Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan website. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
Cara Menggunakan WooCommerce Indonesia di WordPress
Woocommerce indonesia adalah salah satu plugin gratis berbahasa indonesia yang dapat digunakan pada situs Ecommerce. Pelajari cara penggunaannya pada artikel berikut ini.
22487
post-template-default,single,single-post,postid-22487,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
woocommerce

Cara Menggunakan WooCommerce Indonesia di WordPress

WooCommerce Indonesia adalah plugin e-commerce open-source untuk WordPress yang digunakan di Indonesia. Ia dirancang untuk pedagang online berukuran kecil hingga besar menggunakan WordPress. Diluncurkan pada 27 September 2011, plugin ini dengan cepat menjadi populer karena kesederhanaannya untuk menginstal dan menyesuaikan dan produk dasar gratis.

  1. Ini gratis dan open-source sama seperti WordPress.
  2. Ini adalah plugin e-commerce paling populer untuk WordPress di luar sana.
  3. Anda dapat mengaturnya dan mengonfigurasinya sendiri.
  4. The setup cepat. Biasanya, itu hanya masalah satu jam.
  5. Ini berfungsi dengan desain / tema apa pun yang saat ini Anda miliki di situs WordPress Anda, sehingga tidak perlu membuang desain situs web Anda saat ini.

Kami dapat melanjutkan dengan daftar di atas, tetapi sebaliknya, izinkan kami untuk mengatakan bahwa WooCommerce Indonesia memberi Anda semua yang Anda butuhkan untuk membangun toko e-commerce berkualitas tinggi dengan WordPress.

Dalam tutorial ini, kami akan mengajari Anda cara mengatur toko online WooCommerce + WordPress tempat Anda dapat membuat daftar dan menjual produk fisik.

WooCommerce adalah plugin gratis yang sederhana dan mudah. Dalam sebuah kalimat, WooCommerce adalah cara terbaik untuk mengubah situs web WordPress Anda menjadi toko e-commerce yang berfungsi penuh.

Artikel Terkait  Domain Gratis 2020 | Daftar Domain Gratis

Apa yang Dapat Anda Jual dengan WordPress + WooCommerce?

 

wordpress-vs-woocommerce 

  1. Produk digital (mis. perangkat lunak, unduhan, ebooks ),
  2. Produk fisik,
  3. Jasa,
  4. Pemesanan (mis. untuk janji temu, atau apa pun yang bisa dipesan),
  5. Langganan,
  6. Produk orang lain sebagai afiliasi,
  7. Penyesuaian (mis. kustomisasi tambahan di atas daftar produk Anda), dan lainnya.

Dengan kata lain , Anda dapat menghasilkan uang dengan situs web Anda.

Kami bahkan akan mengambil risiko mengatakan bahwa WooCommerce Indonesia memungkinkan Anda untuk menjual apa pun yang dapat memiliki label harga. Selain itu, siapa pun dapat menggunakannya (jika Anda sudah berhasil meluncurkan situs WordPress, Anda juga dapat menangani WooCommerce).

Cara Membangun Toko Online dengan WordPress dan WooCommerce Indonesia

 
Cara paling sederhana untuk membuat sebuah toko online dengan biaya terjangkau dan dalam waktu singkat, menurut saya adalah dengan menggunakan plugin WooCommerce ini pada CMS WordPress. Maka itu coba ikuti langkah-langkah berikut ini.

LANGKAH 1. Dapatkan Nama Domain dan Web Hosting

Untuk membuat toko online atau jenis situs web lain, Anda perlu dua hal yaitu:  Nama domain yaitu nama toko Anda secara online dan juga web hosting untuk menyimpan data website toko online Anda di internet.

Di mana bisa mendapatkan kedua hal itu? Anda bisa mendapatkannya melalui perusahaan penyedia domain dan juga hosting. Di Indonesia banyak sekali perusahaan dengan berbagai penawaran harga tentang penyediaan hosting dan juga domain. Anda bisa memilih salah satunya yang menurut Anda terbaik.

Tentang bagaimana membelinya Anda bisa membaca syarat dan ketentuan dari masing-masing perusahaan tersebut.

LANGKAH 2. Instal WordPress (GRATIS)

Langkah selanjutnya installl WordPress di hosting yang sudah Anda miliki. Ini mungkin terdengar sulit, tetapi sebenarnya tidak. Masuklah ke panel admin hosting Anda. Di sana akan terdapat cara menginstall wordpress dengan satu klik saja.

Karena WordPress adalah website builder open source yang paling banyak digunakan di dunia, sebagian besar webhost akan memfasilitasi penggunanya untuk dengan menginstall CMS ini pada hosting. Anda cukup mengikuti langkah-langkah yang mereka sediakan untuk melakukan pemasangan.

LANGKAH 3. Instal Plugin WooCommerce

Seperti halnya dengan plugin lainnya dari WordPress, untuk menginstall plugin WooCommerce Anda cukup memilih menu Dasbor WordPress / Plugins / Tambah Baru. setelah itu ketik ” WooCommerce ” pada bilah search. Anda akan melihat WooCommerce sebagai hasil pencarian pertama:

Cukup klik tombol “Instal Sekarang” di sebelah plugin. Ikuti langkah-langkahnya sampai selesai. Dan Anda sudah memiliki platform toko online Anda di WordPress.

Membuat Halaman Toko

 
Toko online, khususnya yang jenis website adalah situs yang membutuhkan beberapa halaman tertentu yang membuatnya menjadi situs belanja online. Dan dengan menggunakan WooCommerce kita akan bisa membuat halaman halaman tersebut.

  1. “Shop”, Pada halaman inilah produk-produk yang Anda jual ditampilkan.
  2. “Keranjang belanja”, Di sini pengguna akan memasukkan barang-barangnya sebelum melakukan penyelesaian dengan checkout.
  3. “Checkout”, pada proses ini pengguna bisa memilih metode pengiriman dan pembayaran untuk produk yang dibelinya.
  4. “My Account”, adalahsemacam halaman profil untuk pelanggan terdaftar (mereka akan dapat melihat pesanan masa lalu mereka di sana dan mengelola detail lainnya).

Yang paling menyenangkan di sini adalah, kita hanya perlu menekan tombol “Lanjutkan” pada tahap wizard WooCommerce. WooCommerce akan mengatur halaman-halaman tersebut untuk Anda.

Melakukan Set Up Lokal

 
Lokal adalah bagian yang sangat penting dari pengaturan toko online WooCommerce. Beberapa parameternya akan menentukan asal bisnis Anda, mata uang, dan bentuk unitnya. Setelah selesai melakukan pengaturan di sini, Anda bisa langsung mengklik “Lanjutkan”.

Memahami Pajak Penjualan

 
Pajak sejauh ini merupakan bagian yang paling tidak menyenangkan dari menjalankan toko e-commerce, namun sayangnya hal ini juga sesuatu yang tidak dapat kita abaikan. Dan lagi, Anda juga akan dibantu oleh WooCommerce untuk melakukan bagian ini.

Pertama, Anda dapat memilih apakah Anda akan mengirim barang fisik atau tidak. Jika Anda mencentang kotaknya, WooCommerce akan melakukan pra-setel rincian terkait pengiriman yang tersisa dalam pengaturan.

Selanjutnya, pajak! WooCommerce memiliki modul pajak yang sangat rapi, hal terbaik tentang itu adalah membantu Anda mengetahui tarif pajak berdasarkan lokasi toko Anda berada sesuai dengan lokasi yang sudah Anda atur sebelumnya.

Jika Anda akan membebankan pajak penjualan, cukup centang kotak pajak utama. Segera setelah Anda melakukan ini, satu set kotak baru akan muncul dan memberi tahu Anda apa yang akan terjadi selanjutnya.

Meskipun WooCommerce telah mengatur perhitungan pajak secara umum Anda tetap harus memeriksanya kembali apakah sudah sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika belum, Anda dapat melakukan perubahan.

Kemudian klik “Lanjutkan.”

Artikel Terkait  Buat Website Toko Online dengan Lapak Instan (Fitur Lengkap)

Pilih Metode Pembayaran

 

pembayaran woocommerce 

Mampu menerima pembayaran online adalah inti dari setiap toko e-commerce, WooCommerce benar-benar menawarkan banyak hal dalam hal menyediakan solusi. Dan dalam hal ini saya sarankan agar Anda menggunakan Paypal. Dan untuk memilihnya, cukup klik pada kotak centang yang sesuai.

Anda juga dapat memilih metode pembayaran lain yang tampaknya masuk akal. Daftar pilihan lainnya bisa Anda cek pada halaman pengaturan WooCommerce Anda.

* Catatan: Agar pembayaran online berfungsi, Anda harus mendaftar pada PayPal secara terpisah.  Sekali lagi, klik “Lanjutkan” setelah selesai.

Langkah selanjutnya hanyalah layar konfirmasi bahwa semuanya berjalan dengan baik. Pada tahap ini, pengaturan situs dasar Anda selesai. Anda baru saja membangun toko e-commerce kosong dengan WooCommerce! Langkah selanjutnya adalah menambahkan produk:

LANGKAH 4. Tambahkan Produk Pertama Anda

Agar toko Anda dapat beroperasi, Anda memerlukan beberapa produk di basis data (atau layanan, atau unduhan, atau apa pun yang ingin Anda jual).

Untuk mulai bekerja dengan produk, buka dasbor Anda, lalu pilih Produk / Tambahkan Produk :

Apa yang akan Anda lihat adalah layar pengeditan konten WordPress klasik:

  1. Nama produk.
  2. Deskripsi produk utama. Bidang besar ini memungkinkan Anda memasukkan sebanyak mungkin info tentang produk yang Anda inginkan. Karena ini adalah WordPress, Anda tidak hanya dapat menempatkan teks sederhana di sana tetapi juga gambar, kolom, judul, bahkan video, dan media lainnya. Pada dasarnya, apa pun yang Anda inginkan!
  3. Bagian data produk pusat. Yang ini adalah tempat Anda mengatur jenis produk yang Anda tambahkan, dan apakah itu produk fisik, yang dapat diunduh atau virtual (layanan juga dianggap produk virtual). Sebagai bagian dari bagian tengah ini, Anda juga mendapatkan tab untuk berbagai parameter produk:
  • General. Di sinilah Anda bisa menetapkan harga dan pajak.
  • Stock. WooCommerce memungkinkan Anda mengelola level stok.
  • Shipping. Atur berat, dimensi, dan biaya pengiriman.
  • Produk serupa. Sangat bagus untuk mengatur penjualan, cross-sales, dll.
  • Atribut. Tetapkan atribut produk khusus. Misalnya, jika Anda menjual kemeja, Anda dapat mengatur warna alternatif di sini.
  • Lain-lain.Pengaturan tambahan. Tidak penting.
  1. Deskripsi Singkat. Ini adalah teks yang akan ditampilkan pada halaman produk dengan nama. Berfungsi sebagai ringkasan singkat tentang produk.
  2. Kategori Produk. Kelompokkan produk serupa bersama-sama dalam kategori yang sama.
  3. Label Produk. Cara tambahan untuk membantu Anda mengatur basis data produk Anda. Ini berfungsi seperti tag WordPress standar.
  4. Gambar Produk. Gambar produk utama.
  5. Galeri Produk. Gambar produk tambahan untuk menunjukkan kehebatan mereka.

Pertama kali Anda mengunjungi panel ini, WooCommerce akan menampilkan beberapa tooltips berguna untuk menjelaskan apa tujuan dari masing-masing bidang:

Setelah Anda selesai mengatur semua hal di atas, klik tombol Terbitkan besar – produk pertama Anda baru saja ditambahkan!

Setelah menambahkan beberapa barang ke database Anda, bagian produk di dasbor akan terlihat seperti ini:

LANGKAH 5. Memilih Tema Toko Online

Mengapa kita lebih baik membahas produk sebelum membahas masalah visual situs. Hal ini karena tanpa produk dalam database, Anda tidak akan dapat melihat halaman individual toko dalam bentuk representatif. Anda tidak akan dapat memastikan bahwa semuanya terlihat benar.

Setelah menambah sebagian besar produk yang akan dijual, selanjutnya kita bisa memastikan bahwa semuanya tertata dengan baik secara visual.

WooCommerce vs Tema WordPress

 
Secara default, WooCommerce berfungsi dengan tema WordPress apa pun. Ini adalah berita bagus terutama jika Anda sudah memilih desain Anda dan ingin tetap menggunakannya.

Atau, Anda bisa menggunakan tema khusus yang dioptimalkan oleh WooCommerce. Tema-tema itu memiliki gaya yang telah ditetapkan sebelumnya yang membuat semua elemen WooCommerce tampak hebat.

Untuk memilih tema yang bagus, Anda dapat mengunjungi bagian e-commerce di Themeforest atau direktori terbesar tema WordPress premium di web.

Terlepas dari apakah Anda telah memutuskan untuk tetap dengan tema Anda saat ini atau memilih tema yang dioptimalkan untuk WooCommerce, apa yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah memastikan bahwa setiap halaman toko terlihat bagus.

Aturan Desain Toko E-Commerce

 

design-woocommerce 

Berikut adalah parameter yang paling penting yang membuat desain toko e-commerce bagus:

  • Desain harus jelas dan tidak membingungkan dengan cara apa pun. Pengunjung yang bingung tidak akan membeli apa pun.
  • Pusat blok konten perlu ambil pengunjung perhatian setelah mereka datang ke situs. Itu pusat blok mana produk akan ditampilkan.
  • Sidebar yang bisa disesuaikan. Anda harus dapat memilih berapa banyak sidebar yang Anda butuhkan dan juga menonaktifkan sidebar sama sekali untuk beberapa halaman.
  • Responsif dan dioptimalkan untuk seluler. Penelitian menunjukkan bahwa sekitar 80% orang di internet memiliki smartphone. Menurut penelitian lain, 61% pengunjung seluler Anda akan segera pergi ke pesaing Anda jika mereka memiliki pengalaman menjelajah seluler yang membuat frustrasi. Dengan kata lain – memastikan situs web Anda dioptimalkan untuk seluler sangat penting.
  • Struktur navigasi yang baik. Anda harus membuat menu yang jelas yang mudah dipahami sehingga pengunjung Anda dapat menemukan halaman yang mereka cari.

Mempertimbangkan hal di atas, inilah yang dapat Anda lakukan dengan setiap halaman toko:

Halaman Toko Anda

 
Di sinilah daftar utama produk Anda ditemukan. Jika Anda telah melalui panduan pengaturan WooCommerce, halaman ini dapat ditemukan di domainanda.com/shop

Ini adalah halaman WordPress standar – Anda dapat mengeditnya melalui dasbor / Halaman WordPress. Hal-hal yang perlu Anda lakukan adalah:

  1. Tambahkan beberapa salinan yang akan mendorong pengunjung untuk berbelanja bersama Anda.
  2. Putuskan apakah Anda ingin memiliki bilah samping di halaman. Ini dilakukan melalui templat halaman tema Anda sendiri. Sebagai contoh, Storefront memungkinkan saya untuk melakukan full-wide, yang akan kita lakukan:

Ciri utama halaman Toko adalah bahwa tepat di bawah konten standar, ia menampilkan bagian khusus tempat menampilkan daftar produk Anda. Ini seperti apa di etalase Store saya:

Seperti yang Anda lihat, gambar produk yang bagus adalah kuncinya, itu adalah hal pertama yang harus Anda lakukan dengan benar! Dengan kata lain – Anda mungkin harus bekerja pada gambar produk Anda lebih dari pada yang lain.

WooCommerce juga memungkinkan Anda untuk menampilkan produk Anda dengan cara alternatif di halaman ini. Ketika Anda pergi ke dashboard WordPress / WooCommerce / Settings / Products dan kemudian bagian Display:

Anda dapat memilih apakah Anda ingin menampilkan produk individual atau kategori produk pada halaman Toko. Pilih apa pun yang paling masuk akal untuk Anda, lalu simpan pengaturan yang telah Anda buat.

Halaman Produk Individual

 
Untuk melihatnya, klik pada daftar produk apa pun dari halaman Toko.

Jika Anda menggunakan tema berkualitas, Anda seharusnya tidak mengalami kesulitan pada halaman ini. Pada dasarnya, satu-satunya hal yang dapat Anda lakukan adalah menyesuaikan jumlah teks yang Anda gunakan untuk deskripsi masing-masing produk, untuk memastikan semuanya sesuai secara visual dan tidak ada tempat kosong yang dapat membingungkan pembeli.

Kereta Belanja

 

Artikel Terkait  Lupa Pass Gmail (Google Mail)? Ini Solusinya!

Halaman penting lainnya yang dapat disesuaikan melalui Dashboard / Halaman. Jangan memberi terlalu banyak opsi kepada pembeli pada halaman ini, selain melanjutkan ke checkout.

Checkout

 
Checkout mungkin adalah halaman terpenting dari semuanya. Di sinilah pembeli Anda bisa menyelesaikan pesanan mereka dan melakukan pembayaran.

Halaman Checkout benar-benar harus berukuran penuh. Satu-satunya jalan keluar yang dapat diterima dari pembeli adalah menyelesaikan pesanan mereka, dan tidak terganggu oleh hal-hal yang tersedia di sidebar.

Anda dapat melakukan ini melalui Dasbor / Halaman (cukup ulangi proses yang Anda lakukan pada halaman Toko).

Selain itu, tampilan default halaman Checkout sangat bagus. Pada tahap ini, pada dasarnya Anda sudah selesai dengan menyesuaikan desain toko Anda, sekarang mari kita melihat kemungkinan untuk memperluas fungsionalitas toko.

LANGKAH 6. Memperluas WooCommerce

Satu hal lagi yang membuat WooCommerce solusi e-commerce yang mengesankan adalah bahwa ada puluhan atau bahkan ratusan ekstensi dan plugin yang tersedia yang membuat kita bisa lebih memaksimalkan performa situs belanja online kita. Mari kita bahas lebih lanjut.

Ekstensi WooCommerce

 
Berbicara tentang ekstensi yang ada, Anda bisa memilih dari berbagai ekstensi yang dimiliki WooCommerce untuk memaksimalkan situs belanja online. Beberapa yang umum adalah

  • Payment Gateway: Ekstensi ini memungkinkan Anda menerima lebih banyak metode pembayaran di atas PayPal standar. Semakin banyak metode pembayaran yang dapat Anda terima semakin baik.
  • Ini akan berguna jika Anda ingin mengintegrasikan toko Anda secara otomatis dengan tarif pengiriman resmi.
  • Integrasikan toko WooCommerce Anda dengan alat akuntansi pilihan Anda.
  • Sistem Booking. Izinkan pelanggan memesan, melakukan janji temu untuk layanan tanpa meninggalkan situs Anda.
  • Sistem berlangganan. Biarkan pelanggan berlangganan produk atau layanan Anda dan membayar biaya mingguan, bulanan, atau tahunan.

Dan masih banyak yang lainnya yang bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengelola toko online tersebut.

Plugin WooCommerce

 
Selain ekstensi, Anda juga dapat menggunakan plugin WordPress lainnya untuk menambah performa toko Anda.

  • Plugin SEO Yoast untuk meningkatkan SEO situs web secara keseluruhan.
  • SEO Yoast Untuk E-commerce.
  • Plugin multi Bahasa jika Anda ingin membuat situs mendukung beberapa Bahasa yang berbeda.
  • Contact Form 7, agar pengguna bisa menghubungi Anda secara langsung.
  • UpdraftPlus, untuk mencadangkan semua konten situs termasuk produk yang dijual
  • Fungsi Share ke sosial media agar pengguna bisa membagikan produk Anda ke sosial media mereka.
  • MonsterInsight, untuk mengintegrasikan situs dengan Google Analytics.
  • Keamanan Tema, untuk menjaga keamanan situs. Dan,
  • W3 Total Cache untuk mempercepat situs menggunakan dengan cara caching.

 

Kesimpulan

 
Seperti yang Anda lihat, tingkat kesulitan dalam membuat toko e-commerce Anda sendiri dengan WordPress tidak tinggi, tetapi masih akan membutuhkan waktu untuk melewati semua langkah di atas mungkin beberapa hari hingga Anda terbiasa.

Namun, saya rasa ini adalah hal yang layak dicoba mengingat besarnya biaya yang kita butuhkan jika menggunakan jasa pengembang untuk mendapatkan kualitas produk yang serupa.

Namun karena ini adalah CMS, mungkin saja ada fungsi yang masih tidak sesuai dengan kebutuhan Anda. Di sinilah Anda bisa menggunakan jasa dari pengembang.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Tags: