Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan website. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
MySQL Adalah ? | Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya
Mysql adalah perangkat lunak manajemen database paling populer digunakan saat ini. Bagaimana cara kerjanya? Simak informasi berikut.
20466
post-template-default,single,single-post,postid-20466,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive

MySQL Adalah ? | Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya

Setiap website, tentu saja membutuhkan database server sebagai tempat penyimpanan berbagai macam informasi dan data-data penting. Yang mana, berbagai macam data itulah yang nantinya akan dibutuhkan oleh website Anda, seperti URL, username, font, password dan lain sebagainya.

Salah satu sistem manajemen database server yang dapat digunakan dalam mengelola data-data tersebut, yakni MySQL. Yang mana, MySQL adalah perangkat lunak manajemen database paling populer digunakan saat ini.

Lantas, apa saja fungsi dari MySQL dan seperti apa cara kerjanya? Semua pertanyaan tersebut pasti akan terjawab secara detail dalam sajian informasi artikel kali ini. Namun sebelumnya, Anda harus memahami pengertian tentang MySQL.

Setelah memahami pengertian lengkapnya, kemungkinan Anda pun akan menjadi lebih paham ketika hendak menggali informasi lebih banyak seputar MySQL dan Anda pun akan menjadi lebih mudah dalam mempelajari cara kerjanya.

MySQL Adalah | Pengertian MySQL


mysql-3

Artikel Terkait  Bagaimana Caranya Membuat Website Gratis di Internet?

MySQL adalah suatu aplikasi dasar atau perangkat lunak yang biasa digunakan oleh para programmer yang bergelut di bidang pembuatan dan pengembangan website.

Sebenarnya, masih ada beberapa aplikasi database server yang lain, seperti Microsoft SQL Server dan Oracle. Walaupun memiliki fungsi yang sama, namun penggunaan aplikasi MySQL lebih populer digunakan hingga saat ini.

Hal ini disebabkan karena, MySQL merupakan aplikasi database server yang dapat digunakan secara gratis, sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya lebih dalam penggunanya. Terlebih lagi, penggunaan MySQL dianggap lebih mudah dipahami oleh para pemula.

Tak hanya itu saja, MySQL juga menerapkan prinsip relasional dalam proses pengolahannya, yakni yang sering disebut sebagai RDBMS (Relational Database Management System). Di sisi lain, MySQL juga bersifat open source, sehingga dapat memberikan kesempatan kepada siapapun dalam menunjang setiap kebutuhannya.

Fungsi MySQL adalah?


mysql-2

Pada dasarnya, aplikasi database server MySQL ini memiliki banyak sekali rumus yang dapat digunakan oleh para programmer sesuai dengan kebutuhan mereka.

Lalu, bagaimana nasib para pemula? Di awal memang penggunaan banyak rumus dalam aplikasi database MySQL terlihat rumit, namun para pemula tidak dianjurkan untuk menghafalkan semua. Sebagai pemula, Anda diharuskan untuk mengetahui beberapa fungsi dasar yang sering digunakan dalam pemrograman penggunaan MySQL, sehingga dari fungsi-fungsi dasar tersebut Anda bisa mulai mengembangkan kemampuan dengan cara memahami penggunaan rumus-rumus yang lebih rumit.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah fungsi dasar yang harus dipelajari oleh pemula :

  • Sum : merupakan rumus yang difungsikan untuk menjumlahkan field yang berisikan data angka-angka (integer).
  • Count : penggunaannya hampir sama dengan Sum, namun rumus count lebih digunakan dalam menghitung baris (record) pada satu atau beberapa tabel sekaligus.
  • Min : merupakan rumus yang biasa digunakan oleh para programmer dalam menyeleksi nilai minimal dari field dengan data integer. Jika diterapkan, tampilan pola penggunaan rumus “min” sama seperti rumus Sum ataupun Count.
  • Max : berbanding terbalik dengan fungsi min, max digunakan oleh para programmer dalam menyeleksi tertinggi dari field berdata integer.
  • Now : merupakan rumus yang biasa digunakan untuk mengambil atau membidik waktu actual. Yang mana, waktu tersebut akan tersebut berpijak pada pengaturan tanggal dan waktu di komputer server.
  • Day : rumus ini difungsikan untuk menerapkan hari-hari khusus pada field-field dengan data date atau datetime.
  • Avg : merupakan rumus yang difungsikan untuk menghitung rate atau nilai rata-rata dari field yang berdata integer.
  • Curdate : adalah rumus yang berfungsi untuk mengambil data, berupa tanggal pada hari tersebut.
  • Year : Sesuai dengan arti namanya yang berarti “tahun”, rumus yang satu ini difungsikan untuk menampilkan data tahun pada field yang bertipe date atau datetime.
  • Date_format : rumus yang satu ini merupakan bagian penanggalan juga bisa di customize oleh programer dengan fungsi date_format ini.
  • Date : merupakan rumus yang biasa digunakan untuk mengambil tanggal pada field dengan data datetime.

Apakah bagi Anda semua rumus dasar tersebut masih cukup sulit untuk dihafalkan? Jika memang benar demikian, maka sebaiknya jangan dihafalkan, cukup dipahami saja. Sebab, nama-nama atau sebutan dari rumus-rumus dasar tersebut sebagian besar telah mendeskripsikan tentang fungsinya.

Artikel Terkait  Instagram Insight : Memahami Penggunaannya Untuk Meningkatkan Bisnis Online Shop

Cara Kerja MySQL adalah?


mysql-8

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, MySQL adalah aplikasi database server yang paling banyak digunakan oleh para programmer dunia. Penggunaannya juga direkomendasikan bagi para pemula yang memang baru saja belajar mengembangkan kemampuannya.

Ketika hendak menggunakan aplikasi database MySQL ini, setidaknya Anda harus memahami betul seperti apa cara kerjanya. Dengan demikian, Anda pun tidak akan merasa kebingungan di saat menggunakannya nanti.

Pada dasarnya, MySQL sendiri berasal dari model client – server, yakni berperan dalam menangani segala instruksi atau perintah database. Dalam hal ini, server MySQL tersedia sebagai program terpisah untuk dioperasikan dalam lingkungan jaringan client – server, yakni sebagai perpustakaan yang ditautkan ke dalam aplikasi yang terpisah.

Cara kerja dari MySQL ini beroperasi dengan bekerja sama dengan beberapa program utilitas yang juga turut mendukung administrasi database MySQL tersebut. Sebab, setiap perintah akan dikirim ke MySQL server melalui MySQL client pada komputer.

Pada awalnya, penggunaan MySQL hanya dikembangkan untuk menangani database besar dengan cepat. Meskipun demikian, penggunaan MySQL hanya diinstal menggunakan satu mesin saja, karena MySQL dapat mengirimkan database ke beberapa lokasi, sehingga pengguna dapat mengaksesnya melalui interface client MySQL yang berbeda. Selanjutnya interface tersebut akan mengirimkan pernyataan SQL ke server, yang kemudian akan menampilkan hasilnya.

Artikel Terkait  Apa Itu Visitor, Pageview, Unique Visitor, dan Bounce Rate dalam Dunia Blog?

Mulai dari pengertian, fungsi hingga cara kerja dari MySQL database server sudah kami rangkumkan secara jelas dalam sajian informasi artikel kali ini. Awalnya, mungkin Anda beranggapan bahwa mempelajari aplikasi database server MySQL merupakan hal yang rumit, bahkan tidak memungkinkan dipelajari dengan mudah oleh para pemula, karena memang terdapat banyak sekali rumus fungsi yang harus dipelajari.

Namun faktanya bukanlah demikian, karena mempelajari MySQL adalah kegiatan yang menarik. Sebab, setelah Anda mampu memahami rumus-rumus dasarnya dalam pembuatan dan pengembangan database website bagi pemula, maka Anda akan dituntut untuk meningkatkan kemampuan dengan mempelajari rumus dengan penggunaan dan fungsi yang lebih rumit lagi.

Apakah hanya aplikasi database server MySQL yang direkomendasikan untuk pemula? Sebenarnya masih banyak aplikasi database server dengan fungsi serupa, namun hanya MySQL yang bisa digunakan secara gratis, sehingga Anda pun akan menjadi lebih mudah dan menjadi lebih leluasa dalam mempelajari, karena tak perlu lagi terbebani dengan biaya apapun.

Terlebih lagi, MySQL memiliki sistem pengoperasian yang mudah digunakan oleh pemula, sehingga Anda dapat beradaptasi dengan cepat dalam menggunakannya. Itulah mengapa, MySQL adalah aplikasi database server terbaik yang khusus direkomendasikan untuk para programer pemula, semi profesional, profesional hingga untuk para programmer yang sudah sangat mahir di bidang pembuatan dan pengembangan website.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Tags: