Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Aplikasi Cross-platform Ayo Realisasikan Ide-ide Anda! Langkah Awal Dalam Pengembangan Aplikasi...

Ayo Realisasikan Ide-ide Anda! Langkah Awal Dalam Pengembangan Aplikasi (iOS & Android)

-

Modal utama dalam mengembangkan sebuah aplikasi adalah sebuah ide yang cemerlang. Baik itu untuk aplikasi mobile, aplikasi web, atau pun aplikasi desktop. Ide yang dimaksud dalam hal ini adalah buah pikiran dari masing-masing orang. Tentunya bukan sembarang ide, ide tersebut harus yang unik, kreatif, dan inovatif.

Selanjutnya ide tersebut akan dikembangkan lagi menjadi sesuatu yang sistematis untuk aplikasi. Namun, apakah pengembangan aplikasi ini hanya cukup dengan sebuah ide saja? Bagaimana dengan coding yang dibutuhkan untuk pengembangan aplikasi tersebut? Tidak perlu khawatir, berikut ini adalah langkah awal untuk mengembangkan aplikasi dari ide. Yuk, ketahui ulasan lengkapnya.

Apakah Benar Aplikasi Dapat dengan Mudah Dikembangkan Melalui Ide?

idea

Pengembangan aplikasi bukanlah suatu hal yang sulit, namun juga tidak mudah. Dengan ide-ide kreatif dan inovatif, sebuah aplikasi dapat dikembangkan. Bagaimanakah caranya? Berikut ini cara mengembangkan aplikasi yang harus disimak.

Artikel Terkait  Apa Kunci Kewirausahaan yang Sukses dalam Pengembangan Aplikasi? Tiga Pola Kegagalan dan Poin yang Perlu Diperhatikan

1. Merealisasikan Ide Untuk Mengembangkan Aplikasi

jasa-web-2

Hal pertama yang harus dilakukan dalam mengembangkan aplikasi adalah harus ada ide yang kreatif. Jika ingin merealisasaikan ide tersebut dalam sebuah aplikasi, jangan sampai ragu dengan sulitnya proses coding dan teknis yang lainnya. Hanya dengan bermodal ide bagus dan berbobot, maka ide siap untuk diproses menjadi aplikasi.

Bagaimana jika tidak bisa membuat ide yang kreatif dan inovatif? Jika terjadi demikian, cobalah untuk mencari ide yang dari lingkungan dan kehidupan sekitar. Pastikan bahwa ide tersebut masih murni dan berbeda dari orang lain. Jika ide tersebut terinspirasi dari aplikasi lainnya, maka usahakan untuk membuat ide yang dapat menyempurnakan aplikasi tersebut.

Setelah ide terbaik sudah didapatkan, tuangkan ide tersebut dalam kertas. Cobalah untuk membuat grafik pemetaan dan sketsa tentang aplikasi yang akan dikembangkan. Misalnya saja dengan menuliskan bagaimana tampilan aplikasi tersebut? Bagaimana menu yang ada dalam aplikasi? Dan hal lainnya yang berhubungan dengan aplikasi yang akan dikembangkan.

Intinya, setelah mendapatkan ide terbaik tuangkan imajinasi tersebut dalam gambaran yang nyata. Dari  gambaran yang nyata, ubah menjadi sesuatu yang sistematis. Jadi, saat orang lain membaca ide yang sudah dirancang, orang lain akan merasa paham akan seperti apa aplikasi yang dikembangkan nanti.

Dari sistematis yang telah dibuat ini, bisa diketahui apakah ide tersebut dapat dikembangkan menjadi aplikasi. Pertimbangan lain tentunya juga harus diperhatikan. Misalnya seperti waktu dan biaya untuk pengembangan, apakah sudah sesuai dengan kebutuhan pengguna, dan lainnya.

Jika sudah dipertimbangkan dengan baik, maka saatnya untuk merealisasikan ide menjadi aplikasi. Tidak perlu khawatir jika tidak memahami bagaimana proses mengcoding. Sekarang ini telah banyak perusahaan pengembang aplikasi yang mempunyai orang berbakat dan membutuhkan ide terbaik untuk aplikasi. Dari sinilah, kerja sama antara pemilik ide dan pengembang perusahaan dapat terbentuk.

Artikel Terkait  Pembuat Aplikasi Android Sendiri Secara Offline

2. Cara Menghasilkan Uang dengan Mengembangkan Aplikasi

monetize

Sebuah aplikasi dikembangkan dengan tujuan untuk dimanfaatkan dengan baik oleh pengguna. Apakah yang bisa didapatkan oleh pengembang aplikasi? Tentunya pengembang bisa mendapatkan uang dari aplikasi yang dikembangkan tersebut. Untuk menghasilkan uang dari pengembangan aplikasi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Pertama, dengan membuat unduhan aplikasi yang berbayar. Jadi, jika ada pengguna yang ingin menggunakan sebuah aplikasi yang dikembangkan, maka harus melakukan pembelian terlebih dahulu. Dari proses pembelian ini, maka perusahaan pengembang dapat menghasilkan uang.

Agar aplikasi yang diunduh dengan berbayar ini bisa menghasilkan uang yang banyak, tentunya aplikasi harus dibuat berbeda dari aplikasi lainnya. Intinya, harus ada hal menarik yang tidak dimiliki oleh aplikasi lainnya. Misalnya dengan menunjukkan fitur menarik dari aplikasi, review terbaik, atau yang lainnya.

Cara selanjutnya untuk menghasilkan uang dari pengembangan aplikasi adalah dengan memasang iklan. Biasanya, perusahaan pengembang akan membuat aplikasi yang gratis untuk diunduh pengguna. Dalam penggunaannya, aplikasi ini akan disisipi oleh iklan. Ada yang berupa iklan video, iklan untuk mengunduh aplikasi lain, dan lain sebagainya.

Iklan ini biasanya muncul dalam tampilan aplikasi. Agar pengguna tetap merasa nyaman dengan adanya iklan, maka pengembang aplikasi harus membuat hal yang menarik. Misalnya dalam sebuah game, pengembang bisa memberikan reward untuk pengguna yang tidak skip iklan.

Cara lain agar pengembangan aplikasi dapat menghasilkan uang adalah dengan menciptakan aplikasi untuk dijual kepada pihak lain. Penjualan aplikasi ini bisa ditujukan pada perusahaan. Tentunya, perusahaan yang memiliki aplikasi akan dengan mudah mempromosikan produk dan berkomunikasi dengan customer.

Jika perusahaan ini tidak mempunyai pengembang untuk membuat aplikasi, maka pengembang aplikasi bisa memanfaatkan hal ini untuk menjual aplikasi. Tentunya hal ini menjadi kesempatan besar bagi pengembang aplikasi untuk menghasilkan uang dari aplikasi yang dibuat. Cara yang cukup mudah untuk dilakukan pengembang aplikasi kan?

Artikel Terkait  Beberapa Skill yang Harus Dikuasai oleh Pemula untuk Membuat Aplikasi

Hal Yang Dibutuhkan Untuk Mengembangkan Aplikasi iOS

ios-development

Untuk mengembangkan aplikasi iOS, ada beberapa hal yang dibutuhkan. Hal ini tentunya bersifat wajib dalam proses pengembangan aplikasi. Berikut ini adalah hal yang dibutuhkan dalam pengembangan aplikasi iOS.

1. Instalasi XCode

Jika ingin mengembangkan aplikasi iOS dengan teknologi Apple yang terbaru, maka gunakanlah komputer yang mendukung instalasi XCode. XCode ini dapat dipasang dalam komputer yang memiliki sistem operasi OS X. Komputer dengan sistem operasi OS X dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan aplikasi iOS dan Android karena kecanggihannya.

Berbeda dengan komputer yang mempunyai sistem operasi Linux dan Windows. Biasanya, komputer tersebut hanya bisa untuk mengembangkan aplikasi Android. Untuk sistem operasinya, pihak Apple menggratiskan OS X untuk digunakan. Mulai dari OS Maverick sampai OS X Yosemite dapat diunduh dan digunakan dengan mudah.

Setelah komputer sudah siap dengan sistem operasi OS X, selanjutnya adalah proses instalasi XCode. XCode merupakan Integrated Development Environment yang berfungsi untuk mengembangkan beragam produk Apple. Bisa iOS, OS X, tvOS, dan produk lainnya. Berbagai aplikasi terkenal seperti Facebook dan Twitter untuk iOS dikembangkan oleh XCode.

Dengan komputer yang memiliki sistem operasi OS X, maka komputer dapat diinstal XCode versi terbaru. Penggunaan XCode versi terbaru dilakukan agar proses submit aplikasi ke App Store menjadi mudah. Bisa dikatakan, XCode ini merupakan hal wajib untuk pembuatan aplikasi.

2.  Perangkat iOS

Dalam mengembangkan aplikasi iOS, memiliki perangkat iOS merupakan hal yang optional. Jika tidak mempunyai perangkat iOS, pengembang bisa menggunakan simulator yang sudah tersedia dalam XCode. Namun perlu diketahui bahwa penggunaan simulator XCode juga ada batasannya.

Misalnya jika aplikasi yang dikembangkan membutuhkan akses ke kamera. Pengembang tetap harus menggunakan perangkat iOS yang nyata untuk mencobanya. Jika hanya membuat aplikasi yang sederhana saja, maka simulator dalam XCode sudah cukup membantu.

3. Pendaftaran Program Pengembang Apple

Jika ingin mengembangkan aplikasi yang digunakan untuk pribadi saja, maka pengembang hanya perlu mendaftarkan Apple ID ke Apple Developer Program. Untuk melakukan hal ini tidak dikenai biaya sepeser pun.

Berbeda dengan melakukan pengembangan aplikasi yang ditujukan untuk diunggah di App Store. Pengembang diharuskan membayar biaya keanggotaan untuk program pengembang Apple. Harga untuk iOS untuk pengembang individu adalah sebesar $99 setiap tahunnya. Sedangkan untuk iOS Developer Program Enterprise biayanya sebesar $199 setiap tahunnya.

Keuntungan yang diberikan jika mendaftar Apple Developer Program sangat banyak. Pengembang bisa melakukan tes aplikasi yang dikembangkan dalam perangkat iOS. Pendistribusian aplikasi ke App Store pun juga akan mudah.

Selain itu, pengembang juga bisa mendapat early access untuk mendapat resource terbaru dari Apple. Misalnya seperti XCode beta terbaru. Keuntungan lainnya adalah dapat mengikuti forum tanya jawab antar pengembang. Biasanya, para engineer dari pihak Apple akan menjawab pertanyaan dari para pengembang.

Artikel Terkait  Jasa Pembuat Aplikasi + Website Terpercaya

Hal Yang Dibutuhkan Untuk Mengembangkan Aplikasi Android

Android-app-

Android merupakan teknologi yang sekarang ini memiliki banyak pengguna. Sama seperti mengembangkan aplikasi iOS, untuk mengembangkan aplikasi Android pun juga harus ada beberapa hal yang dibutuhkan. Berikut ini informasi lengkapnya.

1. Menguasai Bahasa Java

Menguasai bahasa pemrograman Java merupakan hal penting yang dibutuhkan untuk mengembangkan aplikasi Android. Java merupakan bahasa pemrograman yang berbasis OOP. Jika pengembang tidak begitu menguasai bahasa Java, pengembang aplikasi dapat melatih kemampuan terlebih dahulu.

2. Menguasai XML

Selain harus mampu menguasai bahasa pemrograman Java, pengembang aplikasi Android juga harus menguasai XML. XML merupakan bahasa markup yang nantinya digunakan untuk pertukaran data sistem. Mudahnya, XML dibutuhkan untuk membuat desain aplikasi yang nantinya akan dikembangkan. Jadi pengembang aplikasi harus menguasai syntax dan semantic dari XML.

3. Pemasangan Android Studio

Selain harus mampu menguasai bahasa pemrograman Java dan XML, untuk mengembangkan aplikasi Android juga diperlukan pemasangan Android Studio. Android Studio merupakan software yang Integrated Development Environment.

Software ini pun juga termasuk software official dari Google. Selain Android Studio, juga ada software lain yang bisa digunakan. Tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan.

Android Studio banyak digunakan karena merupakan aplikasi yang paling update. Agar komputer pengembang dapat dipasang Android Studio, pastikan komputer sudah memenuhi spesifikasi. Spesifikasi komputer yang bisa digunakan adalah komputer dengan minimal RAM 4 GB dan terpasang core i-3.

4. Pemasangan JDK Dan SDK

Selain Android Studio, JDK juga harus terpasang dalam komputer pengembang. Java Development Kit merupakan sebuah alat yang digunakan komputer untuk memahami dan mengartikan file ke dalam bahasa pemrograman Java. Jadi, fungsi JDK ini sangatlah penting untuk pengembangan aplikasi.

Ada juga SDK yang merupakan Software Development Kit. Mudanya, SDK ini merupakan kumpulan alat yang digunakan dalam membuat software. Karena hal itulah, JDK dan SDK harus terpasang dalam komputer pengembang aplikasi. Agar dapat memasang JDK dan SDK, pastikan bahwa komputer pengembang sudah memenuhi spesifikasi.

Demikian ulasan lengkap tentang langkah mengembangkan aplikasi dari sebuah ide. Cukup mudah kan caranya? Jika mempunyai ide terbaik, segera realisasikan ide tersebut untuk dikembangkan menjadi aplikasi yang bermanfaat. Tidak perlu khawatir dengan proses pemrograman dan coding yang rumit. Karena sekarang ini sudah banyak pengembang aplikasi yang siap untuk kerja sama.

Pengembang aplikasi harus memperhatikan hal-hal yang dibutuhkan untuk pengembangan aplikasi. Baik itu aplikasi iOS maupun Android. Hal ini dilakukan agar dapat tercipta aplikasi yang bermanfaat. Dari sebuah ide, tentunya aplikasi bermanfaat dapat tercipta. Penghasilan pun juga akan didapatkan. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Blog Post Ranking 10

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Mau Jadi Front-end Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Mockup adalah: Membuat Mockup Design untuk Website

Wireframes adalah kerangka. Prototipe menunjukkan perilaku. Mockup adalah kulitnya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa mockup sama pentingnya dengan...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Layout adalah : 4 Prinsip Dasar Desain Layout

Desain layout adalah salah satu bagian dari seni kita semua tahu,  untuk bisa menampilkan seni dengan baik, kita harus...

Apa Itu Cache Memory? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu cache memory? Orang yang setiap hari berinteraksi dengan internet, istilah cache tentu saja bukan lagi istilah yang...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya