Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Aplikasi Cross-platform Mengapa Lebih Banyak Perusahaan Mengembangkan Aplikasi Pendukung Penjualan?

Mengapa Lebih Banyak Perusahaan Mengembangkan Aplikasi Pendukung Penjualan?

-

Penjualan merupakan salah satu proses kepemilikan barang pada dari penyedia layanan kepada pembeli dengan memberikan sejumlah harga penawaran. Ada banyak sekali metode yang digunakan dalam penjualan yang dilakukan oleh perseorangan atau baik dari perusahaan. Jika penjualan perseorangan tentu tidak membutuhkan bantuan agent atau reseller karena biasanya memiliki skala kecil, berbeda dengan perusahaan.

Hal inilah yang kemudian membuat lebih banyak perusahaan mengembangkan aplikasi pendukung penjualan yang berguna untuk meningkatkan nilai jual produknya. Ada banyak metode yang digunakan oleh perusahaan untuk mengembangkan sistem penjualan seperti mengembangkan agent atau reseller. Selain itu nilai dari penjualan itu sendiri biasanya akan coba dinaikan oleh perusahaan dengan menyediakan aplikasi layanan pendukung.

Pembuatan dan pengembangan layanan aplikasi pendukung penjualan itu bisa dicanangkan dalam bentuk aplikasi dalam telfon seluler. Dewasa ini perkembangan telfon seluler yang semakin pesat dari segi nilai dan fungsinya ini membuat perusahaan membidiknya sebagai lahan promosi. Tentu saja hal ini juga berkesinambungan dengan banyaknya pengguna telfon seluler dibandingkan dengan pemakaian komputer bukan?

Bahkan ada temuan yang memberikan pernyataan nilai bahwa 30 persen dari nilai penjualan dihasilkan dari penggunaan layanan aplikasi telfon seluler. Selain itu ada banyak perusahaan yang kini mengembangkan aplikasi yang mendukung penjualan produk mereka dalam telfon seluler. Mengapa ada banyak perusahaan yang kemudian membidik aplikasi guna meningkatkan penjualan? Artikel ini akan mengulas keuntungan dari penggunaan aplikasi itu.

Apa Itu Aplikasi Pendukung Penjualan?

ios-android (1)

Artikel Terkait  Membuat Aplikasi Android Dengan Mudah Untuk Pemula

Sebelum mengetahui lebih dalam mengenai keuntungan dan penggunaan aplikasi pendukung penjualan, ada baiknya untuk memahami apa itu aplikasi pendukung penjualan. Aplikasi penjualan adalah sebuah aplikasi penjaja suatu produk yang didesaign oleh suatu perusahaan sebagai tempat promosi dan laman penjualan. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi produk tanpa bertatatap wajah langsung.

Perusahaan ingin menghadirkan satu kegiatan berbelanja untuk meningkatkan penjualan dengan praktis dan mudah dilakukan. Aplikasi penjualan ini bisa dijangkau oleh seluruh kalangan selama mereka menggunakan smartphone atau telfon seluler berbasis jaringan internet. Aplikasi penjualan tersebut selain bisa menjadi laman penjualan juga bisa menjadi media promosi yang baik.

Ada banyak sekali aplikasi pendukung penjualan yang hadir mewarnai pasar ekonomi diseluruh dunia, khususnya Indonesia. Aplikasi penjualan tersebut didesaign untuk melayani kebutuhan suatu produk oleh masyarakat. Pada aplikasi penjualan tersebut juga biasanya dibuat beberapa kelas dan kategori yang digunakan untuk memudahkan pengguna berbelanja.

Ada Lebih Banyak Orang Yang Menggunakan Aplikasi Pendukung Penjualan

mobile-app

Di era modern dan serba teknologi ini memang ada lebih banyak orang dan perusahaan yang menggunakan aplikasi pendukung penjualan sebagai solusi penjualan. Hal ini berimbang dengan banyaknya orang yang menggunakan smartphone sebagai media kerja, media komunikasi dan media hiburan. Smartphone kini menjadi salah satu alat vital dalam kehidupan di bandingkan dengan PC dan membuat perusahaan akhirnya mendirikan aplikasi penjualan.

Perusahaan seolah ingin merespon kebiasaan dan kesukaan orang banyak pada penggunaan smartphone dengan akhirnya menggunakan aplikasi penjualan. Naiknya tingkat penggunaan smartphone sendiri menurut survei yang sudah dilakukan sejak tahun 2016 memberikan nilai jawaban yang meningkat.  Peningkatan penggunaan ini berasal dari kalangan usia 20 tahunan yang juga berasal dari para pekerja.

Survei yang dilakukan itu menunjukan nilai bahwa hampir lebih dari 30 persen orang-orang lebih banyak menghabiskan dirinya dengan smartphone dibandingkan PC. Waktu yang mereka habiskan bersama smartphone ini sendiri selain untuk media hiburan dan komunikasi adalah untuk bekerja. Survei juga menunjukan bahwa hasil survei tersebut melaporkan hampir keseluruhan audience yang disurvei juga menggunakan aplikasi penjualan pada smartphonenya.

Selain itu penggunaan smartphone sendiri memang lebih menguntungkan dibandingkan dengan PC. Selain bisa untuk berkomunikasi, mengabadikan gambar juga mampu berselancar dalam internet untuk mencari informasi bahkan bisa digunakan untuk bekerja. Hal inilah yang kemudian membuat perusahaan mulai mengembangkan aplikasi pendukung penjualan pada smartphone yang ada.

Manfaat Penggunaan Aplikasi Penjualan Bagi Perusahaan

app-IOS-1000 (1)

Setelah mengulas singkat dan mengetahui tentang pengertian dasar aplikasi penunjang penjualan juga alasan banyaknya penggunannya. Pada ulasan berikut akan dibahas mengenai manfaat penggunaan aplikasi penjualan bagi perusahaan atau korporat, sebagai berikut.

 Memanfaatkan Perkembangan Zaman Dan Banyaknya Pengguna Smartphone

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa ada lebih banyak orang dewasa ini yang menggunakan smartphone dalam kehidupannya sehari-hari. Hal ini tentu saja bisa menjadi angin segar dan terobosan bagi perusahaan untuk mengembangkan penjualan melalui perkembangan teknologi. Pengembangan aplikasi penjualan ini bisa disesuaikan dengan gaya dan  tujuan penjualan dari masing-masing perusahaan sesuai dengan tingkat kreatifitasnya tentunya.

Aplikasi Penjualan Mampu Mengurangi Beban Penjualan

Adanya pengadaan aplikasi penjualan digadang mampu mengurangi beban penjualan perusahaan, mengapa demikian? Inilah alasannya. Aplikasi penjualan yang dikembangkan secara besar-besaran dengan konsep aplikasi yang jelas dan menarik akan membuat animo belanja masyarakat naik. Selain itu beban penjualan yang dulunya mungkin harus dipromosikan dengan manual, kini bisa dibagikan dalam aplikasi penjualan.

Artikel Terkait  Programming Apps : Aplikasi Terbaik Untuk membuat Aplikasi

Selain mengandung nilai praktis, tentu saja aplikasi penjualan bisa lebih terkesan praktis dan mengikuti perkembangan zaman. Aplikasi penjualan sekaligus bisa menjadi wadah konsumen untuk mengetahui produk perusahaan dengan jelas termasuk harga dan rincian lainnya. Hal ini kemudian jelas mampu mengurangi beban penjualan perusahaan dari segi perician produk dan promosi.

Tidak Lagi Membutuhkan Banyak Katalog Promosi Karena Semua Bisa Dikelola Aplikasi

Jika dulu perusahaan harus mengeluarkan dan mencetak banyak katalog sebagai bentuk promosi setiap produk yang ada, kali ini sudah tidak lagi. Banyaknya produk dan rincian produk yang ada sudah bisa dimasukan dalam aplikasi dan konsumen bisa mengaksesnya dengan mudah. Hal ini jelas bisa menghemat budge perusahaan dalam segi promosi dan pengadaan bentuk promosi dari segi pencetakan katalog.

Tentu saja hal ini selain mampu menghemat biaya operasional juga bisa berpengaruh pada keefektifan kerja perusahaan. Selain itu banyak kalangan yang merasa bahwa pengadaan aplikasi akan lebih menguntungkan secara visual dibanding katalog. Ada banyak video promosi, tautan video atau sejenisnya yang bisa lebih menarik konsumen dibanding dari media kertas.

Mengikuti Perkembangan Zaman

Aplikasi pendukung penjualan merupakan salah satu bentuk kemajuan teknolog yang mendukung sektor ekonomi. Perusahaan yang menggunakan dan mengadakan aplikasi penjualan tentu saja berarti ikut maju bersama perkembangan zaman. Perusahaan bisa lebih berkembang dan tidak stagnan dalam ide-ide lawas sebelumnya dan bisa mengikuti perkembangan yang ada.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Penjualan Yang Baik

Setelah berbicara mengenai pengertian aplikasi pendukung penjualan, kemudian beberapa manfaat yang bisa didapatkan. Berikut ini mari simak beberapa keuntungan aplikasi penjualan yang baik untuk dikembangkan dalam perusahaan.

Memiliki Alokasi Promosi Yang Lebih Murah

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa promosi menggunakan layanan aplikasi penjualan akan lebih memiliki nilai yang lebih murah. Jika pada masa dulu promosi biasanya dilakukan dengan pengadaan katalog atau cetak brosur tentu kini sudah tidak perlu lagi. Perusahaan cukup mengadakan alokasi aplikasi sekali dan biaya perawatan aplikasi.

Hal ini akan lebih efektif dibandingkan dengan pengadaan brosur harian atau mingguan bahkan pencetakan katalog rutin yang menghabiskan banyak dana. Biaya operasioal juga akan lebih mudah dan terarah dengan pemanfaatan teknologi aplikasi perusahaan. Bagian admin kini tidak perlu berkutat membagikan brosur atau mengadakan katalog karena sudah ada aplikasi promosi yang membantu.

Informasi Dan Promosi Terkini Bisa Langsung Diterima Oleh Konsumen

Jika perusahaan mengeluarkan suatu promosi atau produk terbaru tentu saja hal ini akan segera didapatkan oleh konsumen. Mengapa demikian? Dengan penggunaan aplikasi pendukung penjualan segala informasi bisa lebih mudah diterima oleh konsumen. Pihak perusahaan hanya tinggal memberikan informasi pada layanan aplikasi entah mengenai diskon atau hal lainnya.

Kemudian konsumen pengguna layanan aplikasi akan segera mendapatkan pemberitahuan akan informasi atau promosi yang ada. Penggunaan internet dan aplikasi memang akan lebih memudahkan jalannya komunikasi apalagi pada era serba digital sekarang ini. Jadi selain memberikan pengurangan biaya operasional katalog, juga keuntungan aplikasi penjualan adalah memudahkan penyaluran informasi.

Konsumen Dan Pengguna Aplikasi Penjualan Akan Selalu Mendapatkan Update Berita

Ketika menggunakan sebuah aplikasi ketika ternyata aplikasi tersebut mengeluarkan sebuah berita atau pemberitahuan tentu saja pengguna akan mendapat notifikasi bukan. Nah hal inilah yang juga didapatkan ketika menggunakan layanan aplikasi penjualan yang dihadirkan oleh sebuah perusahaan. Pengguna layanan aplikasi akan selalu mendapatkan update berita berupa diskon, promo atau informasi lainnya.

Hal semacam ini selain menguntungkan bagi pengguna untuk mendapatkan informasi juga menguntungkan untuk perusahaan penyedia layanan. Mengapa demikian? karena dengan membagikan informasi produk bisa memancing konsumen untuk melalukan transaksi pembelian. Adanya transaksi demikian inilah yang kemudian juga menjadi nilai bantu dalam menaikan penjualan dari perusahaan.

Dengan perusahaan melakukan pengiriman informasi atau pengadaan diskon produk akan membuat konsumen tertarik dan melakukan pembelian. Update berita, informasi dan layanan diskon secara berkala bisa menjadi daya tarik konsumen dan media menambah nilai penjualan perusahaan. Keuntungan semacam inilah yang kemudian menjadikan perusahaan semakin mengembangkan layanan pendukung aplikasi penjualan dibandingkan dengan media promosi konvensional lainnya.

Memiliki Kecepatan Penggunaan

Sebuah aplikasi pastilah didesaign dengan kemampuan yang super cepat dalam menunjang penggunaannya, hal ini dikarenakan untuk memberikan kepuasan pada konsumen. Kecepatan dari penggunaan aplikasi pendukung penjualan ini dalam menampilkan berbagai produk, berbagai informasi dan diskon akan membawa animo konsumen. Konsumen yang ingin berbelanja akan lebih terbantu dengan adanya penggunaan aplikasi yang dapat diakses kapan saja dimana saja.

Artikel Terkait  Manakah Yang Harus Dibuat Aplikasi, Website atau Keduanya?

Memiliki Visualisasi Produk Pemasaran Yang Lebih Menarik

Visualisasi dari sebuah produk dengan bantuan aplikasi pastilah akan lebih menarik dibandingkan dengan pencetakan pada kertas dan katalog. Perusahaan bisa menyediakan gambar setiap produk dengan lebih jelas pada aplikasi pendukung penjualan yang bisa diakses lewat smartphone. Selain itu video  atau iklan promosi juga akan lebih membantu minat konsumen akan produk yang ditawarkan.

Perusahaan bisa menghadirkan model professional untuk memperagakan penggunaan produk atau promosi produk. Hal ini akan membuat konsumen lebih memahami detail produk jika sudah dipraktikan model dalam penggunaannya. Sehingga tentu saja, konsumen akan lebih tertarik dan kemungkinan naiknya penjualan produk akan lebih besar.

Itulah diatas beberapa ulasan dan jawaban mengenai betapa pentingnya aplikasi pendukung penjualan bagi perkembangan perusahaan. Banyaknya keuntungan diatas menjadikan perusahaan tidak salah untuk lebih berusaha mengembangkan aplikasi pendukung penjualan untuk menambah nilai penjualan mereka. Jadi sudah bisa dipastikan bahwa aplikasi pendukung penjualan memiliki banyak manfaat dan keuntungan ya!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Blog Post Ranking 10

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Mau Jadi Front-end Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Mockup adalah: Membuat Mockup Design untuk Website

Wireframes adalah kerangka. Prototipe menunjukkan perilaku. Mockup adalah kulitnya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa mockup sama pentingnya dengan...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Apa Itu Cache Memory? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu cache memory? Orang yang setiap hari berinteraksi dengan internet, istilah cache tentu saja bukan lagi istilah yang...

Layout adalah : 4 Prinsip Dasar Desain Layout

Desain layout adalah salah satu bagian dari seni kita semua tahu,  untuk bisa menampilkan seni dengan baik, kita harus...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya