Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Website Front end 7 JavaScript Frameworks Trend Terbaru di 2021 yang Wajib...

7 JavaScript Frameworks Trend Terbaru di 2021 yang Wajib Anda Ketahui

-

Tak hanya trend busana atau isu-isu di masyarakat yang selalu berubah dari tahun ke tahun. Dunia IT tentunya mengalami perubahan yang cukup signifikan di setiap tahunnya.

Trend-trend dalam dunia IT selalu berganti dengan cepat mengikuti arus kehidupan dan tipe kebutuhan masyarakat yang menggunakannya. Salah satu trend IT yang senantiasa berganti di setiap tahunnya adalah framework JavaScript untuk frontend.

Banyak praktisi dan ahli IT menyadari bahwa standar dan inovasi pada framework JavaScript selalu berganti dengan cepat, sehingga diperlukan kejelian dan wawasan up-to-date dari Anda selaku developer. Tak hanya framework saja, di tahun 2021 ini pun sudah bermunculan daftar trend untuk tools dan style programming terbaru khusus JavaScript. Seperti apa?

Anda beruntung karena artikel Appkey edisi kali ini sudah menyediakan daftar tools frontend JavaScript trend 2021 yang wajib Anda ketahui agar tidak ketinggalan zaman. Mari lanjutkan scroll ke bagian berikutnya untuk mengetahui apa saja trend JavaScript frameworks 2021 pilihan kami!

7 Frontend JavaScript Trend 2021 Tercanggih dan Paling Dinanti-Nanti

front-end-trend-3

Daftar frontend trend 2021 tentunya berbeda dengan trend tahun 2020 kemarin. Jadi, Anda tidak bisa ngoding frontend di tahun 2021 dengan berpatokan pada trend tahun lalu. Namun tenang saja, Anda belum sepenuhnya ketinggalan kereta. Agar tidak ketinggalan update, berikut ini kami sudah rangkum 7 frontend JavaScript trend 2021 khusus untuk Anda simak:

1. JavaScript Frameworks 2021

Frontend trend 2021 pertama adalah JavaScript frameworks 2021. Di tahun ini, framework JavaScript yang akan populer digunakan adalah ReactJS. ReactJS memang sudah ramai digunakan dan diminati sejak tahun-tahun sebelum 2021 berkat kecepatan dan kepraktisan sistem kerjanya.

Dengan ReactJS, developer bisa memproduksi banyak software dengan stabil karena framework ini difasilitasi dengan beragam fitur canggih. ReactJS juga bisa mencegah update otomatis dari DOM sehingga hasil kerja ReactJS menjadi lebih halus, cepat dan optimal dari segi user experience. Tak mengherankan jika ReactJS kembali terpilih sebagai framework JavaScript terbaik dan paling dominan di tahun 2021.

Namun selain ReactJS, ada framework JavaScript lain yang diprediksi akan ikut nge-trend di 2021 yakni VueJS dan AngularJS. VueJS mulai populer lantaran mudah digunakan dan dikuasai oleh pemula yang masih minim skill ngoding sekalipun. Selain itu, VueJS lebih efektif, cepat dan mulus digunakan dalam proses pembangunan UI software berbasis integrasi HTML sederhana.

Sementara AngularJS memiliki struktur Model View Controller (MVC) yang mampu menghemat waktu developer saat membangun software. Bahkan AngularJS versi terbaru sudah dilengkapi dengan sistem data binding dua arah, update modul coding terlengkap, dan juga dukungan komunitas dari Google.

Artikel Terkait  Apa Itu Node.js? Memahami Penggunaan dan Keunggulan Node.js

2. Bahasa Pemrograman JavaScript 2021

Ya, frontend trend 2021 selanjutnya tak lain adalah bahasa pemrograman JavaScript itu sendiri. Frontend JavaScript trend 2021 sukses menyambung keberhasilan di tahun sebelumnya sebagai bahasa pemrograman terpopuler. Fakta ini sesungguhnya sudah banyak diprediksi oleh para ahli IT dari tahun sebelumnya, sehingga informasi ini tidak dirasa begitu mengejutkan.

Namun, mungkin Anda bertanya-tanya mengapa JavaScript bisa sukses mempertahankan posisinya sebagai bahasa pemrograman terpopuler di 2021? Jawabannya sederhana. JavaScript adalah bahasa pemrograman yang mempunyai struktur libraries dan frameworks paling banyak, paling bervariasi dan juga paling lengkap.

Kelengkapan source ini menjadikan banyak developer mudah menggunakan JavaScript untuk ngoding. Sehingga, mudah saja bagi JavaScript yang dirilis pada tahun 2012 ini untuk bertahan sampai 2021.

Selain itu, pihak JavaScript tentunya akan merilis lebih banyak fitur dan inovasi pemrograman terbaru di tahun 2021. Apa saja itu? Mari kita nantikan bersama-sama, ya!

3. Motion Design UI/UX JavaScript 2021

pola-desain-ui-1
Saat berbicara seputar frontend trend 2021, kita tentunya tidak akan pernah lepas dari topik desain UI/UX. Di tahun 2021 ini, motion design (desain motion/bergerak/dinamis) akan menjdi trend. Bukan tanpa alasan, motion design diprediksi menjadi frontend trend 2021 karena mampu memaksimalkan UX (user experience) pengguna website dalam persentase yang signifikan.

Dengan motion design, user tidak akan merasa bosan saat mengunjungi dan melihat-lihat isi website Anda. Seluruh tampilan informasi pun akan muncul dengan animasi motion unik dan memberikan banyak pengalaman unik baru kepada user. Selain itu, motion design bisa memudahkan user dalam menavigasi website sekaligus mengarahkan mereka langsung ke konten tujuan yang ingin disimak.

4. Trend Single Page Application (SPAs) berbasis JavaScript

SPA (Single Page Applications) juga akan menjadi gebrakan baru dalam frontend trend 2021. SPA adalah cara navigasi halaman website pada gadget wireless. Dengan SPA, user bisa mengunjungi halaman web mana saja tanpa perlu melakukan loading ulang (re-loading).

Ada banyak pula keuntungan dari pengaplikasian SPA pada website seperti lebih mudah untuk dipelihara dan dikembangkan, memberi navigasi cepat, melakukan cache dengan lebih baik, dan tentunya memaksimalkan UX.

Kabar gembiranya, SPA terbaik bisa dikembangkan dengan mudah memakai aneka framework JavaScript seperti ReactJS, AngularJS, atau VueJS. Selain itu, pembangunan SPA bisa dikombinasikan dengan bahasa pemrograman JavaScript, CSS dan HTML.

5. Teknologi AI di Front End

Anda pastinya sudah familiar dengan kecerdasan buatan alias AI, bukan? Di tahun 2021, AI untuk frontend masuk ke dalam daftar trend yang tak boleh Anda lewatkan.

AI mempunyai peranan yang amat penting dalam dunia software development karena memiliki kemampuan yang amat canggih. AI bisa membantu Anda dalam proses pembangunan software seperti menjalankan coding dan algoritma otomatis, mengerjakan task QA, test software otomatis, dan masih banyak lainnya. Sehingga, developer bisa fokus pada tugas pengerjaan yang lebih berat.

Kini, AI banyak diaplikasikan juga pada bagian frontend, contohnya pada bagian halaman rekomendasi untuk pengguna di web dan aplikasi e-commerce dan layanan streaming. Ada pula contoh pengaplikasian AI untuk frontend trend 2021 lainnya yakni pada fitur balas chat otomatis (chatbot).

Dengan chatbot, user bisa berdikusi dan mengobrol untuk memecahkan beragam masalah bersama asisten virtual yang mirip manusia. Tentunya pengaplikasian AI pada bagian frontend ini dapat dilakukan dengan JavaScript.

Artikel Terkait  Web Hosting itu Sebenarnya Seperti Apa? Semua yang Wajib Diketahui Pemula

6. Progressive Web Apps (PWA) dengan JavaScript

pwa-2

Frontend trend 2021 selanjutnya adalah perkembangan Progressive Web Apps (PWA) yang semakin menajam seiring pertumbuhan pemakaian smartphone yang semakin tinggi. Saat ini diperkirakan jumlah pengguna smartphone mencapai 7 miliar pengguna seluruh dunia.

Angka yang besar ini sayangnya tidak disertai dengan jumlah industri dan aplikasi digital yang sudah memanfaatkan PWA. Sejauh ini diperkirakan baru 11% aplikasi digital dan industri yang sudah menerapkan teknologi PWA.

Padahal ada banyak sekali keuntungan dari pemakaian PWA, seperti multiplatform, tersedia update otomatis, loading lebih cepat, bisa beroperasi secara offline dan online, serta masih banyak lagi. Beberapa contoh perusahaan yang sudah memanfaatkan PWA adalah Twitter, Pinterest dan Uber. Untuk mengembangkan PWA, lagi-lagi kita akan menggunakan JavaScript, HTML dan CSS.

7. Arsitektur JavaScript 2021

Frontend trend 2021 terakhir adalah arsitektur JavaScript micro front end. Mungkin Anda belum begitu familiar dengan istilah micro front end ini. Wajar saja, sebab micro front end sendiri merupakan gaya arsitektur baru di 2021.

Dengan micro front end, developer bisa membuat coding desain front end secara terpisah (independent) untuk kemudian digabungkan saja ke kode pemrograman software secara utuh.

Membagi prosses coding Anda secara kecil alias mikro seperti ini dinilai lebih efektif dalam proses pembangunan software. Uniknya, setiap komponen yang didesain sendiri-sendiri dapat diselesaikan secara mandiri bahkan melalui uji test mandiri untuk mengetahui tingkat kinerja setiap komponen dengan lebih akurat.

Terakhir, Anda tinggal menggabungkan saja seluruh komponen yang ada menjadi satu kesatuan software utuh. Canggih, bukan? Metode micro front end ini diprediksi akan sangat banyak digunakan oleh developer yang bekerja secara tim untuk meringankan beban pekerjaan.

Itulah dia pembahasan lengkap terkait 7 frontend trend 2021 berbasis JavaScript. Sampai hari ini, survey menurut Stack Overflow membuktikan ada sekitar 70% website yang dibangun memakai JavaScript. Bagaimana, tertarik untuk mencoba membangun website dengan JavaScript?


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya