Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteBackendSynology Inc.: Multi-Version Backup sebagai Solusi Hadapi Cyber Crime!

Synology Inc.: Multi-Version Backup sebagai Solusi Hadapi Cyber Crime!

-

Masa pandemi COVID-19 memberikan disrupsi besar terhadap operasional bisnis, hampir di segala sektor. Remote working telah menjadi cara baru yang diaplikasikan oleh berbagai perusahaan, baik perusahaan berukuran kecil, menengah maupun besar.

Meskipun begitu, remote working sendiri juga mendatangkan ancaman, terutama dari sisi keamanan data. Bekerja secara remote memungkinkan seorang karyawan bekerja dengan koneksi juga server yang unprotectable, sehingga ancaman ransomware semakin meningkat.

Hal ini tentunya sangat mengkhawatirkan.

Di satu sisi mempercepat transfomasi digital pada operasional perusahaan, namun di sisi lain membuat para pelaku bisnis cukup rentan dengan serangan ransomware yang dapat merugikan perusahaan, bila suatu saat terjadi kehilangan atau kebocoran data.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghadapi hal tersebut adalah dengan memiliki back up data solution yang dapat diandalkan. Dengan memiliki back up data solution yang dapat diandalkan, perusahaan akan lebih siap dalam menghadapi serangan ransomware. Dengan memanfaatkan NAS dan Active Backup for Business (ABB) dari Synology, misalnya.

Synology Inc.

Ditemukan pada tahun 2000, Synology memiliki enam juta instalasi, ratusan channel partners, dan enam cabang across the globe. Di Synology, semua orang berpikir lebih menyeluruh, bekerja lebih pintar, dan bekerja keras untuk membuat sebuah perbedaan di setiap harinya.

Synology memiliki headquarter di New Taipei City, Taiwan.

Namun memiliki anak perusahaan di North & South America, United Kingdom, France, Japan, Germany, hingga China. Synology memiliki beragam produk dan layanan, dalam berbagai kategori, sebagai contoh, NAS & IP SAN, File Syncing & Sharing, Data Protection, Management, bahkan memiliki Synology Cloud.

Artikel Terkait  FileZilla Adalah? Pengertian Hingga Cara Menggunakannya

Produk-Produk Backup Solution Synology Inc.

backup-synology

Dengan banyaknya jumlah serta ukuran data yang semakin meningkat, maka setiap back up activity pun membutuhkan perhatian khusus.

Apabila back up dilakukan secara manual regularly (multi-version back up), maka dibutuhkan seorang staff khusus yang bertugas melakukan hal ini, atau biasa disebut dengan System Administrator atau Sysadmin.

Namun dikarenakan transformasi bisnis digital, otomatisasi adalah salah satu hal yang penting untuk menciptakan kinerja perusahaan menjadi lebih efisien sekaligus efektif. Synology menawarkan berbagai produk berkaitan dengan multi-version back up, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. NAS (Synology NAS)

Salah satu perusahaan multinasional SHISEIDO mengalami serangan ransomware. Mereka lalu mengaplikasikan layanan Synology Active Backup for Business agar dapat mengelola proses cross-platform backup langsung dari PC, virtual machine, juga server Windows, ke dalam Synology NAS, dengan waktu yang relatif lebih cepat, sekaligus menghemat penggunaan storage capacity hingga 56%.

NAS (Network Attached Storage) atau biasa disebut dengan Synology NAS, merupakan perangkat penyimpanan cerdas yang terhubung ke jaringan rumah atau kantor.

Dengan NAS, seseorang dapat menyimpan seluruh file keluarga juga kolega, mulai dari dokumen penting, musik, koleksi foto, hingga video. Dengan menggunakan browser web atau aplikasi seluler, file-file tersebut dapat diakses oleh layanan yang disediakan oleh NAS dan dapat digunakan melalui internet.

Mengapa Sebuah Perusahaan Membutuhkan NAS?

Bisnis dengan jumlah karyawan 50 orang atau kurang, perlu menyimpan data dengan jumlah data yang terus meningkat. Mereka tentunya membutuhkan solusi yang terjangkau untuk pencadangan data (back up data solution), file sharing, dan berkolaborasi dalam satu file, di waktu yang bersamaan.

Sebenarnya terdapat server file tradisional dan penyimpanan cloud publik yang dapat dimanfaatkan. Namun, apakah server file tradisional dan penyimpanan cloud publik dapat memberikan solusi yang dibutuhkan?

Banyak yang mulai dengan menyimpan file di server tradisional, tetapi ketika masalah backup data atau kolaborasi muncul, server ini dianggap tidak memadai.

Adapun, yang lainnya memilih penyimpanan cloud publik, yang lebih nyaman untuk kolaborasi, tetapi menimbulkan masalah seperti kontrol data dan biaya berlangganan yang mahal.

NAS dapat mempermudah pekerjaan sekaligus menyelesaikan masalah-masalah tersebut. Dan yang terpenting, NAS mudah sekali digunakan juga hemat biaya.

Artikel Terkait  Cara Mencegah Serangan Denial of Service (DDOS) dan Tips Cara Menanggulanginya

Apa Saja Layanan Lain yang Dapat Diberikan NAS untuk Bisnis?

File server generasi berikutnya, pencadangan terpusat, kontinuitas layanan, smart surveillance, dan banyak layanan lainnya.

Mudah dan Biaya Kepemilikannya Murah

Synology NAS mudah untuk dioperasikan dan tidak membutuhkan profesional IT khusus dalam instalasi atau pengelolaannya. Selain itu, juga dapat dikonfigurasikan atau dipantau melalui browser web apapun, bahkan melalui aplikasi seluler.

Synology NAS juga tidak mengenakan biaya CAL atau lisensi akses klien ataupun biaya berlangganan bulanan. Namun menyediakan ruang penyimpanan yang jauh lebih besar dan dapat ditingkatkan untuk pengembangan lebih lanjut.

2. Active Backup for Business (ABB) dari Synology

Salah satu solusi yang lebih hemat biaya untuk back up data solution otomatis adalah Active Backup For Business (ABB) dari Synology. Layanan ini merupakan solusi software yang terintegrasi dengan produk hardware NAS, yang juga ditawarkan oleh Synology sendiri, sehingga seorang IT Admin tidak perlu menggunakan banyak software untuk mengelola proses backup.

Banyak keuntungan yang ditawarkan oleh Synology dengan penggunaan ABB bagi perusahaan, baik yang berskala mikro, kecil, hingga perusahaan besar. Dengan free license sekaligus tanpa subscription fee, biaya yang dikeluarkan hanya untuk hardware saja. Fitur-fitur yang tersedia lewat berbagai penggunaan teknologi dalam ABB juga menjadikan layanan ini sangat menguntungkan bagi penggunanya.

Keunggulan Penggunaan Active Backup For Business (ABB) by Synology

ABB-synology

1. Menghemat Ruang Penyimpanan dengan Global Deduplication

Bila perusahaan berukuran sangat besar dan terbiasa memproses data yang sangat banyak, fitur ini sangat bermanfaat dikarenakan memungkinkan untuk memperkecil ukuran data yang disimpan pada perangkat penyimpanan.

Selain itu juga sangat bermanfaat untuk menghemat kapasitas data, dikarenakan apabila terdapat blok data yang identik, sistem akan secara pintar hanya akan menyimpan satu blok data saja. Fitur yang satu ini akan berjalan secara otomatis sehingga seseorang atau IT Admin dapat dengan mudah mem-backup seluruh perangkat tanpa perlu memusingkan file yang identik.

2. Instant Restore to Synology Virtual Machine Manager

Integrasi antara Active Backup for Business dengan Synology Virtual Machine Manager (VMM) merupakan salah satu solusi bagi pengguna dalam hal pemulihan bencana (disaster recovery) ketika pengguna mengalami kehilangan atau kerusakan data dikarenakan berbagai hal. Bukan hanya dalam hal dokumen, sistem juga dapat memulihkan data aplikasi yang di-backup sebelumnya, instantly dalam waktu yang singkat.

3. Menghemat Waktu Backup dengan CBT Incremental Backup

Pemanfaatan teknologi CBT (Change Block Tracking) sangat bermanfaat untuk yang membutuhkan backup data dengan cepat dan tanpa perlu memakan storage terlalu banyak. Cara kerja sistem ini adalah dengan tidak melakukan pencadangan secara keseluruhan data ketika pengguna sistem melakukan backup data secara reguler.

Sistem secara pintar akan menganalisis, mencari blok data yang identik, yaitu antara data yang akan dicadangkan dengan blok data yang sebelumnya sudah tersimpan dalam perangkat penyimpanan. Sehingga sistem hanya akan menambahkan data tambahan saja dalam perangkat penyimpanan tanpa harus menimpa data lama dengan data baru yang identik.

Artikel Terkait  Pusing Mengelola CMS di Banyak Web? Pakai Saja "Magento"!

4. Centralized Management Dashboard

Untuk melakukan pengelolaan data dengan lebih mudah, ABB juga dilengkapi dengan dashboard untuk memantau aktivitas backup data yang dapat diakses lintas platform dan perangkat. Fitur yang satu ini sangat bermanfaat bagi perusahaan yang menjalankan operasionalnya di berbagai wilayah berbeda, namun dengan pengelolaan data yang lebih terpusat.

Selain itu, fitur ini juga memudahkan tim IT atau IT Admin perusahaan untuk secara cepat mengetahui sumber suatu problem agar dapat diatasi secara lebih cepat.  Layanan Active Backup for Business telah banyak digunakan oleh perusahan besar untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas perusahaannya dengan berbagai produk yang direkomendasikan, seperti RS1219+(8bay), RS2818RP+(12bay) atau SA3400(16bay).

Produk-produk ini didukung oleh Intel processor serta memiliki maximum capacity mulai dari 192 TB hingga 1536 TB. Masing-masing produk ini juga memiliki keunggulan masing-masing sehingga dapat memenuhi berbagai jenis kebutuhan perusahaan.

Perusahaan yang Sudah Menggunakan Active Backup for Business (SynologyABB)

SHISEIDO Taiwan, sebuah perusahaan perawatan pribadi multinasional. Sejak tahun 2018, perusahaan ini mampu mempersingkat waktu proses backup secara signifikan dan mereduksi ukuran data mereka, yang awalnya sebesar 58 TB menjadi 28 TB saja, hanya dengan menggunakan Active Backup for Business saja.

Hal ini menyebabkan penggunaan kapasitas server menjadi lebih efisien.

Selain itu, ABB juga dipergunakan oleh UNESCO, salah satu organisasi milik PBB yang bergerak dalam bidang pendidikan, keilmuan juga kebudayaan. Melalui layanan ini mereka dapat melakukan backup data secara terpusat, hanya dari 50 PC dan server, serta dapat dipantau melalui dashboard yang sederhana.

Di Indonesia sendiri, layanan ini telah digunakan oleh TEKIRO Indonesia. Mereka mampu menghemat sekitar 60% total storage dan ratusan juta biaya license fee, hanya melalui penggunaan Active Backup for Business.

Synology banyak menawarkan backup data solution, salah satu produk yang harus dipertimbangkan adalah penggunaan Synology Hyper Backup, seperti yang dilakukan oleh BBC Media Action.

BBC Media Action menggunakan Synology Hyper Backup untuk dapat melakukan backup data rutin secara otomatis dari enam belas kantor mereka yang tersebar di seluruh dunia. Dengan pengelolaan yang mudah juga antarmuka yang intuitif, kantor pusat BBC Media Action di London dapat menerima update harian secara langsung tanpa perlu meminta bantuan dari tim IT mereka. Kolaborasi antar kantor cabang mereka pun dapat dilakukan secara efisien.

Atau, Synology SA3600 juga dapat menjadi pilihan yang memadai, sebuah rackmount server yang memiliki skalabilitas juga kinerja penyimpanan yang fleksibel. Selain itu juga terdapat dukungan dari sistem file Btfrs, produk Synology yang satu ini juga dapat membantu perusahaan dalam mencegah kerusakan data sekaligus mengurangi biaya pemeliharaan secara optimal.

Multi-version backup data solution dengan opsi fast recovery sekaligus fleksibel, sangat penting dan diperlukan dalam berbisnis, terutama dalam menghadapi berbagai serangan cyber crime attack yang selalu mengintai setiap saatnya.

Dengan solusi ini, proses recovery data dapat dilakukan dengan lebih cepat serta mudah setelah terjadi serangan, bisnis pun tetap dapat berjalan seperti sediakala.

Berikut alasan mengapa backup data solution yang dihadirkan oleh Synology merupakan pilihan yang tepat yang dapat membantu mengamankan data penting perusahaan.

Artikel Terkait  25 Template WordPress Gratis dan Terbaik 2021

Alasan Menggunakan Backup Data Solution Synology

back-up-data-solution

1. Backup dan Kelola Data secara Terpusat sekaligus Terintegrasi

Salah satu main challenge dalam melakukan backup data adalah terlalu banyaknya platform yang digunakan. Hal ini dapat terjadi dikarenakan pada umumnya backup data solution hanya menyediakan satu perangkat lunak untuk satu platform.

Dengan menggunakan Synology NAS sekaligus software backup built-in Active Backup for Business, tim IT dapat dengan mudah mem-backup sekaligus mengelola data secara terpusat dan terintegrasi, meskipun data tersebut tersebar di berbagai platform.

2. Operasional Backup Data yang Mudah dan Simpel

Proses backup dan recovery data yang complicated terkadang menghabiskan banyak waktu juga tenaga. Dengan menggunakan Active Backup for Business kesulitan ini dapat diantisipasi!

Dengan template yang sudah dikonfigurasi sebelumnya oleh IT Admin dapat langsung mengaplikasikannya untuk back up data sekaligus, sehingga backup data dapat berjalan dengan mudah tanpa memakan waktu!

3. License Fee yang Lebih Hemat Tanpa Mengurangi Fungsi Produk

Anggaran pada umumnya merupakan faktor terbesar dalam keputusan pembelian solusi teknologi perusahaan. Keterbatasan anggaran seringkali membuat sebuah perusahaan mau tidak mau mencari solusi backup data yang murah, sekalipun tidak memiliki fungsi yang lengkap.

Namun hal tersebut bukan menjadi halangan apabila perusahaan menggunakan Active Backup for Business sebagai solusi backup data. Alih-alih memiliki biaya yang membengkak, penghematan biaya justru dapat dilakukan.

Sebagai contoh, TEKIRO Indonesia, dapat menghemat ratusan juta untuk license fee saat menggunakan Active Backup for Business untuk mem-backup lebih dari 170 PC dan 60 virtual machine di perusahaannya.

Di zaman sekarang ini, hampir semua dokumen dapat disimpan dalam bentuk digital, demi melakukan penghematan operasional, akses data yang lebih mudah, juga mengoptimalkan data analysis secara berkala.

Akan tetapi, semakin berkembangnya sebuah bisnis, tentunya data yang terkumpul dan perlu disimpan juga semakin banyak.

Apabila Anda tertarik dengan produk-produk dan layanan Synology, Anda bisa langsung menghubungi Synology, melalui website: https://www.synology.com/en-global, atau menghubungi langsung Synology Indonesia melalui e-mail: sales@synologyindonesia.id.

Demikian informasi mengenai Synology juga backup data solution yang tentunya bermanfaat di zaman sekarang, dimana transformasi digital sedang berkembang dengan pesatnya.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya