Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Aplikasi Cross-platform Operator Situs EC Harus Baca! Keuntungan dan Kerugian Membuat...

Operator Situs EC Harus Baca! Keuntungan dan Kerugian Membuat Situs Web Menjadi Aplikasi

-

Era modern seperti sekarang ini penggunaan ponsel sudah semakin merebak luas dan dipakai oleh seluruh kalangan dan semua tentunya oleh hampir profesi. Ponsel yang memiliki OS Android sudah semakin banyak digunakan.  Smartphone atau Android membuat semua pekerjaan menjadi semakin cepat, efektif dan juga efisien. Seperti tidak ada lagi sekat yang memisahkan antara kita dengan seseorang di belahan dunia ini.

Bukan tanpa alasan mengapa Android atau smartphone ini dianggap sedemikian penting oleh hampir semua orang yang menggunakan. Segala fitur penunjang yang ada di dalamnya menjadi magnet tersendiri yang bisa membuat orang betah untuk berlama-lama memandang ponselnya setiap hari. Entah sebagai sarana komunikasi, edukasi, pekerjaan, ataupun sekedar hiburan semata.

Mungkin diantara pembaca pun saat ini tengah terlarut dalam ponsel dan segala kecanggihan yang ada di dalamnya. Jadi, bukanlah sesuatu yang mengherankan bila penggunanya bahkan mencapai jutaaan di Indonesia ini. Salah satu fitur yang sangat penting dalam sebuah ponsel yakni aplikasi. Banyak sekali orang yang begitu terbantu dengan adanya aplikasi ini seiring dengan semakin meningkatnya pengguna ponsel di seluruh dunia.

Artikel Terkait  Harga Jasa Pembuatan Aplikasi Android dan iOS Terpercaya

Seberapa Penting Sebuah Aplikasi Pada Ponsel?

app-1-2

Aplikasi pada ponsel adalah sebuah hal yang tidak bisa dihilangkan atau dianggap remeh keberadaanya. Ada banyak sekali manfaat aplikasi dan tentunya menjadi suatu hal yang penting untuk terus ditingkatkan spesifikasinya. Semakin hari semakin banyak saja aplikasi yang bermunculan dengan berbagai spesifikasi dan kegunaan yang tentunya bermanfaat bagi semua orang.

Berbagai aplikasi seperti aplikasi seputar pekerjaan, parenting, hiburan, fotografi, dan banyak lagi lainnya bisa dengan mudah ditemukan dalam playstore maupun appstore. Pentingnya sebuah aplikasi dalam sebuah ponsel menjadi semakin terasa jka sudah menyangkut aktivitas sehari-hari. Seperti aplikasi penyedia kendaraan misalnya, ini menjadi sebuah aplikasi yang amat berguna untuk orang-orang.

Sekarang ini nilai aplikasi sudah semakin meningkat seiring dengan proporsi ponsel yang juga kian meningkat. Hal tersebut yang kemudian mengakibatkan banyak orang yang mempertimbangkan untuk mengubah situs websitenya menjadi sebuah aplikasi. Pertanyaanya, apakah semua orang mampu menentukan bahwa sebuah aplikasi tersebut dapat berkembang dengan baik apa tidak?

Artikel kali akan membahas secara tuntas bagaimana kelebihan dan juga kekurangan dalam membuat situs web menjadi sebuah aplikasi. Bagi operator situs HC harus membaca dan tau tentang informasi ini ya. Semua akan dibahas secara mendalam di sini. Jadi, jangan sampai ketinggalan informasi penting mengenai pengembangan aplikasi satu ini.

Artikel Terkait  Penggunaan Aplikasi AR dalam Pengembangan Aplikasi Game

Mengapa Lebih Unggul Aplikasi Mobile Dibandingkan Website?

app-2-1 (1)

Jika berbicara mengenai keunggulan dari aplikasi mobile dengan sebuah website, maka banyak orang akan langsung mengatakan bahwa lebih unggul menggunakan sebuah aplikasi dibandingkan harus menggunakan website dengan segala kelengkapannya. Dari segi akses saja sudah terdapat perbedaan yang sangat signifikan, seperti aplikasi yang bisa diakses dengan hanya sekali install dan website yang mengharuskan penggunanya untuk browsing terlebih dahulu.

Hal tersebut sudah menjadi pertanda bahwa aplikasi lebih mudah aksesnya dan bisa diakses dalam keadaan offline dan tentunya lebih cepat. Sedangkan pada website, seseorang harus terkoneksi dengan internet dan tidak bisa diakses secara offline. Hal lain yang turut menjadi pembeda adalah dari segi tampilan dan UX Experiencenya, di mana aplikasi lebih unggul dibandingkan website yang terbatas disebabkan browser maupun bandwith.

Adapun jika melihat dari segi kelebihan website sendiri adalah tidak perlu atau tidak membutuhkan appstore untuk bisa dijangkau dan juga biaya pembuatannya lebih murah dibandingkan sebuah aplikasi. Tak hanya itu saja, dalam segi update sendiri, browser menjadi lebih mudah sedangkan pada aplikasi dibutuhkan biaya tambahan agar bisa dilakukan update. Aplikasi memerlukan biaya pembuatannya yang jauh lebih besar dibandingkan website.

Artikel Terkait  Info Aplikasi : 5 Cara Terbaik Melengkapi Info Toko Aplikasi Anda

Contoh Studi Kasus yang Membuktikan Bahwa Penggunaan Aplikasi Lebih Banyak Dibandingkan Website

Jika ingin melihat bagaimana sebuah aplikasi itu mampu mempengaruhi banyak aspek kehidupan, bisa dilihat dengan jelas penggunaanya saat ini. Seperti studi kasus yang pernah dilakukan oleh sebuah perusahaan dengan membandingkan jumlah peminat antara website dan juga aplikasi yang perbedaanya sangatlah signifikan. Seperti Light-On Inc misalnya.

Pada awalnya Light-On Inc ini memiliki sekitar kurang lebih 500 toko diseluruh negeri mengalami peningkatan pengguna sebanyak hampir 1,5 kali dengan hanya memperkenalkan aplikasi kepada orang-orang. Perusahaan ini pada awalnya merasa bahwa terhambatnya perkembangan perusahaan disebabkan karena adanya kesalahan sistem poinnya, namun setelah memperkenalkan aplikasi semua masalah sedikit terselesaikan. Akhirnya jumlah pengguna mengalami peningkatan.

Pihak perusahaan Light-On Inc mengatakan bahwa ketika mereka mulai beralih menggunakan sebuah aplikasi dan kemudian diinstall oleh hampir 400 ribu pengguna hanya dalam kurun waktu dua bulan setelah aplikasi tersebut dilaunchingkan. Tidak tanggung-tanggung, pertumbuhan keanggotaan perusahaan ini kemudian naik sekitar 50% lebih besar dibandingkan sebelum pengenalan aplikasi dilakukan.

Artikel Terkait  5 Tren Pengembangan Aplikasi Seluler Teratas pada tahun 2020

Manfaat Mengubah Website Menjadi Aplikasi

app-3-1 (1)

Yang harus diketahui oleh operator situs EC tentang berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari mengkonversi situs website menjadi sebuah aplikasi adalah sebagai berikut:

1. Mendapatkan Banyak Data Pelanggan

Manfaat pertama yang bisa didapatkan dari proses konversi ini adalah kita bisa mendapatkan lebih banyak data pelanggan. Hal ini disebabkan karena tingkat penggunaan aplikasi lebih besar dibandingkan penggunaan situs website. Dengan jumlah pengguna inilah yang bisa membuat jumlah anggota juga kian meningkat.

Berdasarkan data dari Nielsen Digital yang dirilis pada bulan desember 2018 lalu, ada sekitar 80% waktu penggunaan ponsel pintar harian yang habis untuk penggunaan aplikasi saja.  Adanya aplikasi ini juga berguna sebagai alat untuk mengambil berbagai tindakan yang arahnya mengacu pada pengumpulan data pelanggan, contohnya penyebaran kupon dan juga hadiah.

3. Akuisisi Repeater

Seperti yang sudah dikemukakan pada manfaat pertama, di mana aplikasi mampu menjadi alat distributor kupon, kartu loyalitas, dan juga hadiah sehingga bisa dikatakan bahwa aplikasi ini menjadi sebuah alat yang ampuh untuk memperoleh lebih banyak repeater. Tak berhenti sampai disitu saja, aplikasi mampu meningkatkan keterlibatan dengan cara mengirimkan dan mendukung konten yang ada dengan fungsi bicara.

Melihat fenomena tersebut menjadikan bahwa aplikasi ini adalah alat yang sangat bagus untuk sebuah perusahaan dalam mengembangkan usahanya. Bagaimana tidak, dengan penggunaan aplikasi, sebuah perusahaan mampu meningkatkan atau mempertahankan pelanggan tetap atau pun meningkatkan tingkat retensi yang ada.

3. Pemberitahuan Push Dapat Meningkatkan Retensi Pelanggan

Pemberitahuan push pada aplikasi dipercaya lebih tinggi dibandingkan majalah e-mail seperti biasanya. Dapat kita lihat pada aplikasi LINE misalnya, di mana pada aplikasi ini telah dipakai oleh banyak pengguna dan chatting menjadi lebih progresif jika ingin dibandingkan dengan elektronik mail atau e-mail pada umumnya.

Adapun fungsi dari push notifikasi atau push pemberitahuan ini adalah sebagai alat yang akan ditampilkan pada layar awal smartphone. Ada banyak sekali aplikasi dengan menggunakan fungsi ini dan telah dirilis. Push notification inilah yang kemudian mengakibatkan efektifnya distribusi kupon dan juga kampanye pada perusahaan-perusahaan dalam mengembangkan bisnisnya.

4. Mendapatkan Saluran Pendapatan Baru

Analisis data yang dilakukan Mitsubishi UFJ Research & Consulting pada tahun 2018 menyatakan bahwa penggunaan actual aplikasi yang diinstall pada ponsel pintar oleh pengguna mencapai angka 82,4 %. Selain itu, menurut survey pembelian yang dilakukan oleh Value Co., Ltd yang dilakukan dengan melakukan pengambilan data kuisioner mencapai angka 32,5 % dari pengguna smartphone.

Sebagian besar dari pengguna ini mengaku dapat meningkatkan saluran pendapatan baru mereka menggunakan penagihan. Hal ini menjadi tolak ukur bahwasanya penggunaan aplikasi di era sekarang ini menjadi sedemikian bermanfaatnya bagi banyak pihak. Tidak heran bila jumlah yang mengunduhnya juga semakin meningkat saja setiap harinya.

5. Spesifikasi Aplikasi Lebih Unggul Dibandingkan Situs Website

Manfaat kelima yang bisa didapatkan dari mengkonversi situs web menjadi aplikasi adalah akses atau lalu lintas dari sebuah aplikasi lebih sedikit dibandingkan sebuah web. Banyak aplikasi dari segi lalu lintasnya atau aksesnya lebih mudah. Setelah sebuah aplikasi diinstall, informasi dapat disimpan pada perangkat ponsel kita.

Tentunya bisa mengurangi sedikit aktivitas dibandingkan website yang mengharuskan penggunanya untuk selalu online. Melihat kefektifan dari penggunaan aplikasi dari segi akses yang lancar, banyak yang kemudian berpikir bahwa mengunakan aplikasi lebih baik daripada sebuah website.

6. Pengembangan Pelanggan dengan Kartu Loyalitas

Website yang akhirnya dijadikan sebagai aplikasi akan memberikan banyak sekali kelebihan, salah satunya aplikasi dapat digunakan sebagai kartu poin atau pun kupon. Jika dulunya kartu kupon yang telah hilang harus diterbitkan lagi, sekarang dengan menggunakan aplikasi semua itu bisa disimpan. Aplikasi ini sangat memungkinkan seseorang dalam memeriksa kupon secara real time.

Berbagai tawaran layanan hadiah seperti contohnya meningkatkan tingkat penukaran poin untuk pembeli dan menghabiskan sekitar $100.000 per tahun. Tak hanya itu, penggunaan aplikasi ini juga mampu membuat rute tetap untuk para pelanggan tetap sehingga membuatnya menjadi lebih progresif lagi ke depannya.

7. Meningkatkan CV Dengan Menghubungkan Fungsi Smartphone

Dengan mengandalkan berbagai fungsi-fungsi yang sudah terpasang pada ponsel pintar, kemungkinan peningkatan pemimpin dari satu calon ke calon pelanggan akan turut meningkatkan Cv juga. Sebuah website yang di mana para pelanggan mencari produk sesuai kebutuhannya dari semua jenis informasi dan kemudian mengakibatkan adanya keraguan dalam diri untuk membeli produk tersebut.

Sedangkan pada aplikasi, para pelanggan cenderung dihadapkan pada informasi yang lebih mengarah kepada seperti apa kebutuhan yang dinginkan. Aplikasi cenderung menampilkan informasi yang sesuai sehingga pelanggan tak ragu untuk membelinya.

8. Lebih Hemat Biaya

Mengapa dikatakan lebih hemat biaya? Karena menggunakan aplikasi hanya dengan sekali berkorban maka kemudahan akan didapatkan kedepannya. Para pengembang aplikasi memang membutuhkan lebih banyak biaya dalam membangun sebuah aplikasi, namun hasilnya yang didapatkan pun seimbang dengan usaha yang dilakukan.

Investasi atau modal awal yang mahal tapi mampu mengembalikan modal adalah jenis usaha yang yang banyak dipilih oleh orang-orang.  Situs EC (E-Commerce) bahkan telah mempunyai pelanggan yang cenderung efektif sehingga mampu menghasilkan profit yang juga banyak.

Artikel Terkait  Operating System Android Terbaru

Apa Saja Kerugian Mengkonversi Situs Web Menjadi Aplikasi

Setelah mengetahui apa saja kelebihan dari proses konversi ini, ada baiknya untuk pembaca juga mengetahui seperti apa kerugiannya, berikut ini ulasannya:

1. Beban Biaya Besar

Telah disinggung beberapa kali pada penjelasan di atas bahwa dalam mengembangkan sebuah aplikasi memang dibutuhkan biaya yang lebih besar. Sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu mengenai seberapa besar peluang aplikasi yang dibuat mampu bermanfaat dan diterima dengan baik oleh masyarakat. Tujuannya adalah untuk meminimalisir kerugian nantinya.

2. Rintangan Lebih Tinggi

Rintangan yang dihadapi saat mengonversi situs web menjadi sebuah aplikasi adalah diperlukannya pembaruan secara rutin. Banyak sekali kasus di mana para pengguna tidak menyukai jika harus memasukkan informasi pribadi setelah proses instalisasi sehingga membuat beban pengguna lebih besar untuk aplikasi.

3. Diperlukan Tindakan Semi Permanen

Tindakan semi permanen adalah sebagai bentuk usaha agar aplikasi tidak mengalami kegagalan fungsi. Kegagalan fungsi ini seringkali terjadi saat peluncuran aplikasi dilakukan. Hal tersebut bisa jadi disebabkan karena masalah pada perangkat atau pun masalah dengan program aplikasi itu sendiri.

Aplikasi dalam hal ini membuktikan bahwa keberadaannya begitu mempengaruhi situs e-commerce. Sekitar lebih dari 10% penjualan sebuah perusahaan berasal dari sebuah aplikasi. Jadi sangat efektif bukan? Cara ini disinyalir ampuh untuk memperoleh pelanggan serta menaikkan atau memudahkan akses ke situs EC dan juga penjualan pastinya. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Blog Post Ranking 10

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Mau Jadi Front-end Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Mockup adalah: Membuat Mockup Design untuk Website

Wireframes adalah kerangka. Prototipe menunjukkan perilaku. Mockup adalah kulitnya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa mockup sama pentingnya dengan...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Layout adalah : 4 Prinsip Dasar Desain Layout

Desain layout adalah salah satu bagian dari seni kita semua tahu,  untuk bisa menampilkan seni dengan baik, kita harus...

Apa Itu Cache Memory? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu cache memory? Orang yang setiap hari berinteraksi dengan internet, istilah cache tentu saja bukan lagi istilah yang...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya