Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan AplikasiAplikasi iOSBenarkah Aplikasi Email iOS Terbaru Mudah Dihack? | Fakta-Fakta...

Benarkah Aplikasi Email iOS Terbaru Mudah Dihack? | Fakta-Fakta Email App iPhone

-

Baru-baru ini tersiar kabar bahwa iOS 14 mengalami bug yang mengarah pada potensi hack. Bug pada versi iOS terbaru menjadikan iPhone milik user dapat dengan mudah dibobol, khususnya pada aplikasi email.

Benarkah demikian? Bagaimana cara terbaik untuk melindungi data Anda pada aplikasi email iPhone Anda?

Tetap tenang dan jangan panik. Artikel kali ini akan membahas seputar fakta-fakta potensi hack email iPhone terbaru secara tuntas. Akan ada sejumlah tips agar Anda terhindari dari aksi hack email di akhir tulisan ini. Selamat membaca!

Benarkah Aksi Hack Email iPhone sedang Marak?

Kasus iPhone hack bukan fenomena yang baru. Tak sedikit oknum hacker tak bertanggung jawab dengan sengaja melakukan iPhone hack agar bisa merebut iPhone milik seseorang atau mengambil data-data penting di dalamnya.

Belakangan ini pun tersiar kabar mengejutkan seputar kasus iPhone hack. Aplikasi email iPhone pada versi iOS terbaru dikabarkan dalam kondisi rentan dan mudah dibobol oleh hacker pada tahun 2020 ini.

Pihak Apple pun dengan segera memberikan pernyataan yang membantah isu tersebut. Pihak Apple mengatakan bahwa perusahaan mereka tidak menemukan bukti-bukti kerentanan yang bisa berakibat pada kerugian user seperti email hack.

Akan tetapi, pernyataan tersebut berseberangan dengan hasil penelitia resmi dari ZecOps, lembaga yang secara konstan menyelidiki perihal keamanan aplikasi dan berjejaring.

ZecOps lah pihak pertama yang mengumumkan bahwa aplikasi email iPhone dalam posisi rentan dan membuka kesempatan sangat besar untuk terjadinya kasus email hack.

Email hack adalah aksi peretasan yang dilakukan semudah mengirimkan email spam ke korban. Jadi, cukup dengan membuka email tersebut, maka user sudah bisa langsung menjadi korban hack email.

Lebih lanjut menurut ZecOps, aksi email hack pada aplikasi Mail iPhone ini terjadi karena adanya eksploitasi secara luas dan mendalam oleh developer berpengalaman.

Masih dari laporan sejenis, ZecOps turut mengeluarkan laporan terkait bug iOS yang memungkinkan hacker untuk mengakses Mail milik iPhone user dan melakukan aksi email hack.

Menanggapi laporan tersebut, Apple melakukan penelitian mendalam ke dalam sistemnya dan tidak menemukan kerentanan yang dilaporkan pada bug. Bug tersebut pun telah diperbaiki sehingga kini sistem iOS dapat bekerja dengan optimal.

Apple pernah mengakui aplikasi Mail miliknya memiliki kerentanan email hack saat iOS 6 dirilis. Akan tetapi, kerentanan tersebut telah diperbaiki sehingga tidak dapat menimbulkan resiko kepada end user/pengguna iPhone.

Dalam pernyataan terbarunya juga, Apple sudah mengidentifikasi permasalahan di aplikasi Mail miliknya. Sekali lagi pihak Apple menegaskan bahwa tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan karena sistem keamanan iOS terbaru sudah sangat kuat serta berlapis.

Untuk lebih meyakinkan, pihak Apple akhirnya membuat versi beta Apple Mail yang akan dirilis sebagai pembaharuan terbaru. Ketika dicoba oleh tim peneliti ZecOps, mereka akhirnya sepakat bahwa sudah tidak ada kerentanan email hack lagi pada aplikasi Apple Mail versi paling baru.

Apakah Mail iPhone Anda sudah dalam versi terbaru? Jangan lupa untuk mengecek dan mengupdatenya sekarang juga, ya!

Artikel Terkait  Masa Depan Swift Berdasarkan Situasi Penggunaannya Kini

Bagaimana Email Hack pada iPhone Bekerja?

Menurut laporan dari pihak ZecOps, hacker memanfaatkan bug pada iOS untuk menyusupi Apple Mail user. Mereka berusaha masuk dari celah bug ke Apple Mail, kemudian mulai melakukan beragam aktivitas yang tidak disadari oleh user seperti membaca email, menghapus, menyalin, bahkan mengedit email.

Hacker akan memulai serangannya dengan mengirim email ke korban. Tidak perlu proses input apapun segera setelah email hack masuk ke inbox korban, maka aksi hacking sudah bisa berjalan. Inilah yang menjadi pusat kengerian baru dari aksi email hack pada iPhone versi terbaru.

Apakah user akan menyadari keanehan? Sama sekali tidak, karena email akan terhapus secara otomatis begitu tiba di inbox Apple Mail user. Namun segala aktivitas user sudah akan terpantau.

ZecOps mengatakan bahwa aksi email hack ini sudah mempunyai calon-calon target khusus dan tidak menyerang sembarang orang. Dalam laporannya, ZecOps meyakini bahwa calon target hacking adalah karyawan perusahaan ternama seperti perusahaan eksekutif Jepang, Fortune 500, dan firma-firma keamanan Israel serta Arab Saudi.

Pemilihan target ini pula dikarenakan hacker tidak bisa memanfaatkan bug iOS untuk serangan massal, alhasil bentuk serangannya dibuat secara individu.

Artikel Terkait  Mengenal Float dan Double Data pada Bahasa Pemrograman C++

Cara Simpel Melindungi Diri dari Email Hack iPhone

Meskipun aksi email hack tergolong mengerikan, Anda tidak perlu cemas karena sudah ada cara-cara untuk melindungi aplikasi Apple Mail Anda dari serangan hack. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pihak Apple tentu tidak akan tinggal diam.

Mereka telah merilis versi Apple Mail terbaru yang lebih kuat, tidak ada bug, dan tidak gampang disusupi email asing. Pastikan iOS iPhone Anda sudah minimal dalam versi 13.4.5 atau ke atas seperti iOS 14 untuk mendapatkan proteksi tingkat tinggi ini, ya!

Tidak tahu bagaimana cara mengupdate iOS 14? Anda bisa mencoba langkah-langkah berikut:

  1. Pastikan gadget terkoneksi ke internet.
  2. Buka setting / pengaturan smartphone > klik menu umum.
  3. Klik opsi ‘pembaruan perangkat lunak’.
  4. Klik ‘unduh dan install’. Pastikan ruangan di smartphone Anda cukup untuk instalasi.
  5. Proses download iOS akan berlangsung secara otomatis. Cukup tunggu sejenak selama proses instalasi. Anda juga bisa memasang iOS 14 pada smartphone saat malam hari sebelum tidur agar tidak mengganggu aktivitas memakai ponsel. Selesai, kini iOS iPhone Anda sudah dalam versi terbaru yang paling canggih dan aman.

Sayangnya, iOS 13.4.5 dan iOS 14 tidak tersedia untuk iPhone seri 6 dan sebelum-sebelumnya. Jadi, Anda tidak bisa mendapatkan proteksi ini dari Apple? Apa yang harus Anda lakukan?

Tetap jangan panik. Jika tidak bisa mengupdate iOS, maka cara selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan mematikan Apple Mail untuk sementara waktu. Anda bisa beralih memakai aplikasi email alternatif lainnya seperti Gmail atau Outlook. Anda juga bisa mengakses email dari browser di PC.

Demikianlah pembahasan artikel edisi kali ini tentang kabar hack email iPhone yang viral dan sukses membuat ketar-ketir. Saran kami, usahakan untuk tetap tenang dan mengikuti langkah-langkah terbaik melindungi diri dan data-data pada smartphone Anda, ya.

Semoga informasi di atas turut menambah wawasan Anda seputar keamanan menggunakan smartphone dan mencegah aksi email hack.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya