Sedang Kuliah Jurusan SI? Yuk Intip Prospek Kerja untuk Jurusan Sistem Informasi Berikut!
Prospek karier lulusan sistem informasi sangat menjanjikan, apalagi dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi di jaman seperti sekarang ini. Ahli sistem informasi sangat dibutuhkan oleh perusahaan sebagai jembatan antara programmer dan user dalam membangun sistem. Yuk simak prospek kerja jurusan sistem informasi. Berikut penjelasan selengkapnya!
23351
post-template-default,single,single-post,postid-23351,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive

Sedang Kuliah Jurusan SI? Yuk Intip Prospek Kerja untuk Jurusan Sistem Informasi Berikut!

Dewasa ini, jurusan yang berkaitan dengan teknologi merupakan salah satu jurusan terfavorit untuk pilihan jurusan bagi mahasiswa baru. Tidak hanya diminati di dalam negeri saja, tetapi di luar negeri hal-hal yang berhubungan dengan teknologi juga semakin diminati. Jika dilihat dari prospek kedepannya, hal-hal yang berhubungan dengan teknologi akan semakin dan terus berkembang dari masa ke masa. Bahkan saat ini teknologi di dunia sedang mengembangkan Artificial Intelligence (AI) atau bisa disebut juga kecerdasan buatan yang bisa diterapkan diberbagai bidang yang akan memudahkan pekerjaan manusia. Lain halnya dengan bidang pariwisata.

Saat ini kita sedang mengalami wabah pandemi COVID-19, dampak yang ditimbulkan jika dilihat dari  sektor pariwisata pun cukup keras. Seperti adanya larangan bepergian keluar negeri, bahkan ada juga himbauan untuk tidak keluar rumah bila tidak dalam keadaan darurat. Hal ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus. Bisnis pariwisata sangatlah sensitif bila ada isu keamanan seperti kericuhan di tempat ataupun sekitar objek wisata tersebut ataupun adanya bencana alam yang akan membuat perkembangan pariwisata suatu daerah terhenti sejenak. Lain halnya dengan teknologi yang semakin hari semakin berinovasi.

Karir di bidang sistem informasi di tengah pandemi


Artikel Terkait  Jasa Pembuatan Website Terbaik dan Profesional

Kemunculan COVID-19 tidak menghalangi pertumbuhan teknologi, malah hal ini mendukung adanya terobosan-terobosan baru dibidang teknologi untuk mengatasi dampak negatif adanya pandemi. Seperti maraknya teknologi yang mendukung cashless transaction, menu-menu online, pembelian online melalui platform-platform tertentu. Hal ini menciptakan rasa aman bagi masyarakat. Mereka tetap bisa berbelanja walaupun tidak keluar rumah saat situasi seperti ini. Banyak pula pertemuan yang masih bisa diadakan via dunia maya tanpa harus berkumpul di satu tempat. Teknologi selalu dibuat untuk memudahkan manusia dalam mencapai ataupun menyelesaikan tujuannya.

Apa itu jurusan sistem informasi di sekolah komputer?

Jurusan yang berkaitan dengan teknologi sangatlah banyak, meski pilihan jurusan di Indonesia masih belum beragam seperti di luar negeri namun konsentrasinya sudah lebih dari dua jurusan. Salah satu jurusan yang berkaitan dengan teknologi adalah jurusan sistem informasi. Jurusan ini juga sudah tidak sulit lagi ditemukan di berbagai daerah karena memang banyak peminatnya. Tapi apa sih yang dimaksud dengan sistem informasi itu?

Sistem informasi adalah suatu sistem yang menyediakan informasi untuk manajemen dalam pengambilan suatu keputusan serta untuk menjalankan kegiatan operasional perusahaan, yang di mana sistem tersebut merupakan perpaduan dari orang-orang, teknologi informasi dan prosedur-prosedur yang terorganisasi. Ilmu komputer, manajemen dan bisnis kemudian digabungkan sehingga membentuk sebuah keilmuan yang bisa disebut juga sebagai sistem informasi.  Sistem informasi merupakan jurusan yang tepat bagi orang-orang yang memiliki ketertarikan di bidang teknologi untuk menghasilkan keuntungan di masyarakat, baik secara ekonomi maupun humanis.

Contoh pemanfaatan sistem informasi di sebuah perusahaan adalah bisa mengumpulkan informasi penjualan produk secara akurat. Hasilnya bisa membantu manajemen untuk mengetahui produk mana yang paling populer, produk mana yang harus di stok kembali dan produk mana yang kurang laku sehingga dapat menghasilkan keputusan dari manajemen. Apakah akan melakukan pemasaran ataupun pemeriksaan kelapangan mengenai mengapa produk tersebut kurang laku dipasaran atau bisa juga produk tersebut akan ditarik dari peredaran. Itu semua tergantung dari informasi yang didapatkan. Informasi merupakan senjata utama yang diperlukan oleh semua bidang sebelum berperang sesuai bidangnya masing-masing. Adanya informasi mengenai kebutuhan pasar dan apa yang sedang menjadi tren akan membantu manajemen untuk menentukan langkah yang tepat untuk selanjutnya.

Bagaimana menjadi ahli dalam SI?

Untuk bisa menjadi seseorang yang ahli dibidang sistem informasi, salah satu cara yang bisa ditempuh yaitu mengikuti perkuliahan dengan sistem informasi sebagai pilihan jurusannya. Pada saat perkuliahan, untuk mata kuliah sistem informasi biasanya mempelajari beberapa hal, sesuai dengan definisi awal untuk sistem informasi itu sendiri. Beberapa diantaranya yaitu, pemrograman, database management, keamanan informasi (information security),  jaringan komputer, analisis dan desain sistem, prinsip-prinsip manajemen, manajemen sistem informasi, manajemen proyek yang terkait dengan sistem informasi dan masih banyak lagi sub-mata kuliah yang akan anda temui dalam jurusan sistem informasi.

Artikel Terkait  Jasa Pembuatan Website Marketplace Terpercaya di Bali

Karena termasuk dalam ilmu komputer maka fokus yang dipelajari pada jurusan ini tetap sama yaitu software (programming) tetapi lebih condong ke arah penerapannya pada bisnis. Maka nanti lulusannya diharapkan bisa membuat aplikasi yang mendukung kemajuan dari suatu bisnis. Nah, kembali lagi ke bahasan mengenai mata kuliah, ada juga beberapa mata kuliah yang memang erat kaitannya dengan bisnis, beberapa diantaranya seperti perilaku organisasi, administrasi bisnis, pengembangan dan pemasaran produk, sistem informasi akuntansi.

Jika sudah berhubungan dengan ilmu komputer, maka banyak orang berspekulasi bahwa lulusan dari jurusan sistem informasi akan menjadi seorang programmer. Title yang didapatkan untuk lulusan dari jurusan sistem informasi adalah S.Kom. Memang jurusan ini mempelajari mengenai programming tetapi porsinya tidak sebanyak dengan orang yang mengambil jurusan teknik informatika.

Yah, stereotip itu tidak sepenuhnya salah, namun pekerjaan yang berhubungan dengan program bukan hanya programmer. Tetapi masih banyak prospek kerja sistem informasi yang bisa didapatkan oleh lulusan jurusan sistem informasi, seperti Cyber security analyst, Database administrator, Application analyst, IT consultant, Software Engineering ( pengembangan di bidang perangkat lunak), IT technical support officer, Business analyst,  Forensic computer analyst, network engineer, UX researcher, Web content manager, IT sales professional dan masih banyak lagi lainnya. Peluang karir lulusan sistem informasi sangat beragam. Setiap organisasi, bisnis di setiap industri, pemerintahaan dan organisasi non profit pastinya memerlukan sistem informasi.

Saat membahas mengenai sistem informasi, ada juga yang disebut dengan pengembangan sistem informasi atau bisa juga disebut dengan system development bertujuan untuk membuat sistem baru untuk menggantikan sistem yang lama ataupun memperbaiki sistem yang sudah ada sebelumnya. Memang ada beberapa perusahaan yang memiliki tim pengembangan sistem informasi untuk mencapai tujuan bisnis mereka.

Biasanya tim pengembang sistem informasi terdiri dari analyst untuk menganalisis kekurangan dan juga memikirkan terobosan baru apa yang akan dibuat serta adanya programmer untuk pembuatan sistem yang baru. Biasanya hal-hal melatarbelakangi adanya pengembangan sistem informasi yaitu, adanya keluhan dari pelanggan mengenai sistem atau aplikasi, isi laporan yang sering salah, ataupun ketidak beresan lain yang ada pada aplikasi maupun sistem. Terkadang juga adanya pembaharuan sistem karena mengikuti himbauan pemerintahan, kemudian juga berinovasi untuk meraih peluang-peluang baru dan masih banyak faktor-faktor lainnya yang mempengaruhi pengembangan sistem informasi. Untuk melakukan pengembangan sistem informasi, ada beberapa fase yang harus dilakukan, seperti fase perencanaan, fase analisis, fase desain, fase implementasi, fase support/dukungan.

Artikel Terkait  Jasa Maintenance Web Profesional

Kesimpulan

Jadi jika diperhatikan lagi, jurusan dan bidang sistem informasi akan terus berinovasi karena adanya bidang pengembangan sistem informasi. Prospek kerja yang beragam juga menunjang jurusan sistem informasi ini menjadi lebih menarik di kalangan calon mahasiswa. Mulai dari bekerja dibidang teknologi, perkantoran, pemerintahan sampai dengan membuka usaha sendiri masih sangat mungkin dilakukan oleh orang-orang dari jurusan sistem informasi. Bagaimana? bagi para calon mahasiswa, apakah sudah mulai tertarik untuk menentukan pilihan anda pada jurusan sistem informasi?

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Tags: