Pengertian, Fungsi dan Tujuan Iklan yang Bermanfaat Untuk Pemasaran Bisnis Anda
Memahami dengan baik pengertian, fungsi dan tujuan iklan itu sendiri sangat penting untuk peningkatan pemasaran produk bisnis Anda. Berikut ini kami akan memberikan informasi lengkap tentang pengertia, fungsi dan tujuan iklan. Ayo simak!
tujuan iklan
23508
post-template-default,single,single-post,postid-23508,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
tujuan-iklan-thumbnail

Pengertian, Fungsi dan Tujuan Iklan yang Bermanfaat Untuk Pemasaran Bisnis Anda

Memulai bisnis dan menjalankan bisnis memang tidaklah mudah, banyak hal yang perlu dipertimbangkan untuk bisa masuk dan meraih pasar yang sudah ada. Persaingan antara produk yang serupa juga menambah poin penting yang harus diperhatikan para pengusaha.

Memperkenalkan produk Anda kepada calon konsumen merupakan salah satu poin penting yang harus digarisbawahi. Tidak hanya berlaku untuk produk baru saja, tetapi produk lama juga harus terus mempertahankan ke eksistensinya.

Agar tidak dilupakan dan tenggelam karena banyaknya produk serupa yang terus bermunculan. Salah satu cara para pengusaha dan pebisnis untuk mempertahankannya adalah dengan cara mengiklankan produknya. Saat ini, semua produk maupun jasa pastinya melakukan pengiklanan untuk menarik minat pasar agar membeli produk mereka.

Bahkan bisnis online dan bisnis kecil pun juga melakukan kegiatan pengiklanan untuk produknya. Contohnya saja, mahasiswa yang berjualan pulsa di kelasnya. Ia mengiklankan dirinya dengan cara menginfokan teman-teman terdekatnya bahwa Ia menjual pulsa.

Tak butuh waktu lama, bahkan orang-orang diluar kelasnya yang tak ia kenal pun bisa membeli pulsa padanya. Hal itu karena adanya iklan yang disebarkan oleh orang sekitarnya ke lingkup yang lebih luas lagi dengan metode informasi dari mulut ke mulut.

Apa yang Dimaksud dengan Iklan

 

tujuan-iklan-1

Dari tadi kita sudah membahas mengenai iklan, tapi apa yang dimaksud iklan?

Iklan sebenarnya adalah segala bentuk pesan promosi yang bisa berupa untuk barang ataupun jasa dan disampaikan melalui media yang ditujukan kepada masyarakat. Biasanya keberadaan iklan lewat media-media terpilih akan dibiayai oleh si pemilik produk.

Artikel Terkait  Jasa Pembuatan Website Ecommerce Profesional dan Terpercaya

Iklan Zaman Dahulu

 
Iklan sebenarnya bukan lagi sebuah hal yang baru. Pada zaman dahulu pun, orang-orang sudah mengenal iklan dan menerapkannya pada kehidupan di zaman tersebut.

Iklan tulis sebenarnya mulai dikenal pada zaman Yunani Kuno. Pada zaman itu, tujuan iklan adalah untuk menginformasikan adanya penyelenggaraan pertandingan gladiator.

Bisa juga tujuan iklan untuk menginformasikan masyarakat bahwa ada budak yang kabur dari tuannya. Sehingga orang-orang yang pernah melihatnya bisa melaporkan keberadaannya kepada tuannya.

Tujuan Iklan

 
Kita sudah mengetahui apa itu iklan dan perkembangannya dari masa lalu. Lalu  apakah tujuan iklan yang lainnya selain membuat iklan untuk melakukan promosi dan pemberian informasi?

Berikut ini beberapa tujuan iklan selain untuk promosi:

  1. Suatu upaya untuk menimbulkan citra yang baik terhadap produk, jasa maupun suatu ide yang diiklankan
  2. Memberikan informasi mengenai produk, jasa maupun suatu ide
  3. Mempermudah masyarakat untuk mengetahui spesifikasi, harga, fungsi dan manfaat dari suatu produk
  4. Meyakinkan masyarakat yang merupakan penerima iklan mengenai kebenaran tentang suatu produk
  5. Mempengaruhi target pasar untuk menggunakan atau membeli produk yang diiklankan

Fungsi Iklan

 

tujuan-iklan-2

Untuk bisa mencapai tujuan iklan, maka iklan akan memiliki beberapa fungsi. Fungsi iklan adalah seperti, informing (memberikan informasi), reminding (mengingatkan), persuading (membujuk) dan juga adding value (memberikan nilai tambah).

Jenis Iklan

 
Untuk dapat bisa menyampaikan tujuan iklan kepada masyarakat luas, maka Anda juga harus menentukan target iklan Anda berdasarkan media penyebarannya. Anda bisa mendapatkan kepercayaan pada produk maupun jasa Anda sesuai target Anda dengan memanfaatkan media yang paling sering digunakan oleh target pasar Anda. Iklan dibagi lagi menjadi beberapa jenis berdasarkan media yang digunakannya, contohnya adalah seperti berikut:

Iklan Cetak

 >
Merupakan iklan yang dipublikasikan pada media cetak, seperti koran, majalah, tabloid dan lainnya. Iklan pada media ini, kadang dipecah lagi sesuai dengan bentuknya, yaitu iklan kolom maupun iklan baris.

Iklan Elektronik

 >
Iklan ini merupakan jenis iklan yang publikasinya melalui media elektronik, seperti TV, radio dan juga melalui internet maupun media digital.

Iklan Layanan Masyarakat

 >
Iklan ini biasanya dikeluarkan oleh pemerintah saat memberikan himbauan ke arah yang lebih baik ataupun sesuai dengan peraturan yang berlaku. Iklan ini bisa menjadi media sosialisasi terhadap peraturan maupun himbauan-himbauan baru.

Artikel Terkait  11 Manfaat Web Bagi Perusahaan di Era Globalisasi

Iklan Perusahaan

 >
Adanya iklan perusahaan ini bertujuan untuk membangun citra dari perusahaan tersebut. Terbangunnya citra yang baik soal perusahan tersebut maka akan semakin banyak orang yang percaya dan akan menggunakan produk ataupun jasa yang ditawarkan dari perusahaan tersebut.

Jika Anda menyasar target pada pasar anak-anak muda, maka pilihlah jenis iklan elektronik dengan memanfaatkan media digital. Seperti yang bisa kita lihat, hampir semua anak muda selalu aktif pada media sosial.

Jika pasar Anda ada pada orang-orang yang berumur, maka Anda bisa memasang iklan pada media cetak seperti koran. Semakin tepat jenis iklan dan medianya yang Anda pilih, maka semakin besar potensi untuk meraih pasar dengan efektif. Tentu saja dengan bantuan iklan yang komunikatif.

Jika Anda sadari, hampir semua perusahaan termasuk juga kegiatan bisnis menengah pastinya memiliki team pemasaran tersendiri untuk memasarkan jasa maupun produk mereka. Team pemasaran tentunya berfokus pada cara memasarkan mana yang tepat bagi produk ataupun jasa yang diwakilinya.

Kegiatan promosi periklanan yang dilakukan biasanya berkaitan dengan promosi penjualan, publisitas dan juga hubungan masyarakat. Dalam pembuatannya, iklan memiliki beberapa unsur-unsur yang terkandung di dalamnya. Unsur tersebut seperti kalimat deskriptif untuk menjelaskan produk maupun jasa yang diiklankan dan juga kalimat persuasif yang paling penting untuk mempengaruhi orang-orang agar menggunakan produk dan layanan Anda.

Jika mengikuti perkembangan zaman saat ini, semua orang akan lebih banyak memfokuskan iklan mereka pada jenis iklan elektronik yang memanfaatkan dunia digital. Entah iklan melalui website, adword, media sosial ataupun media lainnya. Perkembangan informasi yang sangat cepat dan juga kemudahan akses internet mendukung pergerakan informasi yang super cepat. Sehingga lebih efektif untuk memberikan informasi menggunakan media tersebut dibandingkan media lainnya.

Kalaupun dibandingkan dengan metode konvensional yang dulu sering digunakan seperti, cetak brosur, menempel pamflet di jalan ataupun membuat promo di jalan besar agar menarik minat orang-orang untuk mampir ke booth Anda sekarang sudah dirasa tidak efektif lagi. Adanya bantuan media sosial sangat amat mempermudah Anda dalam melakukan pemasaran.

Orang-orang yang telah melihat iklan promosi Anda pada media sosial juga bisa ikut membagikan iklan tersebut kepada orang-orang disekitarnya. Sehingga terjadi juga pemasaran secara organik yang dilakukan orang-orang tanpa sadar dan menciptakan market yang lebih luas lagi tanpa perlu menambah biaya pemasaran untuk melakukan hal tersebut.

Keberadaan iklan untuk bisnis Anda pastinya akan Anda butuhkan setiap saat. Sesuai dengan tujuan dari adanya sebuah iklan, mulai dari untuk memperkenalkan identitas produk maupun perusahaan Anda kepada masyarakat.

Hal ini tentunya akan membangun hubungan secara emosional dengan konsumen dan calon konsumen Anda. Anda perlu mengingatkan jika brand Anda masih ada dan tetap eksis dalam bisnis tersebut. Serta semakin banyak orang-orang yang aware terhadap brand Anda maka akan semakin besar potensi orang-orang untuk mencoba produk yang Anda tawarkan.

Kemudian juga dengan bantuan iklan, ada bisa memberikan informasi yang spesifik terhadap barang Anda. Seperti dimana mereka bisa mendapatkannya, apa manfaatnya, tersedia dalam ukuran apa dan informasi-informasi penting lainnya. Pemilihan kata-kata dalam periklanan juga sangat penting untuk mempengaruhi minat masyarakat agar membeli produk Anda. Persuasif adalah misi inti dari dibuatnya sebuah iklan.

Dari penjelasan tujuan iklan tersebut, sekarang bisa membuat iklan untuk produk Anda sendiri. Anda tinggal menyesuaikan target pasar Anda sesuai dengan jenis iklan yang Anda pilih. Tidak ketinggalan pula, Anda bisa memilih berdasarkan kemampuan Anda untuk membeli jasa periklanan yang sesuai dengan keuangan bisnis Anda.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Tags: