Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Website Biaya Pembuatan Website Bagaimana Caranya Membuat Website Gratis di Internet?

Bagaimana Caranya Membuat Website Gratis di Internet?

-

Perkembangan digital yang ditandai dengan peningkatan kemajuan teknologi yang semakin pesat, membuat kita semua harus mampu beradaptasi dengan baik. Terlebih lagi dalam hal persaingan bisnis.

Saat ini, berbisnis pun sudah serba online. Yang mana sebagian besar kegiatan promosi, perkenalan, brand building dan lain-lain juga dilakukan dengan memanfaatkan teknologi digital, yakni melalui media sosial, web hingga aplikasi mobile berbasis bisnis.

Bukan hanya untuk kebutuhan bisnis saja, keberadaan website profesional juga mampu dijadikan sebagai ladang bisnis yang bersifat komersial. Betapa tidak, dari sebuah website Anda bisa menyajikan konten-konten yang menarik dan bermanfaat bagi para pengunjung. Sebab, semakin banyak jumlah pengunjung pada web Anda, maka website tersebut akan semakin populer, sehingga mampu menghasilkan omset yang besar.

Namun yang menjadi pertanyaannya adalah, apakah Anda sudah mengetahui bagaimana caranya membuat website? Sebenarnya, pembuatan website adalah proses yang paling mudah untuk dilakukan, sehingga siapapun pasti dapat melakukannya dengan baik, sekalipun mereka adalah pemula. Untuk memudahkan Anda dalam memahami setiap prosesnya, dalam perjumpaan artikel kali ini, kami turut menyebarkan informasi yang berkaitan tentang cara pembuatan website.

Cara Membuat Website Untuk Pemula


cara membuat web

Artikel Terkait  Pengertian, Fungsi dan Jenis-jenis MVC Pada Framework

Sebagai pemula, Anda perlu mengetahui tentang beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum mulai melakukan proses pembuatan website. Adapun, diantaranya adalah sebagai berikut ini

Pilih dan Tentukan Platform


Ada beberapa platform pembuatan website yang bisa Anda pilih, mulai dari yang berbayar hingga yang gratisan. Keduanya memiliki keunggulan masing-masing, sehingga Anda tetap harus menyesuaikannya dengan kebutuhan. Pasalnya, pilihan platform menjadi penentu apakah website Anda bisa terus hidup dan berkembang dengan baik untuk ke depannya.

Menentukan Domain dan Hosting


Agar situs web Anda menjadi lebih profesional, maka Anda harus menentukan domain dan hosting yang akan dipilih. Ada banyak sekali domain dan hosting yang bisa digunakan, mulai dari yang gratisan hingga berbayar. Untuk permulaan, sebaiknya pilih domain dan hosting berbayar dengan penawaran harga murah per tahunnya, karena pilihan tersebut bisa diandalkan untuk perkembangan web Anda ke depannya.

Instalasi dan Pengaturan


Yang terakhir, Anda harus melakukan proses instalasi dan mulai mensetting beberapa hal sesuai dengan kebutuhan. Dengan begitu, Anda akan mampu memiliki sebuah website sesuai dengan apa yang sudah diharapkan sebelumnya.

Bagaimana Caranya Membuat Website Gratis di Internet?


cara membuat web

Bagi Anda seorang pemula yang ingin tau cara membuat website melalui internet dari awal, tutorial berikut ini bisa Anda coba!

Langkah Pertama


Seperti yang disebutkan di atas, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih platform untuk membuat website.

Bagaimana caranya membuat website? Sebenarnya, bukan perkara tampilan dan bentuknya saja, karena Anda pun harus memikirkan jenis platform apa yang akan digunakan.

Nah, dari sini apakah Anda sudah mengetahui tentang platform? Platform adalah sebuah CMS pembuatan website yang Anda pilih. Contohnya, apabila Anda hendak membuat website pada CMS WordPress, maka WordPress adalah platform yang Anda pilih. Sekarang, sudah mengerti kan?

Dari beberapa platform pembuatan website, WordPress adalah yang paling direkomendasikan. Sebab, CMS WordPress memiliki banyak kelebihan. Salah satunya bersifat fleksibel dan open source, sehingga bisa dipakai oleh siapa saja, tak terkecuali untuk para pemula.

Langkah Kedua


Langkah kedua adalah, Anda harus menentukan domain dan hosting. Dimana layanan nama domain dan hosting bisa Anda dapatkan dari penyedia web host. Sekalipun platform yang Anda gunakan sudah memiliki domain bawaan, seperti wordpress.com, akan tetapi nama domain tersebut membuat situs Anda menjadi kurang profesional dan namanya pun akan sulit diingat oleh pengunjung. Jadi, itulah mengapa Anda memang harus memakai nama domain dan hosting dari penyedia web host profesional.

Artikel Terkait  Buat Web Toko Online Murah | Online Shop Profesional

Apa itu domain? Apa itu Hosting?

Domain adalah sebuah nama / identitas untuk website Anda, agar para pengunjung lebih mudah mengingat, mengenal dan menggunakannya di mesin pencarian. Contoh domain seperti ini : semisal situs Anda bernama websitepemula.com. Nah, “.com” itulah yang merupakan nama domain dari web Anda.

Sementara hosting ada tempat atau kapasitas yang bisa digunakan untuk menyimpan banyak hal dalam website Anda, mulai dari data, file dan lain sebagainya. Dengan hosting, Anda pun bisa menyajikan konten dalam jumlah yang lebih banyak.

Dimana bisa dapatkan domain dan hosting? Ada banyak penyedia layanan domain dan hosting, harga yang ditawarkan pun bervariasi, mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu dalam pemakaian satu tahun. Namun, ada pula layanan domain dan hosting gratisan, tetapi dalam pemakaiannya sumber dayanya memang tak lebih unggul dengan layanan yang berbayar. Walaupun begitu, pilihan hosting dan domain gratisan sangat cocok untuk para pemula yang masih belajar dan masih ingin mencoba-coba.

Bagaimana cara memasang domain dan hosting? Mudah saja, setelah melakukan konfirmasi pembelian atau pemakaian domain-hosting gratis, biasanya pihak web host terkait akan segera mengaktifkan domain dan hosting yang telah Anda beli. Kemudian, tinggal masukkan nama web Anda, contoh : websitepemula.com. Jika Anda menemukan ketersediaanya, maka Anda bisa langsung menggunakannya. Namun, apabila nama tersebut sudah digunakan oleh orang lain, maka Anda harus mengubah nama website tersebut.

Langkah Ketiga


Langkah terakhir, Anda harus melakukan instalasi dan modifikasi website.

Sebenarnya, setelah membeli domain dan hosting, website tersebut sudah dapat diakses secara online. Hanya saja, kondisinya masih kosong, sehingga Anda perlu menginstall WordPress nya (Jika menggunakan WordPress).

Caranya membuat website memang sedikit memerlukan kesabaran, karena untuk melakukan proses instalasi, Anda harus menerapkan beberapa cara ini :

  1. Masuk ke akun hosting Anda
  2. Cari dan buka Control Panel (cPanel)
  3. Klik > Softaculous Apps Installer, kemudian klik > WordPress
  4. Klik Install
  5. Selanjutnya akan muncul form untuk instalasi, saran kami hapuslah kata WP yang ada di kolom In Directory. Yang mana itu berarti Anda akan install wordpress pada website yang telah dibuat sebelumnya.
  6. Yang terakhir klik install, proses instalasi akan jalan dengan sendirinya.

Setelah selesai melakukan proses instalasi, Anda bisa langsung mengubah tampilan website menjadi lebih menarik. Selanjutnya, Anda bisa melakukan modifikasi website sesuai dengan keinginan. Mulai dari mengubah tampilan, mengubah page halaman utama, memposting konten dan melakukan berbagai hal lainnya sesuai dengan kebutuhan.

Itulah beberapa informasi seputar caranya membuat website yang mudah bagi para pemula. Namun, jika hendak meningkatkan kualitas website yang dibuat, maka Anda bisa melengkapinya dengan berbagai pemakaian fitur kompleks yang dibuat dengan menggunakan beberapa bahasa pemrograman atau coding.

Keuntungan Memiliki Website

Website bukan lagi hanya sekedar dijadikan sebagai tempat curhat seperti zaman dulu. Fungsinya jauh lebih signifikan, terutama bagi para pelaku bisnis. Kini, situs website sudah dijadikan sebagai media informatif yang mendunia, dimana di dalamnya disajikan banyak informasi penting yang menarik untuk dibaca dengan niche atau tema yang beraneka ragam.

Artikel Terkait  Apa Itu Layanan Mikro dan Hubungannya Dengan Masa Depan?

Begitu pula dalam dunia bisnis. Kehadiran website dijadikan sebagai salah satu media promo, perkenalan hingga pemasaran yang baik dalam jangkauan yang lebih luas. Oleh karena itu, sudah banyak orang yang membuat website, karena terdapat banyak keuntungan yang diperoleh ketika memilikinya. Adapun diantaranya, memiliki :

  1. Bisnis yang Anda jalankan terlihat lebih profesional
  2. Mampu meningkatkan omset bisnis Anda
  3. Para konsumen akan lebih percaya dengan layanan dan profesionalitas bisnis Anda
  4. Mudah untuk menjalin transaksi dengan para pelanggan
  5. Mampu menghasilkan penghasilan tambahan dari memposting yang informative
  6. Mampu memberikan tambahan wawasan ilmu, kemampuan IT dan pemrograman
  7. Jika berhasil membuat web dengan kualitas terbaik, maka Anda bisa menjualnya dengan harga tinggi

Jika sudah mampu menerapkan tentang tata caranya membuat website gratis untuk pemula. Di kemudian hari, maka pacu kembali kemampuan Anda dengan mencoba untuk membuat website dengan tingkatan yang lebih sulit, karena untuk bisa mahir membuat website profesional berkualitas terbaik, Anda perlu belajar dari dasar.
[jasa-pembuatan-website]


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Blog Post Ranking 10

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Mau Jadi Front-end Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Mockup adalah: Membuat Mockup Design untuk Website

Wireframes adalah kerangka. Prototipe menunjukkan perilaku. Mockup adalah kulitnya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa mockup sama pentingnya dengan...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Apa Itu Cache Memory? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu cache memory? Orang yang setiap hari berinteraksi dengan internet, istilah cache tentu saja bukan lagi istilah yang...

Layout adalah : 4 Prinsip Dasar Desain Layout

Desain layout adalah salah satu bagian dari seni kita semua tahu,  untuk bisa menampilkan seni dengan baik, kita harus...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya