Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan website. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
Belajar SEO (Search Engine Optimization) WordPress
Belajar SEO (Search Engine Optimization) Wordpress terbaru. Pahami cara kerja SEO mulai dari cara riset keyword, optimasi SEO on page dan off page.
20486
post-template-default,single,single-post,postid-20486,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
seo

Belajar SEO (Search Engine Optimization) WordPress

Faktanya, memiliki kemampuan untuk membuat website saja tak cukup dijadikan sebagai modal agar situs tersebut memiliki banyak pengunjung dan selalu berada di ranking teratas pada halaman mesin pencarian Google. Untuk menjadikan website menjadi populer dan berpenghasilan besar, dibutuhkan teknik dan optimasi SEO yang tepat.

Ada banyak trik SEO yang dapat digunakan untuk mendongkrak web Anda. Baik dalam bentuk platform CMS WordPress maupun yang lainnya. Beberapa diantaranya dapat digunakan untuk mengatur deskripsi, mengatur konten artikel, mengatur keyword title, mengatur tagline dan lain sebagainya.

Apakah belajar SEO itu sulit? Kami rasa, jika Anda tertarik dalam mempelajarinya dan senang melakukannya, maka hal tersebut bukanlah menjadi sesuatu sulit. Pasalnya sesulit apapun dalam mempelajari sesuatu, jika mampu memberikan keuntungan untuk Anda, mengapa tidak?

Sebagai pemula, mungkin Anda belum seberapa familiar tentang SEO. Oleh karena itu, perkenankanlah kami untuk memberikan penjabaran yang lebih detail dalam sungguhan informasi artikel kali ini.

Apa Itu SEO? Mari Belajar SEO


Seo-1

Artikel Terkait  Layanan Optimasi Website Profesional

Sebagai seorang pemula, maka Anda harus memahami tentang cara belajar SEO WordPress. Sebab, WordPress sendiri merupakan jenis platform yang memang paling sering digunakan dalam pembuatan website.

Namun, sebelumnya Anda sudah mengetahui tentang SEO?

SEO merupakan kepanjangan dari Search Engine Optimization, yang artinya adalah suatu upaya yang dilakukan untuk mengoptimasi website agar mampu mendapatkan peringkat teratas pada mesin pencarian dengan ranking tertinggi dan agar mampu meningkatkan potensi trafik organik website Anda.

Selain dapat digunakan untuk menghasilkan trafik yang tinggi, teknik SEO juga dapat digunakan untuk membantu Anda dalam memperoleh trafik yang tepat, sesuai dengan kebutuhan dan tujuan utama website Anda.

Agar mampu mendapatkan trafik tinggi yang tepat sasaran, maka Anda diharuskan berkenan untuk mengikuti segala aturan yang telah ditetapkan oleh Google. Oleh karena itu, Anda perlu belajar SEO dengan baik.

Cara Belajar SEO Untuk Pemula


seo-2

Terdapat beberapa hal yang harus dipelajari untuk bisa menguasai teknik SEO, terutama untuk WordPress. Pasalnya, WordPress merupakan platform CMS yang paling banyak digunakan dalam pembuatan dan pelaksanaan optimasi SEO. Adapun beberapa hal yang harus dipelajari adalah sebagai berikut :

Menginstal Plugin SEO WordPress


Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan SEO WordPress, yakni dengan cara menginstal SEO By Yoast. Walaupun pada dasarnya, Anda telah menggunakan All in One SEO Pack, namun sebagai pemula Anda lebih disarankan untuk menggunakan SEO by Yoast, karena memang lebih simple dan mudah untuk diterapkan.

Mensetting Title dan Tagline Anda


Di CMS WordPress terdapat tiga cara yang bisa dilakukan untuk optimasi SEO, yakni di bagian homepage, kategori dan konten artikel. Untuk homepage, Anda bisa lebih dulu mengatur site title dan tagline nya. Kemudian untuk title, Anda bisa memasukkan kata kunci atau keyword yang ditargetkan. Sementara untuk bagian tagline, Anda bisa memasukkan turunan kata kunci atau sub keyword yang telah ditargetkan di awal.

Mengoptimalkan Permalink


Pada umumnya, WordPress akan menghasilkan permalink yang cukup panjang, terutama berupa tanggal, bulan dan tahun URL nya. Contohnya seperti : http://markey.id/2019/12/10/judul-postingan.

Namun, permalink yang disukai oleh Google adalah URL yang mengandung keyword atau kata kunci target. Penulisan permalink haruslah dibuat sesuai target, sehingga Anda tak perlu mencantumkan tanggal postingan tersebut, sehingga permalinknya bisa jadi seperti ini : http://markey.id/judul-postingan.html.

Artikel Terkait  Bagaimana CDN Bekerja Dalam Kecepatan Loading Website? Ini Ulasan Singkatnya

Untuk membuat permalink sesuai target, Anda harus pergi ke menu setting > Permalink, kemudian pilihlah bagian custome structure dan tambahkan html di belakangnya.

Mengoptimalkan Riset Keyword


Sebelum belajar SEO, Anda harus mampu mengoptimalkan ketika melakukan riset keyword atau kata kunci. Sebab, kata kunci merupakan sumber kesuksesan dalam bermain SEO. Pada saat Anda mendapati keyword yang sangat berat, maka lebih disarankan agar menghindarinya. Anda harus mencari dan memilih kata kunci dengan jumlah persaingan yang tidak terlalu ketat.

Memasukkan Kata Kunci Pada Postingan


Dengan menggunakan plugin SEO by Yoast, maka nantinya Anda Akan diarahkan untuk menganalisis dan merekomendasikan kata atau kalimat mana saja yang kurang pada setiap artikel yang kita buat atau pada konten yang hendak diposting.

Memasukkan Site Title di SEO By Yoast


Berdasarkan fasilitas dari site title untuk postingan, maka Anda dapat memasukkan kata kunci atau keyword yang ditargetkan pada site title tersebut. Namun, tetap harus disesuaikan dengan isi konten artikel yang dimuat. Selain itu, kata kunci yang dimasukkan pada site title untuk SEO, juga akan berpengaruh pada Click Through rate, sehingga buatlah yang semenarik mungkin.

Memasukkan Meta Description


Setelah berhasil memasukkan ke site title, barulah Anda bisa memasukkan meta deskripsinya. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menuliskan meta deskripsi, mulai dari menggunakan koma spasi 10 kata kunci target atau menuliskannya dengan sebuah kalimat.

Menggunakan Header (H1, H2 dan H3)


Biasanya, Google akan merayapi artikel dengan header seperti H1, H2 dan H3, dan seterusnya untuk meningkatkan relevan dari konten yang telah Anda buat. Untuk bagian judul, secara default sudah terdapat H1. Nah, bagi Anda yang hendak memberikan sub judul, maka bisa dimasukkan ke dalam H2 dan H3.

Memasukkan Kata Kunci Pada Gambar


Agar gambar yang Anda masukkan ke dalam konten artikel dapat muncul juga pada mesin pencarian Google, maka gambar harus diupload menggunakan kata kunci yang Anda targetkan. Untuk memasukkan kata kunci pada gambar, caranya cukup tuliskan kata kunci pada bagian Title gambar.

Menambahkan Keyword di Paragraf Pertama


Untuk belajar SEO dan mempraktekannya, Anda bisa menambahkan keyword di paragraf pertama, jika memungkinkan. Sebab, Google akan mulai melakukan proses perayapan pada paragraf pertama. Nah, apabila Anda menggunakan plugin Yoast SEO dan belum menambahkan keyword pada paragraf pertamanya, maka akan ada pemberitahuan akan hal tersebut.

Memasukkan Inbound Link atau Internal Link


Salah satu pondasi penting dalam SEO web, adalah internal link yang menjadikan web Anda tetap berada pada bounce rate nya yang menjadi kecil. Jika demikian, maka orang yang berkunjung di web tersebut akan betah berlama-lama, karena memang telah disediakan banyak artikel link yang menuju ke postingan link web Anda juga.

Artikel Terkait  Jasa SEO Google | SEO Google Adalah?

Melakukan SITEMAP XML


Untuk melakukan SITEMAP XML, Anda bisa mengunjungi google webmaster tools yang sesuai dengan Web Anda. Berikutnya, Anda bisa klik Crawl dan SITEMAP. Lalu, masukkan kode sitemap untuk wordpress, yakni : sitemap.xml dan refresh.

Cara Kerja Search Engine Optimization


seo-4

Secara garis besar, mesin pencarian memiliki dua fungsi utama, yakni untuk mengumpulkan lama web dalam index dan untuk menyajikan daftar laman web yang relevan dengan pencarian para pengguna.

Nah, keberadaan dari teknik SEO, mampu digunakan agar mesin pencarian Google mampu merayapi setiap konten yang Anda sajikan dalam web. Apabila postingan konten tersebut memenuhi setiap aturan yang diberlakukan, maka mereka akan menyajikannya pada laman web yang relevan, yakni pada halaman pertama mesin pencarian, agar mudah ditemukan oleh para pengguna.

Belajar SEO memanglah bukan sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Namun, jika Anda berhasil dalam menerapkan setiap tekniknya dengan baik, maka Anda akan merasakan hasilnya, ketika web Anda berhasil pada peringkat pertama pada mesin pencarian Google.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Tags: