Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan website. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
Webinar Adalah: Ketahui Definisi, Jenis dan Cara Melakukannya
Sistem operasi Webinar yang sering disebut juga dengan web seminar adalah situs web atau aplikasi yang berbasis internet, yang membantu mendemostrasikan keahlian brand atau keunggulan bisnis Anda, salah satu keuntungan menggunakan Webinar yaitu membantu menggumpulkan feedback. Berikut kami sajikan!
22865
post-template-default,single,single-post,postid-22865,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
webinar-adalah

Webinar Adalah: Ketahui Definisi, Jenis dan Cara Melakukannya

Dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, memungkinkan orang-orang untuk melakukan tugas sehari-hari dengan cepat dan efisien. Selain tugas sehari-hari, komunikasi merupakan salah satu faktor yang ikut merasakan dampak positif. Salah satu pengaruh positif yang paling dapat kita rasakan adalah Webinar atau Web-based Seminar. Webinar adalah, presentasi, pelajaran, workshop atau seminar yang ditransmisikan melalui web dengan menggunakan software konferensi video.

Berbeda dengan webcast yang hanya merupakan komunikasi satu arah yang biasanya menampilkan informasi melalui media slide atau video (seperti televisi). Sedangkan dalam penggunaan webinar, pengguna dapat membagikan audio dan dokumen kepada peserta webinar, yang memungkinkannya adanya komunikasi dua arah.

Artikel Terkait  UI UX Adalah Wajah Situs | Bagaimana Membuatnya Menarik?

Webinar Adalah Transformasi Seminar pada Era Globalisasi

 

webinar 

Sejarah webinar sendiri sebenarnya telah dimulai pada sekitar tahun 1980-an dimana bentuk awalnya adalah aplikasi teks real-time seperti IRC. Webinar umum pertama tersedia pada tahun 1996 yang dipelopori oleh Microsoft dengan aplikasi NetMeeting yang memungkinkan penggunanya untuk bertukar data secara langsung.

Berkat perkembangan teknologi, melakukan webinar atau mengikuti webinar dapat dilakukan dengan mudah. Secara umum hal yang dibutuhkan, bagi pengguna laptop, yang dibutuhkan dalam sebuah webinar adalah software konferensi video. Terlepas dari pemilihan software konferensi video yang berbayar atau yang gratis, software konferensi video idealnya memiliki beberapa fitur seperti:

  1. Mampu digunakan untuk banyak presenter
  2. Chat langsung untuk peserta webinar
  3. Adanya kemampuan untuk membagikan layar kepada peserta
  4. Dapat merekam presentasi dan kemudian dibagikan setelah webinar

 

Fungsi Webinar Adalah ?

 

fungsi-webinar 

Di era informasi teknologi yang berkembang begitu pesat, fungsi webinar sendiri sudah mulai di kembangkan oleh tiap-tiap industri, sehingga pengertian webinar pun memiliki arti serta fungsi yang lebih luas. Beberapa pengembangan fungsi webinar diantaranya:

Memperkenalkan Suatu Produk

 
Selain secara umum digunakan sebagai media untuk menyampaikan pembelajaran oleh pendidik, webinar kini juga telah beralih fungsi sebagai media pemasaran. Bayangkan jika pengikut setia produk anda harus terbang ratusan ribu kilometer tiap kali anda meluncurkan baru.

Webinar produk kerap kali menjadi suatu pilihan yang tepat bagi anda dan brand Anda untuk merangkul orang-orang yang memiliki potensi konversi ke brand anda. Anda akan memiliki dua kesempatan dalam menggunakan webinar sebagai sarana perkenalan suatu produk Anda. Pertama, Anda dapat mengedukasi pelanggan-pelanggan setia anda dan kedua, Anda dapat secara langsung menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh mereka.

Memposisikan Diri sebagai Ahli

 
Mengadakan webinar dengan suatu topik tertentu dapat memberikan narasumber sebuah pusat perhatian virtual, dimana terlepas dari tujuan orang mengikuti seminar adalah sebagai bentuk dukungan, banyak dari peserta yang bergabung dengan menganggap anda sebagai ahli di bidang tersebut.

Bahkan ketika webinar Anda dilakukan tanpa biaya sekalipun, peserta tetap akan berpartisipasi dengan meluangkan waktu serta informasi kontak mereka. Peserta mempercayai bahwa Anda akan menyampaikan informasi yang penting, menarik dan unik.

Berinteraksi dengan Audience

 
Siaran webinar langsung memiliki nilai yang melebihi postingan media sosial atau iklan berbayar Facebook. Jika informasi pada postingan media sosial dibuat untuk ada, siaran webinar langsung memiliki kekuatan yang bisa disebut dengan kelangkaan

Jika peserta webinar Anda, bergabung tidak tepat waktu, salah jadwal atau tidak hadir saat webinar Anda sedang berlangsung, secara langsung mereka telah melewatkan sesuatu yang para peserta lain telah ketahui. Selain itu, peserta yang melewati webinar langsung tersebut kemungkinan besar akan melewati sesi tanya jawab yang mungkin memiliki informasi-informasi penting yang dibutuhkan.

Peserta tentu saja dapat mengikuti siaran ulang webinar tersebut. Tetapi tentu saja, salah satu aspek dari webinar, yaitu interaksi, sudah tidak terpenuhi.

Mendapatkan Lead Baru

 
Salah satu bukti pengembangan fungsi webinar adalah bagaimana webinar digunakan untuk mendapatkan lead baru. Dengan membawakan topik-topik yang sesuai dengan apa yang peserta ingin ketahui atau dalami, dapat membantu mendapatkan lead yang berkualitas.

Jika peserta melihat promosi webinar Anda, kemungkinan besar mereka akan menuju landing page anda berpartisipasi dengan webinar Anda dengan cara mengisi form pendaftaran. Orang yang berpartisipasi inilah yang dapat kita sebut dengan  lead baru yang berpartisipasi dengan pengembangan fungsi dari webinar.

Artikel Terkait  Jasa Pembuatan Website Marketplace Terpercaya di Bali

Langkah-Langkah Memulai Webinar

 

langkah-webinar 

Jika sebelumnya kita sudah membahas apa-apa saja yang diperlukan untuk melakukan webinar dengan media laptop. Melakukan Webinar saat ini pun sangat mudah. Beberapa hal yang Anda dapat lakukan untuk memulai webinar Anda.

Pilih Tim Anda

 
Meskipun tidak merupakan sesuatu yang esensial dalam tiap webinar, memilki tim yang membantu anda dalam webinar dapat membuat webinar Anda berjalan lancar dan terorganisir. Tim anda dapat digolongkan menjadi tiga kategori:

  1. Penyelenggara: atau yang biasanya dikenal dengan fasilitator adalah posisi penting yang membuat konten untuk webinar Mereka juga yang bertanggung jawab atas pencatatan registrasi serta berkomunikasi diawal dan diakhir webinar.
  2. Pembawa acara: atau biasanya yang kita kenal sebagai narasumber memiliki tugas untuk membuat dan menyampaikan materi dari webinar.
  3. Asisten: Presenter membantu peserta dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan kecil yang pembawa acara dan fasilitator tidak memiliki waktu untuk menjawab, seperti masalah-masalah teknis yang dimiliki oleh peserta webinar

 

Tentukan Format dari Webinar Anda

 
Langkah berikutnya dalam menyelenggarakan webinar Anda adalah dengan menentukan format yang membantu Anda menyampaikan informasi dengan baik kepada peserta webinar. Beberapa format yang dapat Anda pakai :

  1. Satu pembicara: Format yang memungkinkan pembicara untuk mendemonstrasikan konten dari webinar dan menjawab semua pertanyaan yang ditujukan oleh peserta. Format ini cocok digunakan jika anda memiliki peserta webinar yang sedikit.
  2. Format interview: Format ini mencakup pembicara yang berfungsi sebagai pewawancara dan menanyakan beberapa pertanyaan yang telah ditentukan sebelumnya kepada narasumber. Tipe webinar ini dapat menjadi format yang sangat menarik karena menyemangati peserta untuk mengajukan pertanyaan
  3. Diskusi panel: Seperti diskusi panel pada umumnya, webinar panel memiliki beberapa pembicara yang mendiskusikan topik yang telah ditentukan sebelumnya. Format webinar ini memerlukan moderator untuk memfasilitasi diskusi
  4. Tanya jawab: Format yang menyerupai format interview yang memungkinkan pembicara untuk menjawab pertanyaan dengan perbedaan dalam format ini pertanyaan ditanyakan langsung oleh peserta webinar.

 

Rencanakan Tampilan Visual untuk Webinar serta Kamera Presenter Anda

 
Sebagai seminar yang berbasis website, webinar akan sangat bergantung pada penggunaan audio dan materi visual. Slide yang diisi dengan penuh tulisan tidak akan menjadi alat yang efektif untuk menyampaikan informasi.

Webinar yang baik adalah webinar yang dapat memberikan pengalaman menyerupai seminar tatap muka. Oleh sebab itu pembicara atau pembawa acara dianjurkan untuk menggunakan webcam-nya.

Mengenai slide, pembicara atau pembawa acara dapat menggunakan beberapa point dibawah:

  1. Memiliki satu slide pengenalan yang terdiri dari waktu mulai presentasi dan poin-poin apa saja yang akan dijadikan bahan diskusi dalam webinar
  2. Miliki slide yang menampilkan sinopsis dari topik yang akan dibahas
  3. Sertakan alat-alat atau website yang akan digunakan selama webinar

 

Pilih Aplikasi untuk Melakukan Webinar Anda

 
Dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat. Anda tidak akan memiliki masalah dalam menemukan perangkat lunak yang akan anda gunakan untuk konferensi webinar Anda. Pastikan beberapa pertimbangan terpenuhi seperti tujuan dari seminar Anda, seberapa ramah pengguna dan seberapa besar biaya penggunaan aplikasi tersebut.

Siapkan Peralatan dan Ruang yang Tepat

 
Dalam melakukan webinar anda perlu menentukan tempat yang sesuai untuk melakukan webinar. Idealnya Anda memerlukan tempat yang bebas dari gangguan dan kebisingan latar belakang.

Serta pastikan Anda menggunakan laptop yang sudah terisi daya penuh serta data-data yang akan digunakan saat webinar tersimpan di komputer Anda.

Pilih Waktu dan Tanggal yang Tepat

 
Tidak seperti seminar konvensional, dimana para peserta Anda akan berada pada satu tempat dan waktu yang sama dengan Anda, pemilihan waktu dan tanggal sangatlah penting dalam penyelenggaraan webinar mengingat tidak semua peserta Anda akan berasal dari zona waktu yang sama.

Artikel Terkait  Jasa Pembuatan Website Indonesia

Kesimpulan

 
Webinar memiliki fungsi yang dapat membantu komunikasi kita dewasa ini. Terlepas dari fungsi awal yang sebagian besar dimanfaatkan untuk penggunaan edukasi, fungsi webinar kini telah berkembang hingga ke rambah bisnis komersial. Dalam menyelenggarakan webinar Anda, terdapat beberapa hal-hal penting yang dapat anda lakukan agar webinar Anda berjalan lancar. hal-hal tersebut mencakup: pemilihan tim, pemilihan format webinar, perencanaan tampilan visual, aplikasi webinar dan pemilihan waktu dan tanggal yang tepat.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami