Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan website. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
Mau Kegiatan Ngodingmu Lebih Asyik? Coba Gunakan 10 Text Editor Terbaik Berikut Ini
Bagi Anda yang belum mengetahui text editor adalah sebuah aplikasi yang biasa dipakai programmer untuk menyusun kode program sehingga menjadi aplikasi baru. Faktor yang perlu Anda perhatikan ketika memilih text editor yaitu spesifikasi komputer yang digunakan dan bahasa pemrograman yang dipakai. Terdapat 10 text editor kami sajikan khusus untuk Anda!
23336
post-template-default,single,single-post,postid-23336,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
text-editor

Mau Kegiatan Ngodingmu Lebih Asyik? Coba Gunakan 10 Text Editor Terbaik Berikut Ini

Bagi seorang programmer maupun developer, kegiatan pengkodingan merupakan pekerjaan sehari-hari. Saat melakukan pengkodingan pasti dibantu dengan menggunakan text editor.

Pengertian

 

pengertian
 

Ini adalah aplikasi yang biasa digunakan oleh para programmer untuk membuat dasar pemrograman seperti melakukan penyusunan kode program atau syntax, find and search data, dan juga menyunting source code dari bahasa pemrograman.

Sehingga hasil akhirnya bisa berupa sebuah aplikasi ataupun website setelah melalui beberapa proses lanjutan lainnya menggunakan aplikasi tertentu. Fungsi dari ini sebenarnya hanya untuk menuliskan kode program nya saja, seperti kode program untuk JavaScript, PHP, HTML, CSS dan lainnya.

Jadi keberadaan sebuah text edit sangat penting bagi seorang developer ataupun programmer. Bisa diumpamakan sebagai senjata untuk menyelesaikan coding saat proses pembuatan aplikasi ataupun website.

Ada banyak sekali aplikasi text editor yang bisa ditemukan pada internet, sekarang hanya tinggal Anda yang menyesuaikan text edit apa yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Contohnya seperti, fitur, bahasa pemrograman yang dipakai dan spesifikasi komputer yang digunakan. Text edit juga tersedia berbagai versi.

Mulai dari standard version dengan menu standar yang dapat ditemukan pada semua text editor sampai dengan advance version yang memiliki fitur canggih didalamnya.

Artikel Terkait  Jasa Desain Web dan Buat Situs Profesional

10 Daftar Text Editor

 

Berikut ini merupakan 10 daftar text editor terbaik yang bisa membuat kegiatan pengkodingan anda menjadi lebih asik dan mudah.

Sublime

 

Memiliki tampilan yang dinamis, fitur yang lengkap dan juga powerfull. Sublime ini juga didukung oleh berbagai sistem operasi seperti linux, windows dan juga for mac.

Tetapi dari semua sistem operasi, sublime paling kompatibel dengan linux karena fungsi pencarian sublime text dan juga performanya lebih maksimal jika digunakan pada linux.

Aplikasi ini juga didukung dengan aplikasi pemrograman interface python (API) yang mendukung banyak bahasa pemrograman dan juga bahasa markup. Fungsi tambahan tersebut dapat digunakan dengan menggunakan menu plugin untuk mengembangkan proyek Anda.

Sublime juga memiliki distraction free mode yang mengubah tampilan menjadi layar penuh agar Anda bisa fokus dengan pekerjaan Anda. Kemudian juga memiliki multiple selection.

Menghasilkan perubahan pada sebuah code dalam waktu yang sama dan dalam baris yang berbeda merupakan fungsi multiple selection.

Atom

 

Jika dilihat dari tampilannya, text editor atom tidak kalah elegan dengan sublime. Aplikasi ini juga bisa digunakan dibanyak sistem operasi serta fitur tambahan yang bisa didapatkan hanya melalui menu plugin.

Fitur lain yang tersedia pada atom seperti, textmate grammars, fuzzy finder, file system browser,  integrasi dengan node.js dan masih banyak lagi fitur unggul lainnya.

Atom merupakan aplikasi yang bersifat open source. Untuk menggunakan aplikasi ini jangan lupa mencocokkan spesifikasi laptop Anda, apakah sudah mendukung atau belum untuk bisa merunning aplikasi atom ini.

Notepad ++

 

Notepad-++
 

Windows memiliki notepad yang merupakan aplikasi text editor bawaan dari windows. Namun ada juga yang disebut notepad ++, fitur yang dimiliki juga lebih baik dibandingkan dengan notepad bawaan windows.

Notepad++ dikembangkan oleh sourceforge.net dan hanya bisa digunakan pada windows saja.

Tampilannya sederhana dan sangat ringan untuk editing code dan text serta bisa membaca berbagai macam bahasa pemrograman sama seperti notepad version. Kelebihan notepad++ yaitu mendukung penggunaan tampilan jendela multi tab.

Fitur ini akan sangat berguna ketika Anda membuka beberapa file untuk bekerja dalam satu waktu. Terdapat juga tampilan susunan file yang sedang Anda buka sehingga memberikan informasi posisi file didalam folder kerja.

Selain fitur diatas, fitur lain yang cukup bermanfaat adalah shortcut customization, text-shortening, macro recording, auto-completion, dan masih banyak lagi.

Artikel Terkait  Wordpress Adalah? Pengertian dan Cara Instalasi

Bracket

 

Brackets merupakan text editor yang dikhususkan untuk desainer web. Tampilannya juga simple, clean dan modern.

Aplikasi ini juga mempunyai beberapa fitur menarik seperti highlighting, mode no-distraction dan berbagai macam keyboards shortcut. Ada juga split screen untuk mengedit beberapa dokumen dalam secara bersamaan.

Selain itu live preview juga merupakan fitur unggulan dari brackets. Anda dapat melihat langsung hasil HTML/CSS terbaru menggunakan web browser default. Area working file dapat membuka semua file didalam satu single project.

Visual Code Studio

 

Visual code studio merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh windows. Aplikasi ini menyediakan fitur yang dapat melengkapi baris code yang sedang Anda tulis secara otomatis.

Ada juga fitur integrasi dengan fitur debugging dan git yang dapat membantu untuk mengecek kesalahan pada baris kode. Visual code bisa juga digunakan untuk bahasa pemrograman lainnya, meski pada awalnya lebih mendukung kepenggunaan bahasa pemrograman C.

Komodo Edit

 

Komodo cukup mirip dengan sublime. Pada tampilan komodo, dibagian paling atas ada searching box, yang memudahkan penggunanya untuk menemukan apa yang mereka butuhkan saat melakukan editing plain text, ataupun mencari membuka menu ataupun menginstall plug-in.

Komodo juga sudah mendukung bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti CSS, SQL, PHP, Python dan lainnya. komodo juga bisa digunakan sebagai text editor HTML.

BlueFish

 

BlueFish
 

Bluefish memang bisa digunakan diberbagai macam sistem operasi, namun akan lebih optimal kinerjanya jika dioperasikan menggunakan linux.

Bluefish bisa digunakan untuk menangani ukuran file yang cukup besar secara berkala dan bisa menjaga kecepatan pemrosesannya tetap stabil walaupun aplikasi ini termasuk aplikasi yang ringan.

Ada pula beberapa fitur yang tersedia pada bluefish, seperti  format baris kode, snippet, menu pencarian, penambahan tabel dan masih banyak lagi.

Vim

 

Aplikasi ini sudah dirilis cukup lama yaitu tahun 1991 dan masih masuk kedalam jajaran text editor terbaik saat ini. Aplikasi ini merupakan bawaan dari sistem operasi linux.

Vim merupakan salah satu aplikasi edit yang  sangat ringan, maka berpengaruh pada kecepatannya yang tidak perlu dipertanyakan lagi.

Pada aplikasi vim ini juga terdapat fitur yang membantu kembali keposisi awal ketika terjadi kesalahan agar tidak benar-benar mengulang keseluruhannya dari awal. Fitur itu disebut dengan catatan riwayat edit.

Artikel Terkait  Jasa Pembuatan Website Murah dan Berkualitas

Emacs

 

Text editor ini cukup populer dikalangan pengguna sistem operasi linux. Emacs ditulis menggunakan lisp dan bahasa pemrograman C.

Meski dengan keterbatasan ini, emacs memiliki fitur yang cukup banyak seperti tampilan email, debugger, dan berita.  Emacs juga mendukung Subversion, hg, bzr, git dan lainnya.

Terdapat hal unik juga didalam aplikasi ini, yaitu terdapat file manager yang dapat Anda gunakan untuk bermain tetris.

Geany

Geany merupakan alternatif yang dimiliki oleh linux. Sama halnya dengan notepad++, geany merupakan text editor yang ringan.

Geany hanya perlu library GTK+ runtime untuk bisa dijalankan. Bahasa pemrograman yang didukung geany juga banyak seperti C, python, PHP, HTML, java dan masih banyak lagi.

Geany juga memiliki beberapa fitur seperti code folding, code navigation, autocompletion programming, syntax highlighting dan masih banyak lagi.

Nah dari 10 daftar text editor terbaik diatas, sekarang giliran Anda untuk menentukan editor mana yang cocok untuk Anda gunakan dalam mengembangkan proyek Anda.

Jangan lupa untuk benar memilih text editor yang sesuai dengan kebutuhan dan juga spesifikasi laptop yang Anda miliki untuk mempermudah dan membuat proses pengkodingan menjadi lebih mengasyikan.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Tags: