Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan website. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
Cara membuat artikel yang menarik untuk blog (dijamin menarik)!
Berbiacara tentang artikel tentu hampir semua orang pasti sudah mengetahui arti dari artikle bukan? Namun apakah kalian juga mengetahui cara membuat artikel yang menarik dan diminati banyak orang? Artikel adalah karangan pendek yang terdiri dari 300 sampai 1000 lebih kata yang membahas tema tertentu, yang ingin disampaikan dari penulis kepada pembaca agar setiap orang yang membaca artikel tersebut mendapatkan informasi yang diinginkan. Ada beberapa cara membuat artikel yang menarik, salah satunya yaitu dengan merumuskan atau ide atau pokok masalah. Berikut penjelasan selengkapnya!
23272
post-template-default,single,single-post,postid-23272,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
membuat-artikel

Cara membuat artikel yang menarik untuk blog (dijamin menarik)!

Saat ini, ada banyak sekali tulisan artikel blog yang menarik di dunia maya. Anda bisa googling dimesin pencarian, contoh cara membuat artikel blog atau website pribadi yang paling menarik dan menginspirasi yang telah ditulis oleh para blogger di Indonesia. Bahkan, ada juga artikel blog yang sudah didaptasi menjadi sebuah buku, kemudian difilmkan.

Seperti Apa Cara Membuat Artikel yang Menarik Itu?

 

artikel-menarik
 

Apapun jenis dan topik pembahasannya, maka yang dimaksud dengan artikel blog yang menarik adalah artikel blog yang enak dibaca, mudah dipahami, dan tidak membingungkan pembaca. Biasanya, artikel yang menarik akan memiliki trafik yang tinggi.

Artikel Terkait  Layanan Optimasi Website Profesional

Cara Membuat Artikel yang Menarik ?

 

Silahkan Anda siapkan secangkir kopi atau teh hangat diatas meja untuk menemani dan menyimak informasi mengenai cara membuat artikel yang menarik. Pada artikel ini, ingin membagikan informasi yang kami ketahui dan sekiranya dapat bermanfaat bagi orang yang hobi ngeblog atau blogging.

Menulis artikel blog yang menarik memang tak mudah. Tidak bisa langsung instan, membutuhkan waktu, dan proses yang cukup panjang. Tetapi, bukan berarti tidak bisa dipelajari.

Pada dasarnya, hampir setiap orang mampu membuat artikel blog mengenai hal apapun, termasuk yang bercerita menyangkut pengalamannya sendiri. Namun, tidak semua orang mengetahui cara membuat artikel blog yang menarik sekaligus mudah terindeks search engine.

Berikut step by step cara membuat artikel blog yang menarik :

  • Mengumpulkan Ide.
  • Mencari dan Memilih Sumber Informasi.
  • Membuat Outline.
  • Membuat Draft.
  • Editing.

 

Mengumpulkan Ide

 

mengumpulkan-ide
 

Pikirkan dan pahami tema artikel blog yang akan dibahas agar Anda bisa menemukan ide yang tepat untuk membuat artikel blog yang menarik. Berpikirlah bebas, keluarkan ide yang melintas dipikiran.

Jangan dihambat agar tidak lupa, tulis segera semua ide, dengan membuat daftar ide didalam buku catatan atau dismartphone. Karena, terkadang ide yang terbesit dikepala itu hanya mampir sebentar.

Setelah Anda mendapatkan ide. Lakukan riset topik dengan mencari berbagai informasi yang tersedia diinternet melalui google dan search engine yang lain.

Cari artikel blog orang lain yang topik pembahasannya hampir mirip dengan artikel blog Anda. Teliti dan pelajari artikel blog tersebut, terutama yang berada dihalaman pertama search engine.

Perhatikan kelebihan dan kekurangannya. Usahakan tulisan artikel blog yang Anda buat, bisa lebih baik daripada artikel blog yang sudah ada.

Selain riset pada internet, Anda juga bisa melakukan tinjauan pustaka dengan mengunjungi beberapa perpustakaan terdekat yang menyediakan buku, majalah, dan sumber pustaka paling lengkap yang dapat dijadikan referensi dalam penulisan artikel.

Artikel Terkait  Keywords adalah : Mendapatkan Keywords Terbaik untuk Konten Blog atau Website

Memilih dan Mencari Sumber Informasi

 

Pilih sumber informasi yang paling relevan dengan tema artikel blog yang hendak Anda tulis. Misalnya, kalau Anda akan menulis trend terbaru untuk bisnis pasca pandemi, Anda jangan mengambil referensi dari tren bisnis pada tahun 2017.

Contoh yang lain dalam pencarian sumber informasi. Misalnya, Anda akan menulis artikel berita mengenai sentra kuliner kekinian. Anda harus langsung menjelajahi kelokasi serta kulinernya itu dan melakukan wawancara kepada sejumlah pihak yang terlibat dalam bisnis kuliner.

Mulai dari wawancara kepengelola atau pengurus, pedagang makanan yang membuka lapak, dan para pengunjung yang hadir untuk diminta testimonialnya. Anda juga bisa take foto ataupun video asli terbaru untuk lokasi sentra kuliner tersebut.

Keberadaan foto dan video asli bisa menjadi pelengkap didalam konten blog. Selain menambah daya tarik, memuat foto dan video keartikel dapat meyakinkan pembaca mengenai isi berita yang ditulis.

Membuat Outline

 

Setelah mengumpulkan ide dan sumber informasi, langkah selanjutnya adalah membuat outline. Menurut bahasa, outline merupakan kerangka penulisan yang memuat ide yang disusun secara sistematis dan terstruktur.

Outline dibuat sebelum penulis membuat draft dan tulisan artikel diblog. Sebenarnya, pembuatan outline tergantung pada topik pembahasannya.

Untuk topik yang serius, rinci, informatif, dan detail. Misalnya, seperti artikel berita, maka diperlukan adanya outline. Sedangkan, untuk menulis artikel blog yang berupa catatan harian atau diary, penulis tidak perlu repot membuat outline.

Outline dapat membantu penulis untuk tetap fokus dan efektif pada topik selama proses penulisan, sehingga kadang outline sering disebut juga mind mapping. Membuat outline bisa menggunakan rumus 5w+1H (what, when, who, where, why + how).

Membuat Draft

 

Membuat-Draft
 

Setelah mempunyai outline, Anda bisa mulai melakukan penulisan draft. Walaupun, masih dalam bentuk draft. Kembangkanlah poin perpoin yang ada dioutline.

Tuangkan semua kedalam bentuk tulisan dengan informasi dan referensi sebagai dasar utama dalam penulisan artikel blog. Untuk kalimat pembuka, buatlah 1-2 kalimat apersepsi yang memukau dan dapat menarik perhatian pembaca.

Kalimat apersepsi yang dibuat bisa berupa sebuah pertanyaan atau fakta seru yang disuguhkan. Setelah apersepsi atau intro, buat paragraf yang tidak terlalu panjang. Paragraf terdiri dari 3-4 kalimat.

Hal ini supaya artikel terlihat menarik secara visual. Dalam setiap paragraf, lebih baik sisipkan hanya satu ide saja agar pembaca lebih mudah mencerna setiap informasi yang Anda sampaikan didalam artikel.

Masukan “nyawa” pada tulisan artikel Anda. Caranya, yaitu dengan membuat cerita atau kisah yang menyentuh pembaca, tapi disertakan dengan beberapa fakta.

Tulisan yang kontennya hanya berisi opini, panduan, dan pembahasan teknis saja. Kemungkinan tulisannya itu akan “garing” kurang menarik, dan membosankan, cara membuat artikel.

Misalnya, Anda menulis artikel tentang perusahaan perkebunan teh peninggalan Belanda yang ada didaerah Anda. Mungkin, akan menjadi menarik jika menemukan saksi hidup atau buruhnya langsung yang masih ada, lalu melakukan wawancara untuk membuka memorinya kala perusahaan perkebunan teh masih berdiri.

Menceritakan bagaimana pahit manisnya selama menjadi buruh diperkebunan dan kesehariannya tinggal disekitar perkebunan teh didaerah pegunungan yang masih sepi. Contoh lain dari artikel blog yang tutur ceritanya telah berhasil menyentuh jutaan pembaca.

Misalnya, artikel blog the naked traveller yang ditulis oleh Trinity. Cara membuat artikel blog yang menceritakan tentang seorang yang bernama pena Trinity yang melakukan perjalanan bersama teman dan saudaranya keberbagai negara dalam waktu satu tahun dengan modal nekad.

Cerita dari artikel blog ini sudah difilmkan pada 2017 dengan judul Trinity “the nekad traveller”. Selain memberikan kisah atau cerita yang menarik, cobalah masukan juga materi berupa pengetahuan penting agar pembaca mendapatkan nilai plus setelah membaca artikel blog Anda.

Misalnya, dalam cara membuat artikel tentang perusahaan perkebunan teh peninggalan Belanda yang tadi dijelaskan diatas, penulisnya dapat memasukan informasi atau pengetahuan umum mengenai awal mula budidaya tanaman teh di Indonesia, jenis teh, manfaat teh untuk kesehatan, waktu yang tepat untuk minum teh, dan masih banyak lagi pengetahuan umum yang lain yang bisa dimasukan kedalam tulisan artikel tersebut.

Selain itu, konten artikel juga harus memberikan informasi yang akurat dan lengkap yang dapat menjawab seluruh rasa keingintahuan pembaca. Apalagi, untuk jenis artikel berita. Anda harus informatif, tidak boleh sembarangan memberikan informasi kepada pembaca.

Untuk memudahkan dalam pengembangan artikel berita, Anda dapat menggunakan rumus (5W+1H). Berikut ini contoh penggunaan rumus 5W+1H :

What: konser musik the International Forest Music Festival, when: 23 Februari 2019, who: Sheila on 7, Fourtwenty, Ardhito Pramono, SVMERDOSE, Project Pop, Joe Hertz (London), Honne (London), The Internet (Los Angeles), Crush ( Korea), where: Kawasan Hutan Orchid Forest Cikole, Lembang, Bandung, Why: konservasi/back to nature, How: Konser terbaik tahun ini. Konser dengan suasana alam khas pegunungan.

Selain isi konten, penulis artikel blog juga harus memperhatikan tata Bahasa atau gramatikal seperti ejaan, pilihan kata, dan struktur kalimat. Penulis selayaknya harus menggunakan tata bahasa yang mudah dimengerti dan tidak rancu.

Jika artikel blog untuk pembaca dari Indonesia, maka penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar wajib digunakan agar semua orang di Indonesia tahu informasi atau cerita yang disampaikan serta dapat memahami isi dari artikel blognya.

Menulis artikel blog itu tidak mudah dan tentu membutuhkan waktu. Kalau Anda sedang ngantuk, stuck, ataupun ada kendala lain dalam proses penulisan.

Lebih baik, tinggalkan artikel Anda untuk sementara, jangan dipaksakan. Anda dapat pergi keluar, segarkan pikiran Anda, melihat daun hijau, menghirup udara segar sambil minum secangkir teh atau kopi hangat.

Kalau Anda sudah merasa fresh dan merasa ide kembali mengalir deras dikepala. Anda bisa melanjutkan kembali untuk menulis artikelnya.

Artikel Terkait  10 Alternatif Penyedia Google Adsense Untuk Blog di 2020

Editing

 

Setelah draft artikel telah selesai disusun, langkah selanjutnya adalah melakukan editing. Editing atau proses pengeditan diawali dengan membaca seluruh artikel dari awal hingga akhir secara hati-hati.

Proses pengeditan ini mulai dari memperbaiki kesalahan dalam pengetikan (typo), menyunting artikel sesuai dengan tata bahasa (ejaan, diksi, struktur kalimat), dan sampai memeriksa isi konten. Pada intinya, proses pengeditan ini adalah untuk mempersiapkan artikel blog agar siap dipublikasikan.

Kesimpulan

 

Sekarang ini banyak sekali tulisan artikel blog yang menarik dan keren yang dimuat dengan pembahasan topik yang hampir sama pula. Tidak bisa dipungkiri, hal itu jelas menimbulkan kekhawatiran dalam diri para penulis apakah artikelnya akan dibaca atau tampak menonjol ditengah artikel blog yang lain yang hampir serupa.

Sebenarnya, para blogger tidak perlu khawatir. Jika selama dalam penulisan, mereka selalu konsisten dengan tema, kreatif, jujur, dan akurat. Maka, dengan sendirinya artikel blognya akan memiliki faktor pembeda, karakter yang kuat, dan tentu memiliki ciri khas tersendiri yang dapat menarik perhatian para pembaca.

Selain itu, Anda juga bisa mengamati beberapa contoh artikel blog atau website pribadi yang menarik dari para blogger ternama untuk dijadikan bahan referensi dalam membuat artikel blog yang menarik.

Demikianlah, pembahasan artikel untuk kali ini, semoga informasi yang disampaikan cukup jelas, dapat membantu, dan bermanfaat untuk semua.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Tags: