Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Website Front end Trik Menaikkan Konversi Web Toko Online dari Desainnya

Trik Menaikkan Konversi Web Toko Online dari Desainnya

-

Masih banyak orang, khususnya para pengelola website toko online, tidak memahami bahwa desain web bisa meningkatkan konversi website. Mayoritas pebisnis online masih menganggap remeh peranan dari sebuah desain web, sehingga mereka hanya sekadar memilih sebuah template untuk website toko online masing-masing.

Padahal, desain website juga termasuk bagian dari strategi terbaik untuk meningkatkan konversi website. Faktanya menurut hasil temuan dari Universitas Stanford, ada sekitar 46,1% masyarakat yang berpendapat bahwa kredibilitas sebuah perusahaan tercermin dari desain website toko online yang dimiliki. Dari sanalah maka lebih besar kemungkinan bagi konsumen untuk tergerak melakukan pembelian dari website dan meningkatkan konversi website toko online Anda.

Desain website yang baik harus memenuhi dua unsur penting yakni estetika dan fungsi. Ada sebanyak 38% masyarakat memilih meninggalkan sebuah website saat mendapatkan pengalaman browsing yang buruk, salah satunya karena tampilan laman website yang tidak menarik (survey Adobe).

Jadi, desain website yang baik, menarik, dan memiliki daya guna yang tinggi tentunya akan sangat efektif untuk meningkatkan konversi website toko online Anda. Namun apa itu persisnya pengertian conversion dalam pemasaran online? Bagaimana pula strategi dan cara terjitu untuk meningkatkan konversi website dengan desain web? Yuk lanjutkan membaca ke bagian selanjutnya untuk mengetahui jawabannya!

Pengertian Conversion dalam Pemasaran Online

konversi-web1

Saat belajar menjalankan sebuah website toko online, Anda pastinya akan disarankan untuk menggunakan aneka tips dan trik. Adapun tujuan dari penggunaan tips dan trik tersebut umumnya tak lain untuk meraih tingkat konversi (conversion) yang tinggi dari website toko online Anda.

Namun para pebisnis pemula pasti akan sedikit kebingungan dengan arti dari kata “conversion”. Terlebih lagi jika mereka secara khusus tidak memiliki pemahaman di dunia IT.

Artikel Terkait  Web Developer Adalah: Memahami tentang Web Development

Apa itu conversion atau tingkat konversi website menurut dunia bisnis online? Ada banyak pengertian conversion dalam pemasaran online, namun sederhananya, kata conversion berarti tujuan dari sebuah website. Conversion atau konversi website adalah sebuah tindakan yang diharapkan oleh Anda selaku pengelola website kepada pengunjung saat mereka mendatangi website toko online.

Tindakan-tindakan ini bisa beraneka ragam bentuk dan jenisnya. Beberapa contoh target konversi website dari sebuah website toko online antara lain mengarahkan konsumen ke halaman tertentu, membagikan sebuah artikel, hingga memesan produk secara online dari halaman website tersebut.

Pun dunia pemasaran dan bisnis online juga mengenal dua jenis konversi website, yakni konversi mikro dan makro. Kedua jenis konversi website ini tentunya mempunyai fungsi, tujuan dan manfaat yang berbeda bagi toko online Anda.

Konversi makro website adalah tujuan utama situs yang dicari oleh konsumen. Semisal website toko online Anda yang tujuan utamanya sudah tentu untuk menjual produk. Jika konsumen mengunjungi toko online Anda dan berbelanja, maka aktivitas tersebut tergolong sebagai konversi makro.

Sedangkan konversi website mikro adalah semua tindakan kecil yang dapat dilakukan oleh konsumen, serta akan mengarahkan mereka menuju pada konversi makro. Semisal konsumen mengisi form pendaftaran atau membuat akun di website e-commerce Anda, sehingga mereka bisa mendapatkan newsletter serta fasilitas belanja online di kemudian hari.

Jadi, semua bentuk aktivitas konsumen kecuali membeli produk secara online digolongkan sebagai konversi website mikro. Segala bentuk aktivitas atau konversi mikro ini tentunya akan direkam oleh website ke dalam data statistiknya. Sehingga, Anda dapat menganalisis mengapa seorang konsumen hanya melakukan kunjungan mikro saja. Dari sini, Anda dapat merancang strategi bisnis online yang lebih baik agar website sukses mendulang konversi makro.

Salah satu strategi bagus yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan konversi website mikro dan makro adalah dengan membuat desain website yang baik. Seperti apa tips meningkatkan konversi website menggunakan desain web? Jawabannya ada di penjelasan selanjutnya. Yuk lanjutkan scroll!

Tips Mudah Meningkatkan Konversi Web dengan Desain Web

konversi-web2

Anda kini telah memahami apa itu konversi website dalam dunia bisnis online. Mulai dari hari ini pun, Anda sudah bisa menganalisa tingkat konversi website bisnis Anda untuk mengetahui sudah sejauh apa performa dari website.

Namun bagaimana jika tingkat konversi website bisnis Anda terus-menerus stuck di posisi yang sama? Besar kemungkinan website Anda memiliki masalah pada bagian desainnya.

Seperti di penjelasan bagian awal, ada jumlah persentase yang cukup signifikan dari masyarakat yang mengaku tertarik untuk berbelanja di sebuah toko online karena desainnya. Tidak sedikit calon konsumen yang memutuskan untuk meninggalkan website e-commerce ketika mereka mendapat pengalaman browsing yang buruk, salah satunya adalah tampilan desain web yang buruk.

Artikel Terkait  Hosting Gratis 2020 | Beberapa Yang Terbaik

Hal ini masuk akal. Bayangkan website toko online Anda memiliki layout yang berantakan, perpaduan warna-warni yang tidak serasi, banyak sticker dan pernak-pernik lainnya. Dapatkah pengunjung Anda “menikmati” browsing di sebuah website yang terlalu banyak hiasan berantakan seperti ini? Jawabannya tentu saja “tidak”. Mayoritas konsumen lebih suka mengunjungi website toko online yang lebih simpel dan mudah untuk digunakan mencari produk.

Sebuah desain web yang cantik dan estetik juga harus memiliki daya guna dan tujuan halaman yang tinggi. Dengan begini, situs website Anda bisa memengaruhi pengunjung untuk berlangganan newsletter atau melakukan pembelian online dari platform Anda.

Semakin tinggi kemudahan keterlibatan konsumen di website Anda semisal mencari produk, mendaftar akun, membaca artikel, memberikan like pada artikel maka akan semakin besar pula tingkat konversi website yang bisa Anda peroleh. Oleh sebab itulah desain website toko online sangat penting dan tidak bisa dilakukan sembarangan.

Lantas bagaimana caranya membuat desain website bisnis yang baik untuk meningkatkan tingkat konversi? Anda tidak perlu khawatir! Berikut ini kami sajikan tips ampuh menyusun desain website baik dan menarik untuk meningkatkan konversi website bisnis:

Rule of Thirds

Pertama, Anda bisa menggunakan aturan fotografi populer “Rule of Thirds”. Dengan aturan ini, Anda bisa membagi gambar tampilan halaman website menjadi 3 bagian sama besar, baik secara horizontal ataupun vertical. Kemudian, titik 4 persimpangan tengah dari gambar yang telah dibagi adalah posisi strategis dan menarik untuk dilihat konsumen. Otomatis, Anda bisa menempatkan elemen terpenting di halaman website Anda pada posisi ini untuk mendapatkan perhatian lebih.

Meletakkan elemen terpenting seperti gambar produk pada titik tersebut akan menciptakan kesan desain website yang sangat berdampak bagi konsumen. Konsumen pun akan dengan mudah terfokus pada titik tersebut, sehingga konversi website akan lebih mudah tercapai.

Anda bisa mencoba aturan ini dengan mulai mengambil screenshot pada halaman website di bagian header saja, mengingat tampilan pertama dari website adalah header. Bagilah header ke dalam garis hingga menjadi 9 kotak yang sama. Dari sana, Anda akan mengetahui posisi terbaik untuk meletakkan elemen utama desain.

Sebagai catatan, Rule of Thirds ini lebih diperuntukkan sebagai tool bantuan saat memposisikan elemen terpenting di halaman website bisnis saja. Anda tidak perlu mendesain tampilan website secara keseluruhan menggunakan aturan ini.

Memilih Warna Terbaik

Selanjutnya adalah memilih warna terbaik untuk desain website bisnis. Warna mempunyai peranan penting dalam desain sebab bisa digunakan untuk menyampaikan pesan, kesan, hingga makna menyeluruh dari sebuah brand bisnis online. Jadi, Anda harus cermat memilih warna terbaik untuk website, sebab setiap kombinasi warna bisa membangkitkan emosi pengunjung yang berlainan.

Ada banyak tools yang kini bisa Anda manfaatkan untuk memilih warna yang paling cocok dengan visi misi brand bisnis online. Anda bisa memakai Adobe Color Wheel atau melakukan kurasi pada board Pinterest online.

Anda juga bisa menggunakan warna-warna kontras dalam desain web. Warna-warna kontras (semisal hitam dengan putih) dapat menonjolkan tampilan semua font dari teks, tombol CTA (call to action), dan tombol-tombol fungsional lainnya agar dapat dilihat jelas oleh pengunjung website.

Artikel Terkait  Referensi Image Hosting Gratis Terbaik | Bikin Ngoding Semakin Gampang!

Memakai Hukum Hick

Selain Rule of Thirds, ada juga teori Hukum Hick yang sering digunakan dalam desain website. Hukum Hick menyatakan bahwa pilihan milik seorang individu (konsumen) akan berbanding lurus dengan waktu yang ia butuhkan untuk membuat keputusan. Lantas pada prakteknya, semakin banyak opsi atau pilihan pada website bisnis Anda, maka akan semakin banyak pula waktu yang individu tersebut harus ambil untuk membuat keputusan terbaik.

Jadi, Anda bisa mengefektifkan waktu sekaligus meningkatkan konversi website bisnis Anda dengan membatasi jumlah opsi yang diberikan ke konsumen. Semakin banyak link untuk dipilih oleh konsumen, maka mereka bisa kehilangan minat untuk menelusuri website Anda. Maka Anda bisa mengurangi jumlah opsi yang tersedia semisal di bar navigasi website.

Anda mungkin sering menemukan website atau aplikasi yang mengandalkan tampilan fullscreen dengan satu tombol CTA di dalamnya, bukan? Strategi ini terbukti sangat efektif untuk mengarahkan konsumen melakukan konversi mikro seperti mendaftar akun atau scroll ke halaman selanjutnya untuk melihat lebih banyak informasi. Metode ini pun sangat membantu konsumen, sehingga mereka tidak kebingungan hendak memulai browsing dari mana.

Aturan 8 Detik

Secara teoritis, Anda hanya punya sekitar 8 detik untuk memperoleh perhatian konsumen. 8 detik adalah panjang rentang perhatian yang bisa didapat dari orang lain. Jadi, Anda harus mulai merancang strategi agar bisa menarik perhatian konsumen hanya dalam hitungan detik!

Beberapa strategi ampuh yang bisa Anda pakai berdasarkan aturan 8 detik ini adalah:

  • Menggunakan animasi, pop-up, gambar-gambar eye-catching atau konten multimedia interaktif.
  • Memakai judul halaman yang singkat, besar, to the point.
  • Tombol daftar, subscribe, download yang simpel, jelas dan mencolok.
  • Efek hover pada tombol, semisal tombol berganti warna saat diklik.

Stay Simple

Tips terakhir adalah stay simple. Kebanyakan masyarakat memang menyukai tampilan desain website bisnis yang simple atau sederhana. Sebab, tampilan yang sederhana memang jauh lebih nyaman untuk dipandang mata. Alhasil, konsumen pun akan merasa betah berlama-lama di website Anda.

Adapun konsep desain simpel yang harus Anda aplikasikan tak lain membatasi pilihan pengunjung (ingatlah kembali aturan Hukum Hick), diiringi dengan tampilan website yang rapi dan bersih. Beberapa manfaat dari menggunakan desainn website yang simple yaitu:

  • Lebih efektif dan memudahkan konsumen untuk fokus mencerna informasi dalam satu waktu.
  • Website akan lebih mudah untuk dioperasikan oleh konsumen (semisal mencari produk menggunakan keyword, mendaftar akun baru, membagikan postingan, dan lain-lain).
  • Website mampu loading dengan lebih cepat, lebih stabil, dan tidak mudah error karena harus memuat terlalu banyak tautan atau multimedia yang tidak perlu.

Saat ini pun sudah ada banyak website yang mengedepankan prinsip simple dalam desainnya, salah satunya adalah website bisnis milik Apple. Anda bisa mengamati lebih banyak website bisnis simple lain dan mempelajari bagaimana susunan, layout, dan warna yang digunakan.

Demikianlah pembahasan kali ini tentang meningkatkan konversi website menggunakan strategi desain website. Semoga artikel ini bermanfaat menambah wawasan Anda, ya! Selamat mencoba membuat desain website berkualitas untuk meningkatkan konversi web bisnis.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Blog Post Ranking 10

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Mau Jadi Front-end Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Mockup adalah: Membuat Mockup Design untuk Website

Wireframes adalah kerangka. Prototipe menunjukkan perilaku. Mockup adalah kulitnya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa mockup sama pentingnya dengan...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Apa Itu Cache Memory? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu cache memory? Orang yang setiap hari berinteraksi dengan internet, istilah cache tentu saja bukan lagi istilah yang...

Layout adalah : 4 Prinsip Dasar Desain Layout

Desain layout adalah salah satu bagian dari seni kita semua tahu,  untuk bisa menampilkan seni dengan baik, kita harus...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya