal adalah mereka tidak menggunakan tinta atau toner. Dengan cara ini, Anda tidak akan pernah dapat mencetak label karena printer kehabisan tinta.

Dymo dan Zebra adalah nama teratas dalam printer label barcode termal. Zebra, khususnya, menawarkan berbagai printer label berkapasitas tinggi, termasuk printer yang menggabungkan teknologi label pintar identifikasi frekuensi radio (RFID) untuk pelacakan inventaris nirkabel dan pencegahan pencurian.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Tags: