Uji Kecepatan Internet di Rumah dengan Cepat Pake Cara Ini!
Apakah Anda penasaran seberapa cepat koneksi internet di rumah Anda atau hanya ingin sekedar mengecek dan memastikannya? Berikut ini tips dan cara mengecek dan mengukur kecepatan internet Anda.
23388
post-template-default,single,single-post,postid-23388,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
thumbnail-speed-test

Uji Kecepatan Internet di Rumah dengan Cepat Pake Cara Ini!

Hampir keseluruhan masyarakat di Indonesia selalu dalam keadaan online di setiap harinya. Mungkin masih ada beberapa persen untuk orang-orang yang belum bisa berada pada situasi tersebut, karena masih terhalang sinyal. Kemungkinan, mereka masih hidup di daerah yang sangat pedesaan ataupun berada di daerah-daerah terpencil. Seperti daerah yang belum banyak bisa dijangkau oleh pihak telekomunikasi untuk pemasangan tower pemancar sinyal.

Lalu kenapa banyak orang yang selalu dalam keadaan online di setiap harinya? Tentu saja jawabannya yaitu, karena mereka ingin memperoleh sebuah kemudahan. Adanya internet benar-benar menciptakan kemudahan dalam berkomunikasi dan juga kecepatan dalam memperoleh sebuah informasi maupun data. Saat ini, posisi layanan SMS sebagai layanan untuk berkirim pesan sudah digantikan dengan aplikasi online seperti Whatsapp, LINE, Kakaotalk dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tentu saja harganya lebih murah jika dibandingkan memakai layanan SMS. Sekali membeli kuota internet, Anda benar-benar bisa melakukan banyak hal. Mulai dari berkirim pesan, bermain game, menggunakan media sosial, streaming video maupun lagu ataupun hanya sekedar mencari informasi dan referensi dalam mengerjakan tugas sekolah atau pekerjaan Anda.

Fenomena Penggunaan Wi-Fi Semakin Meningkat

 

internet

Untuk dapat menikmati layanan internet, banyak cara yang bisa dilakukan. Mulai dari membeli kuota internet sendiri, menggunakan fasilitas Wi-Fi kantor maupun sekolah, datang ke tempat yang menyediakan Wi-Fi gratis dan bisa juga memasang Wi-Fi sendiri di rumah. Tidak jarang, jika Anda pergi ke sebuah cafe, Anda akan menemukan beberapa orang membawa laptop dan sedang mengerjakan pekerjaannya sambil menikmati pesanannya.

Orang yang melakukan hal tersebut pun beragam, mulai dari siswa, mahasiswa, freelancer sampai dengan pegawai pun masih ada yang pergi ke cafe untuk mendapatkan fasilitas Wi-Fi tersebut.

Namun terkadang hal ini juga tidak terlalu nyaman. Ada beberapa hal yang membuat mengerjakan tugas dengan memanfaatkan Wi-Fi di cafe terasa kurang nyaman. Yang pertama, karena tidak semua cafe beroperasi 24 jam. Beberapa dari pengguna Wi-Fi tentunya memiliki waktu yang berbeda-beda untuk mengerjakan tugasnya.

Kedua, tidak nyaman hanya membeli satu atau dua buah items yang di jual di cafe padahal kita menggunakan fasilitas Wi-Fi nya secara berjam-jam. Terkadang ada di beberapa tempat, yang pelayannya langsung menghampiri meja si pengguna Wi-Fi untuk menanyakan pesanan berikutnya karena sudah diam terlalu lama dan pesanan pertama juga sudah lama habis.

Ketiga, karena menggunakan Wi-Fi umum maka keamanannya juga sangat rentan. Ada beberapa kasus dimana data pribadi si pengguna diambil oleh  si peretas melalui  jaringan Wi-Fi umum dan beberapa faktor-faktor lainnya yang menimbulkan ketidaknyamanan saat menggunakan Wi-Fi umum. Maka dari itu tidak ada salahnya untuk memasang jaringan Wi-Fi dirumah, untuk kenyamanan browsing dan lebih baik daripada hanya mengandalkan kuota internet hp untuk kegiatan yang cukup banyak dengan internet.

Sekarang sudah banyak provider internet yang menawarkan fasilitas untuk pemasangan Wi-Fi dirumah, untuk mempermudah segala mobilitas bagi pekerjaan Anda dan juga mempermudah anak Anda dalam belajar dan menyelesaikan tugas rumah, jika Anda sudah berkeluarga.

Semuanya bisa dilakukan dirumah tanpa harus pergi lagi ke tempat-tempat yang menyediakan fasilitas Wi-Fi ataupun takut kuota internet habis saat mencari informasi di internet. Namun terkadang, kecepatan internet dengan Wi-Fi yang dipasang dirumah bisa saja tiba-tiba melambat, bahkan belum digunakan untuk sebulan. Tentu saja hal tersebut dirasa cukup mengganggu.

Ada bisa melakukan tes kecepatan internet saat dirumah untuk mengukur kecepatan internet. Apakah benar lebih lambat daripada sebelumnya? Jika iya, tentunya hal ini bisa dilaporkan dan juga dicari apa penyebabnya. Uji kecepatan internet umumnya disebut dengan speed test dalam lingkungan IT. Speed test sendiri merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengukur kecepatan koneksi dan performa internet yang Anda gunakan. Singkatnya speed test adalah pengukur kecepatan internet baik untuk kecepatan internet di handphone ataupun Wi-Fi.

Artikel Terkait  Jasa Coding Untuk Pembuatan Website Berkualitas

Cara Mengecek Kecepatan Internet

 

speed-test-internet

Cara cek kecepatan internet biasanya bisa dilihat dari beberapa faktor, seperti download speed, upload speed dan ping. Speed test mengukur soal download speed yaitu, seberapa cepatkah data yang bisa ditarik dari dari server menuju ke perangkat Anda. Download speed diukur dalam satuan megabit per second atau yang sering dikenal dengan Mbps.

Selain itu, speed test juga mengukur upload speed yang bisa mengukur seberapa cepat data bisa dikirim ke server dari perangkat Anda. Satuan untuk mengukur upload speed juga sama, yaitu Mbps. Ada juga yang dinamakan ping. Ping atau yang kadang disebut juga dengan latency merupakan reaksi seberapa cepat Anda mendapatkan respon setelah mengirimkan permintaan dan respon pun kembali lagi ke perangkat.

Ini seperti mengetes reaksi dari koneksi Anda. Ping biasanya diukur dalam milisecond (ms) atau milidetik dalam Bahasa Indonesianya. Semakin rendah nilai ping maka semakin baik koneksi Anda.

Namun hasil speed test tidak selalu menunjukan angka yang sama dan juga bersifat mutlak. Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi dalam pengukuran koneksi internet dengan menggunakan aplikasi speed test.

Jarak

 
Jarak Anda dengan modem Wi-Fi atau handphone yang berbagi koneksi Wi-Fi dengan Anda akan mempengaruhi hasil. Semakin jauh jarak Anda dengan sumber jaringan internet maka semakin kurang akurat hasilnya.

Hindari Kegiatan Download Maupun Upload

 
Saat menggunakan speed test, usahakan untuk menghentikan kegiatan upload maupun download agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Dua kegiatan tersebut jika masih aktif akan mengurangi kecepatan internet saat dilakukannya speed test.

Restart Perangkat

 
Ada baiknya sebelum melakukan speed test, Anda me-restart terlebih dahulu untuk modem ataupun handphone yang akan diukur kecepatannya. Agar kondisinya prima kembali dan tidak terbebani

Frekuensi Elektronik Lain

 
Adanya frekuensi elektronik lain di sekitar modem ataupun handphone Anda bisa mengganggu keakuratan hasilnya. Usahakan untuk menjauhkan barang-barang yang memiliki gelombang elektronik saat melakukan speed test.

Artikel Terkait  8 Algoritma Google Terbaru dan Terupdate 2020

Jangan di Gunakan Berbanyak

 
Usahakan saat mengukur kecepatan dengan aplikasi speed test, jaringan Wi-Fi atau handphone Anda belum terbagi atau tidak digunakan siapapun. Hasilnya tentunya akan berbeda saat tidak digunakan dan saat digunakan oleh banyak orang. Semakin banyak yang menggunakan sebuah jaringan, maka kecepatannya akan semakin melambat.

Cek Kondisi Kabel

 
Untuk pengguna modem, kerusakan pada kabel modem akan mempengaruhi kecepatan jaringan. Baiknya, jika internet Anda melambat pastikan dulu kondisi kabel modem Anda dalam kondisi bagus. Tidak jarang ada kasus jaringan Wi-Fi sangat lambat atau tiba-tiba tidak berfungsi karena kabelnya terputus akibat digigit tikus.

Speed test ini pun bisa di download dimana saja, tidak terbatas hanya pada perangkat handphone saja. Tetapi juga bisa digunakan pada PC dan laptop bahkan bisa juga digunakan pada ekstensi browser Anda. Anda juga bisa melakukan speed test pada Wi-Fi dirumah teman Anda untuk mengetahui apakah koneksi internet dari provider tersebut bagus atau tidak.

Hal ini tentunya bisa membantu menjadi bahan pertimbangan sebelum Anda memasang Wi-Fi dirumah Anda. Anda juga tentunya bisa meminta teman Anda yang berkunjung ke rumah Anda dengan provider kartu seluler yang berbeda untuk melakukan speed test. Jadi Anda bisa tahu provider mana yang koneksi internetnya cepat dan stabil jika digunakan dirumah Anda ataupun area-area yang ingin Anda ketahui kecepatan koneksi internetnya.

Nah, jadi melakukan pengecekan speed test bisa dilakukan secara berkala untuk memantau kualitas jaringan Anda ataupun hanya sekedar ingin tau kualitas koneksi dari jaringan internet Anda. Hasil dari speed test ini akan memberikan gambaran kasar mengenai seberapa baik kualitas jaringan koneksi Anda. Aplikasi speed test bisa di download ataupun langsung melakukan pengetesan dengan menggunakan browser.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Tags: