Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Aplikasi Aplikasi iOS Ternyata Sederet Fitur iOS 14 Ini Sudah Ada Duluan...

Ternyata Sederet Fitur iOS 14 Ini Sudah Ada Duluan di Android!

-

2020 kembali menjadi kabar gembira bagi pengguna setia Apple. Perusahaan iPhone tersebut baru-baru ini merilis iOS versi 14 dengan segudang kecanggihan yang sukses membuat pengguna setianya terkagum-kagum. Hal ini tidaklah mengherankan sebab fitur terbaru iOS 14 sudah lama dinanti-nanti oleh masyarakat, terlebih karena terdapat banyak update canggih dari iOS ini dibandingkan dengan pendahulunya, iOS 13.

Namun ternyata, sederet fitur terbaru iOS 14 tersebut sudah ada lebih dulu di sistem operasi smartphone Android! Apa sajakah fitur iOS 14 di Android tersebut? Mari langsung kita simak penjelasannya di artikel kali ini. Selamat membaca!

10 Fitur iOS 14 di Android, Sudah Pernah Coba?

fitur-ios

Tim pengguna Android boleh berbangga karena sudah lebih dahulu memiliki fitur-fitur canggih berikut ini pada smartphone mereka dibandingkan tim pengguna iOS. Setidaknya ada 10 fitur terbaru iOS 14 yang terinspirasi dari fitur-fitur Android. Apa sajakah mereka? Berikut jawabannya:

Widget yang Bisa Dikustomisasi di Home Screen

Para pengguna Android tentunya sudah sangat akrab dengan fitur widget, bukan? Widget adalah fitur tambahan seperti jam, notes, kalender, pemutar musik dan lain-lain yang bisa Anda drag and drop ke home screen smartphone serta dikustomisasi sendiri. Fitur widget memang sudah ada sejak sekitar tahun 2008 di Android, namun baru muncul pertama kalinya pada iOS versi 14 Apple di tahun 2020.

Koleksi widget pada smartphone iOS terbaru akan muncul ketika Anda Anda menggeser layar home screen ke kiri. Di sana terdapat aneka widget tambahan seperti alarm, cuaca, notes, dan menu-menu tambahan lainnya yang bisa Anda tambah ke home screen dan kustomisasi sendiri.

Artikel Terkait  Semantic UI hingga Chakra UI, Inilah Komponen Library React UI Terbaik yang Harus Anda Coba!

Translate Real Time 11 Bahasa

Selanjutnya adalah fitur translate (terjemahan) real time. Para pengguna Android yang akrab dengan Google Translate pasti sudah familiar dengan kecanggihan penerjemahan bawaan pada smartphone. Jadi, Anda tidak perlu khawatir tidak mengerti arti dari bahasa yang digunakan oleh teman chatting Anda atau konten yang Anda temukan di Chrome.

Fitur ini juga muncul di iOS versi terbaru. iOS Apple 2020 sudah bisa menerjemahkan percakapan secara langsung hingga 11 bahasa berbeda seperti Jerman, Inggris, Korea, Perancis, Mandarin, dan lain-lain. Fitur terjemahan ini turut hadir dengan nama auto-translate di browser khas Apple, “Safari”.

App Library, Versi Lain “App Drawer”

Android punya “App Drawer” yang berfungsi mengelompokkan aplikasi secara otomatis berdasarkan jenisnya. Kini, iOS juga punya menu serupa degan nama “App Library”. App Library ini bekerja mengelompokkan aplikasi ke aneka kategori secara otomatis, seperti aplikasi recently added (baru dipasang), hiburan, media sosial, games, kreativitas, dan lain-lain. Cukup dengan menggunakan App Library ini saja, maka pengguna iOS dapat menyembunyikan icon-icon aplikasi yang biasanya ‘tersebar’ di home screen. Mencari aplikasi pun akan jadi lebih mudah sebab semuanya sudah dikelompokkan.

Si Kecil ‘App Clips’ yang Kaya Manfaat

Berikutnya ada App Clips, fitur update mini pada iOS 14 namun dapat memberikan sejuta manfaat bagi user. App Clips adalah aplikasi bantuan payment yang terintegrasi dengan Apple Pay. Plus, App Clips sudah dilengkapi dengan QR Code dan NFC sehingga memudahkan user iOS untuk melakukan pembayaran digital. Anda pun bisa membagikan kode di App Clips secara mudah via messages atau Safari.

Fitur ini sudah pernah dirilis pada tahun 2016 di platform Android dengan nama ‘Instant Apps’. Instant Apps memiliki kecanggihan yang sama dengan App Clips. Instant Apps bisa dipakai untuk membagikan kode URL dalam pembayaran, sehingga user tidak perlu memasang aplikasi e-money lain untuk melunasi tagihan.

Picture in Picture Bikin Lebih Asik Nonton Video

Fitur picture in picture (PiP) ini cukup banyak dinanti-nanti oleh Apple user. Pasalnya, fitur picture in picture ini memungkinkan Anda untuk menonton video meskipun sedang menjalankan aplikasi lain. Bahkan, video chat pun dapat di-minimize dan berada di sudut layar smartphone jika Anda membuat aplikasi lain saat sedang menerima video call.

Lagi-lagi fitur ini bukan barang baru bagi pengguna Android.  Sudah sedari lama para pengguna Android bisa memutar video sembari menjalankan aplikasi lainnya di smartphone. Namun pengguna iOS baru-baru ini bisa merasakan pengalaman yang sama.

Bebas Menentukan Browser dan Email App Default

Sama seperti Android, iOS menyediakan aplikasi email dan browser default sendiri yakni Mail dan Safari. Dulu, iOS user tidak bisa memilih aplikasi email dan browser sendiri selain Mail dan Safari. Namun mereka sudah bisa sekarang pada iOS versi terbaru. Jika dibandingkan kembali dengan Android, sedari dulu Google sudah mengizinkan user untuk memilih sendiri aplikasi mana yang ingin ia gunakan sebagai default.

Wind Down Mode untuk Tidur Lebih Nyenyak

Android punya fitur ‘jangan ganggu’ dan ‘sleep mode’ yang bisa diaktivasi melalui notifikasi. Jika fitur ini diaktifkan, maka Anda tidak akan menerima notifikasi apapun dari smartphone dan bisa pergi beristirahat dengan baik.

Artikel Terkait  7 Aplikasi Pembuat Aplikasi Android Terbaik

Sementara pada Apple, fitur ini baru muncul di iOS versi 14 dengan nama ‘Wind Down Mode’. Kalau Anda mengaktivasi Wind Down Mode, maka Anda dapat memasang ‘do not disturb’ untuk notifikasi serta menyetel waktu tidur dan bangun Anda. Namun Wind Down Mode mempunyai kelebihan tersendiri dibandingkan sleep mode Android, yaitu opsi tambahan musik penenang dan meditasi yang akan membuat tidur Anda lebih nyenyak.

Keamanan Terjamin dengan Password Alert Safari

Google Chrome memiliki fitur peringatan khusus jika password Anda dinilai rentan atau terancam diretas oleh pihak ketiga (hacker). Fitur ini amat sangat penting untuk mencegah user memakai password yang mudah tertebak dan menyelamatkan diri dari aksi kejahatan cyber.

Namun Apple baru-baru ini tergerak untuk memasang fitur yang sama di sistem iOS, khususnya pada browser Safari milik mereka. Sekarang Anda tidak perlu cemas, sebab Safari password alert akan segera mengirimkan notifikasi kalau password akun-akun Anda terancam dibobol hacker.

Jalan-Jalan Seru dengan Apple Maps Cycling Directions

Kabar gembira untuk Anda yang suka jalan-jalan santai dengan sepeda, iOS 14 kini menyediakan Apple Maps Cycling Direction untuk melengkapi peta rute bagi pengendara mobil, motor dan pejalan kaki. Fitur ini tersedia untuk semua gadget berbasis iOS 14, termasuk WatchOS 7.

Di Google sendiri, fitur rute sepeda di maps ini sudah ada semenjadi sekitar tahun 2010 silam. Bedanya, fitur cycling direction Apple jauh lebih spesifik dan rinci seperti menyediakan informasi macet lalu lintas, peringatan tangga dan tanjakan tajam, hingga tinggi-rendah dataran yang dipilih sebagai rute.

Siri Assistant Versi Minimize

Fitur terbaru iOS 14 yang mirip dengan Android terakhir adalah tampilan Siri (Apple Assistant) yang dapat diperkecil seperti layaknya Google Assistant. Para pengguna Android mungkin sudah familiar dengan tampilan Google Assistant yang hanya menghabiskan sekitar seperempat layar dari smartphone, sangat kecil.

Sementara dulu, Siri selalu tampil dalam layar penuh sehingga menyulitkan user untuk beralih ke aplikasi lainnya saat memakai Siri. Akan tetapi saat ini Siri sudah bisa diperkecil tampilannya hingga menjadi sebesar icon biasa yang terpampang di layar bagian bawah. Lebih praktis!

Cara Update iOS 14

update-ios

Anda Apple user tetapi belum mendapatkan iOS versi 14? Jangan cemas, berikut ini kami sudah menyiapkan cara update iOS 14 yang sangat mudah untuk dipraktekkan. Cara update iOS 14 ini dapat dilakukan untuk iPhone, iPod touch, dan iPad Anda cukup dengan menggunakan koneksi internet saja.

Namun ada baiknya sebelum mulai mengupdate iOS, Anda buat cadangan perangkat terlebih dahulu memakai komputer atau iCloud, ya! Membuat  cadangan ini akan bermanfaat untuk menghindari diri dari hal-hal yang tidak diinginkan selama proses update terjadi seperti error update data.

Sudah siap? Yuk langsung disimak cara update iOS 14 berikut ini:

  1. Pastikan gadget yang hendak diperbaharui sudah terkoneksi ke internet sendiri ataupun WiFi.
  2. Buka setting / pengaturan smartphone > klik menu umum.
  3. Klik opsi ‘pembaruan perangkat lunak’. Jika terdapat update iOS terbaru, maka akan ada notifikasi pada bagian ini berupa bulatan kecil berwarna merah dengan angka ‘1’.
  4. Klik ‘unduh dan instal’. Kalau Anda menerima pesan saran penghapusan aplikasi karena ruang yang tersisa di smartphone tidak cukup, maka Anda bisa menghapus beberapa aplikasi yang tidak diperlukan lalu klik ‘lanjutkan’.
  5. Proses download iOS akan berlangsung secara otomatis. Jika sudah selesai, klik ‘instal’ untuk segera memasang iOS. Namun terdapat juga opsi ‘instal malam ini’ atau ‘ingatkan saya nanti’ jika Anda tidak ingin menginstal iOS sekarang. Dengan memilih ‘instal malam ini’, iOS akan terupdate dengan sendirinya saat malam hari. Anda cukup menyambung gadget ke sumber daya (jika perlu) dan pergi tidur. Praktis, bukan?
  6. Selesai! Anda sudah bisa menikmati iOS terbaru pada perangkat Apple Anda. Mungkin saja Anda akan diminta ulang untuk memasukkan password seperti biasa sebelum bisa memakai smartphone.

Artikel Terkait  Ini Dia Fitur-Fitur Keamanan Terbaru pada Android 11

Demikianlah pembahasan artikel edisi kali ini tentang fitur iOS 14 di Android. Ternyata selama ini banyak fitur terbaru iOS 14 sudah ada di Android, ya! Namun “meniru” fitur-fitur unggulan Android yang positif juga memiliki dampak baik. Kini, seluruh pengguna smartphone bisa merasakan keunggulan positif yang sama, tanpa memandang mereka menggunakan smartphone jenis Android ataupun iOS.

Terima kasih sudah mengikuti artikel edisi kali ini sampai di sini, ya. Semoga artikel di atas bisa menambah wawasan Anda. Jangan lupa untuk mengikuti sosial media dan website Appkey.id untuk mengetahui lebih banyak informasi terkini seputar dunia IT lainnya. Sayonara!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya