Kami siap menjawab pertanyaan Anda. Mohon sebutkan nama dan pertanyaan Anda! Jam Kerja Senin – Sabtu dari pukul 9:00 – 17:00 WITA
APPKEY | Cara Google Ads Bekerja | Apa itu Google Ads?
Cara Google Ads bekerja ternyata cukup sederhana, Untuk bisa berada pada halaman 1 Google, Anda dapat menggunakan layanan iklan Google Ads. Bagaimana cara kerjanya ? Simak informasi berikut ini.
19602
post-template-default,single,single-post,postid-19602,single-format-standard,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.1,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-5.5.5,vc_responsive

Cara Google Ads Bekerja | Apa itu Google Ads?

Ada banyak metode untuk Mengelola suatu website atau situs, salah satu metode yang sering digunakan adalah metode SEO. Tetapi perlu diketahui juga pengunaan metode SEO tidak akan selalu berjalan maksimal. Dikarenakan perkembangan algoritma google yang terus berubah setiap bulan akan membuat anda semakin sulit untuk mempertahankan agar situs berada di urutan teratas dengan mengandalkan kerja SEO.

Namun, jika anda memilih untuk tetap menggunakan metode SEO untuk membantu perkembangan situs, anda dapat mempelajari sendiri Metode penulisan SEO, dimana materinya bisa dengan mudah anda dapatkan. Atau bahkan anda bisa menyewa Jasa penulis SEO, tapi hal tersebut akan memakan biaya yang mahal. Namun seperti disinggung sebelumnya bahwa kendala penulisan SEO adalah rule atau algoritma google yang terus berkembang, dimana perkembangan tersebut menjadi sulit tidak ditebak. Kendala dalam hal perkembangan tersebut dapat membuat semua usaha yang anda lakukan saat menggunakan metode SEO jadi tidak tepat sasaran.

Jika demikian, demi meningkatkan dan menjaga eksistensi situs Anda, tidak ada salahnya jika Anda mencoba cara lain untuk menaklukkan google. Di antaranya adalah menggunakan salah satu fasilitas menarik yang telah diberikan Google untuk Anda, yaitu Google ads.

Metode Google Ads dapat membuat situs Anda berada di urutan teratas dengan hanya memasang iklan langsung pada google.  Jika anda ingin mengetahui lebih lanjut apa itu google ads, bagaimana cara memasang Google Ads, bagaimana cara kerja Google Ads? berikut informasinya.

Bagaimana Cara Google Ads Bekerja?

Google Ads yang dulunya dikenal dengan nama Google Adwords, merupakan fitur atau platform pada Google yang berfungsi untuk menampilkan iklan berbayar pada hasil pencarian atau dikenal dengan istilah paid search

Pada saat anda melakukan sebuah pencarian di Google, anda pasti pernah menemukan situs dengan tanda iklan atau ads pada urutan teratas. Situs tersebut adalah contoh situs yang menggunakan layanan Google ads atau memasang iklan pada Google.

Artikel Terkait  Jasa SEO Google | SEO Google Adalah?

Anda juga dapat menempatkan situs Anda di urutan teratas menggunakan Google Ads. Caranya menggunakannya juga cukup mudah, yaitu hanya dengan membayar iklan tersebut setiap bulannya.

Google Ads dapat mebuat situs Anda akan muncul berdasarkan kata kunci (keyword), topik pencarian, waktu yang berhubungan dengan bisnis anda. Dengan demikian upaya pemasangan iklan bisa tepat mengenai sasaran. Yang mana hasilnya membuat anda dapat menggaet calon konsumen sesuai target pasar bisnis Anda. Harga untuk pemasangan iklan di google ads sendiri sangat fleksibel, karena Anda bisa menyesuaikan sendiri nominal anggaran yang Anda miliki.

Keuntungan Menggunakan Jasa Google Ads

Dalam dunia bisnis, Pemasangan iklan tentu saja harus membuat kita merasakan keuntungan yang sepadan dengan biaya yang dikeluarkan. Baik dengan cara biasa, maupun dengan mengunakan jasa Google Ads. Berikut keuntungan yang dapat Anda rasakan dengan menggunakan Google Ads:

Google penguasa pasar search engine

Google menjadi mesin pencari yang banyak digunakan di dunia, termasuk di Indonesia. Artinya Google menguasai pangsa pasar di antara mesin pencari yang ada. Saat ini Google menguasai lebih dari 90 persen pengguna secara global. Angka yang jauh dari posisi kedua yang ditempati Yahoo tidak lebih dari 3 persen.

Jadi, Fakta yang menyatakan bahwa Google menguasai pasar mesin pencarian tersebut akan membuat anda mendapatkan keuntungan jika anda memilih untuk mempercayakan bisnis pada rate Google, termasuk dengan memasang iklan Google Ads. Karena Banyaknya pengguna Google memungkinkan iklan Anda dilihat banyak orang yang otomatis akan meningkatkan peluang bisnis Anda.

Remarketing menambah peluang usaha

Jika anda adalah seorang pengguna Google, anda pastinya pernah beberapa kali mendapati Ada iklan yang muncul lagi setelah sebelumnya Anda sudah membukanya. Cara itulah yang akan dilakukan Google pada situs yang menggunakan jasa Google Ads.

Selain dapat membuat situs Anda muncul di urutan teratas Google Search, fitur Google ads ini juga membuat iklan tentang bisnis anda akan muncul di situs dan juga aplikasi partner Google. Jadi, Orang yang sebelumnya telah meng-klik iklan Anda namun tidak melakukan transaksi, akan kembali melihat iklan Anda saat melakukan aktivitas internet. baik di situs maupun aplikasi. Proses ini berfungsi untuk mempertahankan buying intent calon konsumen atau disebut sebagai remarketing.

Tepat sasaran pada target

Dalam bisnis periklanan, kita harus pertimbangkan target atau pasar yang hendak dituju. Selain untuk meningkatkan produktivitas bisnis, juga untuk memastikan agar anggaran yang dikeluarkan tidak sia-sia. Karena pastinya Anda tidak ingin menghabiskan dana untuk iklan besar tetapi tidak ada audience yang akhirnya membeli produk Anda.

Dengan Google Ads, Anda bisa mengatur Mulai dari jangkauan lokasi orang yang dapat melihat iklan. Jadi anda dapat menentukan target audience yang sesuai dengan kebutuhan. misalkan anda bisa memperluas iklan anda agar bisa dijangkau di seluruh Indonesia, atau ingin lebih spesifik dengan mempersempit jangkauan hanya di tingkat provinsi maupun kota.

Iklan anda juga dapat diatur untuk ditampilkan pada perangkat apa saja. Misalkan membatasi iklan hanya bisa dilihat orang yang mengakses Google menggunakan smartphone saja, jadi orang yang mengakses melalui perangkat lain jadi tidak bisa melihat dan belaku sebaliknya. Atau menampilkan iklan agar bisa dilihat dengan berbagai macam perangkat.

Anda juga bisa mengatur kapan anda ingin iklan anda ditampilkan. Baik di hari apa dan jam berapa saja, serta dari durasi penayangannya. misalnya anda hanya ingin iklan anda hanya tampil di jam prime time atau sesuai jam kerja. Dengan begitu, waktu penayangan iklan akan jadi lebih efektif, dan dapat lebih mengenai target pasar yang Anda tuju.

Biaya iklan murah

Keunggulan lain dari Google Ads adalah anda mengatur biaya iklan sesuai budget yang Anda miliki. Jadi anda tidak perlu mengeluarkan biaya mahal lagi untuk memasang iklan. Ditambah Google adalah perusahaan yang tidak menetapkan harga untuk beriklan.  Jadi dengan dana minim sekalipun anda tetap bisa beriklan di google.

Untungnya lagi biaya yang Anda keluarkan tidak terbuang percuma, karena Google Ads menerapkan system Pay Per Click PPC. Dimana Anda hanya perlu membayar biaya iklan sesuai dengan berapa banyak audience yang tertarik untuk membuka situs iklan Anda.

Meningkatkan traffic situs secara tertarget

Traffic sebuah situs bisnis sangat berpengaruh pada peluang perkembangan usaha. Dalam artian semakin besar aktivitas situs seperti kunjungan visitor, maka bisnis anda akan makin dikenal, artinya semakin luas peluang anda untuk mendapat konsumen.

Dengan menggunakan Google Ads, Anda akan mendapatkan visitor lebih banyak dan sesuai dengan target. Selain itu anda juga bisa mengontrol Jumlah biaya pemasangan iklan Anda dengan system PPC (Pay per Click).

Artikel Terkait  Jasa Pembuatan Website SEO

Gambaran mengenai PPC adalah Jumlah biaya iklan Anda ini akan dikonversi otomatis pada jumlah visitor dengan melihat tarif iklan dan harga yang ditentukan per klik. Misalkan Anda memasang seharga Rp 100 ribu dengan tarif per klik Rp 1000, situs Anda akan mendapat 100 visitor.

Meningkatkan reputasi situs tanpa khawatir SEO

Meningkatnya kunjungan situs dan aktivitas setelah situs Anda muncul di urutan teratas pencarian akan berpengaruh pada peningkatan reputasi situs Anda. Selain itu Anda juga tidak perlu khawatir Peningkatan reputasi akan merusak SEO.

justru menguntungkan untuk Anda jika Peningkatan reputasi ini terjadi. Karena Semakin tinggi reputasi situs, maka kepercayaan calon konsumen pada bisnis Anda akan semakin besar.

Meningkatkan omset bisnis

Tujuan utama dari memasang iklan tentu peningkatan pada omset bisnis. Memasang iklan dengan Google Ads sesuai pada target pasar dapat menjadi salah satu faktor meningkatkan omset bisnis. Meski demikian tetap harus diimbangi dengan peningkatan faktor lainnya.

Google mengklaim bahwa pemasangan iklan di Google Ads bisa menaikkan omset penjualan mulai dari 10 sampai 50 persen. Meski demikian, tidak ada jaminan untuk keberhasilan peningkatan omset bisa dilakukan hanya dengan Google ads tanpa adanya peningkatan pada faktor pendukung lainnya.

Bagaimana Cara Google Ads Digunakan?

Perbedaan Google Adsense dan Adword (Ads)

Jika Anda tertarik menggunakan Google Ads, caranya sangat mudah. Berikut adalah langkah yang harus Anda lakukan agar bisa mengunakan Google Ads, mulai dari pembuatan iklan, hingga melakukan pembayaran sebelum kemudian dapat mengembangkan situs dan bisnis Google Ads.

Pertama buka Google Ads, cukup ketik Google Ads pada search google Anda.

Selanjutnya buat akun Google jika belum punya. bisa menggunakan akun Google pribadi ataupun membuat yang baru.

Login ke Google Ads lalu pilih salah satu goal iklan yang disajikan. Pilih yang paling sesuai dan dibutuhkan bisnis Anda. Goal pertama adalah menghubungi Anda melalui telepon, Goal kedua adalah mengunjungi toko fisik, sedangkan Goal terakhir adalah mengunjungi website.

Selanjutnya Anda diberikan pilihan jangkauan lokasi. Pilih sesuai target bisnis Anda, bisa internasional, domestik. Atau juga memilih mempersempit jangkauan di lokasi terbatas seperti provinsi atau kota tertentu.

Pilih salah satu kategori bisnis yang Anda kelola. Agar Google bisa dengan mudah menentukan target audience iklan pada bisnis Anda.

Selanjutnya Anda harus membuat copy iklan untuk iklan berbayar di pencarian. copy iklan tidak  boleh dibuat sembarangan. Sebab Anda akan dibatasi karakter. Untuk headline iklan, harus di buat dalam 30 karakter saja. Sedangkan untuk bagian isi iklan tidak boleh lebih dari 80 karakter.

Jadi, Keterbatasan karakter ini akan menuntut kreatifitas anda dalam membuatnya. materi iklan juga sebisa mungkin dibuat dengan singkat, padat, informatif, jelas, mudah dimengerti dan tentu saja menarik. Anda juga harus memberi informasi apa yang harus dilakukan calon konsumen jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang produk Anda.

Foto atau gambar merupakan hal yang sifatnya opsional. Namun jika anda ingin menerapkannya, pilihlah gambar terbaik yang bisa mewakili bisnis Anda dan sertakan pula program promo jika ada.

Selanjutnya tentukan budget untuk pemasangan Google Ads ini. Ada beberapa estimasi harga yang dapat Anda pilih. untuk pemasangan pertama, usahakan pilihlah estimasi terendah. Selanjutnya Anda bisa menambahkan nominal estimasi iklan secara bertahap sesuai kebutuhan jika performa menunjukkan hasil yang bagus.

Terakhir pilih metode pembayaran yang dapat Anda lakukan. Google menyediakan pilihan pembayaran yang beragam. Baik melalui transfer bank maupun kartu kredit.  Jadi Anda akan dapat menggunakan jasa Google Ads untuk situs bisnis Anda setelah melakukan hal hal yang telah disebutkan tadi.

Cara Kerja Google Ads

Bagaimana cara Google Ads bekerja untuk menampilkan iklan Anda? Sementara di lain pihak ada banyak situs lain yang juga menggunakan jasa Google Ads. Sehingga Dalam satu kata kunci tersebut, bisa ditargetkan ke banyak perusahaan. Misalkan, kata kunci kemeja anak bisa menargetkan 30 situs toko online serupa. maka iklan siapa yang akan dimunculkan jika ada calon konsumen yang menggunakan kata kunci itu.

Google memiliki penilaian standar tersendiri agar kompetisi iklan tersebut dilakukan dengan adil. Dimana dengan standar tersebut, Google akan menentukan iklan mana yang akan memenangkan persaingan keyword dan bisa muncul di pencarian.

Jadi, Mengetahui cara kerja Google Ads adalah salah satu hal yang penting Anda jadikan sebagai strategi dalam beriklan.

Penilaian Google tersebut dilakukan berdasarkan Google Quality Score, yakni bagaimana cara Google ads menilai relevansi antara isi iklan dengan apa yang dicari pelanggan.

Ada tiga kriteria utama penilaian yang dilakukan menurut Google Quality Score yaitu;

Relevansi Landing Page, yaitu tentang bagaimana relevansi landing page dengan iklan Anda. Semakin relevan hubungan keduanya, maka semakin tinggi nilai relevansi iklan Anda. Sebaliknya jika ternyata antara landing page dan isi iklan jauh berbeda, maka nilai kita menjadi rendah.

ketidaksesuaian isi iklan dengan isi konten pada landing page dapat menjadi salah satu indikasi rusaknya pengalaman audience, yang mana dapat menyebabkan tingginya bounce rate yang dapat dinilai Google.

Berikutnya Perkiraan click-through-ratio (CTR) atau perkiraan audience yang mungkin membuka iklan. Hal ini dapat diatasi dengan membuat iklan yang menarik, karena iklan yang menarik dapat membuat angka CTR-nya akan semakin tinggi. Dan pastinya angka CTR yang tinggi akan memberi peluang iklan situs Anda ditampilkan Google.

Penilaian terakhir adalah relevansi keyword dengan iklan Anda. Pastikan membuat iklan yang sesuai dengan keyword yang ditargetkan. karena keyword yang relevan akan dapat mememberikan anda poin yang tinggi.

Google akan memberikan nilai 1-10 untuk ketiga kriteria Google Quality Score di atas. jadi Semakin tinggi nilai yang didapat, semakin besar pula kemungkinan Anda memenangkan persaingan dalam iklan Google Ads ini.

Selain untuk menentukan posisi iklan anda,  penilaian Google Quality Score memiliki keuntungan lain yaitu anda dapat menentukan besaran biaya iklan yang harus dibayar. jadi, Semakin tinggi nilai yang didapat, maka akan semakin rendah harga per klik yang harus dibayar.

Guna menjangkau pada lebih banyak calon konsumen, Penggunaan berbagai metode pemasaran Seperti paid search atau Google Ads sangat dibutuhkan Pebisnis di era serba online saat ini. yang akhirnya para pebisnis juga diwajibkan untuk hadir pada setiap ruang marketing online.

Karena, persaingan bisnis kini tidak hanya tampak di dunia nyata, melainkan juga dunia maya. oleh karena itu Anda terus dituntut untuk menguasai teknologi untuk mengembangkan situs bisnis Anda. Selain memasang iklan berbasis internet, pastikan juga bahwa anda memiliki situs web yang kompatibel pada bisnis Anda. Akan lebih baik jika selain dengan pengembangan situs web, Anda juga bisa memulai berinovasi dengan membuat suatu aplikasi bisnis.

 

Artikel Terkait  Jasa Pembuatan Website SEO Friendly dan Responsif

 

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.
Tentang Kami Kontak Kami
Pengenalan Perusahaan Pengenalan Layanan
Tags: