Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan website. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
Landing Page Adalah? Apa Bedanya dengan Website?
Website dirancang untuk mempresentasikan bisnis agar memudahkan seseorang untuk mengakses atau mencari informasi bisnis yang banyak traffic. sedangkan Landing Page didesain khusus dengan minset marketingdengan tujuan lebih spesifik. Lalu bagimana cara membuat Landing Page yang benar? Berikut kami sajikan!
22755
post-template-default,single,single-post,postid-22755,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
landing-page

Landing Page Adalah? Apa Bedanya dengan Website?

Dewasa ini, bisnis-bisnis mulai dari bisnis skala kecil hingga bisnis skala besar telah memanfaatkan website sebagai salah satu titik kontak mereka dengan pelanggan dan juga calon pelanggan mereka. Dengan banyaknya jumlah website yang ada, pemilik usaha (atau dalam hal ini pemilik website) perlu melakukan beberapa usaha untuk menarik perhatian pengguna. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menarik atau mengkonversi pengguna website hingga melakukan tindakan-tindakan yang diinginkan oleh pemilik website (pembelian, pendaftaran, berlangganan ,dll) adalah dengan membuat kampanye khusus dan meluncurkan landing page.

Artikel Terkait  Virtual Private Server Adalah? memahami tentang VPS

Apa Itu Landing Page?

 

definisi-landing-page 

Bagi Anda yang belum mengetahui apa itu landing page. Landing page adalah halaman pertama yang Anda kunjungi setelah mengklik sebuah tautan dalam email, Facebook, Instagram, Google Ads atau halaman lain pada website. Landing page dapat berupa halaman tertentu dari website Anda, sebuah postingan blog, halaman produk dll. Tidak seperti halaman website lainnya yang mengundang pengunjung website website untuk menjelajahi tiap-tiap halaman yang ada, landing page dibuat dengan satu tujuan fokus.

Elemen yang Harus Diketahui untuk Mengidentifikasi Landing Page

 

Konten Pertama yang Dilihat oleh User

 
Dikarenakan konten pertama yang dilihat oleh user merupakan  hal terpenting dari sebuah landing page Anda tentunya ingin membuat konten pertama semenarik mungkin, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatannya

Headline Utama

 
Jika Anda ingin mendapatkan perhatian dari pengguna, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah. Headline yang bagus adalah headline yang mencakup lebih dari gambaran dari halaman Anda. Tergantung dari bisnis Anda, Anda mungkin ingin menggunakan headline yang berbeda.

Kunci dari menulis headline yang bagus adalah mengetahui audience kita, kenapa mereka di landing page kita dan masalah apa yang ingin mereka harapkan dapat diselesaikan.

Headline Pendukung

 
Headline pendukung dapat membantu Anda jika menemukan kesulitan dalam menentukan siapa audience Anda dan mengapa mereka di landing page Anda dengan mengisi detail-detail penting dari headline Anda.

Gambar Utama

 
Gambar utama dapat membantu headline utama dan pendukung untuk mencapai response emosional dari pembaca. Dalam banyak hal, gambar utama Anda sama pentingnya dengan headline Anda karena gambar utama Anda mengkomunikasikan komponen estetik dari landing page Anda.

Ringkasan Manfaat

 
Bagian ini merupakan kait yang dapat mengundang orang mengunjungi landing page Anda hingga akhirnya menjelajahi halaman website lain dari website Anda. Ringkasan manfaat merupakan elevator pitch Anda, jika Anda ingin menggunakannya pastikan dikemas secara singkat, sederhana dan tidak bertele-tele.

Call-To-Action (CTA)

 
Call-to-action adalah tautan text yang berbentuk tombol yang mengandung perintah bagi pengunjung landing page untuk melakukan tindakan-tindakan tertentu.

Sebelum Anda membuat CTA Anda sendiri, Anda perlu memastikan tindakan apa yang akan dilakukan oleh pengunjung landing page tersebut. Hal ini penting dikarenakan Anda bisa berakhir tanpa CTA atau memiliki 2 CTA yang banyak dan berbeda-beda.

Memiliki penawaran spesial atau keuntungan tertentu yang diasosiasikan dengan CTA tersebut juga dapat membantu meningkatkan konversi. Penawaran spesifik membuat audience merasa mereka mendapatkan sesuatu sebagai ganti dari informasi dan insentif mereka untuk mengambil tindakan secara langsung.

Tunjukkan pada Pengguna Keuntungannya

 
Jika pengguna sudah sampai meng-scroll landing page Anda, itu berarti usaha-usaha yang Anda lakukan pada tahap berikutnya sudah benar. Langkah berikutnya adalah bagaimana cara Anda mengkomunikasikan keuntungan-keuntungan yang bisa Anda tawarkan kepada audience Anda.

Kebanyakan dari pengunjung landing page Anda hanya berfokus pada apakah apa yang akan mereka lakukan pada landing page Anda akan mempermudah hidup mereka? Tergantung dari layanan atau produk yang Anda pasarkan, jawaban atas pertanyaan pengunjung landing page Anda dapat bervariasi.

Bukti Sosial

 
Testimonials merupakan salah satu cara termudah untuk mendapatkan bukti sosial pada landing page. Sayangnya, karena testimonial sangat mudah untuk dikumpulkan dan dibuat-buat. Menjadikan testimonials tidak memiliki bobot bukti sosial. Jika Anda ingin testimonial agar lebih dipercayai, Anda perlu sumber yang terkemuka dan terpercaya.

Argumen Penutup

 
Sebuah landing page secara alami menuntun pengguna menuju ke kesimpulan yang dapat membuat orang berkonversi. Untuk melakukan hal tersebut, Anda perlu tau persis apa yang membuat mereka mau melakukannya dan apa yang tidak. Dengan argumen penutup Anda, Dengan argumen penutup Anda, Anda harus menyimpulkan semua yang Anda bahas kedalam sisa dari landing page Anda dan memberikan tambahan nilai jual yang menurut Anda akan membuat orang untuk berkonversi.

Landing Page vs Homepage

 

Artikel Terkait  Web Developer Adalah: Memahami tentang Web Development

Berbeda dengan website yang memiliki informasi menyeluruh dan dikembangkan untuk tujuan dijelajahi, landing page adalah bagian mandiri dari sebuah website yang memiliki informasi dan tujuan tertentu. Untuk perbandingan landing page dan website lebih jelasnya dapat disimak pada perbandingan dibawah ini.

Jumlah Halaman

 
Landing page adalah sebuah halaman yang memiliki tujuan agar pengguna untuk melakukan tindakan-tindakan tertentu. Website memiliki lebih dari 5 halaman yang berisi informasi mengenai Tentang, Blog, Kontak, Halaman Utama dll.

Kegunaan

 
Kebanyakan landing page menggunakan, gambar, text dan berisi tombol call to action (CTA). Website biasanya memiliki kegunaan untuk tiap-tiap halaman yang tersedia pada website tersebut.

Informasi

 
anding page berisi informasi khusus mengenai layanan, produk atau penawaran yang memiliki rentang waktu khusus. Website berisi informasi menyeluruh mengenai website Anda

Fokus

 
Landing page berfungsi untuk membuat konversi. Website bertujuan untuk menjelaskan atau menyajikan bisnis dan brand Anda.

Navigasi

 
Landing page tidak memiliki navigasi yang mengarahkan pengguna ke titik informasi lain atau informasi lain yang ada pada website. Sedangkan Anda dapat melakukan navigasi informasi pada website.

Contoh Landing Page

 

contoh-landing-page 

Berikut kami sajikan 3 website yang menyajikan contoh landing page terbaik untuk Anda :

Themeforest.com

 

themeforest 

Merupakan marketplace digital yang khusus menjual web themes & templates, code, video, audio, graphics, photos dan 3D files. Landing page di sini dijual dengan harga beragam, Anda bisa melihat desain dan layoutnya untuk dijadikan contoh dalam pembuatan landing page yang bagus. Anda bisa mengaksesnya pada link https://themeforest.net/

Pinterest.com

 
 

pinterest 

Jika Anda merupakan pecinta koleksi foto, pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan Pinterest. Yups, pinterest merupakan sosial media yang dapat digunakan untuk upload gambar atau video ke dalam kategori tertentu. Anda juga dapat mengoleksi foto dari pengguna lain tanpa dibatasi. Jika Anda ingin melihat contoh dari landing page, Anda dapat mencarinya pada menu search lalu ketik landing page. Bisa diakses pada link https://id.pinterest.com/

Landingfolio.com

 

landingfolio 

Di sini telah tersedia lebih dari 600 desain landing page dari 21 kategori yang dapat Anda jadikan contoh. Anda dapat menyesuaikan desainnya sesuai dengan jenis kategori bisnis Anda. Dapat diakses pada link https://www.landingfolio.com/

Kesimpulan

 
Perkembangan informasi yang cepat membuat website harus bersaing dengan jutaan website yang baru bermunculan. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menarik pengguna menuju ke website dan melakukan tindakan-tindakan tertentu yang kita inginkan adalah dengan landing page. Landing page adalah sebuah halaman mandiri yang memiliki tujuan khusus yang berfokus pada tindakan pengguna. Berbeda dari halaman utama atau sebuah website, dimana landing page hanya memiliki elemen-elemen seperti konten utama, CTA, keuntungan dari tujuan landing page tersebut, bukti sosial dan argumen penutup.

Idealnya, Anda ingin menggunakan landing page dan website untuk dua tujuan yang berbeda. Karena landing page adalah sebuah halaman mandiri yang ditujukan untuk tujuan spesifik, Anda ingin menggunakan halaman ini untuk mendapatkan lead penjualan, penawaran-penawaran khusus atau untuk menaikan konversi website Anda. Dikarenakan landing page merupakan sebuah halaman website. Selain itu, landing page juga dapat Anda gunakan jika Anda memiliki produk, layanan atau penawaran yang bersifat peka waktu.

Artikel Terkait  Mengetahui Penggunaan Fungsi Explode dan Implode Pada PHP

Website sendiri dibuat untuk menjaga eksistensi bisnis dan brand Anda secara jangka panjang yang memungkinkan pengguna untuk bernavigasi dan menemukan informasi-informasi penting mengenai keseluruhan bisnis Anda.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Tags: