Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Aplikasi Cross-platform Point Penting untuk Membuat Aplikasi yang Bisa Digunakan Sehari-hari?

Point Penting untuk Membuat Aplikasi yang Bisa Digunakan Sehari-hari?

-

Ketika hendak membuat sebuah aplikasi posisikan diri tidak hanya sebagai developer, tapi lihat juga dari segi konsumen. Jangan sampai pembuatan aplikasi ini tidak menerapkan dengan baik pedoman UX (user experience) yang sudah ada. Karena ini terkait dengan tanggapan pengguna nantinya saat menggunakan aplikasi yang dibangun. Apakah akan menghasilkan respon yang positif atau malah negatif.

Mengingat banyaknya developer baru yang kurang pengalaman akan memahami pengguna. Tentu akan membuat pembuatan aplikasi menjadi kurang baik. Dalam artian kurang mempertimbangkan dari segi penggunaan oleh si konsumen. Ini juga terkait dengan idealisme para developer baru yang biasanya masih sangat tinggi. Padahal mempertimbangkan konsumen akan memberikan dampak baik pada aplikasi yang diproduksinya.

Pengguna Menggunakan Setidaknya Sepuluh Aplikasi Dalam Sehari

 

iOS-1

Artikel Terkait  Alat Pengembangan Game Seluler Terbaik yang Harus Anda Ketahui

Mengapa keinginan pengguna sangat penting? Karena faktanya dari beribu-ribu aplikasi yang tersebar baik secara legal maupun legal pengguna hanya menggunakan 10 saja perharinya. Dalam sebulan, pengguna smartphone hanya menggunakan 30 aplikasi saja. Hal ini tentu dapat menjadi kekhawatiran yang perlu untuk dipahami. Sebab apabila aplikasi tidak sesuai dengan keinginan, maka bukan tidak mungkin aplikasi tersebut akan segera ditinggalkan.

Selain itu dengan fakta tersebut, dapat dibuktikan juga bahwa pengguna sudah memilih dengan pasti aplikasi apa saja yang ingin digunakannya terus-menerus. Sehingga pengguna sudah mengerti apa saja yang harus ada di dalam aplikasi yang membuatnya tetap menjadi pengguna setia. Lalu sebaliknya hal apa saja yang jangan sampai ada di dalam aplikasi karena bisa membuat pengguna tidak betah.

Dengan fakta tersebut, mulai sekarang pikirkan lagi dengan matang jenis aplikasi apa yang hendak dibuat. Lalu tujuan sebenarnya dari pembuatan aplikasi tersebut. Perhatikan apakah aplikasi tersebut nantinya bisa diterima atau tidak di masyarakat. Karena tidak sedikit aplikasi yang berakhir ditarik karena tidak laku. Bahkan aplikasi dari developer besar sekalipun. Jadi pahami lagi dan perhatikan dengan baik.

Fitur Aplikasi yang Dapat Memudahkan Penggunanya

 

app-2

Jadi sekarang sudah paham mengapa pengguna itu sangat penting ketika hendak membangun sebuah aplikasi baru. Karena memang pengguna adalah kunci utama sukses atau tidaknya aplikasi tersebut di pasaran Tapi tenang dulu tetap membuat aplikasi yang diinginkan, asalkan dengan menggunakan beberapa fitur dibawah ini yang dinilai bisa menarik perhatian para pengguna.

 Menyediakan Fitur Offline

Siapa yang tidak senang jika aplikasi yang digunakan bisa digunakan secara offline? Rasanya tidak ada. Karenanya saat hendak membangun suatu aplikasi pastikan bahwa aplikasi ini tidak hanya berjalan baik saat sinyal sedang kuat saja. Melainkan juga saat sinyal sedang tidak stabil, atau dalam kondisi tidak ada sinyal beberapa fitur dari aplikasi ini tetap bisa digunakan.

 Kemampuan Mendownload

Ini terkait dengan kebiasaan masyarakat Indonesia yang senang menyimpan sesuatu hal yang menjadi kegemarannya. Entah itu lagu, gambar, dokumen, atau apapun itu. Karenanya pastikan fitur untuk menyimpan ini disediakan dalam kata lain adalah fitur mendownloadnya. Sebagai contoh salah satu aplikasi streaming lagu yang masih digunakan sampai sekarang karena adanya fitur download.

Login Menggunakan Sosial Media

Sudah bukan rahasia umum jika beberapa aplikasi mengharuskan penggunanya untuk login terlebih dahulu. Hal ini biasanya bertujuan untuk membuka beberapa fitur yang ada dalam aplikasi tersebut. Alangkah lebih baik ketika pengguna hendak login, maka disediakan pilihan untuk login menggunakan akun sosial medianya saja. Sehingga dengan begitu pengguna akan merasa lebih mudah.

Feedback

Jangan lupakan fitur yang satu ini, karena ternyata fitur ini sangat penting keberadaannya dalam suatu aplikasi. Dengan adanya fitur ini pengguna bisa mengirimkan kritik, saran, serta keluhannya terhadap aplikasi yang dimainkan. Sehingga developer jadi bisa memperbarui aplikasi tersebut sedikit demi sedikit. Nantinya beberapa kekurangan itu sudah dapat teratasi dan membuat pengguna senang.

Pengaturan Sederhana

Sediakan juga fitur yang satu ini dimana pengguna bisa mengatur hal-hal dasar dalam aplikasinya sesuai dengan keinginan. Tidak perlu yang rumit cukup pengaturan yang memungkinkan pengguna untuk bisa mengatur tulisan, warna background, dan lain sebagainya. Bahkan tidak masalah jika menyediakan tema yang bisa diganti sesuai dengan keinginan penggunanya.

Relevansi

Terkadang developer itu malas untuk mendesain fitur-fitur dalam aplikasinya. Alhasil aplikasi yang dihasilkan hanya berupa versi mini dari website yang ada. Lalu setelahnya diletakkan dalam handphone. Apabila seperti itu untuk apa seseorang mendownload aplikasi? Jika bisa dengan mudah membukanya menggunakan peramban. Jadi pikirkan baik-baik fitur yang ada harus berbeda dengan versi website.

Gamification

Menaruh sebuah game kecil-kecilan pada aplikasi yang dibuat adalah satu hal yang penting. Meskipun terlihat sepele tapi ternyata banyak orang yang menangi hal ini. Tinggal buatkan saja game sederhana pada aplikasi. Permainan tersebut berfungsi untuk mengumpulkan poin. Lalu nantinya poin tersebut bisa ditukarkan dengan beberapa fitur dalam aplikasi tersebut.

Pemblokiran Iklan

Iklan memang menjadi salah satu pemasukan untuk pihak developer. Namun menurut survey beberapa pelanggan tidak akan ragu untuk meninggalkan suatu aplikasi apabila iklan yang muncul sudah terlalu banyak. Karenanya sebagai solusi buat juga fitur pemblokiran iklan di dalam aplikasi. Tidak harus memblokir semua iklan, minimal membatasi saja berapa iklan perharinya.

Pop up Notifikasi

Ternyata banyak yang menyukai fitur yang satu ini. Dimana setiap pemberitahuan bersifat real time dan akan muncul di layar handphone ketika dibutuhkan. Semua pemberitahuan seperti update, penggunaan harian, dan lain sebagainya akan muncul melalui notifikasi ini. Sehingga pengguna merasa terus mengetahui kondisi aplikasi yang dipakainya. Apakah masih layak pakai atau tidak.

Feedback

Untuk fitur yang kesepuluh ini sangat penting kehadirannya tidak hanya untuk pengguna melainkan pihak developer. Dimana pihak developer bisa mencari tahu kekurangan aplikasinya melalui sebuah review jujur yang ditulis oleh pengguna. Beberapa review jujur seperti kritik saran serta keluhan yang disampaikan oleh pengguna menggunakan feedback ini akan sangat membantu.

Artikel Terkait  Newbe Harus Baca! Bagaimana Mengembangkan Aplikasi Dengan Ide-ide yang Revolusioner

Penghematan Data

Sudah banyak sekali aplikasi yang menerapkan fitur ini bahkan aplikasi dari vendor besar sudah mulai melakukan hal yang sama. Karena dengan mode penghematan data ini bisa membantu pengguna dalam menghemat penggunaan datanya. Sehingga pengguna bisa mengatur penggunaan datanya sesuai dengan keinginan. Dengan begitu tentu akan membuat pengguna menjadi lebih nyaman.

UI yang Mudah

Suatu penelitian mengungkapkan jika seseorang pengguna akan lebih menyukai ui yang sederhana namun mudah untuk di mengerti. Bukannya sebuah ui yang hanya mengandalkan fitur keindahan saja tanpa memikirkan fitur fungsi yang ada. Sehingga saat membuat ui ini pastikan fitur kesederhanaan atau simplicity tetap diterapkan di dalamnya. Jangan terlalu rumit karena bisa membuat pengguna bingung.

Mempertimbangkan Kenyamanan Pengguna Ketika Membuat Aplikasi

Selain mempertimbangkan untuk memasukkan beberapa fitur yang dapat disenangi oleh masyarakat diatas. Penting juga untuk memahami beberapa faktor lain yang bisa menentukan laku atau tidaknya sebuah aplikasi di pasaran. Untuk mengetahui faktor ini gunakanlah pendekatan terhadap masyarakat. Lakukan survei secara kecil-kecilan untuk mengetahui hal apa yang sebenarnya diinginkan oleh masyarakat.

Maksud dari pembahasan di atas adalah posisikan diri ketika sedang membuat aplikasi bukan sebagai developer melainkan sebagai pengguna. Pahami dengan betul apa yang pengguna inginkan. Menggunakan logika terbalik ketika ada di posisi pengguna. Sehingga dengan begitu dapat menekan idealisme pengembang baru yang biasanya masih tinggi. Jadi perlahan aplikasinya dapat dikembangkan dan diterima dengan baik di masyarakat.

Faktor yang Menjadi Pertimbangan Ketika Ingin Membuat Aplikasi

Sekarang masuk ke pembahasan faktor apa saja yang harus dipertimbangkan dalam membuat aplikasi agar aplikasi tersebut dapat diterima oleh masyarakat. Beberapa faktor di bawah ini didapatkan berdasarkan hasil survei kecil-kecilan yang sebelumnya sudah dilakukan oleh pengembang aplikasi. Jadi dengan memahami faktor yang ada dibawah ini, diharapkan aplikasi dapat diterima dengan baik di masyarakat

Memahami Apa yang Dibutuhkan Oleh Masyarakat

Pertama adalah dengan memahami hal apa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Buatlah aplikasi yang bisa menjadi 10 aplikasi yang selalu digunakan oleh masyarakat setiap harinya. Dari 10 aplikasi tersebut biasanya memiliki jenis aplikasi bertukar pesan, streaming lagu, alarm, streaming video, dan market place. Usahakan bahwa aplikasi yang dibuat masuk ke dalam jenis aplikasi tersebut.

Menentukan Target Pengguna Aplikasi

Faktor selanjutnya juga dengan menentukan target pengguna aplikasi yang diinginkan. Buatlah aplikasi yang sesuai dengan target penggunanya. Dimulai dari rentang usia yang diinginkan untuk menjadi target konsumen. Lalu jenis kelamin yang ingin dijadikan target konsumen. Tidak masalah jika ingin membuat aplikasi universal yang bisa diterima semua masyarakat. Asalkan aplikasi itu mampu untuk mengakomodir 80% dari keinginan pengguna.

Membuat Aplikasi Dengan Tujuan yang Jelas

Terakhir adalah buatlah aplikasi dengan tujuan yang jelas sedari awal. Dalam hal ini dengan menetapkan tujuan aplikasi sedari awal, maka pembuatan aplikasi menjadi lebih mudah. Tidak hanya itu saja tujuan ini juga bisa menjadi awal mula penunjukan target untuk siapa aplikasi ini dibuat. Dengan begitu pembuatan aplikasi pun tidak memakan waktu terlalu lama dan pembuatannya menjadi lebih jelas.

Mengembangkan Aplikasi Menggunakan Perspektif Pengguna

Sekali lagi ditekankan ketika membuat aplikasi, pertama pahami dulu jenis aplikasi apa yang hendak dibuat. Selanjutnya mulai memahami tujuan pengguna dalam membuat aplikasi ini. Saat pertama kali membuat aplikasi tidak ada salahnya untuk meminta bantuan dari pengguna. Hal ini bisa dilakukan melalui sebuah survei atau riset kecil-kecilan hanya untuk sekedar mengetahui apa keinginan pengguna.

Artikel Terkait  [Versi 2020] Penjelasan Menyeluruh Tentang Pengembangan Aplikasi Untuk Pemula. Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Menggunakan Jasa Pihak Luar.

Karena memang berbicara dengan pelanggan ini ternyata memberikan dampak lumayan. Setelahnya lakukan penasaran aplikasi dengan baik. Tidak perlu yang terlalu mewah, buat saja pemasaran yang sederhana tapi mengena di hati masyarakat. Karena sistem pemasaran seperti itu biasanya lebih membuat pengguna tertarik dan juga mengena di hati. Jadi bisa memancing rasa penasaran.

Saat melakukan pembicaraan terkait aplikasi apa yang banyak diinginkan oleh pengguna, dengarkan dengan baik jawaban jujur yang diberikan oleh pengguna. Tapi tidak perlu semua keinginan pengguna dituruti. Jelaskan bagian mana saja yang dapat diikuti dan berikan juga tambahan konten yang merupakan konsep asli dari aplikasi tersebut.

Lalu terangkan bahwa nantinya akan ada konten yang ditingkatkan sehingga penggunaannya bisa menjadi penggunaan sehari-hari. Dengan begitu perlahan aplikasi akan menembus hati masyarakat. Asalkan aplikasi yang dibuat dengan sungguh-sungguh ini sudah benar-benar layak, dan dalam pembuatannya turut mempertimbangkan aspek konsumen, maka bisa dipastikan aplikasi ini berhasil.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Blog Post Ranking 10

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Mau Jadi Front-end Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Mockup adalah: Membuat Mockup Design untuk Website

Wireframes adalah kerangka. Prototipe menunjukkan perilaku. Mockup adalah kulitnya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa mockup sama pentingnya dengan...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Layout adalah : 4 Prinsip Dasar Desain Layout

Desain layout adalah salah satu bagian dari seni kita semua tahu,  untuk bisa menampilkan seni dengan baik, kita harus...

Apa Itu Cache Memory? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu cache memory? Orang yang setiap hari berinteraksi dengan internet, istilah cache tentu saja bukan lagi istilah yang...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya