Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Aplikasi Aplikasi iOS Cara Membuat Aplikasi iPhone di Tahun 2021 : 11...

Cara Membuat Aplikasi iPhone di Tahun 2021 : 11 Langkah Sederhana

-

Jika Anda ingin membangun aplikasi iPhone pada tahun 2021, Anda memiliki banyak pilihan. Yang pertama adalah pembangun aplikasi, yang membuatnya mudah bagi orang-orang tanpa anggaran besar atau pengetahuan pengkodean untuk membangun aplikasi yang dipersonalisasi.

Anda tinggal memilih fitur yang Anda inginkan, menambahkan konten, dan aplikasi Anda siap digunakan. Sementara itu, platform e-learning telah menjadikan Swift – bahasa pengkodean Apple – lebih mudah dari sebelumnya.

Hal ini memberi siapa pun waktu dan penentuan alat yang mereka butuhkan untuk membangun aplikasi iOS dari awal.

Jika Anda ingin menyerahkan proses pembuatan aplikasi ke profesional, memperkerjakan pengembang sekarang lebih mudah dari sebelumnya karena platform seperti Upwork. Serta apapun cara yang Anda pilih untuk membangun aplikasi iOS, langkah-langkah yang Anda gunakan akan serupa.

Anda harus merencanakan aplikasi Anda, membangunnya, mengujinya, dan kemudian meluncurkannya ke publik. Kita akan melalui seluruh proses pengembangan aplikasi iPhone untuk menunjukkan kepada Anda apa yang perlu dilakukan di setiap tahap.

Cara Membuat Aplikasi iPhone dengan 11 Langkah Sederhana

1.Tentukan Mengapa Anda Ingin Membangun Aplikasi

app-iphone-1

Langkah pertama untuk membuat aplikasi yang bagus adalah menentukan mengapa Anda menginginkannya. Tahap ini sangat penting karena akan menentukan apa yang Anda lakukan selama semua bagian lain dari proses pengembangan aplikasi iPhone.

Setelah mengetahui untuk apa aplikasi Anda, Anda dapat yakin bahwa semua fitur yang Anda tambahkan akan mendorong Anda menuju tujuan ini.

Untuk menentukan mengapa Anda menginginkan aplikasi, pikirkan tujuan bisnis Anda. Kuncinya adalah spesifik. Setelah Anda mendefinisikan masalah Anda, Anda dapat mulai bertanya bagaimana aplikasi itu akan membantu menyelesaikannya.

Mulailah dengan menuliskan beberapa fitur yang menurut Anda akan membantu. Pastikan semua fitur ini mendorong Anda ke arah tujuan.

Pada tahap ini, Anda juga dapat mulai berpikir tentang berapa banyak uang yang ingin Anda belanjakan untuk aplikasi Anda karena ini akan menentukan bagaimana Anda membangunnya.

2. Lakukan Penelitian Pesaing

Periksa pesaing Anda untuk mendapatkan inspirasi. Ini akan menunjukkan kepada Anda bagaimana bisnis lain di industri Anda menggunakan aplikasi mereka. Ini dapat menunjukkan masalah yang harus Anda waspadai, serta fitur apa pun yang mungkin berguna.

Bahkan jika Anda tidak mengetahui adanya aplikasi pesaing, biasanya mudah untuk menemukannya. Cukup lakukan pencarian Google atau kunjungi kategori yang sesuai di App Store.

Setelah Anda mengunduh beberapa aplikasi pesaing, saatnya untuk mencobanya. Catat fitur yang dimiliki aplikasi ini dan apa yang Anda suka atau tidak suka dari mereka. Anda juga harus memeriksa ulasan pelanggan di App Store untuk melihat apa yang dikatakan orang tentang aplikasi tersebut.

Jika ada keluhan umum, buat catatan tentang hal itu sehingga Anda dapat menghindari kesalahan yang sama saat membuat aplikasi. Di sisi lain, jika banyak orang mengatakan mereka menikmati fitur spesifik yang awalnya tidak ada dalam paket Anda, Anda harus mempertimbangkan untuk menambahkannya.

3. Survei Potensi Pengguna

Langkah terakhir yang harus diambil sebelum merencanakan detail aplikasi Anda adalah mensurvei orang-orang yang akan menggunakannya. Ini akan menunjukkan kepada Anda jika fitur yang Anda rencanakan untuk ditambahkan adalah fitur yang menurut pelanggan Anda bermanfaat, serta apakah Anda kehilangan sesuatu.

Anda memiliki beberapa opsi untuk membuat survei Anda. Membuatnya dalam dokumen Word, mencetaknya dan meminta orang yang mengunjungi bisnis Anda untuk mengisinya. Pilihan lain adalah membuat Formulir Google dan mengiklankan tautan ke sana di bisnis Anda. Ini berarti orang dapat mengaksesnya di mana saja mereka inginkan, dan Google menampilkan hasilnya dalam format yang mudah dibaca.

Artikel Terkait  Membuat Aplikasi iOS Pertama Anda

4. Rencanakan Aplikasi Anda

Anda harus memiliki semua informasi yang Anda butuhkan untuk melanjutkan dan merencanakan aplikasi Anda. Dengan menggunakan informasi yang dikumpulkan dari riset pesaing dan survei Anda, tuliskan semua fitur yang ingin Anda buat. Sertakan detail tentang bagaimana fitur ini akan berfungsi serta informasi tentang bagaimana Anda akan mempresentasikannya.

Anda juga harus mempertimbangkan fitur mana yang akan Anda sorot sebagai fitur inti dan fitur mana yang sekunder. Ini penting karena aplikasi memiliki ruang terbatas dan Anda ingin memastikan fitur Anda yang paling berguna adalah yang paling mudah diakses. Letakkan fitur utama di beranda atau bilah navigasi utama dan fitur sekunder di bilah navigasi sekunder.

Bagian penting dari proses perencanaan aplikasi adalah membuat bingkai gambar. Ini adalah peta yang menunjukkan layar pada aplikasi Anda dan apa yang diklik pada setiap elemen akan dilakukan. Ini dapat membantu Anda membangun user experience yang menarik.

5. Membuat Desain Mockup Aplikasi Anda

app-iphone-2

Sekarang Anda siap untuk mulai memikirkan tentang cara merancang aplikasi yang intuitif dan mudah digunakan. Apa yang akan dilihat pengguna dan bagaimana mereka berinteraksi dengan aplikasi Anda untuk menggunakan fitur-fiturnya?

Anda dapat memulai membuat desain aplikasi Anda hanya dengan pensil dan buku catatan atau selembar kertas karena semuanya berubah-ubah dan ada banyak sketsa kasar saat Anda mengembangkan ide.

Namun jika Anda ingin lebih rapi dan bagus, Anda dapat menggunakan aplikasi desain aplikasi seperti Figma atau Sketch.

Beberapa bagian penting dari desain aplikasi Anda adalah:

– Layar Utama

Pisahkan fungsionalitas aplikasi Anda menjadi beberapa bagian atau layar yang berbeda. Bayangkan diri Anda menggunakan aplikasi dan bayangkan banyak bagian berbeda yang menurut Anda logis untuk menampilkan informasi yang perlu Anda lihat.

Misalnya, untuk aplikasi portofolio saham, mungkin ada layar untuk daftar pantauan saham, layar lain untuk saham dalam portofolio Anda, layar yang menampilkan informasi mendetail untuk saham tertentu, dan layar lain untuk mengelola pengaturan aplikasi.

Setelah Anda mendapatkan gambaran yang jelas tentang layar yang Anda perlukan, lanjutkan ke langkah berikutnya. Perlu diingat, step ini hanya untuk memberi gambaran pada desain aplikasi, tidak masalah jika tidak 100% benar pada saat. Tidak masalah untuk melakukan beberapa perubahan selama proses desain.

– Navigasi Utama

Setelah Anda memiliki bagian utama aplikasi, Anda perlu memikirkan tentang mekanisme utama untuk menjelajahi bagian dalam aplikasi Anda. Misal Anda ingin menambahkan bilah tab di bagian bawa atau mungkin menggunakan slide di menu samping untuk menavigasi ke berbagai bagian aplikasi.

Di sinilah Anda menentukan navigasi utama dari aplikasi Anda. Menentukan navigasi ini juga dapat Anda lakukan dengan aplikasi designing tools seperti Figma atau InVision. Di sana juga terdapat banyak template aplikasi yang bisa Anda gunakan jika bingung membuatnya seperti apa.

-Usability (Kegunaan)

Usability atau Kegunaan adalah istilah yang menggambarkan betapa mudahnya menggunakan produk / layanan dengan tujuan yang telah dimaksudkan. Hal adalah bagian dari topik yang lebih luas yang disebut User Experience (UX) yang mempelajari bagaimana perasaan pengguna terhadap suatu produk saat dia menggunakannya.

Sebagai perancang produk aplikasi, Anda dapat menginspirasi kegembiraan, kekaguman, dan kepuasan dari pengguna dengan cara Anda memilih untuk merancang aplikasi Anda sendiri.

Misalnya, Anda bisa membuat aplikasi yang lebih intuitif untuk digunakan sehingga pengguna bisa mendapatkan nilai dari aplikasi tanpa harus bersusah payah dan kita bisa menyembunyikan animasi kecil yang tidak terduga untuk menyenangkan pengguna.

Dalam langkah proses pengembangan aplikasi ini, Anda perlu berfokus pada memaksimalkan kegunaan dan menjadikan aplikasi semudah mungkin untuk digunakan. Hal ini tergantung pada cara Anda memutuskan apa yang akan ditampilkan di setiap layar dan bagaimana mengatur elemen antarmuka pengguna di layar.

Ada banyak hal yang perlu dilakukan untuk mendesain aplikasi yang dioptimalkan untuk kegunaan. Misalnya, bayangkan memegang ponsel dengan satu tangan dan mencoba mengetuk tombol di dekat bagian atas layar Anda. Jadi ini adalah contoh dari hal-hal yang perlu Anda ingat saat merancang antarmuka pengguna Anda.

6. Buat Marketing Plan untuk Aplikasi Anda

Ya, Anda perlu membuat marketing plan untuk aplikasi Anda. Meskipun, tujuan awal pembuatan aplikasi ini tidak untuk memperoleh profit, namun suatu aplikasi tidak akan berguna jika tidak ada penggunanya. Buatlah sebuah marketing plan untuk aplikasi Anda yang berisi sasaran pengguna, analisis SWOT (strength, weakness, opportunities, dan threat).

Proyeksikan sejauh apa aplikasi Anda ini dapat berkembang dengan sasaran pengguna tersebut, apa kelebihannya dibandingkan pesaing dan apa kelemahannya. Jika Anda sudah mengetahui kelemahan aplikasi Anda ini Anda akan tahu apa yang harus diperbaiki nantinya. Anda juga harus memasukan desain aplikasi pada marketing plan ini.

Beberapa hal lainnya yang harus Anda tambahkan dalam marketing plan adalah:

  • Membuat landing page untuk aplikasi Anda dan buat daftar email pra-peluncuran.  Anda harus memiliki landing page paling tidak untuk aplikasi Anda sehingga orang memiliki tempat untuk dikunjungi untuk mempelajari lebih lanjut tentang aplikasi Anda. Pastikan Anda menambahkan ajakan bertindak agar orang-orang mendaftar ke daftar email pra-peluncuran untuk mendapatkan pemberitahuan saat aplikasi diluncurkan.
  • Tambahkan media kit. Media kit hanyalah sebuah paket yang berisi beberapa informasi penting tentang aplikasi Anda dan semua logo untuk aplikasi Anda. Namun dengan media kit ini akan memudahkan para reviewer menulis dan mereview aplikasi Anda.
  • Pastikan Anda memahami Pengoptimalan App Store. Jika Anda tidak terbiasa dengan istilah ini, istilah ini mengacu pada pengoptimalan kata kunci, judul, dan deskripsi cantuman App Store Anda.

7. Bangun Aplikasi Anda

Sekarang saatnya untuk melanjutkan dan membangun aplikasi Anda. Seperti disebutkan sebelumnya, ada tiga cara utama Anda dapat melakukan ini: gunakan pembuat aplikasi, menyewa pengembang, atau kode aplikasi dari awal.

Pembuat aplikasi adalah cara tercepat dan termudah untuk membuat aplikasi iPhone profesional. Anda perlu mendaftar untuk membuat akun dengan platform. Kemudian pilih templat untuk aplikasi Anda. Kemudian Anda dapat mulai mempersonalisasinya dengan menambahkan logo, gambar, dan informasi tentang perusahaan Anda di tempat yang relevan.

Opsi kedua adalah kode aplikasi sendiri. Ini adalah pilihan yang paling memakan waktu, dan bagi banyak bisnis opsi ini berada di luar keahlian mereka. Cara terakhir untuk membangun iOS Anda adalah dengan membayar pengembang untuk melakukannya. Anda harus bekerja dengan seorang ahli untuk menyelesaikan rencana aplikasi Anda dan kemudian benar-benar mempraktikkannya.

Jika Anda seorang programmer pemula atau Anda tertarik dengan programing, Anda dapat menciptakan aplikasi Anda sendiri. Ada banyak platform untuk menciptakan aplikasi berbasis iOS untuk IPhone yang ramah pemula.

Artikel Terkait  Aplikasi MVP Development - Cara Mudah dan Cepat Untuk Mengembangkan Apapun

8. Uji Aplikasi Anda

Opsi apa pun yang Anda pilih untuk mengembangkan aplikasi Anda, salah satu langkah dari proses ini adalah untuk mengujinya. Simulator di XCode memungkinkan Anda untuk menguji aplikasi Anda di berbagai perangkat Apple. Untuk menguji aplikasi Anda, cukup pilih proyek Anda, pilih perangkat yang Anda inginkan untuk mensimulasikan aplikasi dan kemudian jalankan aplikasi.

Tahap kedua pengujian aplikasi adalah meminta tim Anda untuk menguji aplikasi. Anda dapat melakukan ini menggunakan perangkat lunak TestFlight Apple. TestFlight memungkinkan Anda mengundang tim Anda untuk menginstal, menggunakan, dan kemudian memberikan umpan balik tentang aplikasi Anda. Dan tahap terakhir dari proses pengujian adalah meminta orang di luar perusahaan Anda untuk menguji aplikasi Anda.

9. Publikasikan Aplikasi Anda

Saatnya mempublikasikan aplikasi Anda ke App Store. Untuk melakukan ini, buat halaman produk App Store Anda dan kemudian unggah aplikasi Anda untuk ditinjau dengan Apple. Setelah Apple menerima kiriman Anda, aplikasi Anda akan tersedia untuk umum. Pastikan untuk beberapa hal ini:

  1. Buat Halaman Produk App Store Anda
  2. Nama aplikasi
  3. Ikon
  4. Subtitle
  5. Pratinjau dan Screenshot Aplikasi
  6. Deskripsi
  7. Kata kunci

10. Promosikan Aplikasi Anda

app-iphone-3

Sekarang Anda telah menerbitkan aplikasi Anda, saatnya untuk membuat orang benar-benar menggunakannya. Berikut beberapa strategi yang bisa Anda gunakan.

  1. Bagikan dengan Audiens Online dan Offline Anda
  2. Buat Penawaran
  3. Minta Ulasan App Store
  4. Tarik Perhatian

Cara lain untuk mempromosikan aplikasi Anda adalah dengan menampilkannya di media lokal atau di blog atau situs web yang relevan. Ini tidak hanya akan mempromosikan aplikasi Anda tetapi juga dapat membantu menyebarkan berita tentang bisnis Anda.

11. Tingkatkan Aplikasi Anda dengan Feedback

Aplikasi yang sukses adalah adalah aplikasi yang melakukan peningkatan yang berkelanjutan. Setelah aplikasi Anda berada di tangan pengguna yang sebenarnya, Anda akan mulai mendapatkan beberapa masukan. Masukan yang diberikan pun bisa berupa masukan baik dan buruk.

Terima kritik secara positif dan bersyukurlah bahwa seseorang bersedia memberi tahu Anda cara meningkatkan diri karena jika seseorang memberi masukan, kemungkinan besar ada lebih banyak pengguna yang merasakan hal yang sama tetapi tidak mau angkat bicara. Tunjukkanlah kepada pengguna aplikasi ciptaan Anda bahwa Anda tidak meninggalkan aplikasi Anda setelah peluncuran.

Tunjukan komitmen Anda pada mereka bahwa Anda terus meningkatkan aplikasi dan merilis perbaikan bug, fitur baru, dan pembaruan aplikasi. Anda dapat menggunakan SKStoreReviewController untuk memaksimalkan koleksi penilaian dan umpan balik pengguna Anda.

SKStoreReviewController adalah alat dari Apple yang dapat Anda tambahkan ke aplikasi Anda. Ini membantu Anda mengumpulkan umpan balik dengan mendorong pengguna untuk mengirimkan peringkat App Store dan umpan balik untuk aplikasi Anda.

Demikianlah langkah-langkah membuat aplikasi IPhone. Artikel ini dapat Anda jadikan referensi untuk menciptakan aplikasi berbasis IPhone impian Anda.

Membuat sebuah aplikasi tentulah merupakan proyek besar sehingga Anda perlu melakukan perencanaan secara lebih matang.

Jika Anda gagal, percayalah ada banyak hal yang tidak dapat berhasil hanya dalam sekali coba. Untuk itu teruslah mencoba dan selamat mencoba.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya