Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Aplikasi Aplikasi Android Aplikasi Sepi Peminat? Pelajari Penyebabnya agar Tidak Terjadi pada...

Aplikasi Sepi Peminat? Pelajari Penyebabnya agar Tidak Terjadi pada Anda!

-

Perkembangan teknologi yang semakin pesat setiap harinya membuat setiap orang tidak dapat hidup tanpa adanya teknologi di sekitar mereka. Gadget merupakan salah satu hal yang tidak bisa lepas dari genggaman seseorang.

Gadget sudah menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi. Ini kemudian menjadi peluang yang sangat besar bagi para pengembang aplikasi untuk menciptakan berbagai aplikasi yang nantinya akan digunakan dan di-install pengguna di gadget-gadget yang mereka gunakan.

Pengembang aplikasi tentunya berupaya untuk menciptakan aplikasi yang sempurna agar di-install oleh banyak pengguna. Ada berbagai macam jenis aplikasi dengan fungsi dan tujuan berbeda diciptakan. Mulai dari aplikasi gaming, musik, pemutar video, aplikasi pengirim pesan, sosial media, dan masih banyak lagi lainnya.

Sayangnya, tidak semua aplikasi mampu bersaing dan di-install banyak pengguna. Penyebab atau alasan aplikasi sepi peminat ini harus diketahui oleh pengembang aplikasi agar dapat menghindari kegagalan dalam melakukan pemasaran produk aplikasi tersebut. Ada beberapa hal yang menjadi alasan aplikasi sepi peminat, salah satunya ialah desain UI/UX yang tidak menarik.

Mau tau alasan lainnya dan bagaimana penjelasannya? Yuk simak artikel ini hingga akhir, karena kami akan membahas 4 alasan aplikasi sepi peminat yang wajib diketahui oleh pengembang aplikasi agar dapat dihindari.

4 Alasan Aplikasi Sepi Peminat

aplikasi1

1. Desain UI/UX Tidak Menarik

Dalam beberapa artikel sebelumnya telah dijelaskan apa itu UI (User Interface) dan UX (User Experience) juga alasan mengapa kedua hal ini sangat penting dalam proses pembuatan dan pengembangan aplikasi. Sebab dua hal inilah yang akan berhubungan langsung dengan penggunanya, baik dari segi tampilan hingga fungsi tools-tools yang terdapat di dalam sebuah aplikasi.

Bahkan dengan tampilan UI yang baik akan mampu meningkatkan loyalitas pengguna sehingga dengan sendirinya mereka yang akan melakukan promosi ke pada teman dekat atau orang-orang di sekitarnya, sehingga desain UI/UX yang kurang menarik menjadi alasan aplikasi sepi peminat yang pertama.

Banyak pemula yang bergelut di bidang pengembangan aplikasi hanya fokus pada fitur-fitur yang akan dipasang pada aplikasi. Dengan fokus pada fitur yang akan ada di dalam aplikasi, mereka kemudian melupakan mendesain tampilan yang baik dan juga melupakan bagaimana aplikasi akan berjalan. Sehingga pada saat digunakan, tidak dapat berjalan maksimal sesuai ekspektasi pengguna.

Artikel Terkait  Cara Membuat Mobile Apps dengan Mudah

Peletakan tombol yang tidak familiar, perpindahan halaman satu ke halaman lainnya yang lambat, dan berbagai kendala lainnya yang terjadi akibat desain UI/UX yang tidak baik akan menyebabkan aplikasi Anda ditinggalkan oleh pengguna dan memberi testimoni yang tidak baik. Akibatnya tidak ada pengguna baru yang mau menggunakan aplikasi yang Anda buat meskipun memiliki fitur yang lengkap dan menarik.

Ada beberapa ciri desain UI/UX yang baik yaitu; mampu menciptakan desain yang jelas dan mudah digunakan user agar mereka dapat mengeksplor fitur-fitur yang terdapat dalam aplikasi dengan mudah dan lancar. Namun, meski UI/UX harus jelas, namun berilah penjelasan yang singkat dan runut.

Jangan memasukkan terlalu banyak kalimat, hal ini bisa diatasi dengan membuat diagram untuk memberikan penjelasan. Gunakan tombol atau simbol-simbol yang familiar atau umum digunakan.

Apalagi jika Anda memiliki banyak produk aplikasi, maka pastikan untuk membuat desain yang familiar di setiap produk Anda. Selain itu, buatlah desain yang responsive, bersifat efisien, serta memiliki kecepatan yang stabil.

2. Terlalu Banyak Iklan

Alasan aplikasi sepi peminat berikutnya adalah karena terlalu banyak menampilkan iklan. Tidak bisa dipungkiri, iklan memang menjadi salah satu sumber pendapatan utama para pengembang aplikasi. Dengan banyaknya perusahaan yang beriklan di aplikasi maka akan semakin banyak pula bayaran yang akan diperoleh

Sayangnya masih banyak pengembang aplikasi yang tidak memahami cara menempatkan iklan yang benar dan berapa iklan yang pas. Banyak pengguna suatu aplikasi akhirnya memutuskan untuk tidak lagi menggunakan aplikasi tertentu dan beralih ke aplikasi lainnya karena iklan yang sangat mengganggu dan berkali-kali.

Contoh aplikasi yang dulunya sangat populer namun kini ditinggalkan adalah Blackberry Messenger atau yang biasa disebut BBM. 5 tahun yang lalu aplikasi satu ini merupakan aplikasi pengiriman pesan singkat yang memiliki ratusan juta pengguna diseluruh dunia. Namun, saat ini masihkah Anda sendiri menggunakannya? Atau masih adakah kenalan Anda yang menggunakannya?

Meski tidak benar-benar ditinggalkan, namun saat ini hanya sedikit sekali orang diseluruh dunia yang masih bertahan menggunakan aplikasi ini. Orang-orang mulai beralih menggunakan Line atau WhatsApp yang memang untuk saat ini menjadi aplikasi pengiriman pesan nomor satu di dunia.

Selain karena berbagai prosesnya yang cukup rumit dan tidak fleksibel, salah satu alasan aplikasi ini ditinggalkan adalah karena iklan yang ditampilkan terlalu banyak. Bahkan status-status dari teman tertutupi atau tertimbun dengan banyaknya iklan yang ditampilkan. Tentunya hal ini sangat tidak nyaman bagi para penggunanya.

Oleh karena itu, jika aplikasi Anda memang berisi iklan, buatlah iklan tersebut tidak seperti iklan. Batasi juga jumlah iklan yang muncul setiap harinya untuk setiap pengguna. Anda dapat meniru pemasangan iklan Instagram atau YouTube yang bahkan beberapa iklan di antaranya dinikmati pengguna.

Artikel Terkait  Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Mudah

3. Terlalu Banyak Menghabiskan Memori

aplikasi2

Salah satu yang menyebabkan banyaknya penggunaan memori untuk satu aplikasi adalah banyaknya iklan dan bug yang muncul. Untuk beberapa aplikasi seperti aplikasi gaming atau marketplace mungkin dapat dimaklumi. Sebab memang memuat banyak hal di dalamnya.

Namun, coba Anda pikirkan bagaimana jika aplikasi yang hanya digunakan untuk chatting atau game ringan memakan banyak memori ponsel dan membuat kinerjanya melambat. Tentu akan mengesalkan bukan?

Penggunaan memori yang terlalu banyak juga menjadi alasan aplikasi sepi peminat sehingga sebaiknya para pengembang aplikasi mulai memikirkan bagaimana membuat aplikasi seringan mungkin sehingga tidak akan mempengaruhi kinerja ponsel pengguna secara signifikan.

Dengan begitu user atau pengguna tidak akan kecewa dengan kinerja aplikasi yang Anda buat. Sekali lagi, dengan pengalaman menyenangkan pada saat menggunakan aplikasi, maka dengan sendirinya tanpa diminta, pengguna tersebut akan mempromosikan produk aplikasi Anda kepada orang disekitarnya.

4. Aplikasi Berjalan Lambat

Kecepatan aplikasi menjadi alasan aplikasi sepi peminat yang harus diperhatikan juga. Generasi milenial adalah mereka yang menginginkan segala sesuatu dapat dilakukan dengan instan dan cepat. Generasi ini tidak menyukai sesuatu berjalan lambat dan tidak pasti. Mereka dengan tanpa berpikir panjang akan menghapus install-an aplikasi yang kinerjanya tidak baik.

Oleh karena itu, kecepatan aplikasi Anda harus memiliki peforma yang baik dan stabil. Jika memang ada keadaan di mana pengguna harus menunggu, maka pastikan untuk memberikan grafik atau persen yang menunjukkan berapa lama lagi mereka harus menunggu. Ini akan sedikit membuat mereka mempertimbangkan penggunaan aplikasi Anda untuk jangka waktu yang lama.

Sebagai pengembang aplikasi, pastikan alasan aplikasi sepi peminat yang satu ini dapat Anda hindari serta memiliki alternatif solusi yang baik. Sehingga meski memiliki kekurangan dalam hal kecepatan akses yang lambat, namun Anda telah mengantisipasi dengan memberikan grafik yang menunjukkan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sebuah proses.

Itulah tadi pembahasan beberapa alasan aplikasi sepi peminat yang harus dipahami oleh para pengembang aplikasi. Dengan memahami beberapa hal di atas, tentunya bagi Anda yang berniat atau sedang mengembangkan aplikasi memiliki gambaran terkait apa yang harus dan apa yang tidak boleh dilakukan selama proses dan eksekusi pembuatan sebuah aplikasi.

Artikel Terkait  Cara Ekstrak File Zip di Windows dengan Mudah

Perhatikan kenyataan bahwa pengguna tidak hanya menginginkan aplikasi dengan fitur lengkap saja, melainkan mereka juga menginginkan tampilan user interface dan user experience yang baik, tidak terganggu banyak iklan, tidak memperlambat atau memperburuk kinerja ponsel, serta kecepatan dan kemudahan dalam pengaksesan.

Sekarang, Anda sudah dapat mulai membuat aplikasi dengan pemahaman dan pengetahuan baru. Sekian artikel tentang 4 alasan aplikasi sepi peminat kali ini, semoga dengan artikel ini Anda dapat menghindari hal-hal di atas. Terima kasih telah mengikuti hingga akhir, sampai jumpa di berbagai artikel menarik lainnya. Semoga bermanfaat!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Blog Post Ranking 10

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Mau Jadi Front-end Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Mockup adalah: Membuat Mockup Design untuk Website

Wireframes adalah kerangka. Prototipe menunjukkan perilaku. Mockup adalah kulitnya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa mockup sama pentingnya dengan...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Apa Itu Cache Memory? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu cache memory? Orang yang setiap hari berinteraksi dengan internet, istilah cache tentu saja bukan lagi istilah yang...

Layout adalah : 4 Prinsip Dasar Desain Layout

Desain layout adalah salah satu bagian dari seni kita semua tahu,  untuk bisa menampilkan seni dengan baik, kita harus...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya