Bagaimana menjadi copywriter tanpa pengalaman, tanpa portofolio, dan tanpa gelar
Copywriter adalah tentang menjadi orang yang bisa membujuk pembaca atau pengguna akhir untuk melakukan tindakan baik itu pembelian, interaksi, penggunaan dan lain sebagainya pada suatu media melalui tulisan. Lalu apakah untuk menjadi seorang copywriter memerlukan skill khusus? berikut uraiannya.
23296
post-template-default,single,single-post,postid-23296,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive

Bagaimana menjadi copywriter tanpa pengalaman, tanpa portofolio, dan tanpa gelar

Sebuah video dengan skrip atau alur cerita yang begitu menarik. Sebuah iklan yang saking meyakinkannya berhasil membuat kita membeli produk yang diiklankannya. Sebuah email promosi yang bahkan tidk sanggup kita lewatkan ketika berada di inbox email bisnis kita. Atau mungkin sebuah situs web dengan konten yang sesuai dengan apa yang Anda cari dan butuhkan sehingga membuat Anda betah berlama-lama di dalam situs tersebut.

Siapakah yang berperan dalam membuat semua hal yang menarik tersebut? Ya, jawabannya adalah copywriter. Banyak orang yang berkarir di bidang pekerjaan ini bahkan dengan bayaran yang tidak main-main. Pekerjaan sebagai copywriter adalah pekerjaan yang cukup bagus untuk menghasilkan uang dengan cara bekerja dari rumah. Namun demikian, tidak banyak yang mengerti tentang pekerjaan ini.

Copywriter adalah? Apakah ini pekerjaan yang worth?

 

copyright-adalah
 

Tentu saja, ini adalah pekerjaan yang bisa Anda kerjakan dari rumah dengan gaji yang sangat memuaskan jika Anda sudah berstatus sebagai copywriter pro. Selain itu Anda juga tidak perlu pendidikan formal khusus untuk bisa menguasai pekerjaan ini, cukup kuasai skill menulis persuasif saja!

Jika dilihat dari segi penghasilan, di luar sana banyak copywriter lepas yang menikmati gaji karyawan fulltime meski status mereka adalah karyawan paruh waktu. Bagian yang terbaik adalah, masih ada banyak ruang di industri yang besar dan berkembang ini.

Jadi apa itu Copywriting?

 

Copywriting adalah proses penulisan materi promosi periklanan. Copywriter adalah yang bertanggung jawab atas teks pada brosur, papan iklan, situs web, email, iklan, katalog, dan banyak lagi.

Tidak seperti berita atau penulisan editorial, copywriting adalah tentang membuat pembaca mengambil tindakan. Tindakan itu mungkin untuk membeli, ikut serta, atau terlibat dengan suatu produk, layanan, atau perusahaan. Itulah sebabnya seorang copywriter sering disebut sebagai “seorang salesman di media cetak.”

Kualifikasi seorang copywriter | Bisakah menjadi seoarang pro walaupun tanpa pendidikan dan portofolio?

 

Perlukah menempuh pendidikan khusus jika ingin menjadi seorang Copywriter? Jawabannya adalah “tidak!”.

Banyak copywriter sukses dengan gelar sarjana namun tidak sedikit juga yang bisa sukses dengan bermodalkan pembelajaran otodidak dan kemudia menjadi terbiasa.

Di jaman digital ini, satu-satunya hal yang Anda butuhkan untuk menjadi seorang copywiter adalah komputer dan koneksi Internet dan hal lainnya bisa Anda pelajari secara mandiri. Jika Anda bisa menulis status di Facebook atau twitter Anda. Maka itu sudah cukup untuk bisa masuk ke dunia copywriting.

Artikel Terkait  10 Web Perusahaan Dengan Desain Modern dan Terbaik

Modal Pengetahuan Untuk Menjadi Seorang Copywriter

 

modal-pengetahuan
 

Namun demikian, bukan berarti tidak ada yang harus dipelajari untuk menjadi mahir di bidang ini. Jika Anda ingin menjadi lebih bisa lagi. Coba pelajari beberapa hal tentang penulisan copy berikut ini!

Dasar-Dasar Menulis Persuasif

 

Pada intinya, copywriting hanyalah menulis persuasif. Di sini kita harus menulis kata-kata yang dibuat untuk mempengaruhi tindakan pembaca. Inilah mengapa skill dan profesi ini selalu dibutuhkan secara universal dan dibayar dengan jumlah yang tidak main-main. Karena kemampuan membujuk melalui tulisan memiliki aplikasi yang hampir tidak terbatas.

Jadi bisa dibilang mempelajari dasar-dasar penulisan persuasif adalah langkah pertama Anda untuk menjadi copywriter yang handal.

6 Skill Inti Dalam Copywriting

 

Semua copywriting adalah tulisan persuasif dan jika Anda ingin menghasilkan uang, Anda harus dapat memanfaatkan kemampuan menulis persuasif Anda dalam menulis jenis tulisan tertentu yang banyak diminati, dan berikut ini adalah tulisan yang selalu dibutuhkan.

Penulisan Judul

 

Penulisan judul adalah satu-satunya keterampilan yang sangat penting untuk setiap copywriter. Ini juga satu-satunya keterampilan yang mungkin Anda tidak akan pernah dibayar secara langsung. Kualitas judul itu akan memiliki efek yang tidak proporsional terhadap keberhasilan seluruh proyek. Semakin baik berita utama Anda, semakin banyak klien yang akan Anda tuju, dan pekerjaan yang lebih baik akan Anda lakukan untuk klien tersebut.

Artikel Terkait  Mau Kegiatan Ngodingmu Lebih Asyik? Coba Gunakan 10 Text Editor Terbaik Berikut Ini

Penulisan Nilai Proposisi

 

Proposisi nilai adalah pernyataan singkat yang mengomunikasikan apa yang ditawarkan bisnis, nilainya, dan kepada siapa bisnis itu dimaksudkan.

Intinya nilai proposisi adalah tulisan ringkas tentang bisnis, layanan dan targetnya. Penulisan ini diperlukan karena sebagian pengguna lebih suka membaca penjelasan yang menarik, singkat, padat dan jelas daripada membaca uraian yang bertele-tele dan membuat mereka mengantuk.

Penulisan konten landing page

 

Apa bedanya website dan landing page? Sama-sama web, akan tetapi memiliki fungsi yang sedikit berbeda. Setiap bisnis membutuhkan situs web, dan keberhasilan setiap situs web adalah bergantung pada landing page dan isinya.

Jika halaman ini berkinerja baik, bisnis juga akan berkinerja baik. Titik.

Penulisan Email

 

Mirip dengan penulisan landing page, copywriting email sangat diminati. Semua orang membutuhkannya, tetapi tidak seperti landing page, perusahaan membutuhkan lebih banyak email setiap bulan.

Sangat mudah untuk melacak email “terbuka” dan klik, membuatnya mudah untuk mengukur kinerja Anda, meningkatkan kerajinan Anda, dan menunjukkan nilai yang Anda bawa ke klien.

Plus, dengan ribuan templat dan studi kasus yang tersedia untuk umum, copywriting email mungkin merupakan titik awal terbaik untuk copywriter baru.

Penulisan Iklan

 

Asal Anda tahu, permintaan penulisan copy untuk iklan tidak pernah sepi. Hanya saja pekerjaan ini sebagian besar, tidak dilakukan oleh copywriter lepas.

Penulisan iklan itu sendiri terdiri dari 2 jenis yaitu:

  1. Iklan corporate/perusahaan
  2. Iklan untuk bisnis kecil

 

Penulisan iklan korporat terutama dilakukan oleh copywriter junior dalam biro iklan dan perusahaan. Sedangkan penulisan iklan bisnis kecil dilakukan terutama oleh penyedia layanan PPC (bayar per klik) seperti iklan di facebook atau di google adwords sehingga Anda tidak harus membayar biaya penulisan script iklan.

Penulisan script video

 

Pasar ini adalah yang utama untuk shooting, dan jika Anda seseorang yang terhubung ke komunitas yang berputar di sekitar video, itu mungkin menjadi pilihan yang sempurna untuk Anda kejar. Bisa dibilang ini adalah sumber penghasilan terbaik sebagai copywriter.

Meski keenam hal tersebut adalah yang perlu Anda kuasai untuk menjadi seorang copywriter. Namun tidak harus semuanya, pelajarilah bagian yang menurut Anda sesuai dengan passion Anda.

Bagaimana Mendapatkan Klien Pertama Sebagai Copywriter?

 

Mendapatkan-Klien-Pertama
 

Setelah mempelajari begitu banyak tentang Copywriting, tahap selanjutnya adalah klien. Sudah waktunya untuk mulai menulis untuk klien, dan mendapatkan lebih banyak pengalaman sehingga dengan demikian, perlahan Anda akan bisa memiliki portofolio.

Mulai Dengan 3 Proyek Praktek

 

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menulis salinan untuk bisnis copywriting Anda sendiri. Jika Anda akan menjadi copywriter lepas, Anda adalah pemilik bisnis nyata dengan kebutuhan nyata untuk tulisan yang efektif.

Selanjutnya, mintalah copywriter yang sudah mapan untuk melihat hasil tulisan Anda selama 5 menit dan memberi Anda umpan balik.Tidak tahu di mana menemukan orang yang sudah berpengalaman? Dunia maya adalah jawabannya. Anda bisa menemukan mereka di sosial media atau pun melalui mesin pencari. Sama seperti berkencan, beberapa dari mereka mungkin akan mengatakan tidak. Siapa peduli? Teruslah bertanya.

Selanjutnya, buatlah 2 tulisan baru untuk dua bisnis tambahan. Jika Anda memiliki teman yang memiliki bisnis, tuliskan untuk mereka. Mereka tidak perlu tertarik membayar Anda atau bahkan menggunakan tulisan Anda untuk bisnis mereka. Karena ini adalah untuk latihan. Jika mereka mau menggunakannya, maka itu bonus!

Setelah Anda memiliki tulisan untuk 3 bisnis (termasuk bisnis Anda), sekarang saatnya untuk mulai mencari klien yang bersedia membayar.

Dapatkan Pembayaran Dari Klien Pertama Anda

 

Karena masih nub, jangan mengharapkan klien yang bersedia membayar tinggi. Yang murah saja dulu! Dan berikut adalah beberapa cara hebat untuk mendapatkan klien pertama Anda.

  • Daftar pekerjaan lapangan
  • Periksa jaringan Anda
  • Jaringan online dan offline
  • Prospek lapangan

 

Metode-metode ini akan memberi daya pada bisnis Anda pada tahap awal. Sekali lagi jangan mengharapkan klien besar dulu, ya! Karena di masa ini Anda tidak akan mampu mendapatkannya.

Artikel Terkait  Era Industri Telah Berakhir, Akankah Era Digitalisasi Juga Berakhir?

Perbaiki Proses Freelance Anda

 

Selama 3 bulan terakhir, Anda telah menemukan jalan keluar melalui seluruh freelance gamut.

Sekarang saatnya untuk menggunakan semua pengalaman itu untuk memetakan proses freelancing Anda dan mulai bersikap disengaja tentang semua yang Anda lakukan.

Inilah yang Perlu Anda Petakan

 

  • Bagaimana Anda membawa calon pelanggan
  • Bagaimana Anda menutup penjualan
  • Bagaimana Anda mengumpulkan rincian proyek yang dibutuhkan
  • Cara Anda mengumpulkan pembayaran
  • Bagaimana Anda bekerja dengan klien
  • Bagaimana dan kapan Anda mengirimkan pekerjaan
  • Bagaimana Anda mengukur keberhasilan proyek

 

Tujuan Anda di sini bukan untuk mencari tahu bagaimana melakukan semua hal ini dengan sempurna. Anda hanya memetakan proses Anda saat ini.

Selanjutnya, Daftarkan Semua Masalah yang Anda Alami, Seperti:

 

  • Saya mengalami masalah secara konsisten menemukan arahan baru.
  • Saya mendapatkan petunjuk yang baik tetapi tidak menutup banyak dari mereka.
  • Beberapa klien tidak mengirim banyak info, dan saya berjuang untuk menyelesaikan proyek.
  • Beberapa klien benar-benar sulit bekerja dengan alasan _____.
  • Saya sering merasa sangat sempit untuk proyek.
  • Klien terus-menerus mengganggu saya tentang di mana saya berada di dalam proyek.

 

Sekarang setelah Anda memetakan proses dan masalah Anda, Anda dapat mulai memperbaiki proses Anda, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Contoh peningkatan jangka pendek mungkin menyadari bahwa Anda tidak menetapkan harapan yang jelas untuk klien, jadi Anda membuat templat email standar yang Anda gunakan setelah (atau sebelum) menutup penjualan yang mencantumkan dengan tepat apa yang bisa diharapkan oleh klien.

Contoh peningkatan jangka panjang mungkin menyadari bahwa arahan tidak konsisten dan Anda perlu membangun metode yang lebih berkelanjutan untuk mendapatkan arahan baru. Ini adalah perjuangan yang cukup umum untuk copywriter baru, dan kami akan mengatasinya langsung di bagian selanjutnya.

Tetapi sebelum kita mengatasinya, saya akan memberi Anda gambaran singkat tentang proses lepas saya untuk membantu Anda dalam memetakan sendiri.

  • Prospek baru hubungi saya melalui situs web saya.
  • Saya meninjau kebutuhan mereka, memberi mereka penawaran, dan menetapkan harapan untuk proyek tersebut.
  • Jika mereka menerima, saya mengirimi mereka faktur dan kuesioner copywriting saya.
  • Saya kemudian bekerja secara kolaboratif dengan mereka untuk mengunci proposisi nilai inti mereka.
  • Selanjutnya, saya menyelesaikan draft proyek pertama dan mengirimkannya ke klien, baik sekaligus atau dalam potongan-potongan, tergantung pada ukuran proyek.
  • Saya bekerja dengan mereka untuk mengedit salinan sampai mereka sepenuhnya puas.
  • Untuk proyek yang lebih besar, saya kemudian mengirim faktur terakhir.

 

Seperti yang Anda lihat, ini bukan dokumen 20 halaman yang luas. Secara harfiah 7 peluru.

Jika Anda pernah sampai pada titik di mana Anda mulai merekrut karyawan atau kontraktor untuk bekerja untuk Anda, Anda mungkin perlu gaya pemetaan proses yang lebih rinci, tetapi untuk tujuan Anda sendiri sebagai freelancer solo, itu tidak harus rumit.

Bangun Saluran Prospek Berulang

 

Jika Anda ingin menghasilkan uang nyata sebagai pekerja lepas, Anda memerlukan arus masuk berkualitas yang konsisten dan berulang.

Ini butuh waktu. Dengan asumsi Anda melakukan segalanya dengan benar, Anda masih mencari di antara 9-18 bulan untuk membuat saluran yang dapat menghasilkan enam angka lead per tahun.

Ada empat opsi utama untuk copywriter yang ingin membangun saluran lead berulang mereka sendiri:

  • SEO
  • LinkedIn
  • Iklan Berbayar

 

Kesimpulan

 

Saya harap Anda menemukan panduan ini bermanfaat! Setelah menyelesaikan posting ini, saya memutuskan untuk memperluas pelatihan yang disajikan di sini menjadi kursus copywriting 2 minggu. Saat ini saya menawarkannya secara gratis, jadi jika Anda ingin memanfaatkannya, masukkan email Anda di bawah ini, dan saya akan mengirimkannya dengan cara Anda:

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Tags: