Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan AplikasiAplikasi GameSuka Main Game? Ayo buat Game sendiri dengan Panduan...

Suka Main Game? Ayo buat Game sendiri dengan Panduan Ini

-

Anda suka main game online? Anda mungkin seorang pemain PUBG Mobile atau juga seorang fans PUBG Mobile.

Melihat kesuksesan PUBG Mobile, pernahlah terpikir untuk membuat game Anda sendiri? Cobalah pikirkan game online apa yang kira-kira ingin Anda buat!

Sekarang membuat game online tidak perlu repot lagi. Anda bisa membuat game online yang Anda inginkan dengan mudah. Anda pun bisa melakukannya meski Anda bukan seorang programmer. Artikel ini merupakan panduan untuk Anda yang suka main PUBG Mobile atau game online lainnya. Simak terus artikel berikut ini!

Tentukan Ide Game Online yang Ingin Anda Buat

Tuliskan ide-ide yang sudah Anda dapatkan. Kalau belum mendapatkan ide, Anda bisa memikirkannya lagi dengan lebih matang. Tidak perlu terburu-buru. Luangkan waktu Anda untuk memikirkan ide terbaik. Anda juga bisa browsing dari Internet untuk mendapatkan referensi.

Metode mencatat ide ini akan membantu Anda untuk menggali lebih banyak ide lainnya. Jika sudah menuliskan ide, maka ini berarti Anda sudah mendapatkan desain draf pertama untuk game Anda.

Ide yang Anda tuliskan pun tidak perlu menjadi tulisan yang terstruktur, yang terpenting catatan Anda rapi dan mudah untuk memahaminya. Anda juga bisa menambahkan tabel, diagram, agar catatan Anda menjadi lebih rapi dan ringkas. Beberapa hal yang bisa Anda tulis untuk memudahkan Anda memperoleh ide adalah:

Apa tujuan dari game yang akan dibuat?

Mengapa ide game ini bisa dianggap hebat/unik?

Apakah game yang akan dibuat menggunakan satu pemain atau banyak pemain? Apa yang dilakukan pemain?

Apa cerita utamanya? Emosi apa yang dimilikinya?

Efek suara/grafik/visual apa yang akan disertakan? Bisa berdasarkan genre game atau mix and match!

Jenis audiens apa yang Anda targetkan, pengguna seluler, pengguna desktop, atau keduanya?

Bahkan jika Anda tidak memiliki salah satu dari draf pertanyaan atas, tidak perlu risau! Dengan panduan membuat game ini akan membantu Anda untuk mendapatkan ide yang Anda inginkan.

Protips: Coba pikirkan jenis permainan yang disukai oleh teman dan orang-orang yang ada di sekitar Anda. Pikirkan versi terbaik dari game tersebut. Buat daftar game dan genre populer. Anda bisa tambahkan sedikit ide yang out-of-the-box agar game buatan Anda berhasil!

Memilih Game Engine

gamer

Sesudah Anda mendapatkan ide, mengembangkannya, dan memiliki draf yang bagus, kita harus memilih game engine yang akan Anda gunakan. Untuk game 2D klasik, Anda dapat menghilangkan grafis IDE, namun untuk game yang lebih kompleks dan interaktif Anda akan membutuhkan engine yang tepat yang menangani penyaringan dan pengelolaan sumber daya untuk meningkatkan kinerja secara keseluruhan.

Lihat game desktop sederhana yang mirip dengan DxBall. Mereka dibuat menggunakan Eclipse IDE (Java). Ada juga IDE lain seperti Visual Studio, CodeBlocks, dan PyCharm.

Apa itu Game Engine?

Game engine adalah lingkungan di mana Anda dapat menambahkan fitur yang berbeda seperti collision management, animasi, artificial intelligent, dan banyak lagi tanpa perlu mengkodekan salah satu dari mereka. Komponen-komponen ini dapat digunakan kembali oleh pengembang untuk membangun kerangka permainan mereka.

Game Engine menyediakan banyak API tempat Anda dapat memiliki objek grafik, efek suara, objek fisika, dan lainnya ke dalam satu objek game. Hal ini akan lebih baik daripada memiliki paket terpisah untuk setiap komponen.

Tidak peduli Anda seorang programmer atau tidak, dengan menggunakan game engine akan menghemat banyak waktu dan tenaga. Unity adalah salah satu game engine paling populer yang digunakan oleh banyak pengembang. Beberapa game engine populer lainnya adalah Godot, GameMaker, dan Unreal.

Jika Anda masih tidak yakin untuk menggunakan game engine dan memiliki Anda sudah mempunyai pengetahuan pemrograman sebelumnya, maka Anda bisa membuat game engine Anda sendiri sesuai dengan kustomisasi dan keinginan Anda.

Anda bisa menggunakan bahasa pemrograman seperti Java, Python, atau C++ untuk membuat game engine Anda sendiri. Namun perlu diingat, Anda harus banyak belajar untuk membuatnya karena akan lebih sulit membangun sesuatu yang dari awal dibanding game engine kompleks yang sudah ada.

Akan tetapi, semua itu akan setimpal hasilnya jika Anda menyukai algoritma, aljabar linier, pola Desain, OpenGL, dan banyak lagi. Untuk membuat game engine yang Anda sendiri, dan Anda harus bisa menghadapi waktu development yang lebih lama untuk menyatukan semua komponen tersebut agar berfungsi.

Langkah ini adalah langkah sederhana namun menjadi hal yang cukup penting. Apakah Anda menginginkan game 2D/3D? Apa jenis game ini teka-teki, boardgame, atau game yang Battle Royale seperti PUBG Mobile?

Anda bisa tentukan sendiri akan ke mana arah game yang Anda buat.  Di sini, Anda dapat menambahkan lebih banyak detail ke desain. Anda juga akan menambahkan lebih banyak hal saat Anda mendapatkan lebih banyak ide.

Jika Anda seorang programmer, Anda pasti tahu apa itu IDE. Menggunakan IDE akan lebih memudahkan pekerjaan Anda dalam membuat game. Misalnya, Java memiliki Eclipse IDE, yang membantu Anda membuat proyek game dan mulai melakukan Coding

Jika Anda bukan seorang programmer, tidak perlu khawatir karena Anda bisa mulai belajar coding sekarang juga. Anda bisa belajar coding di situs Codekey. Beberapa bahasa pemrograman yang bisa Anda pelajari di Codekey adalah Java, Python, dan masih banyak lagi.

Jika game engine sudah dibuat, Anda sudah bisa memulai mendesain game Anda sendiri. Berikut ini sedikit pengetahuan tentang pemrograman:

Artikel Terkait  Mudah WFH Bersama Trello | Aplikasi Organisasi Perusahaan Online No. 1

1. Variable dan Datatypes

Dalam pemrograman apapun baik game, website, dan aplikasi, Data merupakan hal yang krusial. Untuk menyimpan data, kita membutuhkan placeholder atau yang disebut juga dengan variable. Kita akan membutuhkan tipe yang berbeda dari placeholder untuk menyimpan tipe data yang berbeda. Sebagai contoh:

int sum = 0;
String name = “webapp”;

int di sini mengacu pada tipe data integer. Saat ini, nilai yang ditetapkan untuk variabel ‘sum’ adalah 0. Kode ini dapat diubah nantinya berdasarkan beberapa input dan hasil. Dengan cara yang sama, String adalah tipe data yang digunakan untuk menyimpan huruf dan teks. Seperti yang kita lihat, nilai dari variabel ‘name’ adalah “webapp”.

2. Conditions

Tidak ada yang gratis di dunia ini. Semuanya memiliki kondisi (conditions) yang melekat bersamanya. Misalnya, jika Anda ingin minum susu, Anda harus membayar untuk membelinya. Jika tidak, Anda tidak akan mendapatkannya. Begitu juga, jika Anda ingin sehat, Anda harus berolahraga, jika tidak Anda harus menghadapi konsekuensi kesehatan di baliknya.

Kondisi yang sama juga berlaku untuk kode dan pemrograman. Jika ‘else’ mirip dengan kondisi dalam diagram alur, aliran akan berjalan berdasarkan apakah hal tersebut sudah memenuhi kondisi semestinya. Berikut adalah contoh sederhananya.

if(marks < 35)
setGrade("F")
else if (marks < 55)
setGrade("D");
else if (marks < 75)
setGrade("B");
else
set grade("A");

Seperti yang bisa kita lihat dalam contoh diatas, nilai tertentu diberikan berdasarkan apakah kondisinya benar atau tidak, di mana ‘marks’ adalah variabel yang nilainya dapat diperoleh dari pengguna atau sistem backend. Juga, ‘set grade’ adalah metode yang menyimpan nilai ‘grade’ (variabel lain). Menyimpan nilai variabel dalam metode membuat objek dapat diakses di mana saja di seluruh aplikasi.

3. Loops

Loops adalah hal penting untuk memeriksa beberapa kondisi. Sampai kondisinya benar, aplikasi akan melakukan sesuatu secara berkelanjutan. Sebagai contoh saat Anda main game seperti Zombie Tsunami, Anda memiliki kesempatan sekali untuk hidup. Anda akan bisa melanjutkan permainan, maka loop akan ditulis secara sederhana seperti ini:

while(life counter >0)
//let the player play

Dengan cara yang sama, jika Anda bisa menabrak atau memakan manusia non-zombie pada Zombie Tsunami, maka Anda bisa melanjutkan permainan sampai semuanya habis. Pemain dapat terus melanjutkan game sampai jumlah nyawanya habis.

for(int i=0; i< maxboostup;i++)
//keep the special powers

Dalam kode di atas, i adalah counter yang dapat membandingkan jumlah boost up mulai dari 0. Pada setiap eksekusi, i++ akan meningkatkan nilai counter setelah eksekusi loop. Jadi, ketika nilai “i” mencapai maxboostup, loop tidak akan dieksekusi lagi.

4. Struktur Data

Kami memiliki variabel dan tipe data untuk menyimpan data individual. Tapi, bagaimana dengan banyak data yang perlu dilacak? Misalnya, informasi masuk dari poin pengguna yang dikumpulkan olehnya di game terakhir dan seluruh data game.

Kumpulan data yang kompleks ini perlu disusun dan diletakkan dengan cara yang tepat untuk diambil nanti. Kami menggunakan struktur data seperti antrian, daftar, peta, set, dan lainnya untuk memudahkan manipulasi dan pengambilan.

5. API

Saat Anda memilih game engine, maka Anda perlu memahami API. API akan membantu pekerjaan Anda menjadi lebih mudah. Ada banyak contoh proyek yang menggunakan bagian dari game engine yang harus Anda lihat dan Anda pahami untuk bisa membuat suatu proyek.

Membuat Design

Jika Anda bukan tipe  orang yang kreatif dan artistik,  namun menciptakan game yang artistik dan menarik tidaklah sulit. UI adalah hal pertama yang harus menarik pemain. Untuk membuat game yang artistik, Anda perlu memfokuskan keunikan dalam warna, pola, bentuk, dan font.

Ada beberapa snapshot dari Unreal Engine di mana Anda dapat memilih berbagai bentuk, bahan, pola, dan banyak lagi. Unreal hadir dengan gun dan sangat bagus untuk game menembak.

Anda dapat menambahkan semuanya seperti motion, artificial intelligent, navigasi, collision, dan lainnya menggunakan berbagai opsi yang ada di UI. Pilihan terbaik untuk membuat UI dan aset 2D yang luar biasa untuk game Anda adalah Adobe Photoshop.

Sketch adalah opsi lain yang dapat Anda gunakan untuk UI. Anda dapat membuat bingkai, desain, dan struktur yang indah dengan sangat cepat dan dapat langsung melihat bagaimana mengubah nilai properti yang berbeda mengubah desain.

Untuk pemodelan dan aset 3D, Anda dapat menggunakan ‘Blender.’ Anda bisa menggunakan beberapa fitur drag dan drop, dan Anda dapat melihat beberapa kreasi fantastis di mana karakter game Anda dapat melakukan animasi gerakan seperti berlari, berputar, dan animasi aksi seperti menyerang, melambai, menembak di waktu yang sama.

Mempelajari Blender pun terbilang cukup mudah. Anda tidak akan sulit untuk mempelajarinya.

Menambahkan Audio

Musik dan efek suara yang tepat akan mengatur mood para gamer untuk main game. Bahkan, audio bisa menarik gamer untuk bermain game tersebut terus. Meskipun menambahkan audio atau menambah memori tergantung pada jenis game Anda.

Misalnya, untuk teka-teki atau game pertanian seperti HayDay, Anda mungkin tidak memerlukan efek suara yang bagus. Sedangkan untuk game misi yang perlu menembak, dan lainnya mungkin memerlukan efek suara yang bagus. Beberapa konten audio terbaik dapat ditemukan dari Indie Game Music, Audacity, Unity’s Asset Store, dan Freesound.

Melakukan Testing

Biasanya, Game akan berfungsi dengan baik saat pertama kali digunakan. Namun seringkali, suatu aplikasi termasuk game harus mengalami sedikit atau banyak perubahan agar bisa bekerja dengan baik. Tetapi sebelum Anda masuk ke mode publish, game Anda harus diuji secara menyeluruh.

Testing ini bertujuan untuk menemukan beberapa bug secara sadar atau tidak sadar. Mintalah kepada teman atau kenalan Anda untuk mengujinya agar lebih meyakinkan.

Exception dan kesalahan umum terjadi dan dapat diperbaiki. Masukkan pernyataan log sebanyak mungkin dan periksa full stack aplikasi Anda untuk menemukan akar masalahnya. Namun, jangan menangani terlalu banyak exception dalam kode produksi Anda karena kinerja game Anda dapat terpengaruh.

Sebaliknya, cari yang paling mungkin terjadi dan bisa Anda sertakan selama fase pengujian atau testing Anda. Beberapa exception umum dapat berupa NullPointerException atau NullReferenceException, di mana Anda mencoba untuk bertindak berdasarkan nilai ‘null’ atau nilai yang tidak ada. Sebagai contoh:

String name;
if(name.length > 5) //This line will throw NullPointerException because we are trying to do a ‘.’ (dot) operation on a null object.

Untuk menghindari exception, tambahkan beberapa pemeriksaan seperti di bawah ini:

if (name != null) // now the next line of code will execute only if this condition is true.

Terkadang, ada perbedaan cara simbol ditampilkan di editor yang berbeda. Paling umum adalah tanda kutip ganda (“). Anda mungkin telah melihat masalah ini jika Anda memiliki sepotong kode pada dokumen Word dan mencoba copy-paste ke IDE.

IDE hanya akan menerima kutipan yang salah, sehingga menghasilkan kesalahan sintaksis. Kesalahan ini dapat ditangkap selama waktu kompilasi.

Mungkin juga Anda tidak menulis Graphic Class dengan benar. Misalnya, Anda menggunakan objek Graphic2D dan Graphic secara bergantian tanpa menambahkan pemeran. Hal ini bisa mengakibatkan masalah rendering.

Artikel Terkait  Simpel Membuat & Mengelola Animasi App dengan MotionLayout

Testing Memori dan Performa

Dengan cara yang sama, Anda juga harus melakukan testing performa dan memori. Jika ada kebocoran atau masalah kinerja, lakukan pengoptimalan untuk berbagai platform seperti desktop, seluler, dan lainnya.

Dengan memiliki game engine akan membantu dalam melakukan testing, karena mereka memiliki beberapa langkah untuk mengoptimalkan masalah memori dan performa.

Publikasi Game

Mempublikasikan dan memasarkan game Anda sama pentingnya dengan membangunnya. Setelah Anda mengikuti langkah-langkah ini, Anda siap untuk meluncurkan game Anda ke audiens yang sebenarnya.  Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti sebelum merilis game buatan Anda.

  • Anda dapat beriklan di berbagai platform, yang paling populer saat ini adalah media sosial, YouTube, Instagram, dan peringkat google.
  • Anda juga bisa membuat orang untuk mengulas game buatan Anda sebelum dirilis. Temukan kontak dan referensi Anda untuk mengajar mereka mengulas game Anda.
  • Dapatkan alamat email atau nomor kontak majalah teknologi yang tertarik untuk menulis tentang genre dan game Anda.
  • Anda akan belajar banyak jika Anda melakukan pemasaran sendiri. Beberapa nama pers yang populer untuk melakukan ulasan game adalah IndieGames, Siliconera, EuroGamer, FreeGamesPlanet, dan banyak lagi.

Pengembangan game membutuhkan banyak kesabaran dan kerja keras. Ada hal baru untuk dipelajari setiap hari khususnya dalam dunia game development. Belajar tentang teknologi baru akan membuat Anda semakin mahir untuk membangun sebuah game.

Terlepas dari apakah game Anda mendapatkan pemasaran dan pengakuan yang semestinya atau tidak dari publik, namun membangun sebuah game adalah hal yang luar biasa karena game development tidaklah mudah. Tetaplah belajar dan terus mencoba! Simak terus artikel-artikel terbaru dari https://appkey.id/


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya