Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan website. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
Social Media Marketing di Tahun 2020 dan Panduan Lengkapnya
Pada zaman sekarang social media marketing merupakan salah satu strategi marketing yang paling banyak digunakan mengingat penggunaan social media bukanlah hal yang asing lagi dari orang tua, orang dewasa dan remaja pun sudah menggunakan social media. Berikut ini kami akan memberikan informasi mengenai panduan social media marketing di tahun 2020. Ayo simak!
23409
post-template-default,single,single-post,postid-23409,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
thumbnail-sosial-media-marketing

Social Media Marketing di Tahun 2020 dan Panduan Lengkapnya

Seperti yang kita ketahui di Indonesia, kini sudah banyak pengguna social media. Menurut riset We Are Social, data pengguna aktif social media di Indonesia pada tahun 2020 mencapai 160 juta. Artinya ada peningkatan sebesar 10 juta pengguna, jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya (2019).

Sedangkan, social media yang paling menarik perhatian dan paling diAndalkan oleh pengguna internet di Indonesia seperti YouTube, WhatsApp, Facebook, Instagram, Twitter, Line, FB Massenger, LinkedIn, Pinterest, We Chat, Snapchat, Skype, Tik tok, Tumblr, Reddit, Sina Weibo (Dilansir dari https://inet.detik.com/cyberlife/d-4907674/riset-ada-1752-juta).

Dari data tersebut memberikan indikasi bahwa di Indonesia sudah banyak pengguna social media dengan berbagai macam platform dan ternyata tidak hanya Facebook dan Twitter saja yang mendominasi di tahun 2020 ini.

Dalam kaca mata para digital marketer dan pebisnis online, penggunaan social media bukan hanya untuk mencari teman baru, update status, upload gambar, upload video, baca berita terupdate, atau hiburan melulu. Tetapi, social media dapat dibuat lebih produktif untuk memasarkan produk/jasa kepada jutaan pengguna yang ada di social media. Caranya, yaitu menggunakan social media marketing.

Apa itu social media marketing?

Yuk, kita bahas definisi social media marketing berikut ini:

Definisi

 

sosmed-marketing

Sederhananya, social media marketing adalah teknik pemasaran produk, jasa, atau bisnis di berbagai platform socialmedia, seperti Facebook, Instagram, YouTube, WhatsApp, Twitter, LinkedIn, Pinterest, dan lain-lain.

Sementara itu, definisi social media marketing secara umum adalah sebagai berikut:

Social media marketing adalah bentuk marketing di internet yang memanfaatkan jejaring social sebagai media pemasaran produk/ jasa secara online.

Menurut wikipedia, social media marketing adalah proses meraih kunjungan pengguna internet atau perhatian publik ke situs tertentu melalui social media.

Artikel Terkait  Cara Mendapatkan Penghasilan dari Internet

5 Langkah Teknis Social Media Marketing Tahun 2020

 
Setelah membahas definisi dari social media marketing. Selanjutnya, pembahasan topik utama dari artikel ini, yaitu teknis social media marketing. Ada 5 langkah teknis social media marketing dalam pengembangan bisnis di sosAndaial media. Berikut panduan langkah demi langkahnya:

Langkah-1 Membuat Tujuan Pemasaran

 
Langkah pertama adalah membuat tujuan pemasaran. Karena, tanpa tujuan kita tidak dapat mengeksekusi rencana pemasaran.

Dalam konteks ini, kita perlu menetapkan rencana untuk menampilkan produk/jasa kepada target atau pengguna. Tampilkan produk/jasa dengan menarik.

Pilih salah satu tujuan pemasaran yang cocok untuk langkah awal:

  • Brand Awareness
  • Traffic Situs
  • SEO
  • Konversi

Langkah – 2 Siapa Target yang Ingin Disasar

 

target-audience

Anda harus tentukan target yang ingin disasar. Caranya dengan mengelompokkan pelanggan berdasarkan kriteria-kriteria sesuai dengan produk/jasa yang ditawarkan. Jika Anda mau menyebarkan iklan, tanpa mengelompokkan pelanggan terlebih dahulu, maka Anda akan kesusahan menemukan target atau bahkan salah sasaran. Setiap pelanggan tidak bisa dipukul rata, karena setiap pelanggan memiliki kriteria yang berbeda-beda.

Jika, salah sasaran dalam memasarkan produk/jasa, pasti akan menimbulkan efek yang kurang baik untuk pelanggan maupun bisnis Anda sendiri.

Kelompokkan pelanggan sesuai dengan produk/jasa yang ditawarkan. Pengelompokkannya seperti ini :

  • Pelanggan Tetap.
  • Pelanggan Baru.
  • Calon Pelanggan.

Langkah – 3 Platform Manakah yang Lebih Pantas?

 
Ada banyak social media yang tersedia saat ini dan setiap social media memiliki fasilitas dan fitur yang berbeda-beda.

Misalnya, perusahaan Anda mempunyai produk/jasa yang disukai oleh anak muda kekinian. Kemudian, Anda mau memasarkan produk/jasa itu melalui social media. Pastinya, Anda akan memasarkan produk/jasa itu melalui platform social media yang paling sering digunakan oleh anak muda kekinian, yaitu Instagram dan Facebook. Mungkin, salah saluran, jika Anda pilih pemasaran produk/jasa tersebut di LinkedIn.

Jadi, Anda harus menentukan platform social medianya dulu, social media apa yang cocok dengan produk/jasa yang Anda tawarkan.

Berikut adalah beberapa social media yang populer saat ini yang bisa digunakan untuk saluran promosi produk/jasa.

1.Facebook

2.YouTube

3.Instagram

4.LinkedIn

5.Twitter

6.WhatsApp

Artikel Terkait  Laravel adalah? Mengapa Kita Harus Menggunakannya?

Langkah – 4 Tipe Engagement

 

engagement

Setelah Anda memilih salah satu social media. Misalnya, Instagram. Selanjutnya, dengan segala fasilitas dan fitur yang tersedia di dalam Instagram. Anda harus bisa menyajikan iklan konten produk/jasa yang sangat menarik yang dapat membentuk interaksi atau keterlibatan (engagement) yang baik dengan pelanggan di Instagram Anda.

Menurut Avinash Kaushik, Engagement atau interaksi itu bisa berupa:

”  Applause: Like, Emoji, Klik.

  • Conversation: Comments (percakapan para pengguna /follower yang berada di akun).
  • Amplification: share (aktivitas penyebaran konten oleh para pengguna).”

Instagram memiliki tampilan visual yang indah dan menarik. Maka, cocok untuk Anda yang ingin menampilkan iklan produk/jasa dalam bentuk video (IGTV) ataupun grafis.

Untuk pembuatan kontennya, Anda bisa melibatkan beberapa orang professional dari berbagai bidang, mulai dari fotografer, videografer, dan sampai ke ahli digital marketing.

Memang, memerlukan teknik social media marketing tersendiri untuk platform ini. Karena, Instagram salah satu platform yang paling favorit dan kompetitif.

Adapun teknik social media marketing untuk Instagram adalah sebagai berikut:

  1. Untuk profil akun, gunakanlah brand yang mewakili perusahaan atau bisnis Anda.
  2. Gunakan Bio untuk deskripsikan merek produk/jasa, jelaskan apa yang dapat Anda bantu dan kerjakan, memberikan kontak yang details agar fast response, lalu buat link yang menghubungkan ke website perusahaan Anda.
  3. Pilih username yang mudah diingat, dikenali, dan ditelusuri.
  4. Buat berbagai jenis konten dengan berbagai pilihan seperti posts, stories, video IGTV, dan live videos.
  5. Manfaatkan Shoppable posts dan Stories untuk lebih meningkatkan konversi penjualan.
  6. Gunakan hastag yang populer di captions agar bisa menjangkau followers yang lebih luas. Untuk contohnya, bisa Anda lihat seperti di bawah ini.

#foody#ruangceritacafe#instafood#foodstagram#sukabumifoodies#instacoffee

  1. Gunakan taktik dengan menampilkan foto dan testimony pengguna di konten yang sudah menggunakan produk/jasa Anda.
  2. Lakukan posting secara berkala sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Tetapi, jangan sampai mengganggu pelanggan dengan update terlalu berlebihan.

Langkah -5 Support Pelanggan dan Feeds

 
Social media begitu potensial di mata pemasar online. Tetapi, tetap ada persaingan yang kompetitif di antara para digital marketer. Oleh sebab itu, harus selalu aktif di socialmedia. Jika Anda secara teratur melakukan kontak dengan pelanggan, rutin menerbitkan posting, mengirim pesan, dan fast response. Anda akan mendapatkan respon positif dan image yang baik dari mereka. Pelanggan akan rekomendasikan produk/jasa perusahaan atau bisnis Anda kepada pengguna yang lain.

Artikel Terkait  Cara Mengelola Website Yang Baik Tapi Tidak Membosankan

Jasa Social Media Marketing

 
Mempelajari teknik social media marketing secara otodidak, tidaklah mudah dan membutuhkan waktu yang lama.

Bagi pemilik bisnis yang fokus atau passionnya hanya di bisnis dan produk saja, bukan di socialmedia marketing, mungkin saat mempelajari teknik socialmedia marketing akan sedikit kesulitan dan cepat merasa bosan.

Nah, daripada hasil teknik socialmedia marketing yang diterapkan kurang maksimal. Lebih baik serahkan ke ahlinya, yaitu penyedia jasa socialmedia marketing yang dapat menangani pengelolaan socialmedia untuk pemasaran bisnis Anda.

Kesimpulan

Artikel ini ditulis untuk pembaca umum atau digital marketer pemula. Karena, digital marketer yang berpengalaman, pasti sudah tidak butuh bahan bacaan dan panduan, sebab telah memahami dan tahu betul seluk-beluk socialmedia marketing dari A to Z.

Demikianlah, semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi siapapun itu pembacanya.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami